Tuesday, October 16, 2012



SUSU KAMBING SEBAGAI PANGAN ASAL HEWAN  YANG KAYA MANFAAT
OLEH: SUYANTI
Abstrak
Susu kambing dapat digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan beberapa macam penyakit. Susu kambing memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya. Nutrisinya yang lengkap seperti vitamin, mineral, serta unsur kimiawi lainnya yang mudah dimanfaatkan oleh tubuh. Susu kambing mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek dan sedang jika dibandingkan dengan asam lemak dalam susu sapi. Perbedaan tersebut diduga menyebabkan susu kambing lebih mudah dicerna. Selain itu, ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu lainnya. Susu kambing merupakan sumber yang kaya mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk imunitas dan bersifat antioksidan. Sifatnya yang basa sehingga tidak menimbulkan gangguan pencernaan, menyembuhan penyakit paru seperti asma, TBC, serta infeksi pada paru-paru serta mengontrol kadar kolesterol dalam darah.
Kata kunci: susu kambing, manfaat susu kambing
 
Pendahuluan

Susu kambing merupakan produk peternakan yang memiliki nilai nutrisi yang tidak kalah dengan nutrisi dari susu sapi. Sejak zaman dahulu susu kambing telah banyak digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan beberapa macam penyakit. Namun, hingga saat ini khususnya masyarakat diindonesia belum banyak yang mengkonsumsi susu kambing karena belum banyak dijumpai dipasaran dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki banyak sekali variannya. Seperti, dalam bentuk  susu pasteurisasi, susu bubuk, dan  dengan berbagai macam rasa.
Susu Kambing ditengarai memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya (Moeljanto, Rini Damayanti dan Wiryanta, B.T. Wahyu, 2002).
Jenis Kambing Perah
Menurut Valik E. Rudd, ada 6 jenis kambing yang dikenal karena manfaat susunya. Ke 6 jenis kambing ini memiliki nama dan ciri khas seperti:
§  LaMancha memiliki telinga yang pendek dengan tubuh yang mugil. Kambing jenis ini  menghasilakan susu yang kental dengan kadungan lemak yang padat.
§  Oberhasli merupakan jenis kambing yang aktif. Kambing ini banyak ditemukan di swiss sebagai kambing penghasil susu.
§  Nubian memiliki telinga terjuntai, hidung cumbung dan berbadan besar.  Susunya lebih kental daripada susu kambing lainnya karena mengandung lemak dan protein yang tinggi.
§  Alpine adalah jenis kambing yang memiliki telinga yang berdiri, ukuran muka yang mirip kancil dengan ukuran tubuh sedang.Kambing ini bisa menghasilkan susu dengan jumlah yang banyak.
§  Toggenburg kebanyakan berwarna cokelat cerah hingga cokelat gelap. Kambing ini telah lama dipelihara untuk menghasilkan susu.
§  Saanen biasanya berwarna putih dengan badan yang cukup kekar dan wajah lurus.


Kandungan Gizi
Susu kambing mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Molekul lemak susu kambing lebih kecil sehingga mudah dicerna dan tidak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan (diare). Susu kambing dapat dikonsumsi tanpa proses pemasakan terlebih dahulu karena kandungan laktosanya lebih aman. Selain itu, susu kambing tanpa proses pemanasan terlebih dahulu memiliki kadar flourine yang lebih tinggi dibandingkan dengan melalui pemanasan. Kandungan protein susu kambing hampir setara dengan ASI. Susu kambing mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek dan sedang jika dibandingkan dengan asam lemak dalam susu sapi. Perbedaan tersebut diduga menyebabkan susu kambing lebih mudah dicerna. Selain itu, ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu lainnya.
Menurut jurnal kesehatan Amerika, susu kambing mengandung nutrisi yang lengkap seperti vitamin, mineral, serta unsur kimiawi lainnya yang mudah dimanfaatkan oleh tubuh. Bahkan, tubuh dapat mencerna susu kambing dalam 20 menit dibandingkan dengan susu sapi yang mencapai 2-3 jam.
Kelebihan Susu Kambing
Beberapa kelebihan susu kambing dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:
ü  Pembentukan imun atau kekebalan tubuh
ü  Kadar Fluorine susu kambing 10-100 kali lebih besar dibanding susu sapi yang bermanfaat sebagai anti septik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh.
ü  Bersifat basa (alkaline food) sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.
ü  Proteinnya lembut dan efek laksatifnya sedikit, sehingga tidak menyebabkan diare.
ü  Lemaknya mudah dicerna, karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus dibandingkan dengan susu sapi.
ü  Kandungan Sodium (Na), Fluorine (F), Kalsium (Ca), Fospor (P), yang dominan sangat baik untuk kesehatan manusia.
Alfa-kasein protein, termasuk alpha s1-kasein, dan beta-kasein protein keduanya dipertimbangkan dalam hal ini. Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa kabel genetik untuk protein kasein sangat bervariasi di kedua sapi dan kambing dan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan peran yang tepat protein ini mungkin bermain di tolerabilitas susu kambing dibandingkan dengan susu sapi. Penelitian lain telah menemukan beberapa senyawa anti inflamasi (molekul gula rantai pendek yang disebut oligosakarida) untuk hadir dalam susu kambing. Ini oligosakarida dapat membuat susu kambing lebih mudah dicerna, terutama dalam hal fungsi usus terganggu. Dalam penelitian hewan, susu kambing juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan metabolisme kedua zat besi dan tembaga, terutama bila ada masalah dengan penyerapan mineral dalam saluran pencernaan. Faktor-faktor ini dan lain-lain mungkin memainkan peran penting dalam tolerabilitas susu kambing dibandingkan dengan susu sapi.
Susu kambing merupakan sumber potasium yang baik, mineral penting untuk menjaga tekanan darah normal dan fungsi jantung.
Susu kambing mudah diserap tubuh manusia, itu sebabnya dapat diminum oleh bayi diatas enam bulan, manula, dan baik bagi penderita radang usus. (Tabloid Mitra Bisnis, Minggu IV Mei 1999, Memelihara Peranakan Etawah lebih baik dari bunga Bank).
Tingkat keasaman susu kambing relatif basa, sehingga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan perut dan pencernaan . Dalam kondisi lambung bersuasana asam, susu kambing bisa menetralkannya. (Harian Pikiran Rakyat, 15 Oktober `998, Susu Kambing Berkhasiat Bagi Perut)
Kesimpulan
Dari artikel tersebut diatas dapat disimpulkan:
1.      Susu kambing merupakan sumber yang kaya mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk kekebalan tubuh (imun) dan bersifat antioksidan.
2.      Sifatnya yang basa sehingga tidak menimbulkan gangguan pencernaan.
3.      Menyembuhan penyakit paru seperti asma, TBC, serta infeksi pada paru-paru.
4.      Mengontrol kadar kolesterol dalam darah.
Ucapan Terima Kasih
Penulis mengucapkan terimakasih kepada Prof. Dr. Ir. Urip santoso, M.Sc selaku dosen pengasuh mata kuliah penyajian ilmiah, dan teman – teman yang turut mendukung dalam penyusunan karya tulis ini.
Daftar Pustaka
Helmina,A. Wiguna,I. dan Ardiyasa, N. 2007. Menjemput sembuh dengan susu kambing. Trubus 451-juni. Halm 100-102.

93 comments:

wajuli haryadi said...

wajuli haryadi(e1c0100140)
waaah,,,,setelah membaca artikel ini,, bertambah lagi wawasan saya..saya baru tahu bahwa susu kambing dapat mengobati penyakit paru-paru seperti asma...jadi, yang punya penyakit asma,tidak perlu membeli obat yang terlalu mahal...

yusuf kurniawan said...

Asmlaikum. Menarik sekali artikel mengenai manfaat susu kambing ini. Tapi benar apa yang dikatakan dalam artikel ini tentang keberadaan susu kambing yang masih sedikit di jumpai di pasaran. Sebenarnya di Bengkulu tengah telah lama ada pusat percontohan pengembangan kambing perah. Namun sayang masyarakat tidak memandang itu sebagai potensi yang dapat dikembangkan. Nah mungkin saran saya perlu diadakan penyuluhan di bebrapa tempat mengenai kambing perah ini agar produksi susu kambing perah dapat meningkat dan dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat luas.

juli masdeka sari (e1c010046) said...

juli masdeka sari (e1c010046)
manfaat susu kambing memang banyak..namun sulitnya untuk mendapatkan susu kambing murni menjadi kendala bagi masyarakat apalagi budidaya kambing perah juga belum sebanyak sapi perah..selain itu harga susu kambing juga cukup mahal.

SIKI ANDRI PUTRA said...

Asalamu'alaikum. SIKI ANDRI PUTRA ( E1C010033). Setelah saya membaca artikel ini, saya mempunyai pertanyaan pak. disana disebutkan bahwa susu kambing lebih kental daripada susu sapi,kekentalan susu tersebut dipengaruhi oleh apa pak dan apakah kekentalan susu itu mempengaruhi kandungan gizi yang ada didalam susu tersebut ? thank's.

putri anggraini said...

yang dimaksud dengan efek laksatif itu seperti apa pak??

M. Afris Camlinoti said...

M. Afris Camlinoti E1c011016

Artikel yang cukup bagus. Karena artikel ini mengulas mengenai susu kambing. Mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai susu kambing, mayoritas orang ketika ditanya susu kambing malah tidak tahu, dan yang mebuat saya miris ketika saya sma ternyata banyak yang tidak tahu bahwa susu kambing itu ada.

Artikel ini mungkin salah satu artikel yang bisa membuat susu kambing akan cukup terkenal.

Dan saya sendiri sangat suka dengan susu kambing selain dilihat dari sisi kualitas namun susu kambing dapat juga meningkatkan sistem imun tubuh kita meskipun harganya sedikit mahal .hhheee

Essy Agnesta Asdami said...

Ass...
Essy Agnesta Asdami (E1C011017)..
setelah membaca artikel ini saya setuju dengan penulis karena memang benar bahwa susu kambing sangat banyak manfaatnya namun masyarakat belum banyak tahu tentang manfaatnya sehingga susu kambing kurang di kenal publik..
terima kasih

Eka Saputri said...

Ass
Eka Saputri (E1C011063)
setelah membaca artikel ini saya sependapat dengan penulis bahwa begitu banyak manfaat dari susu kambing tersebut, tetapi belum dikenal. menurut saya : kita sebagai mahasiswa peternakan bisa menjalankan Revolusi Putih atau gerimis yang disarankan oleh pemerintah dalam sekala mahasiswa UNIB dengan produk susu kambing tersebut.
terimakasih

Indra Mustika said...

ass. Indra Mustika (E1C011020) setelah membaca artikel ini saya setuju bahwa susu kambing tersebut banyak mengandung manfaat tetapi sayang susu kambing ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas,karena masyarakat luas belum mengerti akan khasiat minum susu kambing tersebut sehingga benar apa yang dikatakan penulis bahwa susu kambing ini masih sangat sedikit dijumpai dipasran.salah satu cara agar masyarakat mengerti yaitu mungkin dengan adanya sosialisasi tentang susu atau gerakan minum susu (gerimis).terima kasih

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O (E1C011096), Sangat bermanfaat artikel ini bagi pembaca yang blm mengetahui berbagai macam manfaat dari susu kambing tersebut.
Jika ada penyakit yang bisa di sembuhkan dengan mengkonsumsi susu kambing tak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsinya.Untuk para peternak akan jauh lebih baik jika dapat melakukan pengembangan kambing perah sehingga dapat menghasilkan susu kambing lebih banyak dan masyarakat pun lebih terbantu dengan tersedianya susu kambing lebih banyak.

pinda rahayu said...

Pinda rahayu br Ginting (E1C011060)
kalau memang susu kambing itu kaya gizi dibanding sapi.kenapa lebih banyak peternak memilih memelihara sapi daripada kambing?tentunya kita tahu keuntungan pelihara kambing lebih banyak.tidak membutuhkan tempat yang luas begitu juga bahan pakannya lebih sedikit daripada sapi

Anonymous said...

Lukman sugianto
Ass. ya saya setuju dengan artikel ini memang susu kambing banyak manfaatnya, tetap susu kambing di bengkulu belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga produksi susu kambing semakin berkurang, nah saran saya, sebaiknya kita mengerakan minum susu bagi kalang masa remaja dan anak-anak serta meningkatkan konsumsi susu kambing tersebut.
terima kasih

Dian Septiyani said...

dian septiyani
E1C011079

ass.
susu kambing ternyata berkhasiat dan lagi tinggi akan nutrisi.tapi susahnya mendapatkan susu kambing segar yang akan menjadi kendala bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya.
karena kurangnya peternakan kambing perah di daerah bengkulu ini.

Dian Septiyani said...

dian septiyani
E1C011079

ass.
susu kambing ternyata berkhasiat dan lagi tinggi akan nutrisi.tapi susahnya mendapatkan susu kambing segar yang akan menjadi kendala bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya.
karena kurangnya peternakan kambing perah di daerah bengkulu ini.

Adi Susanto said...

adi susanto (E1C011070)
setlah membaca artikel ini ,saya baru tau bahwa banyak manfaat yang terkandung di dalam susu kambing, trimakasih atas informasi yang telah diberikan oleh penulis.

Henny Suciyanti said...

Berdasarkan penjelasan dari artikel diatas, maka saya menyimpulkan bahwasanya masyarakat indonesia sebaiknya mengkonsumsi susu kambing, karena dibandingkan dengan susu sapi, ternyata nutrisi atau nilai gizi yang terkandung pada susu kambing sangat banyak sekali, dan telah dijelaskan juga dari artikel diatas mengenai kelebihan-kelebihan dari susu kambing, saya rasa untuk pengolahan susu kambing tersebut harus diolah dengan bermacam-macam variasi atau bisa jadi dibuat produk susu kambing yang siap saji seperti hal nya pada susu sapi agar masyarakat juga dapat mengkonsumsi susu kambing.

Henny Suciyanti said...

Henny Suciyanti (E1C011004) Berdasarkan penjelasan dari artikel diatas, maka saya menyimpulkan bahwasanya masyarakat indonesia sebaiknya mengkonsumsi susu kambing, karena dibandingkan dengan susu sapi, ternyata nutrisi atau nilai gizi yang terkandung pada susu kambing sangat banyak sekali, dan telah dijelaskan juga dari artikel diatas mengenai kelebihan-kelebihan dari susu kambing, saya rasa untuk pengolahan susu kambing tersebut harus diolah dengan bermacam-macam variasi atau bisa jadi dibuat produk susu kambing yang siap saji seperti hal nya pada susu sapi agar masyarakat juga dapat mengkonsumsi susu kambing.

Henny Suciyanti said...

Berdasarkan penjelasan dari artikel diatas, maka saya menyimpulkan bahwasanya masyarakat indonesia sebaiknya mengkonsumsi susu kambing, karena dibandingkan dengan susu sapi, ternyata nutrisi atau nilai gizi yang terkandung pada susu kambing sangat banyak sekali, dan telah dijelaskan juga dari artikel diatas mengenai kelebihan-kelebihan dari susu kambing, saya rasa untuk pengolahan susu kambing tersebut harus diolah dengan bermacam-macam variasi atau bisa jadi dibuat produk susu kambing yang siap saji seperti hal nya pada susu sapi agar masyarakat juga dapat mengkonsumsi susu kambing.

sutris said...

ass saya setuju dengan artikel bapak,susu kambing banyak manfaat tetapi dibengkulu populasi ternak kambing sedikit sehingga susu yang dihasilkan sedikit selain itu,peminat dari susu kambing sedikit sehingga perkembangan susu kambing dibengkulu kurang maju...

sutris said...

saya setuju dengan artikel ini pak memang benar susu kambing bayak manfaatnya tetepai populasi ternak kambing perah di bengkulu ini masih sangat sedikit sehingga produktifitas susu kambing masih sangat rendah untuk itu diperlukan penambahan populasi ternak kambing perah serta meningkatkan minat masyarakat terhadap susu kambing dengan cara mengadakan sosialisai memngenai manfaat susu kambing kepada masyarakat.

rahmat mardiansyah said...

wah memang sangat banyak manfaat susu kambing bagi kehidupan manusia,tetapi sangat disayangkan usaha peternakan susu kambing dibengkulu masih sangat sedikit sehingga produksi susu di bengkulu masih rendah selain itu masyrakat juga masih banyak yang belum mengenai banyaknya manfaat susu kambing bagi manusia khususnya buat pertumbuhan anak-anak sehingga dapat mencerdaskan anak -anak kita .perlu adanya suatu gerakan minum susu setiap hari atau biasa disebut gerekan revolusi putih.

muhammad nur syahid said...

muhammad nur syahid (E1C011088)
asalamualaikum. memang benar bahwa susu kambing banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, selain dapat menyembuhkakkn penyakit dan antioksidan bagi tubuh susu kambing juga mudah di cerna oleh tubuh manusia sehingga tidak menimbulkan efek setelah meminumnya. akan tetapi untuk di bengkulu sendiri keberadaan susu kambing ini masih susah di temukan karena asedikitnya peternakan kambing perah selain itu juga karena kurangnya konsumsi susu kambing oleh masyarakat bengkulu. oleh sebab itu mennuryt saya sebaiknya pemerintah di bantu oleh masyarakat dan mahasiswa untuk mengembangkan peternakan kambing perah ini agar susu kambing mudah di dapatkan dengan harga yang terjangkau, selain itu perlu di adakan sosialisasi kepada masyarakat supaya lebih mengenal susu kambing dan manfaatnya. karena biasanya masyarakat terutama anak - anak susah minum susu hal ini bisa di kurangi dengan cara merubah variasi rasa dari susu kambing ini seperti dengan di campur dengan rasa buah. selain itu juga susu kambing ini juga bisa di rubah menjadi makanan lain seperti yogurd, ice cream dll, tetapi tetap memiliki nilai gizi yang sama agar masyarakat lebih suka untuk mengkonsumsinya. terimakasih

Liza Tri Astini said...

binti nurkhasanah E1C011051
Artikel yang sangat menarik,saya semakin tertarik dengan susu kambing yang banyak manfaatnya.

bintinur Khasanah said...

binti nurkhasanah E1C011051
artikel yang sangat menarik,sehingga membuat saya semakin tertarik denagn perah dan ingain mengembangkannya, good luck buat kita semua.

bintinur Khasanah said...

Binti Nurhasanah E1C01105
menarik sekali, ternyata susu kambing itu banyak manfaatnya, dan masih banyak peluang untuk mengembangkan, saya jadi seakin tertarik untuk mempelajarinya lagi,good luck...

bangun dwi cahyono said...

susu kambaing memang banyak manfaatnya apabila seseorang mengkomsumsinya setiap hari yang paling penting adalah manfaatnya dapat mencerdaskan pertumbuhan otak anak-anak,tetapi sangat disayangkan populasi ternak kambing perah masih sangat sedikit sehingga produksinya masih rendah dan kurangnya kesadaran masyarakat akan banyaknya manfaat susu yang terdapat pada kambing.

M Andriansyah said...

ass,,
M.andriansyah(E1C011031)
setelah saya baca manfaat susu kambing bermanfaat bagi kesehatan terutam bisa dijadikan salah satu obat penyakit pernafasan, ada berbagai pendapat tentang susu kambing ini yakni ada yang cocok dan ada yang tidak cocok mengkonsumsi susu kambing, disini susu kambing termasuk susu yang sangat sulit di jumpai untuk kawasan bengkulu disebabkan oleh keterbatasan kambing perah,ketertarikan mengkonsumsi susu kambing pada ssat ini tergolong minim, dengan adanya artikel ini yang menyebutkan manfaat susu kambing akan mendongkrak konsumsi susu kambing yang banyak kaya akan manfaat

Musaheb said...

Susu memang salah satu produk hasil ternak yang memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan.Susu merupakan produk pakan yang paling mudah di cerna oleh tubuh dan tidak berbatas umur, mulai dari bayi hingga orang dewasa.TErkhusus untuk susu kambing yang mempunyai banyak manfaat yaitu tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tapi juga dapat mrngobati beberapa macam penyakit.Namun sayang sekali di Indonesia umumnya dan di bengkulu pada khususnya produksi susu kambing masih sangat rendah,padahal jika kita menilik manfaat dari susu kambing itu sendiri seharusnya upaya-upaya peningkatan produksi susu kambing harus segera di tingkatkan agar masyarakat dapat dari semua kalangan dapat menikmati susu kapanpun.Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita para mahasisa peternakan untuk dapat membantu upaya pengembangan kambing perah.

dori nuringgani pratama E1C011093 said...

setelah saya membaca jurnal ini sangat menarik bawah susu kambing sangat baik untuk di konsumsi dan sangat baik untuk di produksi ,,,,agar dia adakan gerimis gerakan minum susu supaya pasoka susu kambing di kota bengkulu sangat banyak dan baik dalam produksi nya

bangun dwi cahyono said...

artikel ini menarik.saya baru tahu kalo susu kambing banyak manfaatanya,dan mampu mengobati berbagai penyakit, tetapi harga nya yang mahal apakah tidak menjadi kendala dalam pemasaran, terutama di kota bengkulu.....?

deni febriadi said...

Deni febriadi
E1C011011
Asalamualaikum,,setelah seya membaca artikel yang ada di blog ini saya mengetahui manpat dari susu kambing,namun susu kambing di bengkulu sangat sulit di dapat,di bandingkan dengan susu sapi,kerena peternak susu kambing sangat lah sedikit,begitu pula dengan peminat dari susu kambing tersebut,begitu juga dari segi harga susu kambing yang murni lumanya mahal di banding susu yang lain,namun masyarakat belum banyak tahu tentang manfaatnya sehingga susu kambing kurang di kenal publik,untuk pemerintah lebih memperhatikan para peternak kambing perah,agar produksi susu kambing meningkat dan lebih baik..terimakasih

nazarudin nazar said...

Nazarudin
E1C011039
assalamualaikum...setelah saya membaca artikel ini, saya dapat menambah pengetahuan tentang manfaat susu kambing seperti dapat mengobati penyakit asma dan penyakit paru-paru.
sangat di sayangkan di daerah kita ini khususnya di daerah Bengkulu peternak susu kambing sangat kurang sekali di bandingkan dari susu sapi, begitu pun peminatnya.

oky tarmanda said...

oky Tarmanda
setelah saya membaca artikel ini, bertambahlah wawasan saya tetntang susu kambing yang memiliki banyak khasiat.
trims

Bella azhari tarigan E1C0011057 said...

menurut saya sangat bagus karena itu kan agar anak indonesia semakin pintar dalam bidng apa pun seperti negara lain minum susu setiap hari anak anak jdi pintar kenap kita hrus klah dengan negara lain menurut sya saya sangat bagus dan menarik untuk di ulas untuk di indonesia

agung septiyan putra said...

Agung Septiyan Putra (E1C011024)
saya telah membaca artikel ini dan artikel ini sangat bagus. disini saya dapat menarik kesimpulan bahwa susu kambing ini mempunyai manfaat yan sangat tinggi sekali. selain mempunyai nilai gizi yang baik, mudah di terna oleh tubuh, dapat mengimbangi bahkan melebihi kwalitas air susu sapi atau yang lainnya, penawar racun bahkan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. selain untuk mencukupi nilai gizi, susu kambing juga bisa sebagai obat yang relatif murah sebagai pengganti berobat ke dokter dengan biaya yang mungkin lebih tinggi. Terima Kasih banyak.

okky Tarmanda said...

okky Tarmanda (E1C011097)
Setelah membaca artikel ini, wawasan saya bertambah.dan saya baru sadar bahwa susu kambing memiliki banyak khasiat untuk mengobati banyak penyakit, tapi saya heran kenapa susu sapi tidak dikenal oleh orang banyak ? malah mereka lebih memilih susu kemasan ?

rosmalina sidauruk said...

susu kambing memang sangat banyak manfaatnya apabila kita komsusmsi setiap hari selain mempunyai nutrisi yang sangat baik juga sangat bagus dalam mempercepat pertumbuhan anak-anak dan mencerdaskan.untuk itu kita perlu meningkatkan populasi produksi susu kambing.

pinda rahayu said...

menurut saya artikel ini sangat bermanfaat bagi pembaca contohnya saya.setelah baca artikel ini saya baru tahu kalau susu kambing itu kaya akan nutrisi.malah lebih tinggi kadar gizinya daripada susu sapi,
tapi kenapa masyarakat kurang mengkomsumsi susu

rosmalina sidauruk said...

kualitas susu kambing sangat tinggi di bandingkan susu sapi dan juga susu kambing dapat mengobati penyakit-penyakit sperti asma

pinda rahayu said...

menurut saya artikel ini sangat bermanfaat bagi pembaca contohnya saya.setelah baca artikel ini saya baru tahu kalau susu kambing itu kaya akan nutrisi.malah lebih tinggi kadar gizinya daripada susu sapi,
tapi kenapa masyarakat kurang mengkomsumsi susu

anton saputra said...

wah sayang dibengkulu masih sedikit populasi kambing perah ini
tapi menurut saya kita bisa mengusahakan dengan mensosialisasikan potensi kambing perah ini baik dalam keuntungannya maupun pengolahannya karena menurut saya masyarakat banyak yang menganggap keuntungan dan pengolahannya yang dihadapi dalam memelihara kambing tersebut banyak merugikan.
Tetapi dalam mewujudkan naiknya konsumsi susu pemerintah harus membantu masyarakat mungkin dalam pemberian kambing perah yang unggul dan saya rasa itu cukup membantu. . .
Terimakasih

liza tri astini said...

wah,wah banyak sekali manfaat yang terkandung dalam susu kambing ini sehigga dapat mngobati berbagai macam penyakit diantara nya penyakit asma dan susu pun sehat dan bergizi,bagi yang gemar minum susu itu bagus sekali namun bila tidak suka minum susu ayoo dong dicoba dulu manfaat nya besar sekali buat tubuh kita....ayo semangat mahasiswa peternakan kita adalah generasi bangsa yang akan mencerdaskan bangsa......chayyo

delina s girsang E1C011033 said...

susu kambing memang sangat bermanfaat dan mempunyai gizi yang tinggi dari pada susu sapi.akan tetapi susu kambing di bengkulu tidak terlalu dapat di pasarkan secara luas.terima kasih

vebby valentine said...

vebby valentine E1C01105
setelah saya baca artikel di atas ternyaa artikel tersebut sangatlah menarik bahwasannya pada susu kambing dapat mengobati penyakit paru-paru seperti asma dan untuk membeli obatnya tidak terlalu mahal. trims

Anonymous said...

arif rusman E1C011055
betul sekali manfaat susu kambing sangatlah banyak. selain kaya akan protein, mineral, kalsium, susu kambing juga dapat menyembuhkan penyakit. tetapi masyarakat indonesia kurang menyadari akan manfaat susu kambing ini. oleh karena itu pemerintah harus perlu bersosialisasi langsung dengan masyarakat guna peternak susu kambing tersebutdapat mengolah susu kambing sesuai dengan teknik yang ada dalam ilmu peternakan dan dapat melakukan swasembada susu kambing ke luar negri.

rudi hartono said...

Rudi hartono E1C011078
Sangat menarik artikel mengenai manfaat susu kambing ini.
selain mengandung banyak protein bisa juga digunakan sebagai obat asma,
sebaiknya PETERNAKAN UNIB,perlu mengembangkan kambing Perah,agar mahasiswa dapat melihat dan praktikum langsung.

Dewi Galingging said...

Artikel yang sangat bagus dan menarik.Saya ingin bertanya apa yang menyebabkan susu kambing kurang terkenal jika dibandingkan dengan susu sapi, padahal susu kambing memiliki lebih banyak asam lemak dibanding sapi.

deni febriadi said...

artikel ini sanagat bagus dan penuh ilmu yang sanagt bermanfaat,,saya mau bertanya mkin pertanyaan ini biasa-biasa saja namu saya sanagat penasaran dengan pertanyaan ini,,kenapa susu kambing di bengkulu kurang peminat nya dan kenapa susa untuk mendapatkna susu kambing,,di bandingkan dengan susu yang lain pak??,terimakasih

deni febriadi said...

artikel ini sanagat bagus dan penuh ilmu yang sanagt bermanfaat,,saya mau bertanya mkin pertanyaan ini biasa-biasa saja namu saya sanagat penasaran dengan pertanyaan ini,,kenapa susu kambing di bengkulu kurang peminat nya dan kenapa susa untuk mendapatkna susu kambing,,di bandingkan dengan susu yang lain pak??,terimakasih

santra jovi s(E1C011014) said...

wewwwe
artikel ini sangat bagus membah wawasan tentang kesehatan
saya juga baru tau kalau susu kambing dapat digunakan sebagai obat TBC.
tapi sangat sayang yaaaa.....
susu kambinb blm begitu banyak di pasran..seperti susu sapiii

Siswanto endang said...

susu kambing memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, selain untuk kesehatan susu kambing juga bermanfaat mengobati beberapa penyakit dan juga dapat berfungsi memberkuat imun tubuh, susu kambing juga dapat di minum oleh anak bayi d atas 6 bulan. yang menjadi kendala ialah rasa dan aroma pada susu tersebut msih sangat kental dengan araoma kambingnya, mungkin bisa d minimalisir dengan penambahan rasa kepada susu tersebut.

m.ilham sholihin said...

M ILHAM SHOLIHIN ( E1C011035 )
Masyarakt kita umumnya hanya mengenal susu sapi tanpa melihat di balik khasiat susu kambing yang kaya akan sejuta manfaaat . .
Susu kambing merupakan sumber potasium yang baik, mineral penting untuk menjaga tekanan darah normal dan fungsi jantung walaupun sulit untuk mendapatkannya susu kambing sangatlah penting.

yoko sosilo said...

Yoko Sosilo
E1C011074
Sangat menarik sekali artikel ini, karena manfaanya sangat besar bagi ke maslahatan manusia, baik dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dan juga manfaatnya bagi kesehatan manusia.
dan katanya susu sapi dapat menyembuhkan penyakit asmah, zat apakah yang terdapat dalam susu tersebut yang dapat menyembuhkan penyakit asma tersebut, dan apakah zat tersebut terdapat dalam jenis susu lainya?...

desi ratna said...

susu kambing memang sangat banyak manfaatnya apabila dikomsumsi setiap hari untuk itu kita kita perlu meningkatkan kesadaran masyrakat bengkulu untuk mengkomsumsi susu kambing karena banyak mengandung zat gizi yang sangat diperlukan leh perkembangan anak balita

Dodi sismanto said...

Ass
Dodi sismanto (E1C011069)
Setelah membaca artikel ini ,saya baru tau bahwa banyak manfaat yang terkandung di dalam susu kambing, tapi peminat susu kambing sangat dikit di bengkulu ini

Noviandi Erlangga (E1C011019) said...

Wahh,,ternyata susu kambing sangat memiliki banyak manfaat..pantas kalau susu kambing memiliki kualitas yang baik dibanding dengan susu dari ternak yang lain..diantaranya memiliki banyak manfaat:
1.sebagai sumber yang kaya mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk kekebalan tubuh (imun) dan bersifat antioksidan.
2. Sifatnya yang basa sehingga tidak menimbulkan gangguan pencernaan.
3. Menyembuhan penyakit paru seperti asma, TBC, serta infeksi pada paru-paru.
4. Mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Noviandi Erlangga said...

Wahh,,ternyata susu kambing sangat memiliki banyak manfaat..pantas kalau susu kambing memiliki kualitas yang baik dibanding dengan susu dari ternak yang lain..akan tetapi sangat disayangkan keberadaan susu kambing di indonesia sendiri dipasaran masih sangat rendah sebagaimana pasaran susu didominasi oleh susu sapi, semoga para peternak kambing perah di indo lebih ditingkatkan dan diperbanyak untuk meningkatkan roduksi susu kambing di indo sendiri.

Widio Eko Wardoyo said...

assallam ,
Widio Eko Wardoyo
E1C011006

kembali lagi kita mendaptkan ilmu ,, terima kasih sebelumnya pak .. artikel yang sangat bermanfaat . di katakan dalam artikel susu kambing tidak menyebabkan diare , bagaimana dengan sebagian orang yang tidak bisa mempunyai mengkonsumsi susu kambing murni karena ada kelemahan dalam lambungnya ? dapatkah susu kambing murni ini mengatasi masalah tsb ? terima kasih pak

Erik angga saputra said...

hem,,,
setelah saya baca, baru saya tau akan manfaat positifnya bagi manusia,

kemarin juga saya sudah mencoba susu kambing diLPPB BABTIS, ternyata rasanya pun tidak kalah dengan susu susu sapi yang sudah kemasan,


terimakasih infonya pak :)

DESRI DINA(E1C011067) said...

setelah membaca aetikel ini saya dapat tau bahwa dengan mwngkonsumsi susu kambing bisa mengobati berbagai macam penyakit, oleh karena itu pemerintah harus mendukung usaha peternak kambing perah,agar penduduk indonesia tidak kesusahan dalam mencari susu kambing.

santra jovi s(E1C011014) said...

artikelnya sangat menarikkkkk
tapi saya melihat pengembangan kambing perah belum begitu populer se populer sapi perah

DESRI DINA(E1C011067) said...

setelah kita mengetahui kegunaan susu kambing,yang manfaatnya sangatlah baik bagi manusia, hendaknya kita bisa menjaga keberadan susu kambing di indonesia,

maharani said...

maharani.. susu kambing memang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya yaitu dapat menyembuhkan penyakit struk. tetapi jarang sekali kita temukan penjualan susu kambing, jika ada pun harga nya mahal. ini membuktikan bahwa, potensi untuk mengambangkan budidaya kambing perah sangat tinggi bagi peternak.

eko handiko saragih(e1c011082) said...

ternyata susu kambing sangat banyak manfaatnya,ini sangat penting bagi masyarakat agar lebih mengetahui tentang manfaat susu kambing.yang mau saya tanyakan pak ,kenapa susu kambing tidak banyak peminatnya ,tetapi susu sapi sangat banyak peminatnya,,apakah kandungan proteinya berbeda ??thanks ea pak..

AMEZA LESTARI (E1C011066) said...

artikel ini sangat lah menarik,,,ini sangat mendorong bagi kita orang peternakan untuk beternak kambing perah,karena mafaatnya sangat banyak dan peluang usahanya pun besar.

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
setelah saya membaca artikel ini ternyata saya bisa menambah wawasanlagi karena saya baru tahu bahwa susu kambing tersebut bermanfaat bagi manusia apalagi untuk mengobati penyakit asma dan kita tidak perlu membeli obat yg terlalu mahal ke apotik...... karena susu kambing bisa menyembuhkan penyakit asma. terima kasih

Refti Lastari(E1C011028) said...

artikel ini sangat menarik,ternyata susu kambing itu banyak juga mamfaatnya,saya juga sering mendengar kalu susu kambing ini bisa juga di gunakan untuk mengobati penyakit TBC dan paru2..tapi yang aneh nya susu kambing ini tidak banyak peminat nya di bandingkan dengan susu sapi.yang membuat pertanyaan saya apakh kandungan proteinnya yang berbeda,,??

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
Setelah sangat membaca artikel ini saya bertambah wawasan tentang susu kambing ini karena susu kambing bisa menyembuhkan penyakit seperti asma dan bagi yang menderita penyakit asma tidak perlu lagi membeli obat karena kandungan di susu kambing cukup tinggi, dan para mahasiswa peternakan harus memberitahukan kepada masyarakat agar melakukan revolusi putih dan gerimis.... supaya masyarakat tahu bahwa konsumsi susu kambing bisa menyembuhkan penyakit. terima kasih

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
saya sangat tertarik dengan artikel ini karena artikel ini bisa menambah pengetahuan kita karena susu kambing tersebut kandungan nya sangat tinggi apalagi mayoritas masyarakat bengkulu belum banyak mengetahui susu kambing ini mangkanya dari itu kita sebagai mahasiswa peternakan harus memberitahukan kepada masyarakat ini tentang susu kambing bahkan kita juga bisa pergi ke sekolah-sekolah untuk melakukan gerimis.

Senopka Wiraguna said...

senopka wiraguna
e1c011062
setelah saya membaca artikel bpk saya bru tau kalau susu kambing bagus buat penderita asma..........

Senopka Wiraguna said...

senopka wiraguna
e1c011062
setelah membaca artikel ini,, bertambah lagi wawasan saya,saya baru tahu bahwa susu kambing dapat mengobati penyakit paru-paru seperti asma...jadi, yang punya penyakit asma,tidak perlu membeli obat yang terlalu mahal...

Omamet almas(E1c011058) said...

manfaat susu kambing belum banyak di ketahui masyarakat jadi menurut saya tlng di adakan penyuluhan tentang manfaat susu kambing...

Nurul Janah (E1C011059) said...

Kandungan susu kambing lebih banyak dengan susu sapi dan kandunganya sama dengan ASI, susu kambing jga bisa dikonsumsi oleh anak yang berumur 6 bulan keatas,manula dan penderita kelainan susu.Bagaimana kalau dia penderita hipertensi(darah tinggi)??

riko herdiansah e1c011065 said...

setehah membawa artikel ini saya mendapat pengetahuan bahwa susu kambing bisa dikonsumsi langsung dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan....
terima ksih..............
riko herdiansah
e1c011065

okky tarmanda said...

susu kambing memang bermanfaat untuk manusia tapi sayang dipasaran masih sulit untuk ditemukan,itu yang masih jadi permasalahan pak .

lestari juliani ( e1c011012) said...

woww........ setelah membaca artikel ini saya baru tahu kalaw susu kambing itu bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti TBC dan paru-paru

Erik angga saputra said...

artikel yang sangat menarik pak !!

memang susu kambing sangat bermanfaat untuk manusia selain gizinya yang cukup lengkap sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

trimakasih ..

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Manfaat dari Susu Kambing memang besar sekali. Namun sayang sekali di Indonesia umumnya di Bengkulu pada khususnya produksi susu kambing masih sangat rendah, padahal jika kita menilik manfaat dari susu kambing itu sendiri seharusnya upaya-upaya peningkatan produksi susu kambing harus segera di tingkatkan agar masyarakat dapat dari semua kalangan dapat menikmati susu kapanpun.

Rerti Lastari(E1C011028) said...

setelah saya membaca artikel ini saya setuju bahwah susu kambing banyak manfaat nya,,tetapi belum begitu terkenal di bandingkan dengan susu sapi,, karna kurang nya peternakan susu kambing perah terutama di bengkulu.

riko herdiansah ( E1C011065) said...

Manfaat dari Susu Kambing memang besar sekali, dan banyak mengandung protein, Namun sayang sekali di Indonesia ...
terima kasih atas artikelnya

wiki utomo (E1C011026) said...

setelah membaca artikel ini saya mengerti kalau susu kambing sangat bermanfaat,msebelumnya saya tidak mau minum susu kambing setela saya membaca artikel ini saya akan mencobanya.karena kaya manfaat.tks

Refti Lastari(E1C011028) said...

Setelah saya membaca artikel ini saya baru mengerti kalau susu kambing itu banyak sekali manfaatnya,namun sayang sekali susu kambing ini belum begitu populer di indonesia terutama di bengkulu sendiri,hal ini di karnakan kurang nya masyarat yang beternak kambing perah.

Anonymous said...

Desi rustiani (E1C010027)

wahhhh,,,,,artikel ini sangat menarik dan sangat menambah pengetahuan karena dengan rajin mengkonsumsi susu kambing dapat menyembuhkan penyakit dan peluang ini perlu dikembangkan lagi agar pemenuhan gizi dapat tersalur dengan baik dan merata.

juli masdeka sari (e1c010046) said...

ternyata mengobati penyakit paru-paru seperti asma tidak semudah yang dibayangkan..karena terapi minum susu kambing butuh waktu yang cukup lama untuk dapat melihat hasilnya.

Anonymous said...

Irone Wahyulu (E1C010009)
mudah-mudahan artikel ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit seperti yang dijelaskan diatas.

Anonymous said...

MERY HANDAYANI (E1C010003)
susu kambing ternyata memiliki banyak menfaat, selain kandungan gizinya yang tinggi, susu kambing mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. namun keberadaan akan susu kambing ini misalnya saja di kampung saya masih sangat jarang. sehingga sulit untuk mendapatkan susu kambing yang segar. terimakasih..

Ramadhan Thoriq said...

mengenai hal ini sebelumnya saya sudah mengetahui, tetapi permasalahannya seberapa banyak peternak kambing perah diIndonesia ini? bagaimana cara meningkatkan konsumsi susu pada masyrakat?

visista pratama ashadi said...

yang ingin saya tanyakan kepada rekan-rekan bagaimana mengubah persepsi orang bahwa susu kambing yang bermanfaat ini tidak menaikkan darah dan kolesterol..??

Anonymous said...

waw...artikel ini sungguh menarik bahwa susu kanbing sangat banyak manfaatnya.tetapi masyarakat belum banyak mengetahui tentang susu tersebut.jadi untuk kedepanya susu kambing perlu di pasarkan lebih luas lagi terurama di daerah saya.

Anonymous said...

DENIK PUSNAWATI
HEMMM.. SETELAH DENIK MEMBACA JURNAL SUSU KAMBING YANG KAYA MANFAATNYA TERTARIK MAU MINUM SUSU KAMBING,DAN SAYA BARU TAHU TERNYATA SUSU KAMBING MENGANDUNG ASAM LEMAK YANG BANYAK DI BANDING DENGAN SUSU SAPI.

Bayu Adinugraha (E1C010028) said...

Bayu Adinugraha (E1C010028) :
Alternatif lain untuk para konsumen susu yang alergi pada susu sapi adalah mengkonsumsi susu kambing. Selain kandungan nutrisinya yang labih baik dari susu sapi, susu kambing juga dapat mengobati berbagai macam penyakit asalkan kita rutin mengkonsumsinya.

visista pratama ashadi said...

susu kambing bermanfaat untuk pengobatan penyakit asma.
mohon informasi riset yang pernah ada tentang hal tsb pak.

Riki Susanto said...

Riki Susanto E1C014030
Artikel ini sangat bagus untuk dibaca, karena susu kambing ini tinggi akan nilai nutrisi nya, bahkan melebihi susu sapi, tetapi masalahnya belum banyak peternak kambing perah dan juga masyarakat kurang suka bau amis,.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...