Saturday, December 3, 2011

Menghilangkan Kutu pada Burung Kacer dengan Sampo(Clear)


Oleh: YOGI TRI WANDONO
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada penghobi burung dalam menghilangkan kutu burung pada burung kacer, cara pencegahan serta pengobatannya. Dalam perlakuannya di lakukan dan di amati sendiri pada burung saya. Hasil nya memang memberikan hasil yang memuaskan, dan kutu pada burung kacer benar-benar habis. Dan hingga sekarang burung kacer saya semakin gacor.

Pendahuluan
Kacer mempunyai nama ilmiah Copsychus saularis termasuk dalam phylumchordata, ordo passeriformes, family muscicapidae, genus copsychus. Habitat asli burung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Magpie Robin/Oriental Magpie Robin/Straits Robin ini adalah daerah hutan terbuka, kebun dekat pemukiman penduduk. Burung ini lebih menyukai area terbuka di pinggiran hutan dibandingkan dengan di dalam hutan yang lebat. Meskipun menyukai daerah terbuka, namun belum pernah ada keterangan yang menyebutkan mereka juga hidup di daerah dekat laut/pantai.
Secara umum burung ini mempunyai ukuran panjang tubuh sampai 19 cm jika diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor. Kacer jantan dewasa mempunyai warna bulu bagian kepala dan atas berwarna hitam mengkilat, sementara pada sebagian sayap mulai dari bahu sampai ujung sayap sebagian berwarna putih. Untuk jenis poci/sekoci pada bagian bawah dada sampai ke ujung ekor bagian bawah bewarna putih, sedangkan untuk yang jenis jawa timur berwarna hitam. Pada betina didominasi warna abu-abu cenderung kusam. Sedangkan pada burung jantan muda warna bulu pada bagian atas dan kepala masih terdapat warna coklat.

Makanan utama burung ini adalah serangga, namun adakalanya mereka memangsa cacing dan kadang-kadang juga memakan buah-buahan, bahkan ada Kacer yang juga mengkonsumsi madu. Kacer yang dipelihara selain mengkonsumsi EF (Extra Fooding) seperti jangkrik, ulat, kroto (telur semut) dan belalang, juga mengkonsumsi pakan khusus burung buatan pabrik yang disebutvoer / pur.
Kacer umunya mengalami musim kawin antara bulan Januari sampai Juni. Sang jantan akan memikat betinanya dengan nyanyian dan tariannya yang menawan. Mereka biasa membuat sarang dari rumput, daun serta dahan kering, juga dari akar-akaran dan lumut. Sarang mereka berbentuk seperti cawan. Mereka membuat sarangnya bisa dimana saja, seperti pada semak belukar, dahan pohon yang tidak terlalu tinggi, rongga / lubang pohon tua bahkan dekat dengan permukiman penduduk, seperti di atap – atap rumah. Sang betina akan bertelur sebanyak 3 – 5 butir. Pengeraman dilakukan oleh sang betina.
Kacer termasuk jenis burung yang cakupan penyebarannya cukup luas. Mereka bisa ditemukan di India/Bangladesh, Malaysia, Philipina bahkan sampai ke Pulau Jawa, terutama di Provinsi Jawa Timur. Secara umum masyarakat Indonesia mengenal dua jenis Kacer, yakni jenis Kacer berdada putih yang lebih dikenal dengan nama Kacer Sekoci/Poci dan Kacer dada hitam (seluruh bodi berwarna hitam, kecuali di bagian sayap ada sedikit warna putih) yang dikenal sebagai Kacer Jawa Timur. Secara umum kedua jenis Kacer tersebut mempunyai karakteristik suara yang hampir sama. Perbedaannya Kacer Jawa Timur volume suara lebih tebal namun Kacer dada putih mempunyai kelebihan dalam hal variasi nyanyian.
Kutu pada burung bisa menyebabkan burung kerja tidak maksimal (karena selalu ingin garuk-garuk) selain itu juga bisa menyebabkan bulu burung rusak. Sebenarnya banyak tips yang sudah ditulis oleh penghobi burung di berbagai media. Di sini saya hanya akan menggaris bawahi dan menekankan perlunya pencegahan, dan pengobatan yang diperhatikan.
Di antara penghobi burung ada yang menyarankan digunakan zat non-kimia, ada yang menyarankan pakai obat (kimia) merek tertentu untuk pengobatan. Masalah pengobatan memang perlu dibahas, tetapi pertama-tama yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana mencegah agar burung tidak kutuan, disambung dengan masalah pengobatan.

A. Pencegahan:
1. Pastikan bahwa semua burung yang Anda miliki bebas kutu. Kalau membeli burung baru, pastikan semprot dengan larutan anti-kutu sebelum dicampur/dekatkan dengan burung lain. Terlebih lagi, jangan langsung dimasukkan ke karamba umum (karamba yang dipakai bareng bergantian dengan burung lainnya di rumah Anda). Kalau memang kutuan, air bekas mandi burung tersebut pasti meninggalkan telor/kutu yang bisa menular ke burung lain yang juga dimandikan di karamba tersebut belakangan. Kalau perlu sediakan karamba khusus burung baru dan yang bisa dipinjam teman ketika teman tersebut main ke rumah Anda untuk sekadar ngetrek bareng. Kalau memang tidak ada atau hanya tersedia satu, maka bersihkan sebersih mungkin dan semprot karamba yang habis digunakan oleh burung teman/burung baru itu dengan obat anti kutu.
2. Sama dengan masalah karamba, juga masalah kerodong. Jangan saling tukar kerodong dengan kerodong “burung asing”. Kalau dapat kerodong dari teman, pastikan juga dicuci bersih dan diobat anti kutu.
3. Jangan minta voer/kroto/buah dll langsung dari wadah pakan burung milik teman/orang lain. Seringkali kita membawa burung dan kebetulan voer-nya tumpah, dan biasanya kita minta barang sedikit ke teman dan langsung diambil-bagi dari wadah pakan burung teman kita. Ini juga potensial menjadi media penularan kutu (telor kutu), apalagi kalau wadah voer milik teman jarang dicuci/dibersihkan dan hanya main “tiup dan ganti voer”. Singkat kata, hindari semua benda yang potensial membawa kutu dan telornya dari luar ke burung Anda.
4. Rutin cuci kandang, tiap hari sekali atau sepekan sekali ketika burung Anda dimandikan di karamba. Untuk burung yang non-karamba, ya usahakan sedemikian rupa sehingga selalu bersih dan bebas kutu. Cuci dengan sabun antiseptik atau juga semprot berkala dengan antikutu.
5. Jemur. Penjemuran, selain bermanfaat untuk burung, juga bisa meminimalisasi pengembangbiakkan jamur dan kutu di luar tubuh burung.
6. Hindari kondisi lembab untuk lingkungan burung. Dalam hal sangkar misalnya, kalau dalam kondisi basah jangan langsung dimasukkan ke rumah. Keringkan, dan kalau perlu Anda punya hairdryer khusus sangkar/ peralatan untuk burung. Hairdryer akan sangat bermafaat kalau kita tidak sempat menunggu keringnya sangkar secara alamiah (sinar matahari) padahal pada saat yang sama sangkar (dan burungnya) harus segera masuk rumah.
7. Lakukan penyemprotan rutin dengan obat kutu atau antiseptik ke benda-benda yang berhubungan dengan burung dan juga lantai jemurnya (kalau sering meletakkan burung di lantai) dsb.
B. Pengobatan:
Cara yang saya lakukan untuk menghilangkan kutu pada burung kacer:
Hari pertama, caranya burung di pegang dan dengan mengoles-oleskan sampo (sampo Clear yang saya gunakan) ke seluruh bagian bulu burung kacer tersebut, lepas kembali ke dalam sangkar nya biarkan hingga 2-3 jam sambil burung di angin-anginkan, lalu mandikan burung tersebut sampai busa samponya habis (pegang saja burungnya dan mandikan sendiri). Pastikan busa sampo tersebut benar-benar habis dan tidak mengenai mata dan masuk ke mulut nya, dengan tujuan agar burung tidak menelan sisa busa sampo. Jemur burung hingga bulu burung tersebut benar-benar kering, dan kamu bisa menggunakan bak mandi khusus burung. 
Hari ke 2, Lihat saja hasilnya pada, biasanya 50% habis kutunya.
Hari ke 3, ulangi lagi hingga kutu nya benar-benar habis. Kalau sudah nampak habis, hentikan untuk 2-3 hari untuk melihat apakah sudah benar-benar habis apa belum, bila belum ulangi lagi, dan bila kutu nya benar-benar habis, berarti cara anda sesuai dengan prosedur yang telah saya lakukan pada burung kacer saya. Dan jangan lupa harus memandikan burung secara rutin setiap hari nya agar burung anda bersih dan sehat.
Proses pengobatan seperti ini sudah saya buktikan sendiri pada burung kacer saya, sampai sekarang tidak terlihat lagi kutu di bulu burung kacer saya. Dan lagi nya, burung saya semenjak kutu-kutu nya tidak ada lagi, burung saya makin gacor aja, di tambah lagi dengan pemberian EF (Extra Fooding) yang cukup.
EF (Extra Fooding) pakan tambahan nya seperti: Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung.
Cara lain: Memang bisa saja digunakan bedak kutu yang mengandung pestisida, namun cukup berisiko besar: kematian burung (saya belum mencoba nya). Oleh sebab itulah tidak dijumpai bedak kutu khusus burung di pasaran. Namun bila kamu hendak mencobanya, bisa juga. Caranya dengan mencampur 1 bagian bedak kutu kucing/anjing dengan 2 bagian bedak bayi secukupnya. Setelah itu, burung dipegang dan ditaburi bedak kutu itu. Pastikan bahwa bedak tidak mengenai bagian mata dan mulut.
Cara ini tergolong ekstrim dan sangat berbahaya, sehingga kamu harus hati-hati. Sesudah ditaburi bedak, burung dilepas kembali ke kandang, tapi wadah air minumnya harus sudah diambil terlebih dahulu/jangan diberi minum. Sesudah 1/2 jam, burung dimandikan/disemprot dengan spray tanpa sampo, dan dikeringkan.
Terima kasih.
Selamat mencoba...

Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa sampo clear itu memang sangat cocok untuk menghilangkan kutu pada burung kacer dan sebagai pengganti sampo yang khusus sampo untuk menghilangkan kutu burung yang ada toko-toko burung. Kalau untuk burung jenis lain silakan mencoba dengar prosedur yang telah saya lakukan. Mudah-mudahan berhasil seperti yang saya lakukan pada burung kacer saya.

Daftar Pustaka

69 comments:

Ria Puspita Sari E1C009008 said...

hehehe,, artikel yang menarik, ternyata bukan hanya manusia yang pakai shampoo, tapi ternak juga... tapi apakah tidak ada pengaruhnya menggunakan bahan kimia? bagimana jika menggunakan bahan alami seperti biji lamtoro, karena kandungan pada biji lamtoro dapat mematikan mikroorganisme seperti kutu,,,?

Rina Simanjuntak95@yahoo.com said...

Rina simanjuntak
heheee.....artikel yang lucu ya,, burung juga pake shampoo( clear.. apakah tidak ada ge produk yang laen untuk menghilanhkan kutunya,?? knpa hrus shampoo clear yang digunakan, apakah seperti dove ma sunslik tidak dapat digunakan??

agoeng golden wayz said...

Agung kurnia E1C009029

Hehehe, artikel lucu semoga dengan penggunaan shmpo clear kutu pada burung kacer hilang, dan suara yang dikeluarkan tambah baik

Ita said...

its a amazing, saya baru mengetahui bahwa burung ada samponya.tapi lebih baik memakai bahan yang alami saja. dengan cara menumbuk kemiri dengan diberi minyak zaitun, lalu sampokan pada burung tersebut. mudah-mudahan kutunya hilang.hehe...

hermy puspita sari ( E1C009004) said...

sungguh artikel yang menarik, yang dapat menambahkan wawasan mengenai perawatan dan pemeliharaan pada burung... tapi apakah jeruk limau juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada burung???

Anonymous said...

hehehe saya setuju dengan pendapat sodara yogi bahwa sampo clerr bukan hanya untuk manusia tetapi juga untuk burung sebagai salah satu alternatif penghilang kutu,artikel yang menarik ...

teguh yogaswara ( E1C009014)

Anonymous said...

TEGUH YOGASWARA ( E1C009014)

MANTAP AKU SETUJU DENGAN APA YANG DI SAMPAIKAN SODARA YOGI,, KARNA KITA SAMA2 PECINTA BURUNG,,,,

teguh yogaswara E1C009014 said...

asalamuallaikum,, sya setuju sama pendapat yogi karna saya juga merupakan salah satu pecinta burung,, tapi masalah sampo in i apa hanya pada burung kacer saja ??? bagaimana jika di pakai untuk jenis burung yang lain

Erina Nuraini said...

wah...pengetahuan baru nih... ternyata burung pakai sampo juga, bisa jadi inspirasi nih tuk buat salon khusus burung/ternak hehehe
bagaimana dengan sampo herbal atau alami, apakah ada pak?
untuk domba yg wool nya dimanfaatkan, apa bisa di sampo juga agar wool nya terjaga kebersihannya? hehe

karina said...

Waaaw...baru denger nih..ternyata shampo yg biasanya dipakai buat menghilangkan ketombe di rambut kita2,bisa juga dimanfaatkan buat menghilangkan kutu pada burung.
Tpi,apa harus shampo clear...??apakah ada efek pada pertumbuhannya..?

YOGI said...

Terima kasih atas partisipasi dari teman2...
coba aja sendiri pada jenis burung lain, siapa tahu berhasil seperti yang sudah saya lakukan pada burung Kacer saya, dengan mengikuti cara2 yang sudah saya lakukan, semoga berhasil....

Anonymous said...

Terima ksih atas partisipasi dari teman2..
Coba aja ikuti yang sudah saya lakukan pada burung Kacer saya, siapa tahu berhasil pada burung jenis lainnya...

YOGI said...

Terima ksih atas partisipasi dari teman2..
Coba aja ikuti yang sudah saya lakukan pada burung Kacer saya, siapa tahu berhasil pada burung jenis lainnya...

Blog zohdin Aras said...

baru tau saya kalu shampo clear dapat di gunakan untuk menghilangkan kutu pada burung kacer...apakah tidak ada efek sampingnya karena shampo kan mengandung zat kimia...selain itu apakah bisa di manfaatkan untuk unggas lain atau tidak hanya untuk burung kacer saja....??makasih.

Anonymous said...

dadang m faris ( npm e1c009035)

lucu jga y,,,,,,,, tp bgus thu,tapi apahkah gx da pengaruh trhadap fisik burung kacer itu sendiri?

Anonymous said...

Eko saputra (e1c009043)

hehehe , lucu sekali ya tetapi super sekali ya

rinayuni84@yahoo.co.id said...

hahhaa,,
melihat dari judulnya saja sudah bikin saya ingin tertawa. artikel ini meskipun sangat simpel kelihatannya namun sangat bermanfaat bagi pecinta ataupun penggemar burung kacer.

oktaviahairunisa(e1c009073) said...

oktavia hairunisa E1C009073
hee,,heee,artikel yang sangat lucu ternyata burung juga bisa pakai shampo apa enggak ada produk lain,,yang sering di pakai pada burung bisa kenapa ngak produk alami saja.

rocky said...

ternyata kacer bisa kutuan juga yah, saya jadi berpikir kayaknya cocok juga nih bagi cewek-cewek yang kutuan. kalau mau menghilangkannya pake aja shampo clear.hehehe

gimana kalau sama anjing yah, kayaknya bagus juga dicobakan bagi temen2 yang punya anjing. anjing kan banyak kutunya.

Hendri suhendri (E1C009054) said...

arikel ini lucu, tapi juga memiliki manfaat bagi orang pecinta burung, yang memiliki masalah dalam mengatasi kutu pada burung kacer. kepada penulis artikel ini saya mau bertanya
1.jenis kutu apa yang bisa dihilangkan dengan penggunaansampo clear
2.apa ada pengaruh penggunaan sampo tersebut terhada penampilan bulu kacer

miki suhadi (E1C009070) said...

huhuiii ada-ada saja saya sangka hanya manusia saja yang pakai shampo ternyata burung juga yaa jadi saingan dong dengan manusia hehehehehe

nama ;dadang m faris npm : e1c009035 said...

nama : dadang m faris
npm : e1c009035

bagus sekali artikel ini untuk para pencinta burung kecerr.. tapi adahkah pengaruh pada bulu burung kecer kalau terkena shampo,kan shampo juga mengandung bahan kimia??

Hendro Fadly said...

Ummmmm.....keren nih sampo, bagi pecinta burung yg satu ini, patut dicoba agar burung kesayangannya sehat selalu ^_^
"http://1.bp.blogspot.com/-htfmtsFeScc/TcaE2j3_cYI/AAAAAAAAA00/zvDUM3eo6aE/s1600/rocker.gif"

Febi ashari (e1c009046) said...

febi ashari/e1c009046

hehe.e. ada ada saja.. saya kira hanya manusia yang pakai sampo(clear), ternyata burung juga pakai sampo(clear). bagaimana dengan efek sampingnya...?
kita ketahui bahwa burung sangat rentan dengan namanya garam, bagaimana dg zat kimia. sampo kan juga mengandung zat kimia...?

leo suseno said...

waduh bakalan berbagi sampo sama burung donk...
hehehe

EFFRENDI (E1C009042) said...

lumayan jenius senior yg satu ini, terimahkasihg bnyak selama ini saya harus membeli sampo khusus untk burung saya ternyata tidak perlu repot sampo sehari-hari juga bisa... artikel anda sangat membantu para maniac burung.. tentunya para lelaki \twink

iwan Hidayat ( E1C009059) said...

lumayan menambah pengetahuan ..... memang susah untuk menghilangkan kutu pada jenis burung inni ,,,, masih sering nampak pada bagian bulu kepala dan sayap....... patut saya coba ni

YOGI said...

Terima kasih kepada tmn2 semuanya...
Rina@ cba ja sndri pky smp0 Dove/Sunsilk, siapa tau smp02 itu sama khasiatnya seperti sampo Clear..
Roki@ kalau saudara punya anjing yang kutuan, coba aja lakukan yang sama dg prosedur yg sudah saya lakukan pd burung kacer saya...
dan buat tmn2 yg penghobi burung juga, sm0ga artikel saya ini bermanfaat bagi kalian semua...

Unknown said...

Thanks ya mas,,,,
saya sudah lakukan apa yg kata mas bilang,,ternyata benar mas tapi burung saya mengigil karna kedinginan setelah saya bilas shamponya,,,
memang agak setres burung saya setelah di mandikan,,,tapi seiring berjalannya waktu stres nya ilang,,kutunya juga ilang sekarang gacor lagi..

putri anggraini said...

hehehe...
artikel yang sangat menarik. saya baru tahu kalau ternyata burung itu juga bisa mempunyai kutu dan kutunya juga bisa dihilangkan dg shampo yg biasa digunakan oleh manusia untuk keramas.
terima kasih kax yogi atas informasinya.

Redo Putra said...

terlepas dari materi yang di bahas oleh penulis, saya ingin bertanyah,, apakah keunggulan yang khas yang terdapat pada burung kalcer sehingga orang bnyak menyukai dan membeli dengan harga yang mahal..mungkin di jelaskan,, terimakasih

Muhammad afris camlinoti said...

M. Afris Camlinoti E1c011016

artkelnya menarik, judul ini membuat saya tertarik untuk membaca..

sampo - sampo yang biasa membantu menghilangkan kutu di rambut manusia ternyata dapat membantu masalah yang sama pada burung..

hal ini mesti lebih di eksplor dan mesti juga di beritakan kepada yang lain..

M Andriansyah said...

M. andriansyah
hahaha,, burung juga perlu sampoan yah.. nah kabar baru lagi buat pecinta burung terutama kacer,

bangun dwi cahyono said...

nama : bangun dwi cahyono
npm : E1C011009

wah ini merupakan artikel yang menarik untuk dibaca, dan diterapakan . informasi menghilangkan kutu dengan sampo,, yang saya tanyakan apa merek sampo yang digunakan untuk pembersihan kutu di burung kacer? " apakah semua merek sampo itu bisa pak..?

Binti Nurkhasanah E1C011051 said...

ternyata burung perlu pake shampo agar hilang kutunya,sedikit terdengar lucu ya,tapi apa tidak ada cara lain untuk menghilangkan kutu pada kacer..??Bila kita memiliki peternakan burung yang banyak maka harus berapa banyak shampo yang perlu kita sediakan untuk burung tersebut.jadi ongkos pemeliharaan burung nantinya akan menjadi mahal.

rosmalina sidauruk said...

burung kacer apabila kita memelihara burung kacer maka kita akan memdapatkan keuntungan yang sangat besar,dari kita membeli burung kacer dengan harga murah apabila sudah jadi maka mempunyai nilai jual yang tinggi tentunya bukan hal mudah agar burung kacer mempunyai nilai jual yang tinggi untuk itu diperlukan perawatan yang intensif,,,,

Dodi sismanto said...

Dodi Sismanto (E1C011069)
Artikel yang menarik untuk dibaca apa lagi buat para pecinta burung, apakah semua burung bisa di sampo ?? Apa hanya burung kacer saja pak ?

pinda rahayu said...

artikel ini bena-benar memberi pengetahuan pak...setelah baca artikel ini aku baru tahu kalau shampo juga bermanfaat bagi burung.terimakasih

maharani said...

maharani..
waaahh selain manusia, burung juga menggunakan sampo. tetapi, bagaiman efek nya? apa lagi dlm jangka waktu yang lama.. dan apaka bisa digunakan sapo lain, slain sampo clear?

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
Sungguh artikel yang menarik, yang dapat menambahkan wawasan mengenai perawatan dan pemeliharaan pada burung... tapi apakah jeruk limau juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada burung???

Anonymous said...

Nama Nzarudin
NPM E1C011039
Artikel yang dapat menguntungkan, dan bermanfaat. burung juga mandi pakai sampo ya pak, hehe
saya akan coba menghilangkan kutu-kutu pada burung kacer dengan sampo..
trimaksih atas informasinya.

liza tri astini said...

buat para penggemar burung kacer pasti sangat senang karena hanya menggunakan shampo kutu kutu di bulu burung dapat hilang,sehingga burung dapat berkicau kicau dengan suara nya yang indahdan bebas dari kutu..hhee

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Artikel yang sederhana, namun sangat menarik dan bermanfaat.
Tapi perlu diperhatikan lagi penggunaannya, apakah zat kimia yang terkandung berpengaruh atau tidak.
Terima kasih..

Anonymous said...

suryo adi laksono ( E1C011077 )
hoho,, menarik juga untuk diteruskan ini .. ternyata bukan hanya manusia saja yang memakai sampo tapi ternyata bisa dipakai untuk burung kacer juga,, tapi apakah hanya jenis sampo clear aja yang bisa digunakan ?

darmawan (EC011027) said...

wah artikel ini sangat menarik terutama bagi pencinta burung kacer ternyata menghilang kan kutu pada burung kacer cukup dengan sampo, terimakasih

wiki utomo (E1C011026) said...

asik tau juga saya.. cara menghilangkan kutu pada burung kacer pake shampo. tapi apa gak bakal mati tuh burung... besok coba dulu ah

Indra Mustika said...

Ass..
Indra Mustika (E1C011020)
saya baru mengetahui bahwa shampo clear bisa membunuh kutu yang ada pada bulu kacer, karena sepengetahuan saya shampo clear hanya untuk manusia saja...
artikel ini sangat menarik untuk para pembaca khususnya memelihara burung kacer..

Dewi Puspitasari said...

hehe pertama saya baca judul artikel ini mbwt saya tertawa,,,tetapi setelah di baca menarik , menghilangkan kutu pada burung kacer dengan sampo clear, menurut saya ini metode yang simpel dan bisa di ikuti apalagi bagi para penggemar burung kacer . karena kutu sangat mengganggu. thanks for ka' yogi moga bisa menemukan penemuan terbarunya. dan bermanfaat bagi semua orang

Erik angga saputra said...

lagi lagi artikel yang simple namun sangat menarik,

ilham sholihin said...

M ILHAM SHOLIHIN ( E1C011035 )
Haahaha , burung kacer juga butuh sampo clear bukan haya manusia .
benar-benar waww ni artikel .

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Saya baru tahu ternyata shampo clear dapat menghilangkan kutu pada burung kacer bukan hanya pada manusia, tetapi apakah shampo ini tidak berbahaya bagi burung bila mengenai matanya ? mengingat sangat sulit bila harus memandikan burung kacer menggunakan shampo, dan apakah kandungan mint pada shampo clear tidak mempengaruhi kualitas bulu dan keadaan kulit ? terimakasih.

erick wilson said...

Sampo nya langsung d oleskan ap d campur air dulu mas

waktu d angin2kan brung kan suka bersihin bulu,
jika tertelan berbahaya g untuk brung nya???

siki andri putra said...

SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033).Setelah saya membaca artikel ini ternyata shampo bisa menghilangkan kutu juga,tetapi saya ingin bertanya kenapa tidak menggunakan bahan lain seperti pedas padi /jahe merah. seperti kita ketahui bahwa pedas padi /jahe merah itu bisa membunuh mikroorganisme yang berbahaya seperti fungi...bisa dicoba.thank's.

Anonymous said...

LISNAWATI ANGGRAINI
E1C010039
apakah jenis sampo lain juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada burung kacer pak??? tks

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

kreeen pak burung kacernya pakai shampo.. tp apakah shampo merk lain bisa juga di gunakan?

Anonymous said...

dian sanata E1C010029
harus sampo clear ya yang dipakai..untuk merk dagang yang lain gmana..? apa kurang manjur..?

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
saya sangat setuju apa yang da di sampaikan pada saudara yogi,, karena kita sama - sama pecinta kicau mania.,

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
SAYA sangat setuju pada bang yogi,kita sama - sama pecinta burung kicau mania.. tatapi bukan hanya sampo clear,,tetapi sampo lain juga bisa untk menghilkan kutu,,

Aan afrizal(E1C010006) said...

sumber bacaan yang sangat menarik,selain pakan yang harus diperhatikan ternyata bulu nya juga harus diperhatikan,tetapi kalau shampoo digunakan dgn burung yg masih kecil,apakah tidak ada pengaruh nya dgn pertumbuhan bulu nya tersebut pak?

riska kurnia(E1C010024) said...

riska kurnia (E1C010024)

wooww,, shampo clear bisa juga menghilangkan kutu pada burung kecer,, pada rambut manusia fungsi dari shampo clear menghilangkan ketombe dll,, apakah tidak ada dampak bagi penggunaannya pada unggas jika pemakaiannya terlalu sering,,,

Redo Putra E1c010018 said...

artikel yang menarik, ternyata bukan hanya manusia yang pakai shampoo, tapi ternak juga membutuhkan kebersihan seperti kebutuhan dalam perawatan manusia bearti artikel ini mengajak kita untuk meningkatkan rasa kasih sayang terhadap ternak,, jadi untuk perawatan perlu di intensifkan juga seperti manusia,, ...

Anonymous said...

marisya tenti e1c010045
hehheh,, seperti komentar yg lainya juga saya jga rasa ini menarik,kebersihan juga dibutuhkan untuk hewan,,tapi apakah tidak ada efek samping dari samphoo itu terhadap burung,karena manusia saja kadang ada lho yang tidak cocok engan sampho clear,,

Anonymous said...

denik pusnawati e1c010026
hemmm..artikel ini menarik sekali ya...bahwa shampoo clear bisa menghilangkan kutu pada burung kacer.sedangkan kutu pada manusia aja belim tentu hilang kalau menggunakan shampoo z hehehehehe

Anonymous said...

M. Ari Kurniawan ( E1C010052 )

Bagus juga tu, tapi kalau untuk menghilangkan kutu pada ayam bisa nggak ya ?

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

ternyata di balik keeidahan dari bulu burung kacer ada juga ya pak kutu nya, tapi dengan membaca artikel ini kita tidak usah khawatir karna sudah ada solusi nya, yaitu dengan menggunakan shampo semua kutu yang ada pada burung kacer akaan hilang..
hendra apiko ( E1C009053 )

Anonymous said...

achmad setia purba (E1C010004 )

mkasih pa artikel ini sngat bagus,,
krena bnyak orang yng suka dengan burung kacer dan harganya bisa jdi sanagt untuk pemasukan uang .

sikiandri putra said...

SIKI ANDRI PUTRA. Kalau menurut saya,menghilangkan kutu pada burung kacer dengan menggunakan shampo itu solusi yang bagus,akan tetapi yang menjadi pertannyaan saya pak,apakah ekonomis dengan menggunakan shampo tersebut ? seperti kita ketahui bahwa harga shampo sekarang Rp 1000/bungkus. solusinya kita dapat menggunakan obat-obatan tradisional seperti Jahe Merah atau Daun sirih. thank's

Anonymous said...

Fitri Evianyta.Simarmata (E1C010021)
Waaah, artikel ini cukup lucu dan menarik yaa,, unggas atau burung diberi shampo clear yang berfungsi untuk menghilangkan kutu pada burung.
tetapi apakah ada efeknya terhadap burung tersebut? karena di dalam shampo mengandung beberapa campuran zat kimia,,, trims ^_^

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Essy Agnesta Asdami (E1C011017) Penyajian Ilmiah

Artikel yang menarik shampo bisa digunakan untuk membunuh kutu pada burung kacer..
ini dapat disosialisaikan kepaa pemelihara burung kacer.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...