Thursday, October 11, 2012

POTENSI LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comucus) SEBAGAI BAHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA




Oleh : Ita Maria Martha Prima
Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
Jalan Raya Kandang Limun, Bengkulu

ABSTRAK
Pakan merupakan komponen terbesar, yakni mencapai 60%, dari biaya produksi peternakan. Hal ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh jenis bahan bakunya. Untuk menekan biaya pakan, peternak atau perusahaan penggemukan mau tidak mau harus mencari alternatif bahan baku yang dapat dijadikan pakan berkualitas baik dan murah. Dalam ransum, kulit nanas diambil manfaatnya sebagai sumber serat dan energi bagi ruminansia. Sementara kebutuhan akan proteinnya dipasok dari campuran bungkil-bungkilan dan urea. Bahan baku pakan bersumber dari limbah industri ini cukup tersedia sepanjang tahun. Nanas merupakan tanaman buah berupa semak dengan daging buah berwarna kuning yang mempunyai kandungan air yang dimiliki buah nanas adalah 90%. Nanas kaya akan Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, Khlor, Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta Enzim Bromelin. Dalam bahasa Inggris, nanas disebut pineapple yang berasal dari persamaan bentuk buah pohon pinus yaitu pine-cone (biji atau buah cemara). Sebutan ini pertama kali tercatat pada tahun 1398, yang asalnya dulu digunakan untuk menjelaskan organ reproduksi dari pohon conifer. Ketika bangsa Eropa melakukan eksplorasi laut (menjelajah dunia) maka ditemukanlah buah tropikal ini, bangsa Eropa menyebutnya “pineapples”. Dalam bahasa ilmiah, nama dari nanas adalah Ananas Comosus. Kata Ananas asalnya dari bahasa Tupi (Tupian Languages) sebuah suku yang tinggal di daerah Rio de Janeiro, Brazil, kependekan dari pine ananas (kata ini tercatat pada 1555 oleh Andre Thevenet). Sementara kata Comosus berarti “berumbai” (tufted) yang didasarkan pada bentuk tangkai/batang buah yang mempunyai daun berumbai-rumbai. Pada genus atau kerabat nanas lainnya sering juga disebut pine saja. (AAK, 1998).

Kata-kata kunci : Kulit nanas sebagai pakan ternak, Limbah Industri, Ananas comucus   
  

PENDAHULUAN
            Sebenarnya nanas (Ananas Comocus) bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi pendatang dari Brazilia,Argentina, dan Paraguay. Pada saat ini nanas telah tersebar luas keseluruh dunia. Negaraproduksi nanas yang terkenal ialah Hawaii, Taiwan, dan kuba. Di Indonesia tanaman nanas banyak terdapat di Bogor, Purwakarta, Palembang, Riau, Jambi, dan sebagainya yang luasnya mencapai lebih dari 28.000 hektar dengan produksi mencapai 1999.400 ton per tahun. Hal itu disebabkan tanaman mudah tumbuh dan tidak banyak memerlukan perawatan. Sedangkan resikokegagalan dalam bertanam nanas jarang terjadi. Pemasaran hasilnya mudah asalkan manis dan tidak gatal. Oleh karena itu, kualitas buah sangat menentukan pemasarannya. (Natawidjaja.1993)
            Produksi buah nanas secara nasional mencapai sekitar 702 ribu ton per tahun dan sebagian besar disumbang oleh lima wilayah utama penghasil nanas. Potensi tanaman nanas sebagai sumber pakan ternak dimungkinkan, apabila terdapat industri yang akan mengolahan buah nanas menjadi produk hasil olahan seperti sari nanas. Tingkat rendemen sekitar 15%, atau dihasilkan produk limbah berupa campuran kulit dan serat perasan daging buah sebesar 85%. Walaupun tidak seluruh produksi tanaman nanas digunakan untuk memenuhi kebutuhan pabrik pengolah yang ada, secara potensi terdapat sekitar 596 ribu ton per tahun limbah segar nanas yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak. Bila dikonversikan kedalam bahan kering dengan kadar air 24%, maka terdapat potensi sebesar 143 ribu ton per tahun limbah nanas kering.. Kandungan serat (NDF) yang relatif tinggi memungkinkan bahan tersebut digunakan untuk menggantikan rumput sebagai pakan dasar untuk ternak ruminansia.
            Pengolahan limbah nanas untuk menghasilkan bahan pakan ternak pada dasarnya limbah nanas mengandung air dalam jumlah besar, sehingga membutuhkan pengeringan secara intensif dan cepat untuk menghindari kerusakan bahan. Namun, limbah nanas dapat pula diproses menggunakan teknologi fermentasi untuk menghasilkan produk silase limbah nanas. Hal ini dimungkinkan karena kandungan air sebesar 75% sesuai bagi proses pembuatan silase (McDonald, 1981).    
            Teknologi ini dapat mengatasi masalah cepatnya limbah mengalami kerusakan apabila tidak segera dikeringkan. Dengan demikian pengolahan limbah menjadi silase dapat menghindari proses penggilingan maupun pengeringan, karena silase limbah dapat langsung digunakan sebagai pakan ternak ruminansia dasar. Hal ini dengan sendirinya berpotensi untuk mengurangi biaya pengolahan secara signifikan, walaupun untuk mengolah limbah kedalam bentuk silase juga membutuhkan biaya, antara lain untuk pembuatan silo dan bahan aditif. Diperlukan analisis efisiensi ekonomis untuk mengetahui proses pengolahan yang paling optimal dalam memanfaatakan limbah nanas tersebut yang hasilnya akan ditentukan oleh skala produksi.
            Limbah nanas mengandung serat (NDF) yang relatif tinggi (57,3%), sedangkan protein kasar termasuk rendah yaitu hanya 3,5%. Oleh karena itu, potensi penggunaannya bukan sebagai komponen penyusun konsentrat, namun lebih sebagai pakan dasar penyusun ransum. Limbah nanas yang telah dikeringkan dapat digunakan langsung sebagai pakan dasar, sedangkan bila digunakan sebagai pakan dasar dalam pakan komplit limbah harus digiling terlebih dahulu. Sebagai pakan dasar, limbah nanas diharapakan dapat meminimalisir ketergantungan akan pengadaan hijauan pakan bagi kebutuhan ternak. (Winarno.1993).
Kandungan Nutrisi
            Nutrisi Komposisi Bahan Kering 54,2%. Bahan organik 91,9%. Abu 8,1%. Protein Kasar 3,6%. NDF 57,3%. ADF 31,1%. Energi Kasar 4481 Kkal/kgBK. Energi Cerna 2120 Kkal/kg BK Kulit buah dan serat perasan daging buah nanas merupakan sumber energi yang potensial untuk ternak ruminansia. Kandungan serat (NDF) yang relatif tinggi memungkinkan bahan tersebut digunakan untuk menggantikan rumput sebagai pakan dasar. Limbah nanas berupa campuran serat perasan daging buah dan kulit buah sebagai produk sisa pengolahan buah segar menjadi jus nanas.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Zat Makanan Limbah Nanas (%) Bahan Kering
Komposisi
PK
SK
Abu
LK
BETN
Daun, segar
9.1
23.6
4.9
1.6
60.8
Daun, silase
6
22.8
10
2.9
58.3
Dedak nanas, kering
3.5
16.2
5.2
0.5
74.6
Kulit
6.4
16.7
4.1
0.9
71.9
Mahkota
7.2
25.4
3.7
0.8
62.9
Pucuk
7
22.3
4.1
0.8
65.7
Inti
7.1
19.7
2.3
1
69.9
Hiasan
6.8
16.2
2.6
0.9
73.5
Ampas
7.8
21.9
4.4
1.2
64.7
Sumber : Buku Ajar Teknologi Pemanfaatan Limbah untuk Pakan, R.Murni, Suparjo, Akmal, BL.Ginting. Laboratorium Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Jambi. 2008

            Hasil intensifikasi tanaman pangan tidak hanya mengahsilkan bahan pangan, tetapi juga menghasilkan limbah berserat yang melimpah sehingga integrasi antara tanaman pangan dengan ternak merupakan suatu alternatif untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak.
            Menurut Devendra (1987), manyebutkan bahwa pengembangan penggunaan limbah yang berasal dari agroindustri dan bahan pakan nonkonvensional sangat penting dillakukan karena dapat digunakan sebagai substitusi kekurangan hijauan maupun sebagai pengganti hijauan, salah satu limbah pertanian yang memiliki potensi besar yaitu limbah nanas.( Hutagulang et al, 1978).
            Adapun dalam pengamatan nilai kecernaan terhadap Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN) menunjukkan hasil yang cukup baik dimana teradi peningkatan daya cerna sampai 40%. Pemberian ransum dengan serat kasar yang rendah secara kontinyu dapat mengadaptasikan ternak ruminansia terhadap karbohidrat yang mudah dicerna selain itu bakteri yang merombaknya juga meningkat. (Arora, 1989).
Berikut adalah tabel analisis proksimat kulit nanas dan beberapa kandungan kimia yang terkandung didalam buah nanas yang berdasarkan berat basah.

Tabel 2. Hasil Analisis Proksimat Limbah Kulit Nanas Berdasarkan Berat Basah
Komposisi
Rata-rata Berat Basah (%)
Air
86,70
Protein
0,69
Lemak
0,02
Abu
0,48
Serat basah
1,66
Karbohidrat
10,54
Sumber: Sidharta (1989)
Dari data tersebut menunjukkan bahwa kandungan air pada nanas lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein, lemak, abu, serat basah dan karbohidratnya.
Berikut ini adalah hasil analisis proksimat bahan pakan yang berasal dari limbah industri.

Tabel 3. Analisis proksimat limbah nanas
Bahan
BK
Abu
PK
Lemak
SK
Beta-N
Ca
P
Ampas nanas
89,6
4,5
4,5
15,8
1,60
63,9
-
-
Sumber : http://intannursiam.wordpress.com/2010/08/25/bahan-makanan-ternak-limbah-industry-perkebunan/
Dari tabel diatas industri pengalengan nanas menghasilkan limbah berupa kulit, mahkota daun dan hati buah nanas sebanyak 30-40%. Bila buah nanas tersebut diproses menjadi juice atau sirup akan diperoleh limbah lagi yaitu ampas nanas. Ampas nanas masih mengandung kadar gula tinggi dan serat kasarnya juga cukup tinggi tetapi proteinnya rendah.
Tabel. 4 Komposisi Nanas (%)
Buah
Sihid
Protein
Asam Citrat
Gula Reduksi
Surkosa
Fibre
Abu
Nanas segar
12,5-16,1
0,42-0,50
0,8-1,5
1,2-9,7
1,7-10,32
0,17-0,3
1,4-0,7
Nanas kalengan
17
0,43
0,35
9,72
5,12
-
0,4

Menurut Kayser, Nanas segar mengandung zat padat 16,72%, asam citrat 0,63%, gula invert 4% dan sakrosa sekitar 8,6 gram/100cc. Buah mengandung manitol +1% asam terdiri dari sitrat dan malat (13% dari keseluruhan sitrat) zat warna karotine (1,5-2,5 mg/kg) abu terdiri dari KO 0,24,CaO 0,04, MgO 0,02.

Selain buahnya, bagian tanaman nenas yaang lain dapat pula dimanfaatkan seperti kulit buah. Kulit buah nenas dapat dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak yang disebut silase. Silase adalah produk fermentasi an-aerobik bakteri asam laktat yang berasal dari hijauan dengan kadar air tinggi. Silase merupakan bahan pakan yang basah dan lembut, sehingga disukai ternak dan tidak mengganggu kelancaran sistem pencernaan.

Limbah nanas, baik hasil pengalengan maupun limbah tanaman dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak ruminansia. Nilai gizi limbah nanas lebih tinggi dibandingkan dengan limbah tanaman lainnyas. Penyusun utama limbah nanas adalah karbohidrat mudah larut terutama gula. Limbah nanas mengandung provitamin A sekitar 80.000 I.U berdasarkan bahan kering (BK). Pemanfaatan limbah nanas dalam bentuk kering atau dalam bentuk dedak lebih menguntungkan daripada bentuk segar atau basah. (Montgomery dkk,1993).
            Berdasarkan kandungan nutriennya, ternyata kulit buah nanas mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi yang baik dikonsumsi oleh ternak ruminansia. Menurut Wijana, dkk (1991) kulit nanas mengandung 81,72 % air; 20,87 % serat kasar; 17,53 % karbohidrat; 4,41 % protein dan 13,65 % gula reduksi. Mengingat kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi tersebut maka kulit nanas juga memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bahan kimia, salah satunya etanol melalui proses fermentasi.
Kesimpulan
            Selama ini secara umum pakan yang digunakan pada ternak ruminansia berupa hijauan, seperti jerami dan bongkol jagung yang ditambah konsentrat. Ketersediaan pakan hijauan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan bahan baku dan musim. Tak jarang untuk mendapatkan bahan baku jerami maupun bongkol jagung terkadang harus mencari pada usaha pertanian.
            Buah nanas hadir dengan peran sebagai hasil dari sektor pertanian yang mampu menghasilkan limbah yang bermanfaat dalam pengembangan peternakan sebagai pakan ternak yang efisien dan juga bahan pakan alternatif yaitu menghasilkan kulit dan serat hasil perasan buah bagai bahan pakan untuk perkembangan ternak ruminansia. Penggunaan limbah nanas menjadi salah satu pilihan alternatif yang cukup tepat karena selain kandungan nutrisinya yang cukup, ketersediaan bahannya pun cukup melimpah ruah.
            Dengan demikian, pakan ternak yang berasal dari limbah nanas dapat dikatakan sebagai bahan yang mudah untuk dijangkau dan didapati  apabila terjadi musim-musim tertentu yang sulit untuk mendapatkan pakan ternak yang biasa digunakan seperti hijaun sebagai bahan baku pakan, sehingga limbah nanas sebagai penggantinya.
Daftar Pustaka

AAK. 1998. Bertanam Pohon Buah-buahan. Kanisius. Yogyakarta
Anggorodi, R. 1984. Ilmu Makanan Ternak. Gramedia. Jakarta
BADP. 1999. Investasi Agribisnis Komoditas Unggulan Tanaman Pangan dan Holtikultura.
            Kanisius. Yogyakarta
Hutagulang et al, 1978. Tabel Komposisi Pakan  untuk Indonesia.   Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
McDonald, P. 1981. The Biochemistry of Silage. John Wiley and Sons Ltd., London.
Natawidjaja, P. Suparman. 1983. Mengenal Buah-buahan yang Bergizi. Pustaka Dian. Jakarta.
Winarno, F.G. 1993. Pangan Gizi Teknologi dan Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama.          Jakarta.
WoroDyah, E.P. 1986. Tinjauan Literatur Pengolahan Pangan. Pusat Dokumentasi Ilmiah           Nasional. LIPI, Jakarta.

100 comments:

putri anggraini said...

"limbah kulit nanas sebagai bahan pakan ternak ruminasia", artikel ini cukup menarik, memang saat ini kita sebagai masyarakat intelektual peternakan, harus mencari solusi untuk mengatasi semakin mahalnya bahan pakan dan semakin berkurangnya lahan yang bisa kita gunakan untuk menanam bahan pakan hijauan. dan sepertinya pemanfaatan limbah kulit nanas bisa menjadi salah satu solusi yang cukup bagus.

muhammad yusuf said...

Muhammad Yusuf ( E1c010008 )
setelah saya baca artikel ini saya baru tahu kalau limbah nanas bisa digunakan sebagai pengganti hijauan. tapi pertanyaannya sampai batas berapa persen limbah ini bisa digunakan? terimakasih....

LIVESTOCK said...

Limbah nanas selain bisa untuk ruminansia juga bisa untuk ternak unggas. Untuk unggas bisa sampai 5% dan untuk ruminansia bisa lebih banyak lagi. Ini juga bisa sebagai sumber ide untuk skripsi Yusuf.

wajuli haryadi.{e1c010014} said...

artikel ini sangat menarik sekali..dan saya baru mengetahui kalau bungkil kulit nanas mengandung enrsi yang tinggi..namun di sini belum di jelaskan cara bagaimana langkah-langkah untuk mndapatkan ektrasi dri bungkil kulit nanas tersebut..dan juga berapa persentase batas-batas normal pemberianya terhadap ternak...

Anonymous said...

SIKI ANDRI PUTRA ( E1C010033). " ternyata kulit nanas merupakan salah satu alternatif untuk menyeimbangi pakan hijauan ternak jikalau di perlukan, akan tatapi bisa nggak pak kalau limbah dari kulit nanas tersebut kita jadikan pakan tambahan untuk unggas..??? thank's atas jawabannya

Redo Putra said...

ternyata limbah kulit nanas dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia.
selama ini saya belum mengetahuinya
padahal limbah kulit nanas selama ini selalu di dibuang begitu saja oleh masyarakat.

juli masdeka sari (e1c010046) said...

juli masdeka sari (e1c010046)
artikelnya sangat menarik...ternyata masih banyak sekali limbah yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak..yang belum saya ketahui..

DADANG HIRAWAN(E1C010012) said...

artikel yang sangat menarik,penggunaan limbah nanas sebagai pakan ternak selama ini memang telah dilakukan sebagian kecil peternak di daerah saya,hanya saja penggunaan ini khusus untuk ternak ruminasia trutama sapi,limbah kulit nanas ini biasnya di berikan dalam bentuk segar.artikel ini juga menjelaskan ternyata kulit nanas dapat juga di berikan dalam bentuk silase,apakah ada perbedaan palatabilitas ternak antara limbah yang di berikan dalam bentuk segar dan dalam bentuk silase,ternak akan lebih menyukai yang mana?dan apakah ada perbedaan kandungan nutrisinya?
jika limbah nanas ini diberikan dalam jumlah banyak secara terus menerus sebagai pengganti rumput,apakah ada pengaruh buruk terhadap performance ternak tersebut?terimakasih

DADANG HIRAWAN(E1C010012) said...

artikel yang sangat menarik,penggunaan limbah nanas sebagai pakan ternak selama ini memang telah dilakukan sebagian kecil peternak di daerah saya,hanya saja penggunaan ini khusus untuk ternak ruminasia trutama sapi,limbah kulit nanas ini biasnya di berikan dalam bentuk segar.artikel ini juga menjelaskan ternyata kulit nanas dapat juga di berikan dalam bentuk silase,apakah ada perbedaan palatabilitas ternak antara limbah yang di berikan dalam bentuk segar dan dalam bentuk silase,ternak akan lebih menyukai yang mana?dan apakah ada perbedaan kandungan nutrisinya?
jika limbah nanas ini diberikan dalam jumlah banyak secara terus menerus sebagai pengganti rumput,apakah ada pengaruh buruk terhadap performance ternak tersebut?terimakasih

vera aprilianti / E1C010020 said...

ternyata limbah nanas dapat juga dimanfaatkan ya pak
saya baru mengetahuinya
karena selama ini limbah nanas hnya dibuang saja.
dan dibakar

yusuf kurniawan said...

asmlaikum
saya senang dapat membaca artikel ini pak, artikel ini sangat menambah wawasan bahwasanya beberapa limbah yang selama ini saya anggap tidak bermanfaat ternyata mengandung nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh ternak.

Sis Tanto said...

pak setelah membaca artikel tentang limbah, saya jadi mau usul bagaimana dengan limbah limbah yang lain misalnya kulit pisang, mungkin jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan kulit nanas karena jumlah penjual gorengan banyak dimana mana.
apakah sudah ada penelitian tentang pemanfaatan kulit pisang.

andi febianto Tulisan said...

artikelnya bagus pak..ada anti nutrisi y gak pak dari kandungan nanas tersebut?

Anonymous said...

Agus Sutrisno (E1c009030)

Limbah nanas mengandung serat (NDF) yang relatif tinggi (57,3%), wah hal ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti rumput dong, apalagi lagi lagi krisis rumput !
kalau begitu panen nanas riang , petani senang dan ternak semakin kenyang ...Terimakasih artikelnya
(bermanfaat)

azahraNanda@Dewi said...

Dewi Puspitasari said

Dewi Puspitasari ( E1C011090 )
setelah membaca artikel ini , saya baru mengetahui bahwasannya limbah nanas bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak,melalui artikel ini saya sebagai mahasiswi peternakan tertarik untuk mempraktekan nya.dan pertanyaan nya bagaimana prosedur fermentasinya ? terimakasih

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O (E1C011096),Sangat menarik artikel ini tak ada rumput kulit nanas pun jadi....
Sangat baik untuk di manfaatkan apalagi pada saat musim kemarau, sulit ditemukan hijauan untuk mencukupi nutrisi pakan ternak.Namun bagaimana cara pengolahannya secara lengkap dari limbah bisa menjadi pakan ternak...??
Terima kasih

maharani said...

MAHARANI E1C011010. Setelah membaca artikel, saya baru tahu bahwa kulit nanas dapat digunakan sebagai pakan ternak. dari artikel tersebut menyebutkan,untuk menggunakannya harus melakukan teknologi fermentasi. Teknologi ini dapat mengatasi masalah cepatnya limbah mengalami kerusakan apabila tidak segera dikeringkan. tetapi bagaimana cara memudahkan peternak untuk mengolahnya??

eka saputri said...

Eka Saputri (E1C011063)
setelah membaca artikel ini ternyata limbah kulit nanas dapatdigunakan sebagai pakan untuk Ruminansia. tetapi untuk mendapatkan nya dilakukan dengan teknologi fermentasi,tetapi adakah cara yang mudah agar peternak dapat mengolah limbah nanas ini ?

Anonymous said...

Lukman sugianto
E1C011003
setelah saya membaca artikel ini, saya baru tahu bahwa kulit nanas juga menjadi pakan ternak baik unggas maupun ruminasia, saya tertarik sekali pak,pertanyaan saya bagimana cara pengolahanya?? dan apakah nutrisi limbah kulit nanas lebih tinggi dibandingkan nutrisi hijuan untuk ternak ruminansia pak??
terima kasih

Anonymous said...

Fabianus Riccot Jarwindo M (E1C011068)
setelah saya baca artikel ini saya baru tahu bahwa POTENSI LIMBAH KULIT NANAS SEBAGAI BAHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA bagaimana cara proses kerjanya?

Adi Susanto said...

adi susanto (E1C011070)
artikel ini sangat menarik, setelah membaca artikel ini saya baru tau bahwa limbah kulit nanas dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternaak. pertanyaannya pak bagaimana cara memproses limbah kulit buah nanas menjadi pakan ternak?

Henny Suciyanti said...

Henny Suciyanti (E1C011004) Berdasarkan penjelasan dari artikel diatas, maka saya menyimpulkan bahwa, limbah nanas juga bagus untuk bahan pakan untuk ternak, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ternyata banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ternak, khususnya ternak ruminansia, selain itu juga ketersediaan pakan hijauaan yang akhir-akhir ini semakin berkurang dan apalagi jika pada musim kemarau sangat susah sekali untuk mencari pakan hijauan dan solusinya kita dapat mencoba memanfaatkan limbah nanas ini, namun harus diperhatikan juga bhwa nanas mengandung banyak air dan jika diberikan langsung pada ternak secara kontinyu maka akan menyebabkan ternak tersebut kembung, sebaiknya harus proses lebih lanjut lagi baru dapat diberikan pada ternaknya.

rahmat mardiansyah said...

lagi-lagi limbah pertanian dijadikan sebagia pakan ternak menurut saya bagi orang-orang yang menyukai dunia peternakan atau khususnya orang yang berusaha di dunia peternakan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari membaca artikel-artikel livestock ini karena dapat menekan harga pakan yang sangat mahal dan menggantikan dengan limbah pertanian dengsn ksndungsn zat gizi yang masih sama.

Fabianus Riccot Jarwindo M (E1C011068) said...

setelah saya baca artikel ini menarik karena Kulit nanas sebagai pakan ternak, Limbah Industri, Ananas comucus untuk kehidupan ternak ruminansia.

rahmat mardiansyah said...

artikel yang menarik di mana baru saya tau bhawa lapisan dari nanas mampu mengatikan hijaun pakan ternak dimana kadar serat yang di miliki hampir sama,ide ini ckup brilian karena sperti kita ketahui mampua membuat limbah yang tidak berguna menjdi berguna dengan kadar yang sama.tapi apakah mampu SDM di indoensia untuk mengembangkan ini????

Musaheb said...

Dewasa ini memang banyak sekali di kembangkan tekhnologi pakan yang dikembangan untuk dapat memenuhi tingkat kebutuhan ternak. Banyak sekali inovasi yang di kembangkan dalam tekhnologi pakan, sehingga hal ini tentunya dapat membuka peluang bagi peternak untuk mencari sumber pakan ternak yang ekonomis.Selain itu, dengan adana tekhnologi pakan yang baru akan membuka peluang usaha terutama bagi para petani nanas yang tidak hanya bisa mendapatkan income dari buah nanas, namun juga limbahnya pun dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis.Namun hal yang lebih penting adalah aapakah dengan adanya inovasi produk pakan seperti limbah nanas tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ternak.

M Andriansyah said...

M.andriansayh
dengan adanya artikel ini kita dapat memanfaatkan sumber daya alam seperti limbah kulit nanas yang hanya di buang sebagai limbah yang tidak bermanfaat, dengan adanya artikel ini masyarakat terutama mahasiswa dapat memperkenalkan ke masyarakat tentang pemanfaatankulit nanas ini,sebagai pakan ternak ruminansia dan unggas, pertanyaan saya disini dimana kita dapat menjumpai pengolahan limbah nanas ? yang saya ketahui nanas bnyak di jumpai di daerah sumatra selatan,daerah ini bisa di jadikan salah satu pemasok limbah nanas

seopka wiraguna wiraguna said...

menurut saya,setelah saya mebaca artikel ini saya sangat setuju tng pembuatan pakan konsentrat dri nanas,tetapi,saya mau bertanya dengan bpk,tentang gmna sih cara pembuatan pakan konsentrat tambahan ini.....?????
karna pembuatan atau penmbahan konsentrat ini sangat baik untu ternak ruminasia.

seopka wiraguna wiraguna said...

saya sangat setuju,setelah saya membaca artikel dri bpk tentang potensi limbah kulit nanas sebagai bahan pakan ternak ruminansia,karna bagi saya itu bisa meningkatkan produksi daging pada ternak diindonesia,tapi untuk lebih bagusnya,boleh kah saya belajar dgn bpk tentang tata cara pembuatan pakan ini...?

Dewi C said...

ternyata limbaha nanas dapat menjadi pakan ternak juga dan memiliki nutrisi yang baik untuk ternak.selama ini limbah nanas kebnykan di buang dan di bakar,tapi dengan membaca artikel ini kni limbah nanas bisa di dapat di gunakan kembali

agung septiyan putra said...

Agung Septiyan Putra (E1C011024)
saya telah membaca artikel ini dal artikel ini sangatlah baik. dari artikel ini saya dapat mendapatkan tambahan ilmu tentang pakan ternak bahwa limbah kulit nanas juga dapat menjadi pakan ternak yang mempunyai nilai gizi yang baik. selain dapat menekan biaya pengeluaran produksi pakan ternak, limbah kulit nanas ini juga dapat sebagai cadangan pakan ternak yang dapat tersedia sepanjang tahun. Terima Kasih bayak.

okky Tarmanda said...

okky Tarmanda E1C011097
ternyata limbah nanas dapat dijadikan pakan pengganti hijauan buat ternak ruminansia. sungguh menarik sekali artikel ini, semoga ada lagi limbah - limbah yang dapat mengatasi solusi mahalnya pakan saat ini di Indonesia

Anonymous said...

Binti Nurkhasanah E1C011051
Artikel yang menarik dan saya mendapatkan informasi banyak tentang limbah nanas ini.Limbah nanas termasuk by produk.Selain nutrisinya masih banyak dan harganya yang terjangkau untuk ternak sehingga sangat membantu dalam penekanan harga pakan.Kalau begitu perlu dikembangkan lagi tanaman nanas untuk berkembangnya peternakan.Apakah pengolahan kulit nanas tersebut dapat dilakukan oleh peternak sekala kecil dan dengan cara sederhana????,karena bila prosesnya sangat rumit akan menyusahkan peternak itu sendiri.

Anonymous said...

Binti Nurkhasanah E1C011051
Artikel yang menarik dan saya mendapatkan informasi banyak tentang limbah nanas ini.Limbah nanas termasuk by produk.Selain nutrisinya masih banyak dan harganya yang terjangkau untuk ternak sehingga sangat membantu dalam penekanan harga pakan.Kalau begitu perlu dikembangkan lagi tanaman nanas untuk berkembangnya peternakan.Apakah pengolahan kulit nanas tersebut dapat dilakukan oleh peternak sekala kecil dan dengan cara sederhana????,karena bila prosesnya sangat rumit akan menyusahkan peternak itu sendiri.

Anonymous said...

Binti Nurkhasanah E1C011051
Artikel yang menarik dan saya mendapatkan informasi banyak tentang limbah nanas ini.Limbah nanas termasuk by produk.Selain nutrisinya masih banyak dan harganya yang terjangkau untuk ternak sehingga sangat membantu dalam penekanan harga pakan.Kalau begitu perlu dikembangkan lagi tanaman nanas untuk berkembangnya peternakan.Apakah pengolahan kulit nanas tersebut dapat dilakukan oleh peternak sekala kecil dan dengan cara sederhana????,karena bila prosesnya sangat rumit akan menyusahkan peternak itu sendiri.

liza tri astini said...

IZA TRI ASTINI
E1C011052

TErimakasih, artikel ini sangat bermanfaat dan informatif dan membantu saya dalam mengikuti kuliah yang membahas tentang bahan pakan ternak yang bisa dimakan oleh ternak ruminansia,sehingga saya tidak kebingungan lagi ,disinilah jawaban nya....thanks

delina s girsang E1C011033 said...

artikel ini mungkin bisa membantu peternak yang ada di lampung,seperti yang saya ketahui Lampung adalah kota yang memiliki sumber buah nanas yang tinggi.Sehingga dengan artikel ini para pembaca tahu bahwa limbah nanas bisa di manfaatkan untuk pakan ternak.terima kasih

bella azhari tarigan E1C011057 said...

Menurut saya sangat bagus karena ilmu ide bpak sangat bagus di kembang kan dan bagus untuk sapi agar peternak tidak susuh lg mengabil rumput dan peternak bisa menghandalkan pakan dari limbah nanas dan pakan sangat berkualitas dan bagus apa bila musim panas kan rumput akan kering dan susah carik pakan yang hijau dan peternak menghadal pakan dari limbah nanas

Anonymous said...

wah ide yang snagt bagus bila kulit nanas bisa di jadikan sebagai bahan pakan ransum ternak ruminansia. hal ini perlu di tinda lanjuti karena kita perlu membuka lahan untuk penanaman nanas tersebut. nanas bisa kita olah untuk pembuatan slei dan kulitnya kita gunakan sebagi ransum ternak ruminansa. dengan demikian kita akan mendapatkan manfaat yang efisien untuk mengurangi pengelaran biaya.

DESRI DINA said...

desri dina(E1C011067)
setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui kegunaan kulit nanas yang di angap sampah bagi masyarakat, sehingga dalam berternak dapat menanam nanas sebagai pakan, dan hasil dari buah nanas itu sendiri dapat dijual dalam bentuk,jus,rujak buah,dll. sehingga adanya penghasil tambahan bagi peternak, dan akan mengurangi nilai kemiskinan di INDONESIA

rudi hartono said...

rudi hartono E1C011078
Nah,,,bertambah pengetahuan saya setelah membaca artikel ini,,,
ini sangat baik untuk diaplikasikan oleh seluruh peternakan untuk memanfatkan limbah kulit nanas digunakan sebagai bahan pakan ternak,untuk mensiasati mahalnya pakan

rudi hartono said...

rudi hartono E1C011078
Nah,,,bertambah pengetahuan saya setelah membaca artikel ini,,,
ini sangat baik untuk diaplikasikan oleh seluruh peternakan untuk memanfatkan limbah kulit nanas digunakan sebagai bahan pakan ternak,untuk mensiasati mahalnya pakan

Dewi C Galingging said...

Dewi C Galingging :
Saya ingin menanyakan dari beberapa artikel yang saya baca dalam blog ini banyak sekali potensi dari berbagai limbah yang dapat digunakan untuk pakan ternak. mengapa jurusan kita belum mencoba untuk mengaplikasikannya lebih jauh lagi dan dapat dipergunakan oleh masyarakat luas khususnya daerah kota brngkulu?.
Trimakasih...

Dewi Galingging said...

Dewi C Galingging :
Saya ingin menanyakan dari beberapa artikel yang saya baca dalam blog ini banyak sekali potensi dari berbagai limbah yang dapat digunakan untuk pakan ternak. mengapa jurusan kita belum mencoba untuk mengaplikasikannya lebih jauh lagi dan dapat dipergunakan oleh masyarakat luas khususnya daerah kota brngkulu?.
Trimakasih...

Dewi Galingging said...

Dewi C Galingging :
Saya ingin menanyakan dari beberapa artikel yang saya baca dalam blog ini banyak sekali potensi dari berbagai limbah yang dapat digunakan untuk pakan ternak. mengapa jurusan kita belum mencoba untuk mengaplikasikannya lebih jauh lagi dan dapat dipergunakan oleh masyarakat luas khususnya daerah kota brngkulu?.
Trimakasih...

Dewi Galingging said...

Dewi C Galingging :
Saya ingin menanyakan dari beberapa artikel yang saya baca dalam blog ini banyak sekali potensi dari berbagai limbah yang dapat digunakan untuk pakan ternak. mengapa jurusan kita belum mencoba untuk mengaplikasikannya lebih jauh lagi dan dapat dipergunakan oleh masyarakat luas khususnya daerah kota brngkulu?.
Trimakasih...

Arif Rusman said...

Arief rusman E1C011055
wah ide yang snagt bagus bila kulit nanas bisa di jadikan sebagai bahan pakan ransum ternak ruminansia. hal ini perlu di tinda lanjuti karena kita perlu membuka lahan untuk penanaman nanas tersebut. nanas bisa kita olah untuk pembuatan slei dan kulitnya kita gunakan sebagi ransum ternak ruminansa. dengan demikian kita akan mendapatkan manfaat yang efisien untuk mengurangi pengeluaran biaya.

bangun dwi cahyono said...

bangun dwi cahyono (E1C011009) ternyata kulit nanas dapat dibagai pakan ternak,, tapi bagaimana rasa asam yang terdapat dalam kulit nanas dan berapa perbandingannya untuk diberikan kepada ternak ?

Siswanto endang said...

ternyata msih bnyak hsil limbah dari tanaman yang dapat d manfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna, contohnya nanas kulitnya yang menurut kita menjadi sampah ternyata dapat di manfaatkan kembali menjadi pakan bagi ternak.

m.ilham sholihin said...

M ILHAM SHOLIHIN ( E1C011035 )
Saya sangat tertarik dengan artikel ini dan sangat bermanfaat . .
limbah nanas bukan hanya sekedar sampah , kulit nanas diambil manfaatnya sebagai sumber serat dan energi bagi ruminansia.
teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan pakan dengan harga pakan yang sangat mahal .
dengan artikel ini diharapkan para peternak rumunansia bisa mengaplikasikannya agar berdaya guna dan bermanfaat.

desi ratna said...

limbah kulit nanas ternta dapat dijadikan sebagai pakan ternak ruminansia tetapi limbah kulit nanas ini masih agak sulit ditemui di khususnya dibengkulu ini oleh karena itu sebaikanya apabila ada alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pakan ternak ruminansia munggunakan yang lain...

Dodi sismanto said...

Dodi Sismanto (E1C011069)
Artikel yang menarik dan saya mendapatkan informasi banyak tentang limbah nanas ini. ternyata limbah nanas dapat menjadi pakan ternak juga dan memiliki nutrisi yang baik untuk ternak

Anonymous said...

Dodi Sismanto (E1C011069)
setelah saya baca artikel ini saya baru tahu kalau limbah nanas bisa menjadi bahan pakan ternak ruminansia, selama ini tau bahwa nanas hanya untuk manusia

Widio Eko Wardoyo said...

assalam,
Widio Eko Wardoyo : E1C011006

limbah kulit nanas sebagai pakan ternak , ini bisa menjadi solusi untuk koefisien dana yaa , tetapi brp % jika untuk ruminansia pak jika pada pemberian unggas 5% ? dan bisa di paparkan secara rinci bagaimana proses kulit nanas bisa menjadi bahan pakan ternak . terima kasih pak

Radiyostri Eugenia said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Ini merupakan suatu langkah alternatif yang mengacu pada tingkat ke ekonomisan yang bagus, karena mampu memanfaatkan limbah (khususnya limbah kulit nanas). Akan tetapi perlu di perhatikan lagi, akan dampak positif dan negatifnya dari pemberian pakan ini.

DESRI DINA(E1C011067) said...

dengan membaca artikel ini dapat di ketahui kegunaan kulit nanas,yaitu sebagai pakan ternak dengan itu peternak dapat mengolah kulit nanas dan tidak akan terlalu susah mencari pakan ternak.

santra jovi s(E1C011014) said...

setelah saya membaca artikel ini saya baru tau kalau limbah nanas dapat digunakan sebagai pengganti bahan pakan hijauan...
namun berapa persenkah batas penmberian limbah nanas tersebut?

muhammad nur syahid said...

setelah membaca artikel ini, saya mengerti ternyata banyak sekali bahan makanan ternak tidak hanya hijauan saja tetapijuga dari limbah rumah tangga.
akan tetapi di lihat apakah ada efek yang negatif dari limbih ini unuk ternak.terimakasih

Erik angga saputra said...

MENARIK MENARIK !!
selain biji karet juga ternyata limbah kulit nanas juga berpotensi sebagai bahan pakan ternak,

sangat menambah wawasan artikelnya,

AMEZA LESTARI (E1C011066) said...

Dengan diketahuinya manfaat dari nanas,maka peternak bisa memanfaatkan limbah kulit nanas sebagai bahan pakan ternak ruminansia tanpa mengeluarkan biaya yang mahal dan juga mudah di dapat diwilayah sekitar kita..hal ini bisa menjadi solusi dari pakan ternak yang mahal.

Refti Lastari(E1C011028) said...

setelah saya membaca artikel ini saya baru tahu kalo limbah dari kulit nanas ini bisa di gunakan sebagai penganti pakan,tetapi sebagian banyak masyarakat belum mengetahui kalau limbah dari kulit nanas ini bnyak mamfaat nya,terutama bisa menjadi penganti pakan yang mahal..

Joko Lesmono said...

Artikel ini sangat menarik, saya baru mengetahuinya, selama ini kulit nanas hanya dibuang saja, tidak dimanfaatkan.............mungkin untuk kedepan nya kita sebagai mahasiswa peternakan harus mencobanya untuk pakan ternak kita..........terimakasih,,,,,,

Anonymous said...

sasmita ramayana E1C011091
ternyata limbahb kulit nanas bisa di manfaatkaan pengganti pakan ternak
sehingga mengurangi sampa-sampah dan bisa menambah nutrisi pada ternak

okky tarmanda said...

KULIT NANAS SELAMA INI TERBUANG BEGITU SAJA DIpasaran tidak ada manfaatya bagi pedagang ternyata manffatnya baik sekali untuk bahan [pakan ternak ruminansia,amazing pak...heheh

okky tarmanda said...

KULIT NANAS SELAMA INI TERBUANG BEGITU SAJA DIpasaran tidak ada manfaatya bagi pedagang ternyata manffatnya baik sekali untuk bahan [pakan ternak ruminansia,amazing pak...heheh

okky tarmanda said...

amazing pak ternyata limbah kulit nanas bemanfaat untuk bahan pakan ternak.

jessi desmiarti E1C011023 said...

oh teryata kulit nanas bisa juga ya pak jadi pakan ternak

jadi limbah itu tidak hanya sekedar jadi sampah tapi juga bisa di manfaat kan

riko herdiansah said...

Limbah nanas mengandung serat (NDF) yang relatif tinggi (57,3%)ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pakan hijauan.
...Terimakasih artikelnya......
riko herdiansah
e1c011065

Omamet almas(E1c011058) said...

limbah nanas memang banyak mengandung serat&nutrisi tetapi untuk di daerah tertentu kusus nya bengkulu limba kulit nanas masi jarang di gunakan karna kesediaan limbah tersebut masi jarang di temukaan

Nurul Janah (E1C011059) said...

Dengan memanfaatkan limbah nanas sebagai pengganti hijauan berarti memudahkan peternak dalam mencari bahan pangan hijauan,apalagi dimusim kemarau yang kekurangan rumput. Apabila terlalu sering ternak mengkonsumsi olahan nanas apakah baik untuk ternak itu sendiri??

lestari juliani ( e1c011012) said...

setelah membaca artikel ini saya baru tahu kalau limbah nanas bisa digunakan sebagai pakan ternak unggas dan ruminansia. ternyata banyak sekali limbah yang sangat bermanfaat untuk ternak

Sandi Eka said...

Luar biasa pak ternyata limbah kulit nanas yg selama ini jarang d manfaatkan dan hanya menjadi limbah bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pakan ternak ruminansia,
hal ini sepertinya pelu dikembangkan lagi pak , terimakasih :)

Sandi Eka said...

Luar biasa pak, ternyata limbah nanas yang selama ini hanya dibuang dan tidak bermanfaat bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak ruminansia, sepertinya hal ini mesti dikembangkan pak, tapi apakah bisa juga untuk pakan ternak unggas pak ?

Anonymous said...

Nama Nazarudin
NPM E1C011039

Ternyata sangat menarik sakali ya pak, limbah nanas sangat bermanfaat, khususnya bagi peternak ruminansia, dari pada limbah nanas di buang begitu saja,dan sangat di harapkan kepada peternak ruminansia agar dapat memanfaatkan,limbah-limbah nanas tersebut.
terimaksih atas informasinya.

darmawan (EC011027) said...

setelah saya membaca artikel ini , ternyata limbah nanas sangat bermanfaat bagi ternak ruminansia ,selama ini kulit nanas hanya di buang begitu saja , artikel ini sangat bermanfaat bagi saya , terutama peternak ruminansia .terimakasih

darmawan (EC011027) said...

ternyata limbah nanas dapat menjadi pakan ternak juga dan memiliki nutrisi yang baik untuk ternak.selama ini limbah nanas kebanyakan di buang ,tapi dengan membaca artikel ini limbah nanas bisa di dapat di gunakan kembali namun bagaimana cara yang simpel dan praktis dalam pengolahan nya?

Indra Mustika said...

ass.
Indra mustika ( E1C011020 )
saya baru mengetahui bahwa limba nanas dapat dijadika pakan ternak juga, selama ini yang saya tahu limbah nanas dibuang-buang begitu saja tanpa dimanfatkan,terima kasih.
wss.

Refti Lastari(E1C011028) said...

Setelah saya membaca artikel ini saya baru mengetahui ternyata limbah nanas itu bisa juga di jadikan sebagai pakan ternak terutama pada ternak ruminansia....tetapi limbah nanas ini jarang di temukan terutama di sekitar bengkulu.

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)Buahnya enak, limbahnya bermanfaat, sippp lah pak....hehe

wajuli haryadi said...

wajuli(e1c010014)
artikel ini sangat menarik sekali..dan saya baru mengetahui kalau limbah kulit nanas masih mengandung enrgi yang tinggi dan juga bisa dijadikan sebagai pakan alternatif untuk ternak.selain itu limbah kulit nanas tersebut masih tergolong mudah untuk mencarinya.

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)
artikel yang sangat menarik,yang bisa menembah pengetahuan saya,ternyata limbah kulit nanas bisa di gunakan untuk pakan ternak ruminansia dan unggas,,,tetapi apabila limbah kulit nanas di berikan terlalu berlebihan kira-kira penggaruhnya apa.......??? terimakasih atas jawabpanny...

Anonymous said...

LISNAWATI ANGGRAINI
E1C010039
PAK apakah kekurangan kulit nanas ini sebagai bahan pakan ternak??? tks

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)
artikel ini sangat menarik buat saya. karena saya mengetahui bahwa limbah kulit nanas bisa dijadikan sebagai pakan ternak ruminansia.

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel ny sangat menarik pak..'
tpi apabila di berikan untuk unggas bisa tidak pa..

arie wae said...

ary qurniawan (E1C010043)
kulit nanas blm dimanfaat kan untuk pakan ternak oleh sebagian masyarakat karena belum mengetahui manfaat dari kulit nanas tersebut

Anonymous said...

Mery Handayani S (E1C010003)

artikel ini menarik juga, ternyata limbah kulit nanas dapat dijadikan sebagai pakan ternak. tetapi yang emnjadi pertanyaan, ketika ternak umur berapa limbah kulit nanas ini dapat diberikan???

Anonymous said...

Leo Darno Nababan
E1C010057
Setelah saya membaca artikel ini ternyata kulit nanas sanagatlah berguna bagi ternak,sehinga bisa dapat memnanam nanas,karena kulitnya sanatlah berguna bagi ternak.

Ramadhan Thoriq said...

limbah kulit nanas bisa digunakan sebagai bahan pakan ternak, apakah daun yang terdapat diatas buah nanas itu bisa juga dijadikan pakan? terima kasih

wajuli haryadi said...

wajuli(e1c010014)
Artikel yang menarik dan saya mendapatkan informasi banyak tentang limbah nanas ini.Limbah nanas,Selain nutrisinya masih banyak dan harganya yang terjangkau untuk ternak sehingga sangat membantu dalam penekanan harga pakan.

DADANG HIRAWAN (E1C010012) said...

saya tertarik dengan tanggapan dari bapak urip ternyata selain dapat digunakan sebagai pakan ternak ruminansia, limbah kulit nanas juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif untuk ternak unggas. Namun ada beberapa hal yang masih memebuat saya bingung, mengenai proses pengolahan yang digunakan agar dapat digunakan sebagai pakan ternak unggas mengingat limbah kulit nanas cukup tinggi kandungan serat kasarnya, mungkin perlu dibahas proses pengolahan.terimakasih

yunikapurba (e1c010022) said...

artikelyang menarik dan baru saya tau kalau limbah kulit nanas bisa di manfaat kan sebagai bahan pakan ternak ruminansia.
apa limbah kulit nanas ini hanya bisa di gunakan untuk ternnak ruminansia?

yunikapurba (e1c010022) said...

limbah kulit nanas bisa di gunakan sebagai pakan ternak.
apa limbah kulit nanas ini ada yang memanfaatkan ya?????

Anonymous said...

ismarudin
berarti kalo pemanfaatan limbah dari kuli nanas" nungggu orang makan nanas dulu.... baru d kasi ma ternak "n kal0 gak musim nanas gak bisa ternak nya makan kuli naanas

Anonymous said...

limbah kulit nanas sebagai pakan ternak ruminansia yang masih jarang di gunakan di masyarakat di daerah saya.sedangkan limbah nanas bisa di gunakan untuk unggas apa pengaruhnya pak.

neneng dwifitri (e1c010016) said...

bahkan limbah kulit nanas juga bisa jadi bahan ternak..???hhmm ,,, sangat bagus .

Anonymous said...

Nama : ressy gita rizki, E1c009077.
ARTIKELNYA SANGAT BAGUS> TAPI SAYA MAU BERTNYA, APAKAH ADA DAMPAK NEGATIF DARI PEMBERIAN LIMBAH NANAS INI SCRA TERUS MENERUS UNTUK PENCERNAANYA ? TRIMS.

Anonymous said...

NAMA : kARDINAL ALSEPTO GANDI, E1C010058.
saya mau berttnya, limbah nanas itu pakan sumber apa dan bagaimana car penyusunan ramsumnya terhadap unggas ? trims.

Bayu Adinugraha (E1C010028) said...

Bayu Adinugraha (E1C010028) :
Kulit nanas yang menjadi pakan ruminansia masih terbatas pada ketersediaan bahan baku yang masih sering tersendat terutama di provinsi Bengkulu. Jadi jika akan diterapkan di Bengkulu, kita harus melihat dulu dari sisi ketersediaan bahan baku.

Anonymous said...

EKA SAPUTRI (E1C011063)
artikel ini memberikan informasi yang penting,, sebagai mana kita ketahui maslh bnyk mslh ternak tentang pakan, membuat kitaharus mencari solusi dari permasalhn tersebut, dan semga pmanfaatn limbah nanas ini memberikan pencerahan bagi kita para peternak.

Anonymous said...

eka saputri (E1C011063)
artikel ini memberikan solusi bagi peternak, semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...