Monday, February 18, 2013

Teknologi Produksi Anak Ayam Kampung Dengan Teknik Inseminasi Buatan ( IB ) Dan Penetasan Telur Dengan Mesin Tetas



Oleh : Yusuf Kurniawan 
 
ABSTRACT
Usaha penyediaan anak ayam kampung merupakan peluang usaha yang sangat potensial dengan terus meningkatnya kebutuhan daging dan telur ayam kampung karena dari segi nutrisi, ayam kampung memiliki kandungan lemak 10.3 % sedangkan ayam ras pedaging kandungan lemaknya sebesar 11.3 % (Serlly Oktarini. 2008). Untuk kandungan  protein, ayam kampung mengandung protein sebesar 13.4 % dan pada ayam ras pedaging mengandung protein sebesar 12.7 % (Serlly Oktarini. 2008). Kemudian untuk pelaksanaan IB pada ayam dilakukan dengan sangat higienis karena sperma dapat rusak/mati jika tercemar oleh kotoran. Kemudian ketepatan waktu IB menjadi hal yang cukup penting mengingat induk ayam melakukan peneluran maksimal pada pukul 12.00, sehingga pelaksanaan IB harus di atas jam 12.00 untuk menghindari sperma terbuang sia-sia ( Edi prayetno. 2010 ). Pengenceran sperma dilakukan dengan perbandingan 1:1 agar campuran merata. Larutan yang dipakai sebagai pengencer yaitu NaCl Fisiologis. Untuk peletakan sperma yang memilikii persentase keberhasilan lebih baik yaitu pada bahian intravagina dengan persentase keberhasilan sebesar 90 % (Ferry Bun, 2010).  Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma dapat dilakukan dengan menambah pakan suplemen untuk ayam pejantan (Krista, Bambang, Bagus Haryanto. 2010).

PENDAHULUAN
Hingga saat ini permintaan pasar akan ayam kampung pedaging maupun telur ayam kampung belum bisa terpenuhi oleh peternak. Ini dikarenakan pamor ayam kampung yang terus meningkat di bidang kuliner makanan (Ir. Bambang Krista & Bagus Harianto, 2010). Dimana ayam kampung memilki banyak keunggulan untuk diolah menjadi masakan, diantaranya kandungan kolesterol ayam kampung yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam ras pedaging, rasanya yang lebih gurih dan lebih kering. Untuk telur ayam kampung banyak mendapat permintaan untuk usaha jamu karena dipercaya dapat meningkatkan stamina dan vitalitas.

Tabel 1. Kandungan nutrisi telur ayam ras dan bukan ras
Jenis unggas
Protein (%)
Lemak (%)
Karbohidrat (%)
Abu (%)
Ayam ras
12.7
11.3
0.9
1.0
Ayam buras
13.4
10.3
0.9
1.0
Sumber : Serlly Oktarini 2008
Dengan melihat kondisi yang tidak sebanding antara produksi ayam dan telur ayam kampung dengan permintaan pasar akan ayam kampung, maka perlu usaha pembibitan ayam kampung secara intensif guna meningkatkan produktifitas ayam kampung. Selain itu juga diperlukan teknologi dalam reproduksi ayam kampung agar  telur yang dihasilkan  dapat terjamin kualitasnya. Teknologi yang dapa digunakan  yaitu dengan inseminasi buatan atau yang biasa di singkat IB.
Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan  pada teknik inseminasi buatan dibandingkan dengan kawin secara alami pada ayam kampung (Ferry bun, 2010). Kelebihannya yaitu :
a.    Memungkinkan dilakukannya seleksi dan persilangan antar induk yang memiliki mutu genetic unggul, sehiingga dapat dihasilkan anak ayam unggul untuk tujuan tertentu.
b.   Memungkinkan dilakukan persilangan bagi ayam pejantan unggul yang sulit melakukan perkawinan secara alami.
c.    Dapat menghasilkan ayam dalam jumlah bayak, seragam dengan waktu yang relative singkat.
d.   Memungkinkan dilakukan persilangan ayam dengan jenis lain.
e.    Dapat diaplikasikan kapan saja untuk memproduksi anak ayam.
f.    Sangat cocok untuk pemeliharaan ayam kampung dengan system baterai (Edi Prayitno, 2010).
Kelemahannya yaitu :
a.       Pelaksanaannya harus higienis, karena dengan adanya kotoran dalam semen dapat membunuh spermatozoa.
b.      Perlu waktu untuk memerah jago, minimal antara 30 detik – 1 menit per ekor dan untuk inseminasi, sekitar 30 detik – 1 menit per ekor (Edi Prayitno, 2010).
c.       Diperlukan tenga kerja tambahan untuk pelaksanaan penampungan semen dan inseminasi buatan .
d.      Kwalitas semen ayam cepat menurun pada kondisi alami diudara terbuka . Sampai saat ini belum ada methode Praktis untuk mengawetkan semen ayam seperti biasa yang dilakukan pada semen ternak besar, Oleh karena itu , Inseminasi tidak dapar ditunda tunda harus segera dilaksanakan setelah semen ditampung (Ferry bun, 2010).
Pelaksanaan inseminasi buatan.
Pelaksanaan inseminasi buatan atau kawin suntik terdiri dari tiga tahapan yaitu :
a.       Penampungan semen
b.      Pengenceran
c.       Dan inseminasi
Dalam melakukan inseminasi buatan perlu beberapa peralatan dan bahan pengencer sperma antara lain tabung penampung sperma, NACL Fisiologis, alat suntik, dan tisu. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum melakukan IB pada ayam yaitu waktu pelaksanaan IB hendaknya  dilakukan lewat dari pukul 14.00 untuk menghindari sperma terbuang sia-sia karena peneluran induk yang mengakibatkan sperma terdorong telur keluar kembali. Peneluran biasanya terjadi paling lambat pukul 12.00 (Edi Prayitno, 2010).

A.     Penampungan Semen .
Penampungan semen dilakukan oleh dua orang , seorang memegang ayam jantan yang akan ditampung semenya dan seorang Lagi melakukan pengurutan untuk mengeluarkan semen dari alat kelamin ayam jantan sekaligus menampunya .
1.   Cara Memegang ayam jantan .
a) Pegang ayam dengan tangan kiri pada daerah sekitar paha. Kemudian, dekap ayam diantara ketiak dan badan pemegang dengan posisi tubuh ayam menghadap kebelakang dan ekor ayam kearah depan .
b) Pegang ekor ayam dengan tangan kanan dan sigkapkan kearah atas sehingga bagian kloaka tampak jelas .
2. Cara menampung semen .
a) Pegang ekor dengan tangan kiri dan tekan otot ekor keara atas sehingga Kloka tampak jelas. Letakan ibu jari dan telunjuk tangan kiri yang sesuai untuk memerah semen pada saat yg tepat.
b) Pegang tabung penampung dengan tangan kanan diantara jari tengah dan telunjuk . Dengan tangan kanan pula , lakukan pengurutan pada daerah ujung ekor. Tepat dibawah tulang Pubis ( tulang supit istilah kita ) dengan ibu jari dan telunjuk pengurutan dilakukan dengan cepat dan kontiniu sampai Pejantan memberikan respon dengan mengeluarkan Papila dari kloaka . pada saat itu , ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri dan kanan berkerja sama memerah keluar semen sampai reflek ejakulasi menghilang .
B.      Cara Pengenceran semen .
a) Produksi semen setiap pemerahan dari seekor pejantan sedikit sekitar 0.3 – 1.0 ml. Untuk keperluan inseminasi ,0,005 – 0.1 ml telah memberikan hasil yang baik (Ferry Bun, 2010) . karena dosis sangat sedikit , untuk memudahkan inseminasi dilakukan pengenceran semen terlebih dahulu sehingga dosisnya dapat ditingkatkan untuk memudahkan pengukuran .
b) Pengenceran dilakukan setelah semen ditampung , Bahan pengencer berupa larutan NaCl fisiologi atau Aqua bidest . Hasil yang diperoleh pada pengenceran 1 : 1 Agar campuran merata , alat penampung digoyang .jangan mengunakan alat pengaduk karena akan merusak kualitas sperma .
c) Setelah diencerkan 1:1 maka dosis semula 0.05 – 0.10 ml menjadi 0.1- 0.2 ml . Dengan demikian , semen seekor pejantan yang ditampung 0.3-1.0 ml . cukup untuk 5-10 betina .
Diudara terbuka , sperma ayam hidup dalam jangka waktu terbatas. sebaiknya semen digunakan sebelum 30 menit. Untuk hasil yang maksimal waktu yang digunakan tidak lebih dari 15 menit (Ferry Bun, 2010).
Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu . semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah inseminasi . Hasil perhitungan menunjukkan bahwa untuk suatu fertilisasi yang baik, untuk setiap telur membutuhkan sekitar 500 spermatozoa disekitar telur atau sekitar 10.000 spermatozoa tersedia dalam tubule dalam beberapa jam setelah diIBkan (Edi Prayitno, 2010). Oleh karena itu pelaksanaan IB sebaiknya dilakukan berkali-kali selama pengumpulan telur atau dilakukan dua kali seminggu. Penampungan semen dari seekor pejantan dapat dilakukan setiap hari , untuk menjaga kwalitas sperma tetap baik pada setiap pemerahan , berikan pakan sesuai kebutuhan , baik kuantitas maupun Kwalitasnya . oleh karenanya dalam satu minggu , seekor pejantan menghasilkan semen untuk inseminasi 35 – 75 betina (Ferry Bun, 2010).

C.      Teknis inseminasi .
Caranya sebagai berikut .
a) untuk inseminasi, diperoleh dua orang pelaksana , seperti halnya pada pada pemampungan semen . seorang memegang ayam betina dan seseorang lagi melakukan inseminasi .
b) Pegang ayam betina bagian paha dengan tangan kiri (dilakukan oleh asisiten ) . posisi ayam dengan bagian ekor menghadap kearah orang yang akan melakukan inseminasi, ibu jari tangan kanan ditempatkan diatas kloaka . dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan.
c) Masukan alat inseminasi yang telah disiapkan oleh inseminator kelubang saluran telur dan semprotkan semen saat semen masuk, penekanan pada kloka dilonggarkan sehingga semen dapat masuk kedalam saluran telur.

Methode Inseminasi Buatan
Inseminasi Buatan pada ayam dapat dilakukan dengan dua metode (Ferry Bun. 2010) yaitu:
1. Metode intra vaginal artinya sperma disuntikkan ke dalam vagina dengan
kedalaman ± 3 cm.
2.      Metode intra uterin artinya sperma dimasukkan ke bagian uterus dengan
kedalaman ± 7-8 cm
Intra vagina
Intra uterina
Gambar 1. Saluran reproduksi ayam

Methode Intravaginal menghasilkan fertilitas lebih tinggi karena hampir sama dengan kawin alam . fertilitas yang dicapai sekitar 90% (Ferry Bun, 2010).

Untuk meningkatkan fertilitas telur ayam kampung ada beberapa hal yang dapat diperlakukan terhadap ternak pejantan yang akan diambil spermanya, yaitu dengan perlakukan pakan. Pakan yang dapat diberikan ke ternak pejantan berupa toge, madu dan telur. Pemberian suplemen pakan tambahan dimaksudkan agar ayam pejantan mampu menghasilkan sperma dengan  kualitas baik (Krista, Bambang, Bagus Haryanto. 2010).
D.    Penetasan Telur
Telur fertile yang dihasilkan kemudian dapat dilakukan penetasan secara buatan, yaitu dengan mesin tetas. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ( Anonim. 2010 )
a.    Memilih atau menyeleksi telur tetas sesuai dengan kriteria telur tetas yang baik
b.   Telur yang kulitnya terlalu kotor perlu dibersihkan, akan tetapi perlu ke hati-hatian dalam membersihkan kulit telur jangan sampai lapisan kulit ikut hilang
c.    Pisahkan telur retak, kerabang tebal/tipis
d.   Persiapan mesin tetas
·   Fumigasi mesin tetas telah dilakukan satu hari sebelum mesin dipakai meskipun mesin tersebut baru dibeli
·   Hubungkan mesin tetas dengan catu daya listrik dan tunggu sampai suhu mencapai kestabilan pada suhu 37-38°C. Pemanasan mesin tetas dilakukan minimal 3 jam sebelum telur dimasukkan ke dalam mesin tetas
·   Cek dengan seksama cara kerja thermostat, pitingan lampu dan yang lainnya
·   Sediakan cadangan bola lampu (dop) atau lampu templok (minyak tanah)
Setelah segala sesuatunya telah siap maka kita masuk ke tahap proses penetasan adalah sebagai berikut :
e.    Hari ke-1
·   Masukkan telur ke dalam mesin tetas dengan posisi miring atau tegak (bagian tumpul di atas). Telur bisa langsung begitu saja dimasukkan ke dalam mesin atau melalui proses prewarming terlebih dahulu yaitu dibilas secara merata dengan air hangat.
·   Ventilasi ditutup rapat
·   Kontrol suhu (38°C)
f.    Hari ke-2
·   Ventilasi dibiarkan tertutup sampai hari ke-3
·   Kontrol suhu (38°C)
g.   Hari ke-3
·   Pembalikan telur harian bisa dimulai pada hari ini atau masuk hari hari ke-4. Disarankan pembalikan telur minimal 3x dalam sehari-semalam (jika memungkinkan dipakai rentang waktu setiap 8 jam. Misalkan pagi pukul 05.00, siang pukul 13.00, dan malam pukul 21.00.
·   Bersamaan dengan itu bisa dilakukan peneropongan telur kalau sudah memungkinkan karena ketelitian seseorang berbeda-beda. Telur yang berembrio ditandakan dengan bintik hitam seperti mata yang ikut bergoyang ketika telur digerakkan dan disekitarnya ada serabut-serabut kecil. Kalau telur tidak menandakan tersebut dikeluarkan saja dam masih layak untuk dikonsumsi. Peneropongan telur dilaukan ditempat yang gelap agar bayangan telur nampak lebih jelas.
·   Kontrol suhu (38°C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

h.   Hari ke-4
·   Pembalikan telur harian sesuai jadwal hari ke-3
·   Lubang ventilasi mulai dibuka ¼ bagian
·   Kontrol suhu (38°C)
i.     Hari ke-5
·   Pembalikan telur harian
·   Ventilasi dibuka ½ bagian
·   Kontrol suhu (38°C)
j.     Hari ke-6
·   Pembalikan telur harian
·   Ventilasi dibuka ¾ bagian
·   Kontrol suhu (38°C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.
k.   Hari ke-7
·   Pembalikan telur harian
·   Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui perkembangan embrio (hidup atau mati). Embrio mati mati ditandakan dengan bercak darah atau lapisan darah pada salah satu sisi kerabang telur sedang embrio yang berkembang serabut yang menyerupai sarang laba-laba semakin jelas
·   Ventilasi dibuka seluruhnya
l.     Hari ke-8 sampai ke-13
·   Pembalikan telur harian
·   Kontrol suhu (38°C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.
m. Hari ke-14
·   Pembalikan telur harian
·   Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui embrio yang tetap hidup atau sudah mati. Telur fertile membentuk gambaran mulai gelap dengan rongga udara yang terlihat jelas
n.   Hari ke 15 sampai ke-18
·   Pembalikan telur harian
·   Kontrol suhu dinaikkan sedikit (38,5-39°C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

o.   Hari ke-18 sampai ke-21
·   Pembalikan telur dihentikan
·   Kontrol kelembaban, lakukan penyemprotan jika diperlukan (dengan semburan yang paling halus)
·   Biasanya ada telur yang sudah mulai menetas di malam hari
p.   Hari ke-21
·   Telur-telur sudah banyak yang menetas
·   Keluarkan cangkang telur dari rak agar space atau ruangan lebih longgar
·   Keluarkan anak ayam yang baru menetas setelah bulunya setengah kering atau kering seluruhnya
·   Proses menetas biasanya berlangsung hingga hari ke-22
·   Dan setelah semuanya selesai mesin tetas bisa dibersihkan dan difumigasi kembali untuk persiapan proses penetasan berikutnya.


DAFTAR PUSTAKA
Octarini, Syerlli. 2008. Purifikasi dan Karakteristik Imunoglobulin Y (IgY) Pada Telur Ayam Kampung. Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.
Anonim,2010.Tata Cara Penetasan Telur. www.sentralternak.com
Pryitno, Edi. 2010. Fertilisasi yang terjadi pada telur dan IB pada ayam. ILMU TERNAK /WWW.ilmuternakkita.blogspot.com
Bun, Ferry. 2010. Inseminasi Buatan ( IB ). Papaji Forum.  
Krista, Bambang, Bagus Haryanto. 2010. “Buku Pintar Beternak & Bisnis Ayam Kampung”. AgroMedia Pustaka.





70 comments:

Anonymous said...

Almost all you decide to do is actually click the connection down the page and even complete a form by means of important information, in addition to your name, the particular company name within your commercial lender, and additionally what kind of money you ought to ensure you get your by your current disaster. Next you basically indicator the web based develop as well as upload the contour. The second ones own loan product is without a doubt manufactured, the money definitely will instantly end up ship to your money so you can work with it pertaining to whatever you will need!
[url=http://kalkulator-lokat.net.pl]sprawdź to www[/url]


During, most of us understand how developing short-term financial debt might cause tension. This is why Payday advances makes a speciality of Most beneficial debt solutions if anyone is inspite of your former credit rating. Payday cash loans demand very little co-signer without any guarantee.
[url=http://mieszkaniowekredyty.net.pl]przeczytaj więcej o tej informacji[/url]


Cash advance loans are generally rapid along with fully semi-automatic or fully automatic. As you apply for the web based application, the money you absolutely need is lodged into your money. You might use the idea without delay to repay your own monthly dues or maybe for everything else you need it with regard to.
Through Cash advance loans, there may be under no circumstances whatever lengthy wrinkles to hold back in, loan product representatives to meet up with with the help of or even just the requirement to chat to anyone directly. And once any safeguarded, handy bank loan is without a doubt sanctioned, you generally has your cash with a couple!
[url=http://topkredytdlafirm.com.pl]kredyt dla firm[/url]


The only desire for your Perfect Payday cash advance might be which are an occupation and a checking account therefore can certainly it is possible to lodge your hard earned money. Distinct from the majority of loan merchants, you don't need to live almost any equity, possibly auto title or simply home loan.
Many people are actually pre-qualified intended for Mortgage, regardless if your current credit history is without a doubt less than perfect. Dollars lending options as high as $1, 000 is usually the ones you have SWIFT using Financial loans.
[url=http://mieszkaniowekredyty.net.pl]kredyt mieszkaniowy getin bank opinie[/url]


Most you should do is actually click the web page link under as well as submit a questionnaire through general information, in addition to your label, any identity of your loan provider, as well as how much money you will want. Then easily hint a particular via the internet shape and even present the software to help Cash advance loans. The moment ones own loan product might be recognized, your income is going to instantly possibly be brought to your money to work with it all however that appeals to you!
BestPayday Lending products can be installed meant for for every choose, which include delayed van obligations, home loan or maybe lease, unfinished credit card debt or even any other important financial obligations that really must be settled
[url=http://kredythipoteczny2013.com.pl]dalej[/url]
.

Anonymous said...

buy levitra online - levitra online without prescription , http://levitranowdirect.com/#azfbl cheap levitra

Anonymous said...

Just about all you are doing is usually click on the website link listed below and enter a form by using standard information, including your label, any company name of this traditional bank, plus how much cash you need to ensure you get your through ones own crisis. After this you only warning a strong on-line sort not to mention upload the contour. The second the loan is definitely processed, this money could on auto-pilot turn out to be deliver to your bank account to help you utilize it intended for whatever you decide to desire!
[url=http://osobistekonto.com.pl]konto internetowe[/url]


In, we recognize how having short-term credit card debt could cause anxiousness. That's why Pay day loans centers on Finest budgetary options for individuals in spite of their particular recent credit rating. Online payday loans call for certainly no co-signer no security.
[url=http://samochodowekredyty.com.pl]kredyt samochodowy[/url]


Cash loans are actually swift and thoroughly electronic. When you submit the net software, your money you will want is without a doubt placed directly into your money. You can use the item right away to shell out any debts or just for whatever you decide and want it for.
With the help of Fast payday loans, there exists do not any very long marks to wait patiently around, home loan police officers to get to know along with and even the call to converse with just about anyone straightaway. As soon as your safe, simple bank loan might be authorised, you will often can have your dollars in a couple!
[url=http://topkredytdlafirm.com.pl]na tej stronie internetowej[/url]


Truly the only desire for your Most beneficial Cash advance loan is definitely that you have got organization including a banking accounts hence young children and can where to put in your hard earned cash. Unlike other creditors, do not need put up almost any collateral, maybe a van distinction or perhaps bank loan.
Many people are already pre-qualified regarding Home loan, even if the credit ranking is actually very poor. Hard cash loans of up to $1, 000 will be your own house QUICK by means of Lending products.
[url=http://oszczednosciowekonto.com.pl]ranking kont oszczędnościowych[/url]


All of the you need to do is without a doubt go through the connection down below and even fill out a form with the help of fundamental information, in addition to your name, the name of this financial institution, and additionally the amount of money you absolutely need. Consequently simply mark a powerful internet create together with upload the item towards Cash advance loans. The moment the home loan is without a doubt accredited, your hard earned cash might conveniently be sent to your bank account to work with that any way appeals to you!
BestPayday Lending products work extremely well regarding anything you choose, together with past due family car monthly payments, mortgage loan or simply book, unresolved credit cards and also almost every other vital loans that must definitely be spent
[url=http://kredythipotecznyranking.pl]ranking kredytów hipotecznych marzec 2011 w euro[/url]
.

wajuli haryadi said...

wajuli(e1c010014)
artikel ini memang sangat menarik sekali..namun hal tersebut masih sangat jarang sekali dilakukan.dan tekniknya tentu berbeda dengan ternak ruminan dan mungkin lebih sulit dalam pelaksanaanya.memang berapa persen tingkat keberhasilan dalam meng IB unggas...??????/

Anonymous said...

[url=http://videochaty.ru/sait-znakomstv.html]сайт знакомств онлайн с видеочатом[/url]

Redo Putra E1C010018 said...

Redo Putra
E1c010018
setelah saya baca artikel di atas saya mersa bahwa ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi baru di bidang peternakan, karena teknik dan metode IB pada unggas itu msih sangat jarang di lakukan ,, sehingga artikel ini mengajak sekaligus memberi pengetahuan baru bagi kita semua khususnya yang menggeluti bidang peternakan menjadi hal dan langka baru untuk meningkatkan produkfitas ternak unggas,, khususnya ayam kampung..
dari artikel di atas mgkin perlu ditambahkan matmateri mengenai lama penyimpanan semen setelah di lakukan penampungan dan sebelum di gunakan untuk inseminasi( IB) karena di artikel hanya di jelaskan waktu penampungan dan langsung di inseminasikan,,

Redo Putra E1C010018 said...

Redo Putra
E1c010018
setelah saya baca artikel di atas saya mersa bahwa ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi baru di bidang peternakan, karena teknik dan metode IB pada unggas itu msih sangat jarang di lakukan ,, sehingga artikel ini mengajak sekaligus memberi pengetahuan baru bagi kita semua khususnya yang menggeluti bidang peternakan menjadi hal dan langka baru untuk meningkatkan produkfitas ternak unggas,, khususnya ayam kampung..
dari artikel di atas mgkin perlu ditambahkan matmateri mengenai lama penyimpanan semen setelah di lakukan penampungan dan sebelum di gunakan untuk inseminasi( IB) karena di artikel hanya di jelaskan waktu penampungan dan langsung di inseminasikan,,

rizki ganteng said...

Saya Rasa ini Karya tulis yang sangat bagus dan baik,., disamping memberikan ilmu dan pengetahuan disini jga memberikan variasi antara 2 teknologi, saya sarankan untuk penulis agar mengikutsertakan karya tulisnya didalam lomba pkmkt agar bisa ikut serta. dan saya doakan agar dapat nominasi

Anonymous said...

Nama : M. Ari Kurniawan
NPM :E1C010052


Terimakasih infonya, mudah-mudahan ini tidak hanya menjadi teori saja tetapi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. dan bermanfaat bagi halayak ..............

juli masdeka sari(e1c010046 said...

mau tanya dunk...apakah ayam yang akan di IB(betina) jga diberi pakan suplemen sebelum di IB ??

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel ny sangat menarik dan menambah wawasan bagi pembaca, bahwasan ny bukan ternak ruminansia saja yg bisa di IB tetapi unggas pun juga bisa di IB kan, walaupun cara perlakuan ny agak sedikit rumit dari perlakuan IB pada ruminansia..

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel ny sangat menarik dan menambah wawasan bagi pembaca, bahwasan ny bukan ternak ruminansia saja yg bisa di IB tetapi unggas pun juga bisa di IB kan, walaupun cara perlakuan ny agak sedikit rumit dari perlakuan IB pada ruminansia..

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel ny sangat menarik dan menambah wawasan bagi pembaca, bahwasan ny bukan ternak ruminansia saja yg bisa di IB tetapi unggas pun juga bisa di IB kan, walaupun cara perlakuan ny agak sedikit rumit dari perlakuan IB pada ruminansia..

Sis Tanto said...

menurut hemat saya, jika ayam kampung di IB kurang efisien pak, mendingan dikawinkan dengan ayam jantan saja karena akan menghasilkan keturunan yang bagus, sedangkan jika di IB kemungkinan keberhasilan/ fertilitasnya rendah, karena pada saat di inseminasi ayam tidak diketahui apakah sedang mengovulasikan sel telur.

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)

dengan membaca artikel tersebut saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya mengenai inseminasi buatan pada unggas.

Anonymous said...

Frenki Sembiring/E1C010063

Prkawinan ini sangat jarang di lakukan,tapi ada baiknya juga kita sebagai mahasiswa peternakan untuk mencobanya, mana tau nanti bisa jadi usaha yg menjanjikan iya kan???.

Anonymous said...

Frenki Sembiring/E1C010063

Prkawinan ini sangat jarang di lakukan,tapi ada baiknya juga kita sebagai mahasiswa peternakan untuk mencobanya, mana tau nanti bisa jadi usaha yg menjanjikan iya kan???.

Anonymous said...

vika junita

wa sangat menarik dan memukau, karena sangat sulit dilakakan oleh bukan ahlinya

arie wae said...

ary qurniawan (E1C010043)
Bagaimana cara penampungan semen sampai pelaksanaan ib nya serta efisiensi IB dengan pembuahan alami

Anonymous said...

artikel INI SANGAT BAGUS.. masih sangat jarang sekali dilakukan.dan caranya ja saya belum tau kemungkinan sangat sulit, dibandingkan ternak ruminan dan mungkin tingkat keberhasilan nya lebih besar ternak ruminansia di bandingkan unggas

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
menurut saya ib pada unggas mash jarrang sekali,, kemungkinan tidak ada untuk di kota bengkulu,, jadi dari itu saya sangat tertarik membaca artikel ini,., dari faktor ekonomi,, ib pada unggas kemngkinan tidak menguntungkan,

Anonymous said...

MARISYA TENTI ( E1C010045 )
menurut saya artikel ini memberikan ide yang menarik sekali, saya pun tertarik dengan ib pada unggas karena menurut saya selain hal ini masih jarang sekali terjadi sehingga kita dapat memberikan pengetahuan dan ilmu kepada khalayak ramai bahwa untuk menghasilkan jenis baru pada unggas yang pastinya hasil yang menguntungkan

Anonymous said...

Canda Dwi Saputra (e1c009022)

ayam kanpung???????
walaupun kmpung namu aym ini lebih dekat dengan masyaakat, karena ada hampir diseluruh lpisan masyarakat dan ada dimana aja. sebenarnya banyaksekali keunggulan ayam kampung, namun dalam budidayanya masyarakat luas hanya sekedarnya saja dan tida dibudidaykan secra maksimal. salah satunya adalah produksi telurnya, bayangkan saja jika aym kmpung dipelihara secara intensif dan perkawinnnya secara buatan (IB)ayam kampung hanya berhenti bertelur selama seminggi sedangkan produksi telurnya selama lebih kurang 15 hari. belum lagi dengan harg teur yam mpung yang relatif mahal dan lebi digemari masyarakat.

Neneng deifitri (E1C010016) said...

saya sangat jarang mendengar IB pada unggas, ternyata Penerapan Inseminasi Buatan pada prinsipnya tidak sulit, karena bahan dan alat yang
diperlukan mudah didapat dan pelaksanaannya mudah dengan keterampilan yang
dapat diperoleh melalui latihan secara intensif.

yunika purba (e1c010022) said...

saya tertarik sama artikel yang bapak buat tetapi saya belum pernah mendengar IB pada ternak unggas, kira-kira ada gak kesulitan yang dilakukan..??

Neneng dwifitri (E1C010016) said...

saya sangat mendukung jika Teknologi Inseminasi Buatan (IB) dikembangkan ditingkat petani peternak dengan tujuan untuk menyediakan anak ayam umur sehari dalam jumlah banyak, seragam dan memiliki kemampuan genetis yang baik untuk digunakan sebagai sumber penghasil
telur ataupun daging.

Neneng dwifitri (E1C010016) said...

saya tertarik dengan artikel ini tetapi bagaimana Kendala pelaksanaan teknologi IB(inseminasi buatan..??karena kendala pelaksaan IB adalah rendahnya kemampuan dan keterampilan petani peternak sehingga diperlukan pelatihan dan bimbingan yang berkesinambungan dari pihak terkait khususnya penyuluh peternakan di lapangan.

yunika purba (e1c010022) said...

sangat bagus...bagaimana dengan ekonomisnya..??apakah bisa sebanding dengan pendapatannya ..??

yunika purba (e1c010022) said...

tadi saya baca kendalanya kurangnya kemampuan dari peternak sehingga membutuhkan penyuluhan peternkan, bagaimana jika tim penyuluh tidak ada, apa solusinya ..??

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
menurut saya ib pada unggas masih jarang sekali,kemungkinanan tidak ada di kota bengkulu,jdi saya sangat tertarik dgn artikel yang bapak buat karena sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa yang butuh banyak ilmu.

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
menurut saya ib pada unggas masih jarang sekali,kemungkinanan tidak ada di kota bengkulu,jdi saya sangat tertarik dgn artikel yang bapak buat karena sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa yang butuh banyak ilmu.

Anonymous said...

Leo Darno Nababan
E1C010057
Artikel ini sanagat bagus pak,tetapi perlakuan IB sangat jarang dilakukan terhadap ayam kampung.

visista pratama ashadi said...

menurut pendapat saya ,ib pada unggas kurang tepat sebab jika kita memperhatikan animal welfare proses pengambilan sperma nya lumayan menyiksa pejantan yaitu dengan melakukan massage ataupun sedikit pemaksaan pada unggas tsb.

Anonymous said...

fitri evianyta.simarmata (E1C010021)
saya sangat setuju dengan artikel ini karena dapat mempermudah produksi dan pengadaan penetasan telur dengan mesin tetas, dapat mempermudah menetaskan telur dengan populsai atau jumlah yang banyak.dan hasilnya juga memuaskan, walaupun tidak menggunakan induk.
menurut saya potensi ini dapat dikembangkan.

DADANG HIRAWAN ( E1C010012) said...

artikel ini cukup menarik menurut saya, menggunakan teknologi IB dan mesin tetas untuk ayam kampung adalah hal yang baru, sehingga akan lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan produktivitas anak ayam kampung dan akan lebih meningkatkan nilai ekonomisnya.

Anonymous said...

MERY HANDAYANI (E1C010003)
artikel yang sangat menarik, namun melakukan IB pada ayam keberadaanya masih sangat jarang, kebanyakan untuk perkawinan ayam kampung masih secara alami.

Ramadhan Thoriq said...

informasi ini sangat bagus sekali karena menggunakan teknologi diIndonesia ini sangat minim semoga dengan adanya hal ini makin banyak teknologi2 dibidang peternakan yang dapat diaplikasikan oleh para peternak

Anonymous said...

SURYADI (E1C010048)
Artikel ini sangat bagus,dan terimakasih telah memberi penggetahuan saya,,,tetapi teknologi ini masih jarang di gunakan oleh masyarakat,serta mitodenya belum meluas di masyarakat....

Anonymous said...

Candra D.S

waaah mantap tu kalau diterapkan dalam masyarakat. dimana ya ada pelatihannya kalau dibengkulu????

Anonymous said...

Maherano Bagas.P
npm : E1C009067

teknik kawin IB sangat menarik untuk di coba :)
smoga artikel ini bsa sma" kita cba dan bsa kita terap kn di peternak daerah kita ,,

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel ny sangat menarik dan menambah wawasan bagi pembaca, bahwasan ny bukan ternak ruminansia saja yg bisa di IB tetapi unggas pun juga bisa di IB kan, walaupun cara perlakuan ny agak sedikit rumit dari perlakuan IB pada ruminansia..

hendra apiko ( E1C009053)

Anonymous said...

Υour ωrite-up has еstabliѕhed benеficial to me peгsonallу.
It’s vеrу hеlpful аnd yοu're clearly very experienced in this field. You possess opened my own sight to be able to various thoughts about this particular topic with intriguing and solid articles.
Have a look at my web-site http://cooshow.nttu.edu.tw/mediawiki/index.php?title=使用者:SarahO

Anonymous said...

Thе wгite-up featureѕ pгoven useful to
us. It’s quite useful anԁ yοu're simply clearly really well-informed in this area. You have popped my personal sight in order to numerous opinion of this kind of topic together with intriquing, notable and sound written content.
Here is my web-site ... buy viagra

Bayu Adinugraha (E1C010028) said...

Bayu Adinugraha (E1C010028) :
Teknik IB pada unggas memang dapat memacu produktivitas unggas. Namun pada prateknya, IB pada unggas masih belum banyak dilakukan oleh para peternak. Entah karena alasan apa, yang jelas IB ini sering ketinggalan dibandingkan IB pada ternak ruminansia maupun monogastrik.

Anonymous said...

Your own aгticle prονides cοnfirmed benеfіcial to me.
It’s really helpful and yоu're simply clearly very well-informed in this area. You get exposed my personal sight for you to different opinion of this kind of matter along with intriquing, notable and strong written content.
My page - buy ambien

Anonymous said...

Your post provіԁes verified useful to uѕ.
It’s extremely useful and you are obvіοusly ѵery expегiеnced in thіs field.

You hаνe poрped оuг sight tо numerоus thoughts аbout thіs specific topic
along with intrіguіng anԁ strong articles.
Here is my page - buy viagra online

Anonymous said...

assllmmualaikm,
waliy sugma(E1C012080)ptr 12

artikel mengenai teknologi IB dan penetasan pada ayam kampung membahas dalam ruang lingkup mengenai upaya meningkatkan produksi ayam kampung,
dari artikel diatas ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan!
bagaima jika teknik IB ini dilakukan pada angsa, apakah perlakuannya sama dengan ayam kampung.
kemudian pada penetasan telur,pembalikan sebaiknya 3x dalam sehari, jika pembalikan hanya dilakukan 2x sehari,apakah berpengaruh pada % telur yang menetas.
wassllmmualkm

Anonymous said...

assllmmualaikm,
waliy sugma(E1C012080)ptr 12

artikel mengenai teknologi IB dan penetasan pada ayam kampung membahas dalam ruang lingkup mengenai upaya meningkatkan produksi ayam kampung,
dari artikel diatas ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan!
bagaima jika teknik IB ini dilakukan pada angsa, apakah perlakuannya sama dengan ayam kampung.
kemudian pada penetasan telur,pembalikan sebaiknya 3x dalam sehari, jika pembalikan hanya dilakukan 2x sehari,apakah berpengaruh pada % telur yang menetas.
wassllmmualkm

Anonymous said...

Eka saputri (E1C011063)
saya kurang setuju dengan proses ib untuk ayam kampung, karena dirasakan kurang efisien lebih baik dikawinkan dengan ayam jantan karena hasil nya lebih bagus, siapa tahu ib tidak diketahui bibitny dan apakah unggas tersebut menovuladi telur atsu tidak.

Anonymous said...

Eka saputri (E1C011063)
saya kurang setuju dengan proses ib untuk ayam kampung, karena dirasakan kurang efisien lebih baik dikawinkan dengan ayam jantan karena hasil nya lebih bagus, siapa tahu ib tidak diketahui bibitny dan apakah unggas tersebut menovuladi telur atsu tidak.

Anonymous said...

Eka saputri (E1C011063)
saya kurang setuju dengan proses ib untuk ayam kampung, karena dirasakan kurang efisien lebih baik dikawinkan dengan ayam jantan karena hasil nya lebih bagus, siapa tahu ib tidak diketahui bibitny dan apakah unggas tersebut menovuladi telur atsu tidak.

Anonymous said...

Teguh Rafian E1C011046 (Monogastrik)
Teknik IB pada unggas memang merupakan salah satu kemajuan teknologi pada bidang peternakan. tetapi tidak dipacu dengan penjelasan dan penyuluhan kemasyarakat. terlebih lagi fertilitas pada ayam kampung juga masih tinggi sehingga masyarakat sendiri enggan meng-IB ternak ayam kampung mereka. terlebih lagi masyarakat masih belum bisa mempraktekannya di rumah. sehingga IB pada unggas kurang berkembang dan diminati masyarakat. padahal bila masyarkat mempraktekannya, ini bisa menjadi peluang usaha DOC ayam kampung skala kecil.

Anonymous said...

Eka saputri E1C011063
Teknologi ib pada unggas merupakan teknologi yang dapt diterapkan untuk peternak di indonedia, hanya saja sulit untuk di aplikasi ksn karena pengunaannya yang begitu rumit dibandingkan dengab ib untuk ruminansia

Dewi Puspitasari said...

E1C011090

IB pada ayam,, , artikel ini bagus sekaligus buat penasaran karena,, masih jarang orang yang mempraktekanya mungkin karena pengambilan sperma pada ayam jantan yang agak sulit ,,,yang ingin saya tanyakan seberapa persen tingkat keberhasilan pada ib untuk ayam ?

Binti Nurkhasanah E1C011051 Peternakan said...

Binti nurkhasanah (E1C011051) :
Teknik IB pada unggas memang dapat memacu produktivitas unggas. Namun pada prateknya, IB pada unggas masih belum banyak dilakukan oleh para peternak. tapi saya masih belum pernah melihat bagaimana praktek IB untuk ternak monogastrik. Harapannya agar di UNIB juga dapat belajar hal tsb

Anonymous said...

Asti Yosela Oktaviana
E1C011096
Inovasi baru untuk masyarakat Indonesia khususnya untuk peternak, Teknik IB pada unggas dapat memacu produktivitas unggas meskipun belum banyak masyarakat mengetahui akan hal tersebut tapi tak ada salahnya kita sebagai mahasiswa mencoba inovasi baru tersebut untuk selanjutnya bisa memberikan informasi, mengenalkan kepada peternak sekitar.

maharani said...

MAHARANI E1CO11010
artikel yang sangat menarik,, info artikel ini dapat disampaikan kepada para peternak,, agar peternak dapat mengembangkan ternak lebih banyak..

Anonymous said...

denik pusnawati
e1c010026
artikel ini sangat menarik dan langka..
saya baru tahu kalau ayam bisa di ib..
yang jdi pertanyaan saya..
apakh ib pada ayam sama seperti ib pada sapi???

liza tri astini said...

LIZA TRI ASTINI ( E1C011052 )

IB Pada unggas masih jarang dilakukan, wah pak sepertinya menarik ...kalau mau melakukan nya harus mempunyai keahliaan khusus dong pak???? mencoba sesuatu yang baru dan jarang dilakukan merupakan hal yang baru dan menantang ...

Anonymous said...

neneng dwifitri
e1c010016


teknik IB pada unggas merupakan teknik yang masih langkah dan perlu dikembangkan lagi.

Anonymous said...

neneng dwifitri
e1c010016

teknik IB terhadap ayam kampung sangat lah belum dikenal masyarakat, apalagi masyarakat pedesaan.. perlu dilakukan penyuluhan ...

Anonymous said...

neneng dwifitri
e1c010016

masyarakat masih banyak menggunakan penetasan alami karena biaya mesin tetas masih diperhitungkan..

Anonymous said...

neneng dwifittri
e1c010016

IB memang teknik yang sangat bagus tetapi dalam pelaksanaannya sangat diperlukan kehati-hatian..

propintar said...

Tahun 1997 saya memproduksi bibit ayam kampung dengan jumlah induk 200 ekor di kandang baterai, dengan perlakuan IB. Produksi sukses!, namun rugi penjualan karena tahun 1999 harga pakan lebih mahal dari harga ayam.

ptmega jayaartha said...

Tepung Tapioka

PT. MEGA JAYA ARTHA Adalah PRODUSEN dan SUPPLIER PABRIK TEPUNG TAPIOKA PANAS SURYA Atau Jemur Matahari dari Kota Tapioka Sidomukti, Margoyoso, Pati Jateng.
Kami menyediakan :
1.Tepung Tapioka
2.Tepung Sagu
3.Onggok

Tepung kami berkualitas super yang dapat digunakan lebih lanjut oleh berbagai industri pengolahan seperti Industri Makanan ( cake, kerupuk, mie, dll) , Kertas, Lem, Tekstile, Farmasi, Kimia serta industri lainya, baik untuk kebutuhan Industri Besar, menengah maupun industri Rumahan.
Kapasitas produksi kami 500ton / Bulan. Bisa melayani Partai besar.

Cara Pembayaran: Transfer Bank/ Bayar di Tempat.
Kemas & Pengiriman: 25 kg, 50 kg, 1 ton.
Minimal Pesanan 8 Ton/ truck

Anda dapat menghubungi kami
Desa Sidomukti, kecamatan Margoyoso
Pati 59145, Jawa Tengah
Indonesia
Hp : 081215743999
Pin BB : 7E6D825B
Facebook : https: / / www.facebook.com/ profile.php...00006639406479
email : angga_setyawan10@ yahoo.com
Web : www.ptmegajayaartha.com

ptmega jayaartha said...

Tepung Tapioka

PT. MEGA JAYA ARTHA Adalah PRODUSEN dan SUPPLIER PABRIK TEPUNG TAPIOKA PANAS SURYA Atau Jemur Matahari dari Kota Tapioka Sidomukti, Margoyoso, Pati Jateng.
Kami menyediakan :
1.Tepung Tapioka
2.Tepung Sagu
3.Onggok

Tepung kami berkualitas super yang dapat digunakan lebih lanjut oleh berbagai industri pengolahan seperti Industri Makanan ( cake, kerupuk, mie, dll) , Kertas, Lem, Tekstile, Farmasi, Kimia serta industri lainya, baik untuk kebutuhan Industri Besar, menengah maupun industri Rumahan.
Kapasitas produksi kami 500ton / Bulan. Bisa melayani Partai besar.

Cara Pembayaran: Transfer Bank/ Bayar di Tempat.
Kemas & Pengiriman: 25 kg, 50 kg, 1 ton.
Minimal Pesanan 8 Ton/ truck

Anda dapat menghubungi kami
Desa Sidomukti, kecamatan Margoyoso
Pati 59145, Jawa Tengah
Indonesia
Hp : 081215743999
Pin BB : 7E6D825B
Facebook : https: / / www.facebook.com/ profile.php...00006639406479
email : angga_setyawan10@ yahoo.com
Web : www.ptmegajayaartha.com

SUPIANDI ptr12 said...

SUPIANDI (E1C012023)
MENURUT SAYA IB SANGAT LAH BAGUS TETAPI HARUS LEBIH BERHATI-HATI KARENA MELAKUKAN IB PADA UNGGAS SANGATLAH SULIT DAN UNGGAS LEBIH KECIL DARI PADA RUMINANSIA DAN PENETASAN TELUR MENGGUNAKAN MESIN PENETAS SANGAT MEMBANTU PETERNAK DAN UNGGAS BISA MEMPRODUKSI TELUR LEBIH BANYAK KERENA TDAK ADA PROSES PENGERAMAN.

Rizky Saputra said...

Nama : Rizky Saputra
NPM : E1C013113
Kelas : A

Menurut saya jika berhasil di IB untuk ayam kampung itu sendiri tentunya sangat menguntungkan bagi peternak, karena kenapa ? Coba dilihat di pasaran... berapa sih harga ayam kampung itu, tentunya lebih mahal dari ayam boiler ataupun ayam merah, dan ayam pedaging lainnya.
Tapi jika kebanyakan gagal maka sebaiknya menurut saya lebih baik dihindari, karena kita harus memperhitungkan keuntungan kedepannya nanti.
Terimakaasih

Riki Susanto said...

Riki Susanto, E1C014030
menurut saya ib pada unggas ini sangat menarik untuk di terapkan di peternak, karen tidak memerlukan pejantan nya langsung melainkan hanya spermanya saja yang di ambil, tetapi pengambilan sperma nya cukup menyiksa pejantan, dan juga ib pada unggas ini cukup rumit untuk dilakukan, sangat berbeda dengan ib pada ruminansia.

Riki Susanto said...

Riki Susanto , E1C014030
Untuk penggunaan mesin tetas ini sangat efektif apa bila di terapkan oleh para peternak ayam kampung,karena tidak perlu ada induk meram melainkan telur nya dibtetaskan di mesin tetas, dan induknya bisa produksi lagi dengan cepat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...