Saturday, December 15, 2012

Pemanfaatan Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) Dan Kunyit (Curcuma domestica Val) Sebagai Feed Additive Herbal Untuk Ayam Broiler




Oleh : Putri Anggraini
Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
Jalan Raya Kandang Limun, Bengkulu

Abstrack

Ayam broiler yang diberi antibiotik sintetik pada pakannya akan menghasilkan daging yang kurang sehat untuk dikonsumsi oleh manusia. Hal ini disebabkan karena adanya ancaman residu bahan – bahan kimia didalam dagingnya. Temulawak dan kunyit adalah dua jenis tanaman herbal yang memiliki kandungan beberapa senyawa aktif seperti kurkumin dan xanthorrizol. Senyawa – senyawa kimia ini mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik didalam tubuh ayam broiler. Seperti meningkatkan produktivitas dan kualitas karkas yang dihasilkan. Dengan kemampuan ini, temulawak dan kunyit sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai feed additive herbal untuk menggantikan antibiotik sintetik yang berbahaya bagi ternak dan manusia. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui khasiat dari temulawak dan kunyit terhadap ayam broiler. Dari beberapa penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pemberian temulawak dan kunyit untuk ayam broiler memberikan dampak yang cukup baik. Salah satunya adalah hasil penelitian yang dilaporkan oleh Sufriyanto dan Mohandas (2005) menyatakan bahwa pemberian ekstrak temulawak sebesar 0,5 g per liter air minum dan pemberian ekstrak kunyit sebesar 0,25 g per liter air minum mampu menghasilkan produksi daging yang sama dengan ayam broiler yang diberi vitamin dan antibiotik sintetik.

Kata kunci : ayam broiler, temulawak, kunyit, feed additive, antibiotik sintetik.



Pendahuluan

Ayam broiler adalah salah satu jenis ternak yang memberikan kontribusi cukup besar dalam memenuhi kebutuhan protein asal hewan masyarakat indonesia. Setiap tahunnya kebutuhan masyarakat akan daging broiler terus meningkat. peningkatan ini terjadi karena daging broiler ini harganya hampir terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
Ayam broiler adalah salah satu jenis ternak unggas yang memiliki laju pertumbuhan yang sangat cepat. Pada umur 5 - 6 minggu ayam broiler sudah bisa dipanen. Namun laju pertumbuhan yang cepat ini banyak mendatangkan permasalahan bagi para peternak selain membutuhkan pakan yang banyak juga daging yang dihasilkan memiliki perlemakan yang tinggi. Efisiensi pakan oleh ternak broiler sangat rendah karena harga pakan yang sangat mahal, sehingga para peternak biasa memberikan pakan dengan kadar lemak tinggi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pakan dan memberikan feed additive atau imbuhan pakan dalam bentuk antibiotik sintetik agar penyerapan zat makanan didalam tubuh broiler bisa berlangsung dengan maksimal.  
Pemberian pakan yang mengadung kadar lemak tinggi mengakibatkan tingginya perlemakan pada daging broiler, sehingga kadar kolestrol yang terdapat pada daging broiler akan sangat tinggi. Tingginya kadar kolestrol ini menurunkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi daging broiler. Karena saat ini masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan rendah kolestrol.
Penggunaan antibiotik sintetik juga menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan manusia. Hal ini disebabkan karena antibiotik sintetik yang terdiri atas bahan – bahan kimia ini, akan teresidu didalam daging ayam yang dihasilkan. Residu bahan – bahan kimi ini sangat buruk dampaknya bagi kesehatan tubuh manusia dan broiler itu sendiri. Karena dapat menyebabkan terjadinya resistensi bakteri terhadap anibiotik, serta dapat menyebabkan terjadinya berbagai jenis penyakit.
Untuk mencegah terjadinya dampak – dampak buruk dari penggunaan antibiotik sintetik dan pemberian pakan tinggi lemak, salah satu langkah yang dapat kita lakukan adalah mengganti antibiotik sintetik yang biasa digunakan dengan antibiotik herbal dari tumbuh – tumbuhan yang mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik dan tidak berbahaya bagi manusia.
Temulawak dan kunyit adalah beberapa jenis tanaman yang bisa kita gunakan untuk menggantikan antibiotik sintetik. Temulawak dan kunyit memiliki kandungan senyawa aktif atau bioaktif yang memiliki fungsi seperti bahan- bahan kimia pada antibiotik sintetik. Senyawa aktif tersebut adalah kurkumin dan xanthorizol. Menurut Rukayadi dan Hwang (2006) efektifitas xanthorrhizol yang diisolasi dari temulawak khasiatnya sama dengan antijamur komersil jenis amphotericin B.
Potensi kunyit dan temulawak sebagai feed additive untuk ayam boiler 
Temulawak dan kunyit adalah dua jenis tanaman yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan dan bahan obat-obatan. Beberapa penelitian secara in vitro, membuktikan bahwa senyawa aktif dalam rimpang kunyit mampu menghambat pertumbuhan jamur, virus dan bakteri baik gram positif maupun gram negatif seperti Escherchia coli, Klebsiela pneumoniae dan Staphylococcus aereus (Hidayati, 2002: 43). Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui, yaitu minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen (meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), zat warna kuning yang disebut curcuminoid sebanyak 5% (meliputi curcumin 50-60%, monodesmetoksicurcumin dan bidesmetoksicurcumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C (Animous, 2012).
                                                           
Rimpang temulawak mempunyai berbagai khasiat yaitu sebagai analgesik,  antibakteri, antijamur, antidiabetik, antidiare, antiinflamasi, antihepatotoksik,  antioksidan, antitumor, depresan, diuretik, hipolipidemik, dan insektisida (Purnomowati 2008). Sidik et al (1995) melaporkan, komposisi kimia rimpang temulawak tersusun atas pati sebanyak 48 - 59.64%, kurkuminoid 1.6 - 2.2%,  dan minyak atsiri 1.48 - 1.63% . Pati tersusun atas abu, protein, lemak, karbohidrat, serat kasar, kurkuminoid, kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, mangan dan kadniu. Sedangkan untuk komponen minyak atsiri temulawak tersusun atas feladren, kamfer, tumerol, tolilmetilkarbinol, ar-kurkumen, zingiberen, kuzerenon, germakron, ß-tumereon dan xantorizol (Rahardjo & Rostiana, 2005).
                         

Pengaruh pemberian kunyit dan temulawak terhadap produktivitas ayam broiler

Pemberian temulawak dan kunyit pada ayam broiler dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya zat fitokimia yang terkandung didalam rimpang temulawak dan kunyit. Temulawak mengandung zat fitokimia yang biasa disebut desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin sedangkan untuk zat fitokimia kunyit biasa disebut desmetoksikurkumin. Zat – zat fitokimia ini dapat mempengaruhi nafsu makan, meningkatkan sekresi empedu, memperbaiki fungsi hati serta tampilan limfosit darah.
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya peningkatan produktivitas ayam broiler adalah kondisi kesehatan yang optimal. Dengan kondisi kesehatan yang optimal proses metabolisme dan penyerapan zat makanan yang terjadi didalam tubuh ayam akan berlangsung dengan baik. Penelitian yang dilakukan oleh Sufriyanto dan Mohandas (2005) membuktikan bahwa pemberian ekstrak temulawak sebesar 0,5 g per liter air minum dan pemberian ekstrak kunyit sebesar 0,25 g per liter air minum mampu menghasilkan produksi daging yang sama dengan ayam broiler yang diberi vitamin dan antibiotik sintetik. Hal ini memperlihatkan bahwa pemberian ekstrak temulawak dan kunyit dapat menggantikan penggunaan vitamin dan antibiotik sintetik pada ayam broiler. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Praktikno (2010) yaitu ayam broiler yang diberi ekstrak kunyit sebesar 400 mg /kg BB/hari mampu meningkatkan bobot badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan broiler tanpa perlakuan.
Kedua hasil penelitian ini tidak sesuai dengan hasil penelitian yang disampaikan oleh Sinurat et al (2009) yang menyatakan bahwa pemberian tepung temulawak dan kunyit pada ransum ayam broiler tidak memberikan pengaruh terhadap pertambahan bobot badan ayam broiler tersebut. Perbedaan hasil penelitian ini kemungkinan besar disebabkan oleh perbedaan perlakuan serta bentuk temulawak dan kunytit yang diberikan pda ayam broiler. Pada hasil penelitian yang menyatakan pemberian temulawak dan kunyit memberikan pengaruh terhadap bobot badan ayam broiler, bentuk temulawak dan kunyitnya adalah bebentuk ekstrak yang dicampurkan pada air minum dan kapsul yang diberikan secara oral sedangkan pada penelitian yang menyatakan penggunaan temulawak dan kunyit tidak memberikan pengaruh adalah berbentuk tepung yang dicampurkan dengan pakan dalam ransum.  Perbedaan bentuk dan cara pemberian ini mungkin menyebabkan terjadinya perbedaan jumlah temulawak dan kunyit yang diserap oleh alat – alat pencernaan ayam broiler sehingga memberikan hasil yang berbeda pula.
Pengaruh pemberian kunyit dan temulawak terhadap kualitas produk ayam broiler
Bahan – bahan kimia yang terkandung di dalam rimpang temulawak dan kunyit tidak memberikan pengaruh yang buruk bagi tubuh manusia. Hal inilah yang salah satunya menjadi pertimbangan untuk menjadikan temulawak dan kunyit sebagai feed additive herbal untuk ternak broiler. Kualitas daging ayam broiler  yang diberi antibiotik sintetik kemungkinan besar mengandung residu bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia.
Dalam dunia peternakan pemasaran produk sangat dipengaruhi oleh kualitas dari produk yang dihasilkan. Daging broiler yang baik dan sehat adalah daging yang warnanya terlihat cerah dan terang. Selain warna kualitas daging broiler juga dapat dilihat dari keempukan, bau dan pHnya.
 Temulawak dan kunyit megandung zat warna yang berasal dari pigmen rimpangnya yang mengandung zat warna kuning (kurkumoid). Zat warna ini diduga dapat menambah cerah warna pada daging ayam broiler. Penelitian yang dilakukan oleh Masni et al (2010) memperlihatkan bahwa ayam broiler yang diberi ekstrak  temulawak dan kunyit pada ransumnya sebanyak 3% akan menghasilkan daging dengan tingkat kecerahan terbaik yaitu sebesar 3,08 – 4,36 dan keempukan yang berkisar antara 3,52 – 4,48 dari nilai rata – rata perlakuan. Hasil penelitian ini berbeda dengan yang disampaikan oleh Yunilas et al (2005) yang menyatakan bahwa pemberian tepung temulawak dan kunyit pada ransum ayam broiler sebesar 4% tidak memberikan pengaruh terhadapa warna daging dan keempukan dari daging yang dihasilkan. Perbedaan hasil ini kemungkinan besar disebabkan karena perbedaan dosis dan bentuk dari temulawak dan kunyit yang diberikan kepada ternak.





Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
·         Dengan kandungan senyawa – senyawa aktifnya temulawak dan kunyit berpotensi untuk dijadikan feed additive herbal untuk ternak ayam broiler sebagai pengganti antibiotik sintetik.
·         Untuk mendapatkan daging dengan kualitas baik, pemberian temulawak dan kunyit kepada ternak ayam broiler sebaiknya dalam bentuk ekstrak dan kapsul agar mampu diserap dengan optimal oleh organ pencernaan ayam broiler tersebut.
·         Dengan memanfaatkan temulawak dan kunyit sebagai feed additive herbal kita akan memperoleh daging yang bebas dari ancaman residu bahan – bahan kimia berbahaya, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran untuk mengkonsumsi daging ayam broiler.


Daftar pustaka

Farrell, K.T. 1990. Spices, Condiments, and Seasonings. The AVI Publishing Company Inc. Westport, Connecticut.
Hidayati, E., Juli, N., Marwani, E. (2002). Isolasi Enterobacteriaceae Patogen dari Makanan Berbumbu dan Tidak Berbumbu Kunyit (Curcuma longa L.) Serta Uji Pengaruh Ekstrak Kunyit (Curcuma longa L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Yang Diisolasi. Bandung :Departemen Biologi, FPMIPA ITB.
Masni, Arif Ismanto, dan Maria Belgis. 2010. Pengaruh Penambahan kunyit (Curcuma domestica Val) atau Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) dalam Air Minum terhadap Persentase dan Kualitas Organoleptik Karkas Ayam Broiler. Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 6, No. 1 Maret 2010: 7-14.
Pratikno, Herry. 2010. Pengaruh Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica Vahl) terhadap Bobot Badan Ayam Broiler (Gallus Sp). Buletin Anatomi dan Fisiologi Vol. XVII, No. 2 Oktober 2010: 39 – 46.
Rahardjo M, Rostiana O. 2005. Budidaya Tanaman Temulawak. Bogor: Balai Penelitian Obat dan Aromatika. Sirkuler No. 11.
Shankaracharya, N.B. dan C.P. Natarajan.  1977. Role of Spices in Health. J. Health Sci. III : 99, India.
Sidik, Mulyono MW, Mutadi A. 1995. Temulawak (Curcuma Xanthorriza Robx). Jakarta : Phyto Medika.
Sinurat, A. P., T. Purwadaria, I.A.K. Bintang, P.P. Ketaren, M. Raharjo dan M. Rizal. 2009. Pemanfaatan Kunyit dan Temulawak sebagai Imbuhan Pakan untuk ayam Broiler. JITV Vol. 14 No. 2 Th 2009: 90-96.
Sufiriyatno dan Mohandas Indradji. 2005. Efektivitas Pemberian Ekstrak Temulawak ( Curcumae xanthoriza) dan Kunyit (Curcumae domestica) sebagai Immunostimulator Flu Burung pada Ayam Niaga Pedaging. Animal Production Vol. 9, No. 3 september 2005 : 178-183.
Sumiaty, 1997. Minuman Berkhasiat dari Temulawak (Curcuma xanthorriza). Fakultas Teknologi Pertanian. IPB. Bogor. 
Yunilas, Edhy Mirwandhono, dan Olivia Sinaga. 2005. Pengaruh Pemberian Tepung Temulawak (Curcuma xanthorrizha Roxb) dalam Ransum terhadap Kualitas Karkas Ayam Broiler Umur 6 Minggu. Jurnal Agribisnis peternakan Vol. 1, No. 2, agustus 2005: 62-66.

82 comments:

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
selain harganya yang ekonomis dan mudah didapat, ternyata pemanfaatan temulawak dan bahan2 alami lainnya sangat bermanfaat bagi ayam broiler dibandingkan dengan memanfaatkan anti biotiik sintesis yang memiliki reesiko yang sangat besar. termakasih pak artikelnya

Erik angga saputra said...

wah wah menarik sekali artikelnya pak selain harganya yang ekonimis juga mudah diperoleh,

terimakasih buat infonya pak,

Dewi Puspitasari said...

temulawak dan kunyit ,,,,adalah tanaman dari alam yang tidak di ragukan lagi khasiat nya, sudah teruji dari nenek moyang kita manfaat nya sangat mujarab apalagi di berikan untuk makanan tambahan pada ayam broiler wow... pasti memberiakan dampak yang baik juga,untuk artikel ini saya sangat setuju , so apabila ini memang di terapkan untuk ayam potong,, tentu kita bisa mengubah paradigma orang- orang bahwa karkas ayam potong yang banyak mengandung unsur - unsur kimia, bisa di sulap atau di buat sedemikian rupa menjadi daging ayam yang sehat dengan berbagai manfaat yang di berikan nya. terimakasih

Agung Septiyan Putra said...

Agung Septiyan Putra E1C01024

saya telah membaca artikel ini dan ini adalah satu ilmu yang sangat bermanfat. selain saya mengetahui bahwa bahan-bahan herbal dapat dijadikan sebagai pengganti antibodi dan dapat meningkatkan kualitas karkas. namun ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan yaitu apabila kita memberi obat saat ternak itu sakit atau kita memaksin ayam tersebut, apa karkas ayam yang kita makan juga kurang baik dan sehat ?
terimah kasih banyak.

Anonymous said...

sasmita ramayana
setelah membaca artikel diatas saya mendapatkan pengetahuan manfaat temulawak san kunyit,
selain harga yang ekonomis temulawak juga mudah di dapatkan

Joko Lesmono said...

E1C011007

setelah membaca artikel ini, mungkin kita sebagai mahasiswa peternakan bisa untuk mencobanya,,,,,,
tetapi ada yang saya ingin tanyakan, bagaimana jika temulawak tersebut dicoba pada ayam petelur, apakah manfaatnya sama atau berbeda..............?????

riko herdiansah said...

ow ternyata ternyata setelah saya membaca artikel ini saya mengetahui temulawak jga bisa dimanfaatkan untuk ayam broiler ..............
riko herdiansah
e1c011065

M Andriansyah said...

M.andriasnyah
artikel ini sangat bermanfaat terutama pemanfaatan temulawak yang masih banyak terdapat di daerah bengkulu,dengan adanya artikel ini menambah wawasan bagi para peternak terutama mahasiswa yang membancanya.

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
setelah saya membaca artikel ini bahwa pemanfaatan temulawak dan kunyit ini cukup bagus untuk ternak ayam broiler, dan temulawak dan kunyit ini sangatlah berpotensi untuk dijadikan sebagai feed additive herbal karena untuk menggantikan antibiotik sintetik yang berbahaya bagi ternak dan manusia dan temulak dan kunyit ini sangat lah baik bagi ternak ayam broiler tersebut... terima kasih pak

Dodi sismanto said...

Dodi Sismanto(E1C011069)
Saya sangat setuju dengan artikel tentang "Pemanfaatan Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) Dan Kunyit (Curcuma domestica Val) Sebagai Feed Additive Herbal Untuk Ayam Broiler" karna dengan kandungan senyawa – senyawa aktifnya temulawak tidak akan menggangu kesehatan kita yang mengkonsumsi nya di bandingkan dengan Ayam broiler yang diberi antibiotik sintetik pada pakannya akan menghasilkan daging yang kurang sehat untuk dikonsumsi oleh manusia

wiki utomo (E1C011026) said...

saya setuju adanya alternatif atau pengganti obat-obatan bahan kimia. oleh karena itu,obat-obatan yang alami tidak membahayakan ternak maupun manusia yang mengkonsumsi ternak tersebut. apalagi bahan tersebut mudah di tanam dan mudah di dapat .terima kasih

Omamet almas(E1c011058) said...

obat obatan herbal memang lbh baik dari obat obatan kimia selain lebih ekonomis obat herbal juga lebih mudah di dapat

DESRI DINA(E1C011067) said...

dengan kita mengetahui bahwa temulawak tidak hanya di manfaatkan oleh manusia juga bisa di gunakan bagi ternak, jadi perternak tidak susah untuk mencari obat untuk ternak karena temulawak mudah di tanam di indonesia.

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
menurut saya artikel ini sangat bagus karena temulawak dan kunyit bagus untuk dimanfaatkan dengan ayam broiler dan mmenambah wawasan untuk para peternak untuk temulawak dan kunyit tersebut.

jessi desmiarti E1C011023 said...

jessi desmiarti
E1C011023

oh saya baru tau pak ternyata tumulawak dan kunyit itu juga bisa untuk makan ternak.
itu bagaimana cara pengolahanya pak yang cepat dan praktis

makasi pak . .

SEPTIA HERLINA,E1C011001 said...

Artikel ini menarik dan menambah wawasan saya tentang manfaat tanaman yang alami yaitu tanaman kunyit dan temulawak,selain memiki manfaat sebagai obat-obatan herbal,dan sebagai bahan masakan ternyata memiliki manfaat juga untuk ayam broiler sebagai feed aditive herbal.
dan kedua bahan ini mudah diperoleh jadinya bisa dijadikan alternatif bagi peternak ayam broiler.

jessi desmiarti E1C011023 said...

jessi desmiarti
E1C011023
wah teryata temulawak dan kuyit juga bisa jadi pakan ternak ya pak....
itu gimana cara kerjanya yang cepat dan praktis pak . . . ?

jessi desmiarti E1C011023 said...

jessi desmiarti
E1C011023
wah teryata temulawak dan kuyit juga bisa jadi pakan ternak ya pak....
itu gimana cara kerjanya yang cepat dan praktis pak . . . ?

jessi desmiarti E1C011023 said...

jessi desmiarti
E1C011023
wah teryata temulawak dan kuyit juga bisa jadi pakan ternak ya pak....
itu gimana cara kerjanya yang cepat dan praktis pak . . . ?

jessi desmiarti E1C011023 said...

jessi desmiarti
E1C011023
wah teryata temulawak dan kuyit juga bisa jadi pakan ternak ya pak....
itu gimana cara kerjanya yang cepat dan praktis pak . . . ?

Anonymous said...

Lukman sugianto
E1C011003
wah,,
saya baru tahu bahwa temulawak dan kunyi bermanfat juga ya sama ternak ayam broiler, selain kunyit bermanfat sebagi bahan baku dan mankan manusia juga.....

Bella azhari tarigan E1C0011057 said...

wah sya bru tau klo kuyit temulawak bisa jdi fit ayam boiler sangat bgus kareana harga ekonomis dan murah dan mudah di dapat oleh peternakan

binti nurkhasanah E1C011051 said...

menarik,memang telah kita ketahui bahwa kunyit dan temulawak banyak khasiatnya untuk manusia,apalagi bila untuk ayam broiler,selain harganya yang murah temulawak dan kunyit termasuk obat herbal.Apalagi indonesia didaerah yang cocok temulawak dan kunyit akan berkembang baik.Maka dari itu harus di kembangkan lagi tanaman tersebut.

binti nurkhasanah E1C011051 said...

menarik,memang telah kita ketahui bahwa kunyit dan temulawak banyak khasiatnya untuk manusia,apalagi bila untuk ayam broiler,selain harganya yang murah temulawak dan kunyit termasuk obat herbal.Apalagi indonesia didaerah yang cocok temulawak dan kunyit akan berkembang baik.Maka dari itu harus di kembangkan lagi tanaman tersebut.

binti nurkhasanah E1C011051 said...

menarik,memang telah kita ketahui bahwa kunyit dan temulawak banyak khasiatnya untuk manusia,apalagi bila untuk ayam broiler,selain harganya yang murah temulawak dan kunyit termasuk obat herbal.Apalagi indonesia didaerah yang cocok temulawak dan kunyit akan berkembang baik.Maka dari itu harus di kembangkan lagi tanaman tersebut.

delina s girsang (E1C011033) said...

ohh...saya baru tahu bahwa temulawak dan kunyit itu bisa menjadi salh satu pakan ternak yang cukup baik bagi bobot ternak.terima kasih

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Manfaat temulawak bagi Ayam Broiler sangat besar sekali. Misalnya, Dengan memanfaatkan temulawak dan kunyit sebagai feed additive herbal kita akan memperoleh daging yang bebas dari ancaman residu bahan – bahan kimia berbahaya, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran untuk mengkonsumsi daging ayam broiler.
bermanfaat..

lestari juliani ( e1c011012) said...

ternyata temulawak sangat bermanfaat untuk ayam broiler, di samping itu mudah di dapat dan harga nya sangat ekonomis............ terima kasih pak dengan adanya artikel ini pengetahuan saya bertambh luas.

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)
Mantap pak , artikelnya menarik sekali, memang selain harga yang terjangkau temulawak dan kunyit juga sangat mudah didapat pak, dibanding dengan bahan kimia yang berbahaya bagi ternak dan susah didapat, ternyata lebih efisien jika kita memanfaatkan temulawak dan kunyit sebagai additive herbal untuk ayam broiler, terimakasih :)

deni febriadi said...

(E1C011011)
Temulawak yang mudah di dapat dan harga yang sangat terjangkau ternyata terdapat banyak manfaat sebagai pengobatan,,temulawak dan kunyit sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai feed additive herbal untuk menggantikan antibiotik sintetik yang berbahaya bagi ternak dan manusia.

Nurul Janah (E1C011059) said...

Temulawak dan kunyit memang mudah didapat dan memiliki banyak manfaat bagi manusia baik digunakan sebagai obat,bumbu masakan.Selain itu cara pengembang biakannya juga mudah.Tapi kalau dimanfaatkan oleh ayam broiler sebagai feed additive herbal baru tau.Yang ingin saya tanyakan pada umur berapa extrak dari temulawak dan kunyit ini bisa diberikan pada ayam broiler?,apakah extrak ini juga bisa diberikan pada unggas lain??.

Anonymous said...

Nama Nazarudin
NPM E1C011039
Ternyata Pemanfaatan dan kunyit ini sangat cocok sekali untuk ayam broiler.selain itu sangat mudah di dapati,dan harganya cukup terjngkau..
trimakasih atas informasinya.

liza tri astini said...

LIZA TRI ASTINI
E1C011052

Wah yang alami alami itu memang berkhasiat dan terjangkau ,,ini suatu artikel yang bagus menambah wawasan dan siapa yang tak mengenal temulawak dan kunyittt??? pasti masyarakat indonesia semunya tau,,so,manfaatkan yang alami alami

liza tri astini said...

temulawak dan kunyit adalah tanaman herbal apabila diberikansebagai bahan makanan untuk ternak bermanfaat untuk antibodi dan meningkatkatkan karakas,,siip

Anonymous said...

DARMAWAN
(E1C011027)
artikel ini setelah saya baca sangat berguna bagi masyarakat yang membuka usaha ayam broiler, dengan harga yang ekonomis juga memanfaatkan bahan - bahan alami dan mudah seperti temulawak dan lain2 , sedangkan dengan menggunakan anti biotik resiko nya sangat tinggi , terimakasih .

riko herdiansah e1c011065 said...

temulawak dan bahan2 alami lainnya sangat bermanfaat bagi ayam broiler....

Dian Septiyani said...

setelah membaca artikel ini, saya dapat pengetahuan baru mnegenai manfaat dari temulawak dan kunyit. selain bermanfaat untuk manusia, obat herbal itu jga dapat juga untuk ternak broiler.
yang ingin saya tanyakan,, apakah ada pengaruhnya jika ekstrak itu diberikan pda itik atau ayam petelur. apakah manfaatnya akan sama seperti broiler..???

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O ( E1C011096 ),
Waaaah baguss sekali artikelnya pemanfaatan bahan-bahan yang alami memang bukan hanya baik untuk manusia tetapi juga hewan.
Perlu di terapkan ni kepada para peternak.

Indra Mustika said...

ass,
Indra Mustika(memb011020)
setelah mebaca artike saya baru mengetahui bahwa temulawak dapat digunakan untuk pakaan ternak, terima kasih..
wss.

Indra Mustika said...

ass,
Indra Mustika(memb011020)
setelah mebaca artike saya baru mengetahui bahwa temulawak dapat digunakan untuk pakaan ternak, terima kasih..
wss.

eko handiko saragih(e1c011082) said...

Sungguh banyak manfaat dari kunyit,salain mudah didapat khasiatnya banyak juga .terima kasih atas infonya pak.

eko handiko saragih(e1c011082) said...

Sungguh banyak manfaat dari kunyit,salain mudah didapat khasiatnya banyak juga .terima kasih atas infonya pak.

Steven maurits said...

Menurut saya, temulawak dan kinyit merupakan alternatif penggunaan obat sintetik,
Obat sintetik itu sebenarnya sangat berbahaya bagi manusia, karena residu obat2an tersebut akan terakumulasi oleh tubuh manusia yang akan menyebabkan kelainan metabolisme bagi tubuh manusia.
selain itu,, kunyit dan temulawak juga sangat mudah dijumpai, dan proses pembuatan obatnya juga tidak terlalu rumit.
terimakasih

steven Maurits Saragih
E1C011084

Steven maurits said...

artikel ini cukup bagus dan saya rasa sangat bermanfaat terimakasih ya pak.
steven M Saragih
E1C011084

Anonymous said...

[url=http://teplo-park.ru/montazhnye_raboty]монтаж котельного оборудования[/url]

Anonymous said...

Many of us are actually fighting payday loan financial debt in the states because the horrific financial system. Having problems deteriorating day after day, one can find much more young families plagued by the lack of tasks. Several possess considered payday cash loans, which impose extremely huge low interest rates along with may bring about some sort of period from endless personal debt. There are many who wish to determine how to lose a cash payday loan, although have no idea of the actual actions essential to do this. One must always learn the way to get rid of a payday cash loan at enoromus speed if you want to complications because of additional cutbacks a result of the interest levels. This content can provide a step-by-step guide to reduce that will fast cash advance consumer debt.
The simplest way to stop a quick payday loan Which has a
[url=http://pozyczkagotowkowa24.net.pl]szybki kredyt kalisz[/url]

The 1st step you need to acquire to acheive beyond pay day loan credit debt is without a doubt speak to a seasoned cash advance consolidator quickly. They then as well as people today often have a competence wanted to get for your benefit to achieve a new much lower fee. Countless pay day loan providers recognise that they could under no circumstances secure any of the money back should they may not be much more lenient on the subject of rates. Periodically, the interest levels for a bank loan can be completely reduced even though simply the principle loan product is required to be paid.
[url=http://pozyczkichwilowki24.com.pl]pożyczka od ręki bez bik[/url]

Those who experience multiple pay day loans to completely different businesses, that is a particularly critical characteristic the way it will certainly slow up the credit card debt pressure appreciably. Moreover, that pay day loan consolidator often handle the mortgage in an effort to beginning a amalgamation for your personal payment for many years.
Losing a cash payday loan just by Keeping
[url=http://kredytbezzaswiadczen24.net.pl]kredyt bez zaświadczeń-rzeszów[/url]

The next phase very important step up eradicating fast cash advance debts is almost always to accomplish certain major introspective coronary heart researching concerning your special spending patterns. There are lots of why you will be with payday cash loan debts, nonetheless abnormal spending is likely a big bring about for the purpose of challenge. If you're eating at restaurants, regardless of the best way affordable, an individual are usually just spending excess amount. In order to learn the way to lose an easy payday loan, you must primary how to make big savings.
[url=http://pozyczka-pozabankowa.net.pl]kliknij, aby przeglądnąć ten dokument[/url]

To do this unique by using any superstore to be able to occupy your personal foods wants. Obtain mainly the essentials, for instance loaf of bread, ova, fruits, plus fruit and vegetables, to avoid another sodas or even foodstuffs that could be undesirable to your budget. Implementing discount codes can also be one other means of conserving money which you can use for you to pay off this mortgages more speedily.
[url=http://pozyczkidlazadluzonych.org.pl]pożyczki dla zadłużonych 30 tys[/url]

Last of all, aim to lower out there the different night-life you spend money on over the week. It may signify everyone end having a drink, keep clear of cinemas, and / or another method of enjoyment that is definitely costing you actually funds. It is actually enough time to create sacrifices when getting a person's pay day loan debt resolved at once.
[url=http://pozyczka-przez-internet.net.pl]pożyczka przez internet[/url]

vera aprilianti (E1C010020) said...

saya setuju dengan penggunaan temulawak dan kunyit untuk diberikan pada ternak ayam broiler,
tapi apabila diberikan pada peternakan yang komersial apakan bisa ?
karena temulawak dan kunyit juga konsumsi untuk manusia dallam kehidupan sehari hari

Anonymous said...

achmad setia purba ( e1c010004 )

artikel ini sngat brguna apalagi bagi seorng peternak,,
karna bahnya mudah didapt dan ekonomis.

cara pemberian ini lngsung dibri pa temulawaknya direbus dahulu ya pak ?

redo putra e1c010018 said...

SETELAH SAYA BACA ARTIKEL DI ATAS TERNYATA Kunyit tidajk hanya di gunakan untuk obat tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak atau suplemen untuk ternak unggas,, tetapi pada klimat diatas dijelaskan bhwa kunyit mengandung serta dapat mempengaruhi dan mampu menghambat pertumbuhan jamur, virus dan bakteri baik gram positif maupun gram negatif seperti Escherchia coli,bagaimana dampak orang yang memberi kunyit sebagai jamu tradisional untuk ternak ruminansia,, apakah tidak mempengaruhi bkteri yang ada didalam rumen pak,, terimkasih,,

Anonymous said...

marisya tenti..
saya setuju dengan penggunaan temulawak dan kunyit untuk ayam broiler,.bagaimana kalau ditambahkan juga dengan serai untuk mengurangi kadar lemak ayam...

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

menarik sekali pak artikel ny.

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)
waaaahhh,, bagus sekali artikelnya pak. ternyata selain sebagai bumbu masak ternyata kunyit juga dapat dijadikan bahan untuk feed additive herbal unggas..

Anonymous said...

Desi rustiani (E1C010027)

artikel ini sangat menarik karena penggunaan temulawak dan kunyit dapat digunakan sebagai feed aditif ,hal ini dapat menaikan bobot badan terutama ayam broilerr,,
terima kasih

rizki ganteng said...

Pemanfaatan temulawak untuk feed additive pada ayam boiler memang sangat menarik, karena mudah diproleh dan harganya lebih murah. akan tetapi apakah tidak merubah warna pda daging boiler karena kunyit merupakan tmulawak yang memiliki warna yang pekat

rizki ganteng said...

temu lawak yang digunakan merupakan temulawak yang mudah diperoleh dan ekonomis akan tetapi memiliki warna yang pekat, yang ingin saya tanyakan apakah ada pengaruh wrna terhadap pemberian pakan ini pada kulit dan daging boiler

juli masdeka sari E1C010046 said...

dengan mengggunakan temu lawak yang digunakan merupakan temulawak yang mudah diperoleh dan ekonomis akan tetapi memiliki warna yang pekat, yang ingin saya tanyakan apakah ada pengaruh wrna terhadap pemberian pakan ini pada kulit dan daging boiler

Anonymous said...

fitri evianyta.simarmta (E1C010021)
Memang Temulawak dan kunyit adalah dua jenis tanaman herbal yang memiliki kandungan beberapa senyawa aktif,selain juga dapat menjadi obat herbal yang dikonsumsi oleh manusia. dan Senyawa senyawa kimia ini juga mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik didalam tubuh ayam broiler. Seperti meningkatkan produktivitas dan kualitas karkas yang dihasilkan. Dengan kemampuan ini, temulawak dan kunyit sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai feed additive herbal untuk yang dapat menggantikan antibiotik sintetik yang berbahaya bagi ternak dan manusia.
saya sangat tertarik dengan pemanfaatan kedua obat herbal ini....

Anonymous said...

ISMARUDIN
e1co1oo11
feed additive herbal unggas

temu lawak banyak terdapat d bengkulu dan ekonomis

Anonymous said...

MERY HANDAYANI (E1C010003)
selain untuk manusia, ternyata temulawak dan kunyit dapat diberikan juga kepada ternak yang mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. hal ini perlu diterapkan sebagai pengganti antibiotik yang mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan manusia yang mengkonsumsi daging ternak unggas yang mengandung residu antibiotik.

Anonymous said...

Leo Darno Nababan
E1C010057
Saya sangat setujuju dengan artikel ini,adanya dibuat feed aditive,sangat baik terhadap ayam broiler dan baik dikonsumsi manusia.
kita sebagai mahasiswa tidak salah untuk mencobanya,Pak apakah temulawak ini bisa digunakan pada ayam petelur.

Ramadhan Thoriq said...

pemanfaatan seperti ini sangat berguna bagi peternak2 yang kecil, diharapkan info ini dapat disampaikan kepada peternak2 kecil di wilayah bengkulu

Aan afrizal(E1C010006) said...

artikel yang cukup menarik,ternyata selain dibuat sebagai jamu dan rempah-rempah tumbuhan temulawak dan kunyit juga bisa digunakan sebagai pakan ternak,super sekali.

riska kurnia(E1C010024) said...

riska kurnia( E1C010024)

temulawak dan kunyit memang memiliki khasiat yang banyak selain bermanfaat bagi manusia dalam peningkatan nafsu makan dan sebagai obat lainnya , ternyata temulawak bisa diberikan kepada unggas,,,

Redo Putra E1c010018 said...

Redoputra(E1C010018)
artikelnya sangat menarik sekali pak selain harganya yang lebih ekonimis daun pepaya juga mudah didapat disekitar kita dan sangat mudah diperoleh, terimksih pak,,,

Anonymous said...

Irone Wahyulu (E1C01009)
ayam juga di cekokin gak cuman manusia aja ternyata.

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)
artikl ini sangat menarik,pemanfaatan temulawak dan kunyit selain untuk obat herbal untuk manusia,ternyata juga bisa di manfaatkan untuk ayam broiler....terimakasih...

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)
artikl ini sangat menarik,pemanfaatan temulawak dan kunyit selain untuk obat herbal untuk manusia,ternyata juga bisa di manfaatkan untuk ayam broiler....terimakasih...

Anonymous said...

M. Ari Kurniawan ( E1C010052 )

Mungkin dengan cara ini para peternak mampu meninggkatkan kualitas ayam miliknya sehingga ayam-ayam yang ada mampu bersaing dipasaran dengan kualitas yang terbaik.

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

temulawak memang untuk sekarang mudah sekali di dapat, dan penggunaan bahan yang alami seperti temulawak dan kunyit sangat baik sekali dari pada memakai antibiotik ,
hendra apiko (E1C009053 )

Anonymous said...

denik pusanawati e1c010026
saya setuju dengan artikel ini,karena artikel ini menambah pengetahuan saya..
dan juga bahan-bahabnya sangat mudah di dapat.

Anonymous said...

nama : sutrisno ( E1C011002)
sekali lagi ada artikel yang digunakan untuk antibiotik tanpa harus menggunkan antibiotik yang mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi yang mengkomsumsinya, sehingga diharapkan masyarakat tidak lagi khwatir mengkomsumsi daging seperti sebelumnya.

Anonymous said...

LISNAWATI ANGGRAINI
E1C010039
Artikel ini sangat menarik,
dengan penggunaan temulawak para peternak bisa meningkatkan produksi ternak,karna temulawak mudah di dapat dan harganya tidak mahal.

Anonymous said...

Eka saputri E1C011063
penyajian ilmiah
ternyata penggunaan temulawak dsn kunyit bukan hanya digunakan untuk msnusia tetapi juga dapat diberikan kepada unggas khususny boiler untuk meningkatkan kualitas dari boiler itu, sekoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi peternak dalam memperbaiki kualitas priduksinya

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr.Wb
Essy Agnesta Asdami (E1C011017) monogastrik

artikel ini sangat menarik karena penggunaan temulawak dan kunyit juga digunakan sebagai feed additive ,hal ini dapat menaikan bobot badan terutama ayam broiler. apalagi temulawak dan kunyit mudah didapat.

Anonymous said...

Teguh Rafian E1C011046 (Monogastrik)
Pemberikan temulawak dan kunyit sebagai feed additive pada ayam broiler merupakan trobosan yang bagus, semoga bisa menggantikan penggunaan antibiotik secara keseluruhan. dan para peternak tidak perlu menggunakan antibiotik.

Anonymous said...

neneng dwifitri
e1c010016

wouuhh,, ternya sangat banyak manfaat dari tanaman temulawak,, temulawak juga bisa dimanfaatkan oleh manusia dan juga ternak khususnya broiler ...

Anonymous said...

neneng dwifitri
e1c010016

Temulawak merupakan feed aditif yang mudah didapat,, karena tanaman ini juga merupakan tanaman yang ada diperkarangan rumah ..

Anonymous said...

neneng dwifitri
e1c010016


kebanyakan masyarakat belum memahami menfaat lain dari tanaman ini, karena masyarakat hanya memanfaatkannya sebagai rempah-rempah saja..

Maju Bersama Poultry Shop said...

Aplikasi Probiotik Herbal kini sudah bisa menjadi solusi dan banyak digunakan peternakan di Indonesia. Selain berfungsi sebagai pencegah dan pengobatan penyakit juga sebagai pemacu pertumbuhan ternak. Infonya bisa lihat di www.proherbalplus.com

Riko Ardi said...

Ikke nurjayanti
Apakah pemanfaatan temulawak. Dapt dgunakan untk mnambah nafsu mkn serta prtmbhn brat bdan pd unggas

Riki Susanto said...

Riki Susanto, E1C014030

setelah membaca artikel ini saya baru tahu bahwa temu lawak bukan hanya sebagai obat tradisional dan rempah saja, melainkan dapat dijadikan sebagai feed additif pada unggas, hal ini sangat bagus karena temu lawak mudah di cari dan harganya cukup murah.

Adi Setiawan said...

Nama : Adi Setiawan
Npm : E1C014058

ternyata temulawak dan kuyit dapat dimanfaatkan untuk ternak, karena selama ini yang saya tahu temulawak dan kunyit hanya dipakai untuk pembuatan jamu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...