Monday, March 4, 2013

Bawang Putih Sebagai Feed Additive Untuk Ayam



Oleh : Putri Anggraini

ABSTRACK

Penggunaan antibiotik sintetik dalam dunia peternakan ayam dapat menimbilkan dampak negatif bagi kesehatan ternak dan manusia. Antibiotik sintetik mengakibatkan residu bahan kimia berbahaya dalam produk yang dihasilkan dan menyebabkan resistensi bakteri – bakteri berbahaya yang terdapat didalam tubuh ayam.bawang putih memiliki kandungan senyawa aktif yang terbukti mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik didalam tubuh ayam. beberapa senyawa aktif yang terkandung didalam umbi bawang putih adalah allicin, selenium dan metilatil trisulfida. Ketiga senyawa aktif ini mampu membantu terjadinya proses metabolisme di dalam tubuh ayam yang jauh lebih baik. Adanya beberapa kandungan senyawa aktif ini membuat bawang putih berpotensial untuk digunakan sebagai feed additive pengganti antibiotik sintetik pada ternak ayam. Sudah banyak para ahli yang melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian bawang putih tarhadap performans, produktivitas serta kesehatan ayam. Mereka mencampurkan ekstrak bawang putih kedalam ransum yang akan diberikan kepada ayam. Hasil penelitian dibandingkan dengan hasil penelitian yang tidak menggunakan bawang putih tetapi menggunakan antibiotik sintetik. menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Zulbardi dan Bintang ( 2007) pemberian tepung bawang putih sebanyak 0,02% mampu merangsang pertambahan bobot badan ayam broiler lebih cepat, dengan pencapaian konversi pakan sebesar 1,81 dan diikuti dengan penurunan jumlah konsumsi pakan oleh ayam broiler. Sedangkan untuk ayam petelur, menurut Maryam et al (2003), pemberian ektrak bawang putih sebanyak 4% pada ransum ayam petelur yang diinfeksi aflaktosin 0,4 mg AFB1/kg BH dapat meningkatkan bobot badan dan produksi telur serta dapat mengurangi kadar residu aflaktosin pada telur yang dihasilkan.

Kata kunci : ayam, bawang putih, feed additive, antibiotik sintetik, allicin.



Pendahuluan

Feed additive atau imbuhan pakan biasa digunakan didalam campuran pakan ternak. Penggunaan feed additive dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan dan keadaan gizi ternak. Beberapa jenis Feed additive yang biasa digunakan para peternak ayam khususnya ayam petelur dan pedaging adalah antibiotika sintetik, enzim, probiotik, asam organik, flavor dan antioksidan. Antibiotika sintetik adalah jenis feed additive yang paling banyak digunakan oleh para peternak.
Penggunaan feed additive jenis antibiotik sintetik ini banyak memberikan pengaruh yang buruk pada produk yang dihasilkan oleh ternak. Salah satunya adalah residu bahan – bahan kimia yang terkandung didalam antibiotik sintetik ini ke dalam produk yang dihasilkan seperti telur dan daging. Bahan – bahan kimia yang teresidu ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
Tidak hanya memberikan imbuhan pakan, untuk meningkatkan produktivitas ternak mereka para peternak unggas jenis ayam biasanya juga memberikan pakan yang memiliki kadar lemak tinggi. Dengan pemberian pakan yang mengandung lemak tinggi efisiensi pakan oleh ternak akan lebih tinggi namun produk yang dihasilkan tidak aman untuk dikonsumsi. Karena memiliki kandungan kolestrol yang tinggi. Bahan pangan yang mengandung kadar kolestrol tinggi tidak aman untuk dikonsumsi karena dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan kita.
Selain produktivitas dan produk yang dihasilkan, pakan juga dapat mempengaruhi kesehatan dari ternak yang kita pelihara. Ada beberapa jenis penyakit unggas khususnya jenis ayam yang disebabkan oleh faktor pakan seperti Aflatoksikosis. Penyakit ini bersifat kronis, dan akut pada ternak ayam. Aflatoksikosis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya kontaminasi Aflaktosin (senyawa kumrin yang dihasilkan oleh kapang jenis Aspergillus spp) pada pakan ternak (IARC, 1993; Ginting, 1998). 
 Bawang putih adalah salah satu jenis tanaman herbal yang selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan juga bisa digunakan sebagai obat. Kandungan senyawa aktif yang terdiri atas allisin dan ajoene serta senyawa flavonoid dalam bawang putih menjadikannya dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan di dalam tubuh (Santosa et al., 1991; Kim et al., 2000). Maryam et al (2003) melaporkan bahwa pemberian ekstrak bawang putih sebesar 4% pada ransum yang mengandung Aflatoksin rendah (0,4 mg AFB/kg) menunjukan adanya peningkatan produktivitas ayam dan produksi telur ayam.
Senyawa – senyawa aktif yang terkandung di dalam bawang putih diduga dapat menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik yang biasa diberikan kepada ayam. Sehingga efek buruk dari penggunaan antibiotik sintetik ini bisa kita hindari, kesehatan ternak terjaga dan produk yang dihasilkan oleh ternak juga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Potensi bawang putih sebagai feed additive
Bawang putih mempunyai kandungan yaitu saponin dan flavonoid, disamping minyak atsiri yan sama-sama berfungsi sebagai antibakteri. Saponin  adalah senyawa aktif yang kuat dan menimbulkan busa jika digosok dalam air sehingga bersifat seperti sabun (Robinson, 1995) dan mempunyai kemampuan antibakterial (Ilmi, 1995).
Saponin dapat meningkatkan permeabilitas membran sel bakteri sehingga dapat mengubah struktur dan fungsi membran, menyebabkan denaturasi protein membran sehingga membran sel akan rusak dan lisis (Siswandono dan Soekarjo, 1995).Menurut Dwidjoseputro (1994) menyatakan bahwa saponin memiliki molekul yang dapat menarik air atau hidrofilik dan molekul yang dapat melarutkan lemak atau lipofilik sehingga dapat menurunkan tegangan permukaan sel yang akhirnya menyebabkan kehancuran kuman.
Flavonoid merupakan senyawa fenol yang bersifat desinfektan yang bekerja dengan cara mendenaturasi protein yang dapat menyebabkan aktifitas metabolisme sel bakteri berhenti karena semua aktifitas metabolisme sel bakteri dikatalisis oleh suatu enzim yang merupakan protein. Berhentinya aktifitas metabolisme ini akan mengakibatkan kematian sel bakteri (Trease dan Evans, 1978). Flavonoid juga bersifat bakteriostatik yang bekerja melelui penghambatan sintesis dinding sel bakteri (Masya, 1985; Soedibyo, 1998).
Bawang putih mengandung minyak atsiri dengan unsur utama  alliin. Alliin secara enzimatis akan dipecah oleh enzim allinase menjadi senyawa berbau khas yaitu allicin. Senyawa  allicin dikenal mempunyai daya antibakterial yang kuat. Efek antibakteri allicin bekerja dengan cara menghancurkan kelompok –SH, yaitu kelompok Sulfhidril dan disulfida yang terikat pada protein dan merupakan enzim penting untuk metabolisme sel bakteri serta merupakan gugus yang penting untuk proliferasi bakteri atau sebagai stimulator spesifik untuk multiplikasi sel bakteri. Dengan adanya  allicin inilah maka pertumbuhan kuman dapat dihambat dan proses selanjutnya mengakibatkan terjadinya kematian kuman (Mursito, 2003). Kandungan kimia bawang putih per 100 gram bahan, dapat dilihat padaTabel 4.

Tabel 4. Kandungan kimia bawang putih per 100 gram bahan
 

Bawang putih sebagai feed additive untuk ayam broiler
Pemberian bawang putih untuk ayam broiler dapat memberikan banyak keuntungan. Kandungan – kandungan senyawa aktif didalam umbi bawang putih mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik didalam tubuh ayam broiler dengan jauh lebih baik. Kandungan senyawa-senyawa aktif ini mampu memperbaiki konversi ransum, meningkatkan kesehatan dan produktivitas ayam broiler serta mampu mengurangi kadar lemak yang terkandung didalam daging ayam broiler. Menurut Zulbardi dan Bintang ( 2007) pemberian tepung bawang putih sebanyak 0,02% mampu merangsang pertambahan bobot badan ayam broiler lebih cepat, dengan pencapaian konversi pakan sebesar 1,81 dan diikuti dengan penurunan jumlah konsumsi pakan oleh ayam broiler. Selain itu menurut Wiryawan et al (2005) pemberian tepung bawang putih sebanyak 2,5% didalam ransum mampu meningkatkan efisiensi pakan  ayam broiler yang teinfeksi S. Typhimurium. Hal ini diduga dipengaruhi oleh senyawa- senyawa aktif seperti allisin, selenium dan metilatil trisulfida yang terkandung didalam umbi bawang putih. Allisin memiliki sifat anti bakteri yang mampu membunuh bakteri – bakteri patogen. Sedangkan selenium mampu bekerja sebagai anti oksidan dan metilatil trisulfisa berperan dalam mencegah pengentalan darah. Sifat - sifat dari ketiga senyawa aktif ini dapat mempengaruhi terjadinya proses metabolisme yang lebih baik, sehingga proses penyerapan zat makanan dapat beralangsung lebih optimal, konsumsi ransum lebih sedikit, yang menyebabkan angka konversi ransum lebih rendah dan pencapaian bobot badan lebih cepat.
Hasil penelitian Hidajati (2005) memperlihatkan bahwa pemberian bawang putih dengan dosis 2 - 3mg/ekor /hari mampu menurunkan kadar kolestrol yang terkandung didalam daging serta meningkatkan persentase karkas ayam broiler lebih baik jika dibandingkan dengan ayam broiler tanpa pemberian bawang putih. Menurut Sunarto dan Pikir (1995) penurunan kadar kolestrol pada daging ayam broiler ini disebabkan karena adanya efek hipokolesterolemik dari senyawa aktif bawang putih yaitu allicin (disulphide- oxide tidak jenuh). Allicin mampu mengikat gugus –SH group dari Ko-A, menyebabkan NADH dan NADPH yang dibutuhkan dalam proses pembentukan kolestrol dihati menurun. Penurunan ini menyebabkan kolestrol yang terkandung didalam hati ayam akan berkurang sehingga kolestrol yang ditransfer oleh darah ke daging melalui pembuluh darah juga berkurang.



Bawang putih sebagai feed additive untuk ayam petelur
Pada ayam petelur, pemberian ekstrak bawang putih dalam ransumnya mampu memberikan efek yang cukup baik juga tidak jauh berbeda dengan ayam broiler. Senyawa – senyawa aktif yang terkandung didalam umbi bawang putih mampu menggantikan fungsi antibiotik sintetik di dalam tubuh ayam petelur. Jika pada ayam broiler lebih terfokus pada kualitas daging yang dihasilkan dan tingkat konsumsi ransum, maka pada ayam petelur lebih terfokus pada kualitas dan tingkat produksi telur yang dihasilkan. Sutama dan Lindawati (2005) melaporkan, ayam petelur yang diberi suplementasi bawang putih sebesar 4% dalam ransumnya secara nyata mampu menurunkan kolesterol telur yang dihasilkan. Sedangkan untuk pemberian suplementasi bawang putih sebesar 2-6% dalam ransumnya tidak memberikan pengaruh terhadap konsumsi ransum dan produksi telur yang dihasilkan. Faktor yang memyebabkan  penurunan kadar kolestrol telur ini sama dengan faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan kadar kolestrol pada daging ayam broiler.
Sedangkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Maryam et al (2003), pemberian ektrak bawang putih sebanyak 4% pada ransum ayam petelur yang diinfeksi aflaktosin 0,4 mg AFB1/kg BH dapat meningkatkan bobot badan dan produksi telur serta dapat mengurangi kadar residu aflaktosin pada telur yang dihasilkan. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh jenis ayam yang digunkan dalam penelitian ini. Untuk penelitian yang dilakukan oleh Sutama dan Lindawati menggunakan ayam petelur yang sehata tanpa infeksi aflaktosin sedangkan pada penelitian yang dilakukan oleh Maryam et al menggunakan ayam petelur yang diinfeksi dengan aflaktosin  sehingga menyebabkan respon yang berbeda.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa:
·         Bawang putih memiliki kandungan – kandunga senyawa aktif yang mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik bila di berikan kedalam pakan ayam sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan antibiotik sintetik untuk ternak ayam kita.
·         Untuk hasil yang memuaskan, pemberian bawang putih dalam ransum ayam harus sesuai dosis yang diterapkan didalam beberapa penelitian yaitu berkisar antara 2-6%.
·         Dengan menggunakan bawang putih sebagai feed additive untuk ternak ayam, kita akan memperoleh produk ayam yang berkualitas dengan kadar kolestrol rendah sehingga aman untuk kita konsumsi.

Daftar Pustaka


Hidajati, novel. 2005. Peran Bawang Putih (Allium sativum) dalam Meningkatkan kualitas Daging Ayam Pedaging. Media Kedokteran Hewan Vol. 21, No. 1, Januari 2005: 32-34.
Maryam,R., Y.Sani, S.Juariah, R.Firmansyah, dan Miharja. 2003. Efektivitas Ekstrak Bawang Putih (Allium Sativum Linn). Dalam Penanggulangan Aflatoksikosis Pada Ayam Petelur. Jurnal ilmu ternak dan veteriner Vol. 8 No. 4 Th 2003 : 239 - 246.

Muhammad. Z., dan I.A.K. Bintang. Mencapai Bobot Badan Siap Pasar Melalui Penggunaan Bawang Putih (Allium sativum L) pada Ransum Komersial untuk Ayam Broiler. Jurnal Indonesia Tropic Animal Agriculture Vol. 32 No. 3 Th 2007: 167 – 172.

Purwaningsih, E. 2005. Manfaat Bawang Putih.. Ganesa Ecsat, Bandung.

Purwanti,S.2008.Kajian Efektivitas Pemberian Kunyit, bawang putih dan Zink Terhadap Performa, Kadar Lemak, Kolesterol dan Status Kesehatan Broiler (Tesis). Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Santosa, H.B. 1991. Bawang Putih. Kanisius, Jakarta.

Sunarto, P., dan B. S. Pikir. 1995. Pengaruh Garlic terhadap Penyakit Jantung koroner. UPF Kardiologi Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga: Surabaya.

Sutama,S.I.N., dan Sri .A.L. Pengaruh Suplementasi Bawang Putih (Allium sativum L) terhadap Produksi dan Kandungan Kolestrol Telur Ayam Hysex Brown. Animal Production Vol. 10 No. 3 Th 2005 : 168 -173.

Wiryawan, K. G., S. Suharti dan M. Bintang. 2005. Kajian Antibakteri Temulawak, Jahe dan Bawang Putih terhadap Salmonella typhimurium serta Pengaruh Bawang Putih terhadap Performans dan Respon Imun Ayam Pedaging. Media Peternakan Vol. 28, No. 2 Agustus 2005 : 52-62.



73 comments:

rizki ganteng said...

weh baru dengar ni saya bawang putih bisa dijadikan fedd additive, tapi yang membuat saya bingung aapakah pemberian bawang putih juga berpengaruh terhadap ke nikmatan dan aroma dari ayam boiler itu sendiri. terima kasih

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)
artikel ini sangat menarik,karena limbah sawit di indonesia sangat melimpah ruah,di samping itu limbah sawit dapat di jadikan pakan ternak unggas..,informasi ini bisa membantu menambah pengetahuan...terimaakasih....

Anonymous said...

[url=http://viagraboutiqueone.com/#qekja]viagra 200 mg[/url] - cheap viagra online , http://viagraboutiqueone.com/#abupz generic viagra

Anonymous said...

Payday loans will be gaining interest for the reason that was directed at those consumers who call for a mortgage loan immediately. Understand what mean to obtain settlement in a few days brand new, you are able to always decide on this unique payday loan. There are lots of suppliers in which endorsement without the need of necessitating any page much more, offer you it mortgage loan, not having a large amount of questions, way too -- when you find yourself with pay for a person, these are the bucks back in time so if you work as good thing, as well as, problems, find the enterprise
[url=http://toppozyczkagotowkowa.net.pl]pożyczka gotówkowa media markt[/url]

loaning payday cash loan is mostly a lifesaver. Such sort of payday loan every single child make certain which will often presented since federal funding is certainly good, you employ when you want. Monetary will help uou leave this type of just about the most uncomfortable problem, a income, for all those not even meet the needs of ones own motivation should not be viewed as an opportunity released. In this article
[url=http://chwilowkibezbiku24.net.pl]pożyczka na dowód getin bank[/url]

, you might be a very powerful factors for you to decide on a mortgage you can get various. Therefore, Masu standards to ascertain no matter if anyone be eligible and fairly
[url=http://pozyczkiprzezinternet247.com.pl]kliknij tutaj prawym przyciskiem myszki[/url]

1. Will the actual payment is normally exceeded it truly is clean you might have utilized your truck in for mend a long way, from your very own finances: dilemma of this family car? When absolutely, will be possible for you to have a loan for a passing fancy day so as to spend this kind of costs. There are lots of lenders offer you personal loans will be reduced on the same time of day had been utilized. Using this method, it's possible to repay the statement without the bother or simply troubles. You will discover scenarios when you may be cause to undergo cash advance, it'll not have to repay some sort of program expense
[url=http://szybkiepozyczkichwilowki.net.pl]szybkie pożyczki[/url]

three require a person a long while to find the cash in an individual's personally. Emergency health condition: health-related situations are usually usually come along with no warning. Often, somebody cheaply prepared handle this case. But, while concerns linked to wellbeing, it is crucial to deal with quickly. Below, instant cash mortgages usually are lifesavers. You can actually pick a financial loan automatically. Even so, the majority of the firms of financial loan straight forward, Document have a very excellent plan to offer self-confidence payday loans is without a doubt which usually it will help in the event of when you need it it's prefer this for you
[url=http://chwilowkibezbiku24.net.pl]chwilówki bez bik[/url]

and also feature set; Masu and so, you can use money for college they are able to confirm the fact that the persons have to devoid of fascination. Or maybe you need an easy payday loan you decided on, popular plans . which are chose this to get an excellent motive. Anytime you concentrate on the item carefully, That i make best use of online payday loan.
[url=http://chwilowkiprzezinternettop.net.pl]chwilówki przez internet[/url]

Anonymous said...

viagra 50 mg - order viagra , http://viagraboutiqueone.com/#msfty buy viagra

Anonymous said...

generic accutane - cheap generic accutane , http://buyonlineaccutanenow.com/#zizlb accutane 30 mg

Anonymous said...

Фотоомоложение и фотоэпиляция; [url=http://www.spavoda.ru/articles/mezoterapia-gialuronovoy-kislotoy/]тыц[/url]. Ультразвуковая чистка лица.

Redo Putra E1C010018 said...

ternyata bawang putih tidak hanya digunakan untuk bumbu dalam meningkatkan cita rasa dalam tanaman,, tetapi bwang putih juga bisa dimanfaatkan untuk ternak dsebgai feedaditif,, tetapi saya mau nanya pak,, bgaimna law bwang putih inidgunakan untuk ternak ruminansia dalam membantu proses kecernaan pada rumen ternak ruminansia,, trimksih..

Anonymous said...

[url=http://viagraboutiqueone.com/#momeo]cheap viagra online[/url] - viagra online , http://viagraboutiqueone.com/#kuhex cheap viagra online

Anonymous said...

[url=http://fastcashloandirectly.com/#ipiny]payday loans[/url] - payday loans , http://fastcashloandirectly.com/#kxwrs fast cash advance payday loans

Anonymous said...

[url=http://directlenderloandirectly.com/#zguuy]payday loans online[/url] - payday loans online , http://directlenderloandirectly.com/#dmbav payday loans online

juli masdeka sari(e1c010046 said...

seruuuu bagi-bagi ilmu.. hehe tapi klo bawang putih sebagai pengganti antibiotik sintetik... apakah dampak bawang putih akan sama dengan antibiotik lainnya ?? makasih

Anonymous said...

[url=http://buyonlineretinanow.com/#udkrh]retin a online without prescription[/url] - cheap generic retin a , http://buyonlineretinanow.com/#vzioq retin a online

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)

Hemmmm...saya baru tahu,teryata bawang putih bisa di jadikan bahan campuran ransum,dan juga perperan dalam pertumbuhan badan ternak unggas...,apakah pemberian penambahan bawang putih di dalam ransum,berpenggaruh terhadap aroma dan rasa daging ayam tersebut.terimakasih....

SIKI ANDRI PUTRA said...

Assalamu'alaikum. SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033), saya baru tahu sekarang bahwa bawang putih bisa digunakan untuk menjadi salah satu bahan Feed Aditiv untuk ternak ayam.akan tetapi apakh tidak terlalu mahal,apalagi sekarang ini harga bawang putih mencapai Rp 90.000 / Kg nya. kalau bisa perhitungan ekonomisnya juga diperhitungkan.

marisya tenti said...

aslm. pengetahuan mengenai bawang putih dapat dijadikan sebagai antioksidan bagi ayam sangat bagus sekali,sehingga dapat di jadikan sebagai antibiotik alami. tapi yang ingin saya tanyakan apakah senyawa kimia yg terkandung tsb dapat menghabt semua jenis bakteri yg dapat menyebabkan penyakit akut pada ayam?
terimakasih

Anonymous said...

Marisya tenti (E1C010045)

aslm. pengetahuan mengenai bawang putih dapat dijadikan sebagai antioksidan bagi ayam sangat bagus sekali,sehingga dapat di jadikan sebagai antibiotik alami. tapi yang ingin saya tanyakan apakah senyawa kimia yg terkandung tsb dapat menghabt semua jenis bakteri yg dapat menyebabkan penyakit akut pada ayam?
terimakasih

Unknown said...

SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033). idenya kreatif,akan tetapi perlu dipertimbangkan untuk segi ekonominya karena harga bawang putih pada saat ini melampaui harga daging. menurut saya,ekonomisnya harus diperhitungkan juga. cukup itu saja komentar saya. thank's.

Unknown said...

SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033). Idenya kreatif akan tetapi perlu diperhatikan dari segi ekonomisnya,apakah harga bawang putih memungkinkan untuk dibeli sebagai bahan Feed Aditif untuk ayam,karena harga bawang putih sekarang melampaui harga dari daging. thank's

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

wah ternyata bawang putih banyak sekali manfaat ny...

Sis Tanto said...

Bawang putih ternyata banyak manfaatnya dan berpotensi untuk feed aditif pakan ternak khususnya unggas,tetapi keberadaanya bersaing dengan manusia pak, selain mengkonsumsi daging unggas manusia juga mengkonsumsi bawang putih sebagai bumbu.

Anonymous said...

achmad setia purba
E1C010004

wah bru say tau bhwa bawang putih tu punya potensi yang baik untuk unggas.

Anonymous said...

Desi rustiani (E1C010027)

Setelah saya membaca artikel ini bahwa sangat banyak manfaat dari bawang putih ini,namun dalam penggunaannya harus dalam dosis yang telah di anjurkan sehingga manfaatnya dapat terasa dan dapat di aplikasikan .

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)
heemmm,, ternyata banyak sekali keuntungan dari bawang putih selain untuk bumbu masak juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam ransum ayam sehingga dapat meningkatkan bobot badan dan konversi pakan dan juga dapat meningkatkan kualitas dan produksi telur..

Anonymous said...

Frenki sembiring/E1C010063

Iya kita sebagai mahasiswa peternakan harus mengetahui fungsi bawang putih ini, bagi peternak unggas harus memberi bawang putih supaya menambah performa dan antibiotik bgi ternak unggas

wajuli haryadi said...

wajuli(E1C010014)
pengetahuan baru lagi ni pak,,,,ternyata bawang putih juga bisa di jadikan sebagai feed additive untuk ayam...selain yang tertera pada artikel,kandungan apa saja pak yang terdapat pada bawang putih tersebut,,dan apa bisa di berikan pada ternak selain unggas....???????/

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel nya sangat menarik pak, dan juga d derah kita sangat bangyak bawang putih , maka dari itu kita tidak akan kesulitan dalam pembuatan feed additive untuk ayam..

Anonymous said...

vika junita,
ya saya setuju pada artikel ini bahwa bawang putih di manfaatkan sebagai feed samplament dan antioksidan,

arie wae said...

ary qurniawan (E1C010043)
MENURUT saya kurang efisien penggunaan bawang putih sebagai feed additive untuk ayam karena harga bawang sangat mahal

Anonymous said...

dian sanata E1C010029
untuk penggunaanya jika harga bawang putih melonjak tinggi seperti ap..karena barubaru ini harganya sudah seperti barang mewah.

Anonymous said...

[url=http://1hourpaydaynoteletrack.com/#qptry]payday loans online[/url] - no teletrack payday loans , http://1hourpaydaynoteletrack.com/#alngg 1 hour payday loans online

Anonymous said...

assalamualaikum.. artikelnya sangat bagus sekali. tapi saya mau bertanya, selain bawang putih adakah campuran bahan lain untuk memuat feed additive ini ??.. terima kasih...

Anonymous said...

assalamualaikum.. artikelnya sangat bagus sekali. tapi saya mau bertanya, selain bawang putih adakah campuran bahan lain untuk memuat feed additive ini ??.. terima kasih...

Anonymous said...

Ressy Gita Rizki (E1C009077) assalamualaikum.. artikelnya sangat bagus sekali. tapi saya mau bertanya, selain bawang putih adakah campuran bahan lain untuk memuat feed additive ini ??.. terima kasih...

Anonymous said...

Ressy gita rizki (E1C009077 )

assalamualaikum.. artikelnya sangat bagus sekali. tapi saya mau bertanya, selain bawang putih adakah campuran bahan lain untuk memuat feed additive ini ??.. terima kasih...

Anonymous said...

Ressy Gita Rizki (E1C009077) assalamualaikum.. artikelnya sangat bagus sekali. tapi saya mau bertanya, selain bawang putih adakah campuran bahan lain untuk memuat feed additive ini ??.. terima kasih...

Neneng deifitri (E1C010016) said...

Menarik, tapi bagaimana dengan masalah ekonomis nya, bkankh bwang putih saat ini harganya lagi mahal ..???

neneng dwifitri (e1c010016) said...

Menarik, tetapi bagaimana dengan segi ekonomisnya, bukankah sekarang ini harga bawang putih sedang mahal. . .??

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
artikel nya sangat menarik pak, dan juga d daerah kita sangat bangyak bawang putih , maka dari itu kita tidak akan kesulitan dalam pembuatan feed additive untuk ayam.
dan artikel ini memberi pelajaran bagi kami mahasiswa

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
artikel nya sangat menarik pak, dan juga d daerah kita sangat bangyak bawang putih , maka dari itu kita tidak akan kesulitan dalam pembuatan feed additive untuk ayam.
dan artikel ini memberi pelajaran bagi kami mahasiswa

DADANG HIRAWAN (E1C010012) said...

artikel yang sangat menarik, bawang putih memang sering digunakan sebagai obat tetapi saya baru tahu kalau bawang putih dapat digunakan sebagai feed aditive untuk ternak unggas. namun ada beberapa hal yang saya belum ketahui dari artikel diatas,setahu saya bawang putih memiliki bau khas yang sangat menyengat, apakah bau khas dari bawang putih tersebut tidak mempengaruhi palatabilitas terhadap ransum yang diberikan. tolng penjelasanya. terimakasih.

Unknown said...

bawang putih mahal sangat disayangkan jika bawang putih dijadikan bahan additive untuk ayam, mungkin jika dinegara lain yang lebih maju ini bisa diterapkan, tapi untuk negara indonesia ini akan menjadi pertimbangan yang sangat berat untuk menggunakan bawang putih

Anonymous said...

Leo Darno Nababan
E1C010057
Artikel ini sangat bagus,baru ini saya mengetahui dampak negatif terhadap ternak dan manusia,mengenai bawang putih ini,saya mau bertanya masih adakah campuran dari feed additive.

visista pratama ashadi said...

seperti yang kita ketahui bahwa pada manusia konsumsi bawang putih berlebih menyebabkan bau badan,nah untuk feed additive ini apakah menimbulkan bau sama atau yang berbedakah pada ayam apabila berlebih?????hayooo

riska kurnia(E1C010024) said...

Riska Kurnia(E1C010024)
Wooow ternyata bawang putih dapat digunakan sebagai feed aditif bagi ternak unggas, namun kendalanya bawang putih bagi sebagian peternak termasuk juga saya belum bisa dimanfaatkan karena harganya yang cukup mahal dan penggunaannya masih sedikit,, trims

wajuli haryadi said...

wajuli(e1c010014)
bagus sekali ni bawang putih juga bisa di jadikan sebagai feed aditif untuk ternak...namun bagaimana aplikasinya pak,,kita ketahui bahwa saat ini harga bawang semuanya naik tidak terkecuali bawang putih, harganya 1 kilo saja hampir Rp.80.000
jika itu dijadikan sebagai feed aditif untuk ternak, apakah masih efisien pak...?

Redo Putra E1c010018 said...

REDO PUTRA( E1C010018)
Lagi-lagi dapat pengetahuan baru ni pak,,,,ternyata bawang putih juga bisa di jadikan sebagai feed additive untuk ayam dan sepertinya bisa juga digunakan untuk jenis unggas lain.. terimkasih pak atas artikelnya

Anonymous said...

nama:kardinal alsepto gandi, npm :E1c010058.
kandungan bawang putih memng baik, tetapi dalam kondisi sekrng harga bawang sangatlah mahal. dari pada diberikan keternak lebih baik memakai antibiotik yang ada dipasaran saja.

Anonymous said...

nama:kardinal alsepto gandi, npm :E1c010058.
kandungan bawang putih memng baik, tetapi dalam kondisi sekrng harga bawang sangatlah mahal. dari pada diberikan keternak lebih baik memakai antibiotik yang ada dipasaran saja

kardinal alsepto gandi, E1C010058 said...

nama:kardinal alsepto gandi, npm :E1c010058.
kandungan bawang putih memng baik, tetapi dalam kondisi sekrng harga bawang sangatlah mahal. dari pada diberikan keternak lebih baik memakai antibiotik yang ada dipasaran saja

vera aprilianti / E1C010020 said...

ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk feed additive untuk ayam ya pak, tapi pak apakan penggunaan tepung ini efektif ?
karena bawang putih sendiri juga dimanfaatkan untuk manusia ?

Anonymous said...

nama : Maherano Bagas .P
npm : E1C009067
itu bukan solusi, harga bawang sekarang melonjak pesaaaat,tidak sebanding dengan nilai hasil produksi.

Anonymous said...

denik pusnawati e1c010026
waaw..saya sangat suka dengan artikel ini karena pemberian bawang putih digunakan sebagai feed additive.dan dapat meningkatkan performen,produktifitas,serta kesehatan ternak terutama pada ayam.
namum,ada cara lain gak pak pakan yang bisa di gunakan untuk menjaga kesehatan pada ayam.

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

setelah saya membaca artikel ini saya baru mengetahui ternyata bawang putih dapat di gunakan untuk merangsang pertambahan bobot badan ayam..''

Bayu Adinugraha (E1C010028) said...

Bayu Adinugraha (E1C010028) :
Potensi rempah-rempah yang terdapat di bumi Indonesia memang tidak bisa terbantahkan lagi. Obat-obatan sampai bumbu dapur kini lebih sering diteliti untuk mencari celah kandungan bahan organiknya yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Bawang putih sebagai feed additive untuk ayam menjadi salah satu yang berhasil diteliti.

Anonymous said...

[url=http://is.gd/jPAIYT][img]http://stomsk.ru/pics/spymobile.ol1[/img][/url]
[url=http://beaufortteaparty.webs.com/apps/profile/109034678/]Can You Read Text Messages Online From T Mobile [/url] [url=http://elitepokewifi.webs.com/apps/profile/109034678/]Cell Phone Spy Tracker Software Free Download[/url] [url=http://rootsacs.webs.com/apps/profile/109034678/]Cell Phone Spy Dialer[/url] [url=http://dimitrid.webs.com/apps/profile/109034678/]Top Iphone Apps Spying[/url] http://usccreditcoop.webs.com/apps/profile/109034678/ spy on a phone free trial the best spy software for cell phones cell spy remote installation juni cortez spy kids wiki
Himym Season 7 Episode 21 Cucirca
Best Iphone Apps For Spying
http://puaforum.wordpress.com/ how to track a cell phone location for free on your computer cell phone spy gadgets spy on sms messages free iphone
[url=http://archive.org/details/tropbergbungli/]Free Spy Phone Software Android[/url] [url=http://archive.org/details/ronarater/] Does Cell Phone Spying Software Work [/url] [url=http://archive.org/details/hildcothepost/] Trace Imei Number Software Free Download [/url] [url=http://archive.org/details/alkaigontio/]Free Download Cell Phone Spyware Software[/url] [url=http://archive.org/details/vardratorto/] Cell Phones Have Best Parental Controls [/url] http://inpl-spe.webs.com/apps/profile/109034678/ can you intercept sms messages spy kids 3d full cast spy gear walkie talkies long range

Anonymous said...

[url=http://is.gd/jPAIYT][img]http://stomsk.ru/pics/spymobile.ol1[/img][/url]
[url=http://beaufortteaparty.webs.com/apps/profile/109034678/]Can You Read Text Messages Online From T Mobile [/url] [url=http://elitepokewifi.webs.com/apps/profile/109034678/]Cell Phone Spy Tracker Software Free Download[/url] [url=http://rootsacs.webs.com/apps/profile/109034678/]Cell Phone Spy Dialer[/url] [url=http://dimitrid.webs.com/apps/profile/109034678/]Top Iphone Apps Spying[/url] http://usccreditcoop.webs.com/apps/profile/109034678/ spy on a phone free trial the best spy software for cell phones cell spy remote installation juni cortez spy kids wiki
Himym Season 7 Episode 21 Cucirca
Best Iphone Apps For Spying
http://puaforum.wordpress.com/ how to track a cell phone location for free on your computer cell phone spy gadgets spy on sms messages free iphone
[url=http://archive.org/details/tropbergbungli/]Free Spy Phone Software Android[/url] [url=http://archive.org/details/ronarater/] Does Cell Phone Spying Software Work [/url] [url=http://archive.org/details/hildcothepost/] Trace Imei Number Software Free Download [/url] [url=http://archive.org/details/alkaigontio/]Free Download Cell Phone Spyware Software[/url] [url=http://archive.org/details/vardratorto/] Cell Phones Have Best Parental Controls [/url] http://inpl-spe.webs.com/apps/profile/109034678/ can you intercept sms messages spy kids 3d full cast spy gear walkie talkies long range

Anonymous said...

nama : sutrisno ( E1C011002)
bawang utih selama ini kita ketahui sebagai bumbu masak tetapi dengan adanaya jurnal ini dapat memberikan informasi bagi peternak sebagai antibiotik sehinga peternak diharapkan tidak lagi menggunakan antibiotik yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Anonymous said...

Fitri Evianyta.Simarmata (E1C010021)

Ternyata bahan dapur seperti bawang putih memiliki fungsi yang unik selain menjadi bahan baku untuk memasak ternyata ada fungsi lain bawang putih ini memiliki kandungan senyawa aktif yang terbukti mampu menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik didalam tubuh ayam... ^_^

Anonymous said...

Mery Handayani S (E1C010003)
informasi yang sangat menarik, ternyata bawang putih juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. tapi yang mau saya tanyakan, lebih efektif manakah menggunakan bawang putih daripada kunyit untuk mengurangi pertumbuhan bakteri??

Anonymous said...

Eka saputri (E1C011063)
Ternyata bawang putih bukan hanya dapat digunakan untuk penambah nikmat sebuah masakan, tetapi juga dapat menjadi feed adictive yang berguna untuk unggas, tetapi untuk menggunakan bawang putih sebagai bahan makanan ternak khususnya unggas dirasakan kurang efisien karena mengingat harga bwang putih yang jauh dari kata murah. Terimakasih

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Essy Agnesta Asdami (E1C011017) monogastrik

artikel ini sangat menarik selain memberi wawasan bahwa bawang putih dapat dijadikan feed additive, namun pemberian bawang putih ini kurang efektif karena harga bawang putih yang sering terjadi kenaikan apabila dijadikan feed additive yang tetap maka apabila harga bawang putih naik maka peternak akan mengalami kerugian.

Binti Nurkhasanah E1C011051 Peternakan said...

Assalamualaikum, binti nurkhasanah E1C011051. Rempah-rempah ternyata bisa sebagai bahan adiktif untuk ternak ayam .bagus sekali banyak manfaatnya.

Anonymous said...

Teguh Rafian E1C011046 (Monogastrik)
Pemberian bawang putih sebagai feed additive pada unggas merupakan trobosan baru, tetapi bawang putih dijadikan salah satu alternatif feed additive merupakan suatu yang perlu dipertimbangkan kembali, hal ini dikarenakan harga bawang putih di Indonesia sering terjadi pasang naik-turun, sehingga upaya sebagai feed additive alternatif malah membebankan peternak. dan tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah bawang putih masih merupakan salah satu bahan bumbu yang sering digunakan di Indonesia ditakutkan terjadi saling tarik-menarik kebutuhan bawang putih antara manusia dengan ternak unggas

Unknown said...

Ikke nurjayanti
Menarik sekali. Saya baru tahu stlah membca artikel ini. Namun selain sbgai antibiotik terhadap unggas. Apaka bawang putih ini bisa untu antibiotik pd ternak ruminansia

Unknown said...

Deni Arifto
E1C0116
Informasi yang diberikan jurnal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, manfaat bawang putih selain untuk bumbu masakan, juga bisa dijadikan sebagai antibiotik pada ternak unggas.

Unknown said...

Ahlan restu setiawan

Sangat menarik setahu saya bawang putih hanya untuk bumbu masakan saja ternya bisa di jadikan juga sebagai feed aditif untuk ternak.

Unknown said...

Sangat menarik, ternyata bawang putih tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja sebagai bumbu masak, tetapi juga berguna bagi ternak sebagai feed aditif.
Bagaimana dampaknya jika pemberiannya terlau banyak ?

Anonymous said...

Kami STAR FEED SOLUTION menyediakan ;

Mintai Garlic Powder

Mintai Garlic Powder digunakan sebagai imbuhan pakan untuk berbagai hewan ternak seperti ternak unggas, sapi, babi dan satwa akuatik (ikan, udang, kepiting).

-Pemicu pertumbuhan ternak, dengan potensi aktivitasnya sebagai antimikrobial, antifungal dan antiparasit.
-Meningkatkan metabolisme, penyerapan, dan pemanfaatan nutrisi di dalam saluran pencernaan ternak.
-Bertindak sebagai atraktan pakan khusus untuk satwa akuatik
-Meningkatkan laju kelangsungan hidup, menurunkan angka morbiditas dan mortalitas.
-Sebagai immunomodulator.
-Modifikasi produk ternak yaitu menurunkan kadar kolesterol dalam telur dan daging.

Dosis:
- Broiler, Ayam petelur, bebek: 50-100 g per ton pakan
- Satwa akuatik (ikan, udang, kepiting): 200-400 g per ton pakan

Kemasan:
25 kg/sak @ 1kg

Harga : 55.000
*Harga sewaktu-waktu bisa berubah


Hubungi : Tlp/sms
STAR FEED SOLUTION
085312674136 (WA)
085697542387

Unknown said...

Kurniawan Saputra (E1C014001)
Cukup menarik informasinya pak, nampaknya penggunaan bawang putih tidak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, namun jika membaca informasi di atas ternyata juga bisa digunakan sebagai antibiotik alami, semoga kedepannya akan lebih banyak peternak yang memanfaatkan bawang putih sebagai antibiotik sekaligus meminimalisir penggunaan antibiotik kimia pada unggas (ayam).

Unknown said...

Riki Susanto, E1C014030

setelah saya membaca jurnal ini, saya baru tau bahwa bawang putih ini bisa di gunakan sebagai veed aditif bagi ayam, penggunaan bawang putih juga tidak berbahaya bagi manusia., selama ini saya hanya tau bawang putih sebagai bumbu masakan,. pengguna bawang putih ini juga efesien karena mudah untuk di dapatkan.

Unknown said...

Kharisma Kandida (E1C013097)
MK.Nutrisi Ternak Monogatrik
Dengan membaca artikel ini saya baru tau ternyata bawang putih juga punya manfaat untuk unggas. Tetapi jika bawang putih diberikan kepada unggas mungkin akan membutuhkan biaya yg cukup mahal karena harga bawang putih mahal dan pemberiannya pun mungkin membutuhkan dalam jumlah banyak

Unknown said...

Nama: Roni Saeful Anwar (E1C014067)
MK : Penyajian Ilmiah

pemberian bawang putih sebagai feed adjiktive adalah hal yg menarik, hal ini bisa menjadi tolak ukur rempah rempah lain tuk diteliti. terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...