Saturday, November 12, 2011

Membuat Bakso


Bahan yang digunakan:
1 kg daging sapi (bagian paha belakang), 1 butir putih telur, 1 ons es serut, 100 gr tepung sagu, 1,5 sdt garam, 1 sdt lada bubuk, 8 buah bawang putih dihaluskan, 0,5 sdt Penza (membuat kenyal)

Cara Membuat:

1) Campur jadi satu es dengan putih telur, garam, lada, bawang putih halus dan penza sampai rata.

2) Campur ke dalam daging, dan kemudian diaduk sambil ditambahkan tepung sagu, Lakukan sampai daging benar-benar kalis.

3) Bulatkan daging dengan cara sebagai berikut: a) ambil daging dan letakkan dalam genggaman tangan kemudian tekan genggaman tangan sampai keluar daging dari sela ibu jari; b) ambil dengan sendok dan masukkan ke dalam rebusan air; 3) masak sampai bakso matang.

Komposisi Gizi Bakso
Hasil analisis terhadap nilai gizi bakso sapi berdasarkan berat kering adalah 16,80%-49,53% protein, 4,18%-20,21% lemak, 35,52%-56,18% karbohidrat, 6,52%-11,05% abu dan 5,14%-8,25% NaCl, dibandingkan bakso formula dengan kandungan 62,52% protein, 6,22% lemak, 21,30% karbohidrat, 9,97% abu dan 7,41 NaCl.





83 comments:

Anonymous said...

You got a really useful blog. I have been here reading for about an hour. I am a newbie and your success is very much an inspiration for me.
My website is on [url=http://bestcamera.webs.com/]Canon EOS 7D Review[/url].

Anonymous said...

hi to all livestock-livestock.blogspot.comers this is my frst post and thought i would say hi -
speak soon
garry moore

Anonymous said...

mengapa tidak:)

Ita said...

Hmmm....lezatnya
kasih saran nih pak, tambah jamur tiram putih enak juga nih..., soalnya rasanya hampir sama dengan daging.
hehehehe.....

DIAH KASMIRAH said...

Bakso merupakan salah satu makanan favorit saya, karena cita rasa daginng yang begitu terasa dan cukup lezat untuk dikonsumsi. Nah, yang ingin saya tanyakan, apakah bila mengkonsumsi bakso dengan jumlah yang cukup banyak dan sering, apa ada dampak negatife bagi kesehatan??.. dan jika dibandingkan dengan bakso yang dagingnya berasal dari daging ayam, mana yang lebih baik kandungan gizi serta untuk kesehatan tubuh??

sari murti ptr 09 said...

Sari Murti Ptr 09
Pak bagaimana cara membedakan bakso daging yang diolah secara wajar dengan bakso yang diolah memakai bahan pengawet seperti boraks dan formalin???

karina said...

Waaaw,,dapet resep gratis ini,skalin dengan kadar + kualitas gizinya,bisa dicoba dirumah..

Novita said...

Novita (E1C009018)PTR 09.

BAKSO.... pastinya banyak yang suka, termasuk saya... he3.
emmm... saya mau tanya pak, apa bedanya bakso yang di beri putih telur sama yang tidak diberi putih telur, baik dari segi rasa, bau, tekstur maupun strukturnya....??

Blog zohdin Aras said...

BAKSO adalah makanan yang begitu menggugah selera bagi pencita makanan yang satu ini, selan rasanya yang enak bakso juga di kenal kaya akan protein karena terbuat dari daging sapi,ayam,maupun ikan yang di campur dengan tepung...akan tetapi sekarang ini tidak sedikit kalu bakso kebanyakan mengandung tepung dari pada daging...nah yang saya ingin tanyakan bagaimana caranya kita mengetahui bakso yang kebanyakan menganung tepung ini...???

hermypuspitasari said...

waah... boleh lah dapt resep baru untuk di praktekkan, maksih pak .

Anonymous said...

dadang m faris (e1c009035)

setuju,,, bkso bgus thu tpi harus mengetahui kandungan gizi yg baik dan sesuai untuk manusia

rinayuni84@yahoo.co.id said...

waahhh,,jadi lapar neh pak lihat artikel tentang Membuat Bakso ini.
Bakso adalah salah satu makanan favorit saya pak. Ada yang ingin saya tanyakan, sekarangkan hampir seluruh tempat penjualan bakso itu menjual bakso goreng, apa ada perbedaan nilai gizi antara bakso yang direbus dan bakso yang digoreng?

miki suhadi (E1C009070) said...

bakso merupakan makanan yang disukai banyak orang bukan hanya rasanya yang begitu lezat tetapi kandungan protein hewani asal daging juga tinggi.boleh juga sekali-sekali bakso itu diganti dengan daging itik atau ayam agar menciptakan varian baru heheheheheheee....

Roby okta saputra (E1C009010) said...

Roby Okta Saputra (E1C009010)
wah bakso daging sapi enak tu pak.oh ya pak kalau bakso danging sapi diganti dengan bakso daging ayam atau bakso daging kambing.apakah kandungan gizi didalam bakso tersebut akan sama dengan bakso danging sapi atau kah akan sangat berbeda.oh yah pak apakah kadungan gizi bakso seperti itu dapat mengantikan gizi yang masuk kedalam tubuh kita jika kita mengkonsumsi nasi degang lauk ikan dan tempe,sayur????

angga putra sinaga (E1C009002) said...

mungkin orang yang setelah membaca BENCOOLEN LIVESTOCKS masalah membuat bakso semua pengen membuat.. hehehe
tapi satu hal yang saya pertanyakan
masalah kandungan giji.
misal bakso yang sudah jadi,kita masukan ke kulkas apakah kandungan gizinya berubah?

rocky said...

informasi yang bermanfaat bagi siapa yang belum tau cara membuat bakso. kita harus bangga dengan peternakan, sebab bakso adalah produk peternakan yang sangat populer. saya rasa dimanapun ada penjual bakso dan siapapun pasti suka bakso.

maherano bagas .p 09 said...

bagai mana ke awetannya bila tanpa pengawet, selama berapa lama dapat d simpan pak ???

nama ;dadang m faris npm : e1c009035 said...

nama : dadang m faris
npm ; e1c009035

siapa she yg gx suka bakso.. pasti suka smua donk...
tapi kalau daging bakso di buat dari daging yang bukan daging segar,,, apakah sama nilai gizinya pak??

Siti Qotimah (C-QOTH) said...

pengen nih nyoba resepnya.... heheheh.. kalau dagingnya bukan dari bagian paha belakang tetap bagus tidak ya kualitasnya?... penggunaan penza sebagai pengenyal ada efeknya tidak pak terhadap kesehatan yang mengkonsumsinya? apa perbedaan bakso yang menggunakan penza sebagai pengenyal yang dianjurkan dengan yang menggunakan boraks?...

iwan Hidayat ( E1C009059) said...

wah ada yangt bagi2 resep pembuatan bakso... bagus tuk di publikasikan secara umum ni

leo suseno said...

setelah baca artikel bapak, saya jadi laper dan kepengen makan bakso jadinya pak...

resep bakso yang bapak sampaikan ini hampir sama dengan artikel-artikel yang telah saya baca,
kalo boleh tau, ada tidak terobosan baru tentang bakso itu sendiri...
terima kasih

leo suseno said...

setelah baca artikel bapak, saya jadi laper dan kepengen makan bakso jadinya pak...

resep bakso yang bapak sampaikan ini hampir sama dengan artikel-artikel yang telah saya baca,
kalo boleh tau, ada tidak terobosan baru tentang bakso itu sendiri...
terima kasih

vera aprilianti / E1C010020 said...

sebelumnya terima kasih pak atas resep yang bapak berikan untuk kami para pecinta bakso
tapi pak ada yang ingin saya tanyakan,
pak knp mesti daging paha ???
apa keistimewaannya ?

Redo Putra said...

ternyata bakso itu bukan sekedar maknan biasa2 saja, selain rasanya lezat bakso juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat bagus untuk tubuh kita. tetapi di atas tdi di jelaskan pembuatannya itu secara manual dan tidak menggunakan alat.. bagaimana dalam jumlah yang banyak apakah tetap dengan cara manual? law emang menggunakan alat, apa nama alatnya pak?

rizki syahfitra said...

terimaksih atas artikel ini, akan saya terapkan di lebaran idul adha ini dan meminta ibu saya membuat bakso sesuai anjuran resep by bencoolen livestock...

SIKI ANDRI PUTRA said...

Assalamu'alaikum. SIKI ANDRI PUTRA ( E1C010033). Saya sangat tertarik untuk mencoba membuat bakso, karena selama ini saya hanya bisa makannya saja,mungkin lainkali saya akan membuatnya dengan tangan saya sendiri. karena bakso adalah makanan favorit saya. oh ya pak,saya ingin memberi sedikit masukan tentang pembuatan bakso ini,seandainya bakso tersebut kita campur dengan bahan lain,Ex: kentang, seperti yang kita ketahui bahwa kentang merupakan bahan makanan yang enak dan mengandung gizi yang tinggi.itu gimana pak..?? thank's.

Anonymous said...

Agus Sutrisno (E1c009030)

Artikel ini menarik karena mengajarkan membuat bakso hal ini merupakan penerapan dari THT.
SAYA suka bakso dan di lain waktu saya kepingin/ tertarik untuk membuatnya..Trimk

Adi Susanto said...

adi susanto (E1C011070)
waw bakso, dapat resep gratis ni untuk buat bakso.
pak bagai mana jika bakso tersebut mengandung boraks ?
bahaya apakah yang di timbulkan ?

sutris said...

wah artikel pembuatan bakso,artikel yang bagus ni dapat menambah wawasan apabila seseorang ingin membuka suatu usaha.bakso memang sudah tidak lagi asing di dengar karena dapat kita jumpai disetiap daerah.jika boleh buat saran sebaikanya membuat bakso dengan kualitas daging yang tinggi sehingga tidak merugikan konsumen dan gunakanlah daging yang memang layak digunakan sebagai campuran pembuatan bakso agar enak rasanya dan menarik selara konsumen itu sendiri.

widio eko wardoyo said...

assalamualaikum ..
widio eko wardoyo : E1C011006
sebelumnya terima kasih pak atas informasi pembuatan bakso , semoga akan bermanfaat untuk kita semua proses pembuatan bakso ini ..dari post yang saya baca saya tidak melihat waktu yang di perlukan dari proses pembuatan bakso ini pak .. seperti berapa lama (menit)bakso benar-benar matang ? dan bagaimana kriteria bakso yang sudah matang srta berapa litter air yang di butuhkan dalam proses perebusan .. sedikit bertanya pak .. apa yang di maksud "abu" dalam proses pembuatan bakso ini ?? ^_^

anton saputra said...

anton saputra (E1C011076)
wah ada resep bakso nhi. . .
bakso merupakan makanan yang paling banyak konsumennya
karena cita rasa dan kekenyalannya tetapi banyak penjual yang menggunakan bahan pembuat kenyal yg berbahaya dan tidak sehat bagi tubuh
tapi apakah ada pak bahan yang lebih sehat dan alami untuk pengenyal bakso agar lebih aman dikonsumsi ?

rahmat mardiansyah said...

terimakasih atas informasi dari artkel di atas,karena saya dapat mengetahui cara membulati bakso ynag bener dan dalam mengetahui proses pembuatan bakso serta mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada bakso sehingga sangat baik untuk dikomsumsi.

maharani said...

Maharani E1C011010.. artikel yang sangat menari. teteapi pak, bagaimana pak cara kita menghindari bakso berformalin atau pun boraks yang dibuat oleh tangan-tangan jahil para pedagang??? dan apa saja pak dampak yang akan dirasakan jika mengkonsumsi bakso tersebutt??

Dewi C said...

terimah kasi pak,artikel yang bagus karena saya kini sudah tau cara membuat bakso,dan mengetahui cara membulatkan bakso,dlu saya berpikir cara membulatkan nya hanya di geliding2 di tangan samapai berbentuk bulat,tapi skarang saya mengerti bagaimnana cara membulatkanya?

Dian Septiyani said...

dian septiyani ( e1c011079)
enak tuh pak,,,
bisa buat bakso sendiri jadinya, gk perlu beli di warung bakso lagi,,,,
heheeee

pak tapi enak juga y pak kalo bakso pake dwging ayam....

pinda rahayu said...

artikel ini cukup menarik....buat aku ingin cepat-cepat buat bakso pasti rasanya enak banget
dan dapat menambah gizi yang penting dalam tubuh saya..karna bakso juga mengandung kadar gizi yang tinggi.bukan??

liza tri astini said...

nah,artikel ditas memberikn kita informasi tentang pembutan bakso,saya pun pernah mengikuti praktek pembuatan bakso yng didakan oleh hipromater tahun lalu,ini tanda nya kita harus bisa jadi sarjana petrnakan yang mempunyai skill dengan skill tu kita dapat berwirausaha....dan menjadi pengusaha amiiiin

audina irawati said...

audina irawati (E1C011029)

nyamm...yammm..

wah kalau mencoba buat pasti sangat lesat rasnya,, heheheh

artikel ini sangat menarik karena membrikan trik-trik membuat baksok dengan memperhatikan kandungan gizi dan protenin sehingga layak di komsumsi.

makasih

deni febriadi said...

wow sanagt bagus perlu di coba membuat bakso sendirih.heheheh terimaksih pak suda di beri informasi geratis pula hhehehehe

deni febriadi said...

saya termasuk orang yang sanagt mengemari bakso,,artikel ini sanagt bagus,,dengan cara pembuatanya mkin saya akan mencoba membuat sendirih,,heheeh

Senopka Wiraguna said...

Senopka Wiraguna
E1C011062
Saya sangat setuju begitu melihat artikel ini,karna pengetahuan ini tidak say dapatkan di dunia perkuliahahn,atas ucpanya say termaksih...........
ingsa allah say akan mencobanya.

okky tarmanda said...

bakso !sangat menarik artikel ini untuk dibaca karna dengan membaca artikel ini saya dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan bakso dengan baik.makasih pak info.nya saya akan mencobanya untuk membuat bakso dirumah,heheh

okky tarmanda said...

pak bagaimana cara membedahkan kalau bakso tersebut tidak tercampur oleh daging2 yang haram untuk dikonsumsi ??apalagi sekarang diberita media masa dihebohkan dengan ditemukan adanya daging bakso yg tak lazim dikonsumsi.

okky tarmanda said...

pak bagaimana cara membedahkan kalau bakso tersebut tidak tercampur oleh daging2 yang haram untuk dikonsumsi ??apalagi sekarang diberita media masa dihebohkan dengan ditemukan adanya daging bakso yg tak lazim dikonsumsi.

nazarudin said...

Nama Nazarudin
NPM E1C011039
Sangat menarik sekali arikel ini,karena dapat menambah wawasan bagi saya karena kebetulan saya seorang yang hobbi memasak,
,insyallah saya akan mencobanya.
trims


Delina S Girsang(E1C011033) said...

waahh,,,, bisa dicoba ni...

ternyata buad bakso sendiri lebih asik tu kayagnya dari pada mengonsumsi yang bahanya tidak jelas.
terima kasih

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
whhh saya sangat tertarik sekali dengan adanya metode pembuatan bakso ini karena saya ingin coba juga buat bakso sendiri,,,, terima kasih pak

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
terima kasih pak telah menampilkan resep pembuatan bakso karena saya ingin mencoba membuat bakso sendiri dan apabila saya berhasil membuat nya maka saya ingin membuka warung sendiri untuk usaha tersebut.

bangun dwi cahyono said...

bangun dwi cahyono (E1C011009)
BAKSO merupakan makanan jajanan yang sangat digemari orang banyak,, selai rasanya yang gurih juga kandungan gizi bakso yang terbuat dari daging sapi,,, tetapi sekarang ini marak dengan bakso daging oplosan yang sangat memprihatinkan ,, maka dari itu pemerintah melunjurkan daging murah untuk membantu pedangan bakso...

Dodi sismanto said...

Dodi Sismanto (E1C011069)
Artikel yang lengkap ,resep saja ada. tapi kini di indonesia sedang jadi berita bakso ini karna daging sapi di ganti dengan daging babi

DESRI DINA(E1C011067) said...

bakso banyak yang menggemarinya, dari anak-anak sampai orang tua, jadi kita mempunyai peluang besar untuk berternak sapi, karena bahan pokok yang di gunakan membuat bakso adalah daging sapi.

Anonymous said...

DARMAWAN E1C011027
pak kini kan lgi marak nya bakso daging babi , saya ingin nanya bagaimana cara kita tahu apakah bakso tersebut menggunakan daging babi?

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Bakso......... ! Hal yang sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia.
Terima kasih pak artikelnya, boleh tuh buat dicobain rame-rame.. :)

Binti nurkhasanah E1C011051 said...

Ternyata pembuatan bakso sangat mudah sekali.Mari kita buat bakso yang enak dan bergizi daengan mengguanakan daging yang baik dan halal.ok

Binti nurkhasanah E1C011051 said...

Ternyata pembuatan bakso sangat mudah sekali.Mari kita buat bakso yang enak dan bergizi daengan mengguanakan daging yang baik dan halal.ok

Essy Agnesta Asdami said...

Ass...
Essy Agnesta Asdami (E1C011017)..
setelah membaca cara membuat bakso ini sebenarnya mudah sekali..
kita bisa membuat bakso peternakan sebagai koperasi peternakan...
terima kasih

jessi desmiarti (E1C011023) said...

jessi Desmiarti(E1C011023)

wah dapet resep baru ni pak
dari artikel bapak saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat bakso itu dengan baik dan benar

makasi pak.. ..

jessi desmiarti (E1C011023) said...

jessi Desmiarti(E1C011023)

wah dapet resep baru ni pak
dari artikel bapak saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat bakso itu dengan baik dan benar

makasi pak.. ..

jessi desmiarti (E1C011023) said...

jessi Desmiarti(E1C011023)

wah dapet resep baru ni pak
dari artikel bapak saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat bakso itu dengan baik dan benar

makasi pak.. ..

jessi desmiarti (E1C011023) said...

jessi Desmiarti(E1C011023)

wah dapet resep baru ni pak
dari artikel bapak saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat bakso itu dengan baik dan benar

makasi pak.. ..

jessi desmiarti (E1C011023) said...

jessi Desmiarti(E1C011023)

wah dapet resep baru ni pak
dari artikel bapak saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat bakso itu dengan baik dan benar

makasi pak.. ..

jessi desmiarti (E1C011023) said...

jessi Desmiarti(E1C011023)

wah dapet resep baru ni pak
dari artikel bapak saya bisa mengetahui bagaimana cara membuat bakso itu dengan baik dan benar

makasi pak.. ..

SEPTIA HERLINA,E1C011001 said...

Artikelnya sangat menarik ternyata juga diberikan Resep yaitu cara membuat bakso,,,
terima kasih pak,,
ini sangat bermanfaat...

Bella azhari tarigan E1C0011057 said...

Artikelnya sangat menarik ternyata juga diberikan Resep yaitu cara membuat bakso,, dan kmi bisa langsung buat basok

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Asikk setelah membaca ini saya jadi tahu betapa mudahnya membuat bakso pak , hee
Saya ingin menambahkan saja pak, saya pernah mendengar ada terobosan baru dalam bakso yaiu BAKSO ANGGUR pak, ini sangat unik dan menarik dimana buah anggur dimasukkan di tengah" bakso, pastinya menciptakan cita rasa yang unik dan berkarakter tinggi, karena selain daging, buah anggur juga bermanfaat sebagai vitamin pak, jadi lengkap deh gizi dari bakso,
Mungkin hal ini bisa dikembangkan juga nantinya pak amin, terimakasih :)

wajuli haryadi said...

wajuli(e1c010014)
alhamdulillah dapat resep bakso secara gratis ni pak...
sangat jarang sekali mendengar ada orang yang gak suka bakso..semoga yang membaca dapat mencoba sendiri dengan resep yang bapak informasikan..

muhammah yusuf said...

muhammad yusuf (e1c010008)
i love bakso....
pak saya mau tanya kenapa cara pembuatan bakso menggunakan es?...

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)
Terimakas atas resepnya pak...,o ya pak, bagaimana cara membedakan bakso yang di olah tanpa bahan pengawet dan yang di olah dengan bahan pengawet.....terimakasih....

Anonymous said...

marisya tenti
pak kenapa tepung yang digunakan dalam pembuatan bakso hanya tepung sagu aja, kenapa gk ditambah sedikit dengan tepung terigu..?

siki andri putra said...

SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033). Seperti kita ketahui bahwa bakso itu merupakan makanan yang sangat merakyat dan itu merupakan makanan favorit saya. dalam hal ini saya ingin bartanya,biasanya bakso terbuat dari bahan dasar daging. nah,kenapa kita tidak mencoba untuk menggunakan bahan dasarnya seperti lokan. lokan harganya terjangkanu dan mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi juga. thank's.

Anonymous said...

MILA ENJELIKA S (E1C010059)
Bakso,,,???
nyumi,, nyumi,,, enak ouuiyyy,,,
bahaya nga ya kalau sering-sering mengonsumsi bakso ???
dalam proses pembuatannya, ada nga perbedaan anta menggunakan putih telur ayam dengan putih telur unggas lainnyua ???

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

wah dapet resep gratiz nich,

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka,, kalw pake daging udang gmana pak ?? mantap ngak pak

Aan afrizal(E1C010006) said...

mengenai bakso,saya mau tanya pak,bagai mana cara membedakan bakso yang baik yang berbahan dasar dari daging ayam,sapi dll,dgn bakso yang berbahan baku dari daging tikus,yang sering masyarakat perbincangkan saat ini.

riska kurnia(E1C010024) said...

riska kurnia(E1C010024)
resep baru lagi ni,,
membuat bakso dengan bahan-bahan yang aman...
tanpa penyedap tambahan cukup aman bagi yang mengkonsumsinya...

muhammad yusuf said...

muhammad yusuf (e1c010008)
trimakaish atas informasi dari artikel ini pak. saya mau tanya pak, bakso sapi yang dibuat pada artikel diatas memiliki daya umur simpan berapa lama pak? terimakasih

DADANG HIRAWAN ( E1C010012) said...

setelah saya membaca artikel ini saya jadi ingat praktikum THT lanjut sama bunda Olfa,,,kebetulan ada beberapa hal yang belum saya pahami,salah satunya fungsi pencampuran es pada saat menghaluskan daging dengan belender,,apa fungsinya apakah semakin banyak es yang digunakan akan semakin baik.kemudian apakah ada perbedaan tekstur bakso untuk macam-macam daging..mohon penjelasanya,,terimakasih.

Anonymous said...

DENIK PUSNAWATI
SAYA KURANG SETUJU DENGAN ARTIKEL INI KARENA SEPENGATAHUAN SAYA DALAM PEMBUATAN BAKSO TIDAK MEMAKAI PUTIH TELUR.
YANG SAYA TANYAKAN APA KEGUNAAN PUTIH TELUR DALAM PEMBUATAN BAKSO.

Anonymous said...

denik pusnawati e101002
hemm enaknya..
pak bagaimna kalau pembuatan bakso ini dikasih sedikit kunyit..agar rasanya sedikit beda dengan bakso yg lainnya..

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)

waww,, resep pembuatan bakso NE..
ternyata tidak susah untuk mencari resep makanan terutama pembutan bakso.. tinggal buka BENCOOLEN LIVESTOCKS langsung ada..
terima kasih pak atas informasinya..

Abimayu Galang said...

Kalau pakai mesin pembuat bakso kira-kira pengaruh ke rasa dagingnya nggak gan? :D

Riko Ardi said...

Ikke nurjayanti
Jdi pngen mkn bakso. Saya mau tanya pak bgaimana ciri2 bakso yg mnggunakn daging babi..?

Obat Tradisional Untuk Diabetes Insipidus said...

Mudah juga kayanya ... seru juga bikin bakso sendiri
Obat Untuk Benjolan Di Punggung
Obat Tradisional Penghilang Ambeien Parah
Proses Penularan Penyakit Paru Paru
Cara Memesan Ace Maxs
Bagaimana Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami?
Gejala Awal Hipertensi
Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Anak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...