Thursday, March 15, 2012

PEMANFAATAN SUPLEMENTASI AKAR ALANG-ALANG (Imperata cylindrica) DALAM RANSUM PADA AYAM BROILER



Resensi Oleh : Erina Nuraini
Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
Abstrak
Kebutuhan akan penggunaan tanaman obat sebagai suplemen (feed supplement) sudah sangat umum digunakan pada ransum ternak. Kandungan zat gizi yang diperlukan semakin tinggi menyebabkan kebutuhan bahan pakan semakin meningkat. Feed supplement yang digunakan haruslah aman bagi ternak dan juga diperlukkan untuk dapat meningkatkan kualitas karkas dan performans pada ayam broiler.  Suplementasi pada pakan dapat diberikan dalam bentuk ekstrak ataupun dalam bentuk tepung, seperti yang digunakan pada penelitian ini yaitu akar alang-alang (Imperata cylindrica).
Akar alang-alang (Imperata cylindrica) dapat dimanfaatkan untuk  pakan ternak, memiliki kandungan seperti  asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat  yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh. Penggunaan suplementasi ekstraks akar alang-alang (Imperata cylindrica) sampai level 4 g/kg pakan dapat meningkatkan kualitas karkas pada ayam broiler, sedangkan pada penggunaan suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica) yang diberikan pada level 1 % dapat memperbaiki nilai konsumsi ransum dan menekan kelainan pada kaki ayam broiler.
Kata kunci : ayam broiler, akar alang-alang,  feed supplement.

Pendahuluan
Dalam bahan pakan atau ransum diperlukannya feed supplement agar dapat meningkatkan penyerapan berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ternak dan menghambat perkembangan mikrobia.  Zat anti mikrobia yang ada dalam tanaman obat seperti akar alang-alang (Imperata cylindrica) dapat meningkatkan berat badan dan efisieni penggunaan pakan, dimana zat ini membantu dalam membasmi mikroba patogen didalam saluran pencernaan sehingga zat makanan dapat dimanfaatkan secara efisien.
Kriteria kualitas karkas dan performans ayam
Ayam broiler adalah galur ayam hasil rekayasa teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis dengan cirri khas pertumbuhan cepat sebagai penghasil daging, masa panen pendek dan menghasilkan daging berserat lunak, timbunan daging baik, dada lebih besar dan kulit licin (North and Bell, 1990). Menurut Rasyaf (1999) ayam broiler merupaakan ayam pedaging yang mengalami pertumbuhan pesat pada umur 1–5 minggu. Selanjutnya dijelaskan bahwa ayam broiler yang berumur 6 minggu sudah sama besarnya dengan ayam kampung dewasa yang dipelihara selama 8 bulan. Keunggulan ayam broiler tersebut didukung oleh sifat genetic dan keadaan lingkungan yang meliputi makanan, temperature lingkungan dan pemeliharaan. Pada umumnya di Indonasia ayam broiler sudah dipasarkan pada umur 5- 6 minggu dengan berat 1,3 – 1,6 kg walaupun laju pertumbuhannya belum maksimum, karena ayam broiler yang sudah berat sulit dijual (Rasyaf, 1999).
Karkas ayam
Karkas ayam brioler adalah bagian dari ayam broiler hidup, setelah dipotong, dibului, dikeluarkan jeroan dan lemak abdominalnya, dipotong kepala dan leher serta kedua kakinya (ceker). Klasifikasi berdasarkan cara penanganannya, dibedakan menjadi : Karkas segar ialah karkas segar yang baru selesai diproses selama tidak lebih dari 6 jam dan tidak mengalami perlakuan lebih lanjut. Karkas dingin segar ialah karkas segar yang segera didinginkan setelah diproses sehingga suhu di dalam daging mencapai antara 4-5°C. Karkas beku ialah karkas yang telah mengalami proses pembekuan cepat atau lambat dengan suhu penyimpanan antara 12-18°C.
Ayam broiler merupakan ternak unggas yang potensial karena mampu menyediakan daging dalam jumlah yang banyak dan cepat sebagai sumber protein. Komposisi pakan yang baik dapat meningkatkan performans dan kualitas karkas pada ayam broiler. Performans ayam broiler juga dapat ditingkatkan dengan pemberian feed supplement berupa suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica). Untuk memperoleh ayam broiler dengan karkas dengan kualitas baik, dibutuhkan zat nutrisi yang lengkap dan seimbang  dalam ransumnya. Kriteria karkas yang baik dapat dilihat dari bentuk tulang dada yang normal, melengkung, panjang, ramping seperti perahu, punggung rata, pertumbuhan daging paha, sayap, dan dada baik dan berisi, warna kuning dan cerah, daging lunak dan lentur, tekstur kulit halus, bau tidak amis, dan dagingnya banyak.
Akar alang-alang (Imperata cylindrica) merupakan tanaman obat-obatan yang kaya akan senyawa metabolis dan memiliki beberapa khasiat antara lain sebagai pakan ternak, obat-obatan seperti : pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, dan sebagai penghenti pendarahan. Alang-alang dapat berbiak dengan cepat, dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin, atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah yang gembur. Rumput ini senang dengan tanah-tanah yang cukup subur, banyak disinari matahari sampai agak teduh, dengan kondisi lembab atau kering.
Di kalangan masyarakat umum, alang–alang (Imperata cylindrica)  merupakan sejenis tanaman liar pengganggu yang merusak keadaan tanah dan sebagi sumber utama timbulnya bahaya kebakaran pada tanaman budidaya dan hutan (Dove dan Mortopo 1987). Selain itu alang–alang (Imperata cylindrica)  juga dianggap sebagi saingan tanaman budidaya kerana alang–alang  berkembang  biak  dengan  stolon  yaitu  batang–batang  menjalar  dibawah tanah yang mempunyai mata tunas ada setiap buku batangnya dan tumbuh menjadi  tanaman baru lebih cepat dari tanaman budidaya ( Sukman dan Yakup 1995 ). Akar alang-alang (Imperata cylindrica) memiliki kandungan seperti  asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat  yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh dan dapat meningkatkan pertambahan berat badan (PBB) serta efisiensi pakan.

Kandungan nutrisi
Akar alang-alang (Imperata cylindrica) memiliki kandungan nutrisi seperti protein 1,54 %, energi 3728 Kkal/kg, SK 0,24 %, lemak 0,29 %, Ca 0,16 % dan P 0,28%. Metabolit yang telah ditemukan pada akar alang-alang terdiri dari arundin, ferfenol, flavonoid, kampesterol, stigmasterol, ß-sitosterol, katekol, asam oksalat, asam sitrat, potassium (0,75% dari BK), sejumlah besar kalsium sejumlah besar kalsium dan 5-hidroksitriptamin. Dari hasil penelitian lain terhadap akar dan daun ditemukan 5 macam turunan flavonoid yaitu turunan 3′,4′,7-trihidroksi flavon, 2′,3′-dihidroksi kalkon dan 6-hidroksi flavanol. Suatu turunan flavonoid yang kemungkinan termasuk golongan flavon, flavonol tersubstitusi pada 3-0H, flavanon atau isoflavon terdapat pada fraksi ekstrak yang larut dalam etilasetat akar alang-alang (Imperata cylindrica). Pada fraksi ekstrak yang larut dalam air akar alang-alang (Imperata cylindrica)  ditemukan golongan senyawa flavon tanpa gugus OH bebas, flavon, flavonol tersubstitusi pada 3-0H, flavanon, atau isoflavon (Anonim,2003). Akar alang-alang (Imperata cylindrica)  juga mengandung Air (81,00714%), Karbohidrat (6,3072%), Serat (5,8580%), Abu (1,1301%), monitol, senyawa K, sakarosa, glukosa, malic acid,  citric  acid,  arundoin,  cyllindrin,  fernenol,  simiarenol,  dan anemonin  (Mursito 2000).
Tabel 1. Komposisi gizi akar alang-alang (Imperata cylindrica)
Gizi
Ekstrak  (% BK)
Tepung   (% BK)
Protein kasar
1,54
2,61
Lemak
0,29
0,37
Abu
3,98
3,91
Serat Kasar
0,24
0,52

Dari data tersebut, kandungan gizi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica)  lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan gizi ekstrak akar alang-alang (Imperata cylindrica). Namun kadar abu ekstrak akar alang-alang yang terkandung lebih tinggi sedikit dari kadar abu tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica).
Setelah melakukan pengamatan terhadap ekstrak akar alang-alang pada kualitas karkas ayam broiler dan tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica)  pada performans ayam broiler, menunjukkan bahwa penggunaan suplementasi ekstrak akar alang-alang (Imperata cylindrica) sampai pada level 4 g/kg pakan dapat meningkatkan kualitas karkas pada ayam broiler, sedangkan penggunaan suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica) pada level 1 % berpengaruh tidak nyata terhadap pertambahan berat badan, memperbaiki nilai konversi ransum dan dapat menekan kelainan pada kaki ayam broiler. Semakin meningkatnya level suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica) maka semakin tidak efisiennya penggunaan ransum.
Penggunaan akar alang-alang (Imperata cylindrica)  dalam pakan atau ransum unggas dapat mengurangi gulma tanaman para petani, karena yang kita tahu bahwa alang-alang (Imperata cylindrica)  hanyalah rumput atau tanaman pengganggu, baik yang tumbuh di tepian sawah, jalan, lapangan maupun dihalaman rumah. Sehingga penggunaan akar alang-alang (Imperata cylindrica)  untuk pakan ternak dapat mengurangi keresahan para petani atau masyarakat disekitaran tumbuhnya alang-alang ini.
Daun alang-alang yang masih muda dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminansia, sebagai tambahan pakan hijauan, walaupun pemberiannya tidak banyak namun pemanfaatannya cukup baik dan bisa diterima oleh masyarakat. Selain itu, tanaman alang-alang dapat digunakan sebagai obat tradisional ataupun herbal, dan juga dapat juga dikonsumsi oleh manusia, tentunya dengan produk alang-alang (Imperata cylindrica)  yang telah diolah baik olahan rumah maupun industri.
Kesimpulan
            Penggunaan akar alang-alang (Imperata cylindrica) baik untuk pakan ternak unggas atau ruminansia, untuk obat tradisional dan herbal seperti pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, dan sebagai penghenti pendarahan.
Penggunaan akar alang-alang (Imperata cylindrica) dapat meningkatkan kualitas karkas dan berpengaruh pada performans ayam broiler. Baik yang diolah dalam bentuk suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica) dan dalam bentuk suplementasi ekstrak akar alang-alang (Imperata cylindrica). Dengan ekstrak akar alang-alang (Imperata cylindrica) digunakan pada level 4 g/kg pakan sedangkan suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica) digunakan pada level 1 %.
Daftar Pustaka
Amrullah, A. K. 2003. Nutrisi unggas. Lembaga Satu Gunung budi, Bogor.
Anggorodi, 1995. Nutrisi Aneka Ternak Unggas. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Anonim. 2003. Tanaman Obat Indonesia. www.IPTEX-NET/akar alang-alang.id, Jakarta 10340.
Herianto, Nodi. 2009. Pengaruh Suplementasi Tepung Akar Alang-alang (Imperata cylindrica) Dalam Ransum Terhadap Performans Ayam Broiler. Universitas Bengkulu. Bengkulu.
Surbakti, Anita. 2009. Suplementasi Ekstrak Akar Alang-alang (Imperata cylindrica) Untuk Meningkatkan Karkas Ayam Broiler. Universitas Bengkulu. Bengkulu.
Winarno, F.G. 1993. Pangan, Gizi, Teknologi, dan Konsumen. Gramedia, Jakarta.
Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia, jil. 1. Yay. Sarana Wana Jaya, Jakarta.
Sukman,Y dan Yakup. 1995. Gulma dan Teknik Pengendaliannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dove,M.R dan Sugeng M. 1987. Manusia dan Alang-Alang di Indonesia. Yogyakarta : Gajahmada University Press.
Mursito, B. 2000. Ramuan Tradisional. Jakarta: Penebar Swadaya.
North, M. O. and D. D. Bell. 1990. Commercial Chicken Product Manual. 4th Ed. Van Nostrand Reinhold. New York.
Rasyaf, M. 1999. Beternak Ayam Pedaging. Cetakan Keemp[at Belas. Penebar Swadaya. Jakarta.

109 comments:

hermypuspitasari said...

setau saya, alang- alang hanya dapat di gunakan pada manusia, untuk meredakan panas dalam.... tapi setelah membaca artikel ini, baru tau dapat di gunakan pada ransum ayam broiler, dengan melihat nutrisi nya.

sutriatha (E1C009019) said...

sutriatha (E1C009019)
Berdasarkan artikel diatas,saya setuju-setuju aja karena dengan suplementasi akar alang-alang dapat memperbaiki nilai konsumsi ransum dan dapat memperbaiki kualitas karkas ayam.

Novita said...

Novita (E1C009018)PTR 09.

WAHHHH..... Ternyata Akar alang-alang atau Imperata cylindrica selain sebagai obat dapat juga dimanfaatkan untuk pakan ternak. kandungan dalam alang-alang beragam seperti asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh.

Pak lebih bagus mana antara penggunaan suplementasi ekstraks atau penggunaan suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica), jika digunakan untuk meningkatkan kualitas karkas pada ayam broiler..??

rinayuni84@yahoo.co.id said...

setelah membaca artikel ini saya merasa pengetahuan saya bertambah karena yang saya tau alang-alang itu adalah tanaman pengganggu dan ternyata sekarang bisa dijadikan pakan alternatif bagi ayam broiler.apabila pada ayam briler dapat memberikan manfaat seperti pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, dan sebagai penghenti pendarahan dan penggunaan akar alang-alang (Imperata cylindrica) dapat meningkatkan kualitas karkas dan berpengaruh pada performans ayam broiler, bagaimana pengaruhnya pada ayam petelur?apakah dengan penggunaan pada level yang sama dapat memberikan manfaat yang begitu banyak sama halnya dengan pemberian pada ayam broiler?

Blog zohdin Aras said...

Zohdin e1c009085

wah kirain ilalang ini setau saya cuman gulma penggangu tanaman saja...yangg orang belum ta banyak manfaatnya...setelah saya baca artikel ini saya sangat setuju jika tanaman ini bisa di manfaatkan sebagai pakan ternak,,karena tanaman ini tidak sulit untuk di dapatkan, sehingga persedianya tidaklah sulit....

duseko putra said...

berdasarkan artikel diatas saya setuju karena akar alang-alang dapat memperbaikinilai konsumsi ransum dan dapat memperbaiki kualitas karkas pada ayam.

Anonymous said...

Roby Okta Saputra (E1C009010)
Setelah saya membaca tulisan yang anda buat,saya setuju kalau dengan penambahan suplemen dapat menambah nilai konsumsi ransum ayam broiler yang mana pada tulisan ini dinyatakan dengan daun alang-alang yang mana kalau digunakan pada manusia untuk menurunkan atau meredam tubuh yang panas.Apa akibatnya jika kita terlalu banyak atau kurang dosisnya saat memberikannya pada ternak ayam broiler????

Siti Qotimah (C-QOTH) said...

pemanfaatan yang super bermanfaat.. alang-alang merupakan gulma di pertanian,tetapi ternyata bermanfaat untuk dunia peternakan....

leo suseno said...

kalo dah baca artikel diatas, berarti pemanfaatan atau pengolahan hijauan ilalang (alang-alang) dapat lebih optimal, dari batang dan daun nya untuk ternak ruminansia, dan akarnya untuk dimanfaatkan sebagai ransum pada ayam broiler.

Anonymous said...

Dadang M Faris
E1C009035

saya setuju tapi harus melihat nilai nilai nutrisi yang ada pada alang alang sesuai untuk ayam broiler

Anonymous said...

Eko Saputra (E1C009043)

Setuju sekali karena alang-alang dapat memperbaiki nilai konsumsi ransum dan dapat memperbaiki kualitas karkas ayam.

agoeng golden wayz said...

Agung Kurnia (E1C009029)

what is the effect if our to give treatment feed voluntary intake ad libitum for imperata cylindrica sir ?

Ria Puspita Sari E1C009008 said...

informasi yang menarik. ternyata akar ilalang dapat meningkatkan kualitas karkas ayam broiler. tentunya ini hal yang menggembirakan bagi para peternak karena ilalang kan ada dimana-mana dan cenderung dianggap sebagai gulma, jadi dengan adanya info ini, nilai ekonomi dari ilalang dapat meningkat...

effrendy (E1C0009042) said...

Seperti kata pepatah, pisau yang diasah akan semakin tajam begitu juga dengan ilmu yang semakin diasah maka akan semakin bertambah. Sebelumnya saya hnya tahu akar alang-alang dimanfaatkan penduduk untuk menghentikan pendarahan saat terluka, ternyata untuk pengolahan karkas juga sangat bermanfaat terimahkasih banyak admin…

karina said...

Waaaaw..ternyata tumbuhan yang saya fkir slama ini hnya mengganggu penglihatan memiliki banyak manfaat yah..selain untuk manusia,ternyata untk pakan unggas dn ruminansia juga baik,khusunya pada ayam broiler..!!dapat meningkatkan kualitas karkas dn performans nya...saluut buat tumbuhan alang2 ini..

oktaviahairunisa(e1c009073) said...

oktavia hairunisa E1C009073
setelah saya baca artikel ini saya baru tau,bahwa akar alang-alang bisa sebagai bahan ransum ayam broiler ternyata akar akar bukan tanam yang bisa tetapi bisa memiliki kualitas yang tinggi,

andi febianto Tulisan said...

melihat artikel di atas sangat tertarik..pemanfaatan alang2 untuk pakan ayam broiler sangat jarang dimanfaatkan oleh peternak di bengkulu, tapi boleh diberi info lagi gak tentang proses pembuatannya sampai di berikan ke ayam broiler...

andi febianto E1C009031

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

setelah saya membaca artikel ini saya sangat bangga dengan mahasiswa2 pertanian, khususny peternakan, karena dapat memanfaatkan tumbuhan yg banyak orang mengira hanya gulma, tetapi dapat di manfaatkan untuk pakan ternak....

m said...

MASTUTI E1C009068

Wah...kalau akar alang-alang saja bisa di gunakan untuk pakan ternak,peternak tidak susah susah lagi untuk mencari pakan.karena hampir semua tanaman bisa di manfaatkan sebagai pakan.alang -alang adalah gulma yang sangat mengangu tanaman yang sangat meresahkan petani karena alang-alang adalah tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang biak.

rocky said...

Artikel yang cukup bagus...membahas tentang alang-alang, karna kita tau bahwa alang-alang adalah salah satu rumput liar. yang biasanya banyak orang benci sama tanaman ini, sebab tanaman ini sangat mengganggu di areal pertanian ataupun di halaman-halaman rumah. tetapi tidak disangka mempunyai manfaat untuk suplementasi dalam ransum ayam broiler.

Namun, saya bingung. akar alang-alang ini sebagai suplementasi dalam pakan. apa sebagai salah satu bahan pakan.

rocky said...

Artikel yang cukup bagus...membahas tentang alang-alang, karna kita tau bahwa alang-alang adalah salah satu rumput liar. yang biasanya banyak orang benci sama tanaman ini, sebab tanaman ini sangat mengganggu di areal pertanian ataupun di halaman-halaman rumah. tetapi tidak disangka mempunyai manfaat untuk suplementasi dalam ransum ayam broiler.

Namun, saya bingung. akar alang-alang ini sebagai suplementasi dalam pakan. apa sebagai salah satu bahan pakan.

miki suhadi (E1C009070) said...

saya sangat setuju-setuju saja karena akar alang-alang bukan hanya bisa untuk mengobati penyakit manusia dan juga bisa untuk pakan ternak,selain itu juga ketersediaanya lebih banyak dan mudah untuk didapat.

angga putra sinaga (E1C009002) said...

setau saya alang alang merupakan tumbahan liar yang mudah tumbuh.
daunnya di manfaatkan untuk atap gubuk..
eh ternyata setelah membaca ini akarnya pun ada manfaatnya>>>
uhhhh menakjubkan

suyanti (E1C009020) said...

SUYANTI (E1C009020)
Alang-alang dalam pertanian merupakan gulma, tetapi disamping menjadi gulma ternyata akar alang-alang bisa dimanfaatkan sebagai pakan unggas melalui proses penepungan ataupun ekstrak....

dodi afrianto said...

Dari artikel diatas,saya setuju,karena alang-alang bisa dijadikan ransum untuk ayam broiler karena ada nutrisi nya,dan bisa memperbaiki kualitas karkas ayam.

teguh yogaswara (e1c009014) said...

sangat menarik sekali ni artikelnya,,trus bagaimana dengan pengambilan akar alang2 supaya cepat????? adakah cara yang lebih baik

Rina Simanjuntak95@yahoo.com said...

Rina simanjuntak
wahhh mantap ya,,,
yang selama ini tumbuhan yang dibenci oleh petani ternyata bermanfaat juga, selain untuk obat tradisional ternyata dapat juga digunakan untuk pakan unggas terutama ayam broiler karna dapat memperbaiki kualitas karkas ayam..

Hendro Fadly said...

Ternyata akar alang-alang yang manis ini bisa digunakan sebagai pakan ternak juga toh....
hehehe...
namun bagaimana nilai kecernaannya? sebab akarnya sangat berserat dan kadar airnya kemungkinan tinggi

candra dwi saputra said...

saya dengan senang setelah membaca artikel ini karena akar alang-alang dapat dimanfaatkan untuk tambahan pakan ayam khususnya broiler. selama ini madyarakat hanya tau bahwa alang-alang merupakan salah satu gulma penganggu, dan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Febi ashari (e1c009046) said...

febi ashari/e1c009046

wahh mantap sekali artikelnya.. selama ini alang-alang adalah tumbuhan yang saya benci, tapi ternyata setelah saya membaca artikel ini, saya baru tahu bahwa alang-alang juga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak.. kalau ada yang mau cari alang-alang untuk suplemen ayam broiler, saya siap koq untuk bantu cari. hitung-hitung ikut bersih-bersih lokasi unib juga dong.. hehehehe.e.

Agus Sutrisno (E1C009030) said...

السلام عليكم
wah ternyata luarbiasa Imperata cylindrica sebagai gulma yang dapat digunakan Sebagai pakan ruminan, dari akarnya mengandung banyak manfaat untuk unggas yang mampu meningkatkan ME dalam tubuh .
Mau nanya ni Pak, pada umur berapa kita harus memanen Alang-alang untuk dibuat suplementasi tepung akar alang-alang sebagai pakan unggas
?...bye>

iwan hidayat E1c009059 ptr 09 said...

informasi yang bagus ternyata tanaman yang di anggap para petani adalah gulma penggangu ternyata dapat di manfaatkan oleh peternak sebagai inovasi baru untuk memperbaiki kualitas karkas ayam

Deny andriansyah(E1C009036) said...

wow...pengalaman bertambah lagi ne...
baru tau ternyata akar alang-alang bisa juga untuk pakan ternak ayam broiler,selama ini yang saya tau untuk obat manusia,gimana kalau artikel ini di sosialisasikan kepada masyarakat luas pasti akan sangat berguna mungkin saja bisa untuk ternak ayam lain nya.

Luky Ardian (E1C009066) said...

saya kira alang-alang cuma rumput pengganggu,ternyata banyak juga ya manfaatnya bagi ternak mau pun manusia,terima kasih telah dipublikasikannya resensi ini....
ini bisa dicoba nanti....

hikman said...

hikman(e1c009056)
ternyata banyak sekali potensi alam yang tidak saya ketahui selama ini merupakan salah satu obat yang digunakan pada ternak, terimakasih atas impormasi yang bermanfaat bagi saya dan teman-teman.

DIAH KASMIRAH said...

Sebuah hasil penelitian yang sangat baik, untuk kemajuan dan perkembangan didunia peternakan khususnya untuk ternak unggas. satu demi satu telah banyak ditemukan dan dihasilkan berbagai macam jenis tumbuhan yang dianggap sebagai gulma ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk ternak.diharapkan nantinya akan lebih banyak lagi hasil alam yang dapat dimanfaatkan untuk ternak baik unggas maupun ruminansia. terimakasi atas informasinya mengenai khsiat akar alang-alang untuk unggas... ini sangat bermanfaat.

Lilis said...

Untuk melengkapi informasi di atas bisa dilihat pada site :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1030/1/30407758.pdf

muhammad yusuf said...

Muhammad Yusuf ( E1c010008 )
dalam artikel di atas di jelaskan bahwa akar alang-alang di gunakan sebagai feed suplement. karena kandungan kimia ektrak akar alang-alang dapat menekan pertumbuhan bakteri dalam alat pencernaan ternak unnggas. pertanyaan saya apakah pemberian ektrak akar alang-alang tersebut tidak mempengaruhi proses kecernaan pakan dalam alat pencernaan unggas, karena kita tahu di dalam alat pencernaan unggas juga terdapat bateri yang membantu proses pencernaan unggas terimakasih....

LIVESTOCK said...

Tentu saja akan berpengaruh kepada pencernaan & metabolsme zat gizi Yusuf. Ini yang memang diharapkan dalam arti bisa memperbaiki proses pencernaan dan metabolisme zat gizi.

putri anggraini said...

ternyata begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh manusia dari tanaman lalang yang selama ini dianggap sebagai gulma pengganggu dilahan pertanian.

DADANG HIRAWAN(E1C010012) said...

penggunaan akar alang2 pada level 1 % ternyata dapat meningkatkan kualitas karkas pada broiler,dan penggunaan yang berlebihan malah tidak efektif...yang ingin saya tanyakan penggunaan akar alang2 tersebut baiknya digunakan sampai batas level berapa persen?apakah dianjurkan hanya 1%?terimakasih.

andi febianto Tulisan said...

informasi yang menarik tentang pemanfaatan akar alang-alang...proses ekstrak akar alang-alang sendiri seperti apa yah pak? dan membutuuhkan waktu yang berapa lama begitu juga kalau dijadikan tepung...

Anonymous said...

AGUS SUTRISNO (E1C009030)

MANFAAT YANG LUAR BIASA, TAK SIA-SIA ALLOH CIPTAKAN ALANG2 ,PADA TANAMAN ALANG-ALANG KAYA asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh.
rumput ini kaya protein pada umur muda ,baik untuk ruminan + manfaat luar biasa untuk obat manusia. ha..ha i like it

Adi Susanto said...

adi susanto (E1C011070)
wah ternyata alan-alang adalah tanaman yang banyak bermanafaat yang selama ini hanya saya anggap gulma pengganggu tanaman. terimah kasih pak atas informasinya.

Anonymous said...

Lukman sugianto
E1C011003
ass. saya setuju dengan artikel ini, dari daun, batang serta akarnya alang-alang bisa menjadi suplementasi dalam rasum pada ayam broiler,,,
tapi saya ingin bertanya bagimana pengolahannya..????
terima kasih

sutris said...

wah pengetahuan baru ini selama ini yang saya tahu akar alang-alang hanya bisa digunakan sebagai obat pada manusia,dengan membaca artikel diatas saya lebih mengetahui fungsi akar alang-alang dapat digunakan sebagai penambah suplemen pada ayan bioler khususnya penambah karkas pada ayam boiler.artikel yang bener-bener menarik buat dunia peternakan khususnya sarjana peternakan yang ingin mengadakan penelitian dengan membaca artikel-artikel bapak dapat membuka ide sebagai penelitian......

Dewi C said...

wah saya baru tau kalo akar alang alang dapat menjadi ransum ternak,berati alang2 memiliki banyk manfaat,selain bisa jadi obat2an dan jg bsa menjadi ransum broiler

M Andriansyah said...

M.andriansyah
setelah saya baca artikel ini saya sangat tertarik membacanya , yang mana kita tahu bahwa alang alang adlah gulma yang tidak bisa di gunakan , tapi setelah membaca artikel ini ternyata alang alang mempunyai gandungan gizi yang tinggi bagi unggas,
disini saya mau bertanya bagai mana pengolahan alang alang tsb

agung septiyan putra said...

Agung Septiyan Putra (E1C011024)
saya telah membaca artikel ini dan artikel ini sangat baik dan menarik. dari artikel ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa akar alang-alang mempunyai peberapa funfsi yang sangat bermanfat seperti suplemen ternak, meningkat kan metabolisme tubuh, meningkatkan karkas ternak dan dapat memperbaiki kelainan pada kaki ternak. Terima Kasih banyak.

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
ternyata, yang bermanfaat bagi manusia kebanyakan juga bermanfaat bagi makhluk lainnya terutama hewan dan memiliki fungsi yang sama. saya penasran bagaimana pengolahan akarnya pak, apakah akarnya diambil dan diberikan begitu saja? terima kasih pak

rosmalina sidauruk said...

alang ternyata dapat digunakan sebagai supleme makanan,setahu saya akar alang-alang dijadikan sebagai obat- obat,benar artikel yang bagus.

Henny Suciyanti said...

Henny Suciyanti (E1C011004) Berdasarkan penjelasan dari artikel diatas, maka saya menyimpulkan bahwa, ternyata akar alang-alang mempunyai khasiat yang sangat banyak sekali, selain bermanfaat bagi manusia, akar alang-alang juga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak. Akar alang-alang ini mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ternak, dan seperti yang dijelaskan oleh artikel diatas bahwasanya akar alang-alang juga dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang bersifat patogen, dengan begitu pakan yang dimakan oleh ternak efisien. Saya rasa dengan banyak nya manfaat dari akar alang-alang ini, masyarakat khusus nya peternak harus mengetahuinya, karena selama ini masyarakat pada umum nya hanya menganggap akar alang-alang sebagai tanaman pengganggu padahal jika dimanfaatkan ternyata akar alang-alang ini mempunyai banyak sekali manfaatnya.

dori nuringgani pratama E1C011093 said...

setelah saya membaca artikel ini saya tahu bahwa daun akar alang-alang dapat digunakan pada ransum ayam boiler dan mengandung nutrisi yang baik

deni febriadi said...

E1C011011
artikel yang sangat bagus untuk di baca dan di pahami,,saya sanagat suka tentang pemanfaatan alang-alang kerana di bengkulu terdapat banyak alang-alang yang tidak di manfaatkan,,sekarang saya tau pemanfaatan alang-alang,alang-alang bisa di jadikan sebagai pakan ternak ruminansia,,dan kasiat untuk obat teradisional..sanagat bermanfaat artikel ini,,terimakasih pak..

Arif Rusman said...

penemua yang bagus bila alang-alang bisa digunakan sebagaiobat. selain itu alang-alang juga bisa di gunakan sebagai pakan tambahan untuk ternak ayam denagn demikian kualitas ternak ayam akan semakinmeningkat 2 kali lipatila dapat menambaha karkas pada ayam. tapi di samping itu perlu saya tegaskan bila akar alang-alang bisa di gunakan sebagai obat perlu di adakan pelatihan guna membuka lapangan pekerjaan dan meberikan wawasan baru bagi para pengangguran di indonesia.

Riko Herdiansyah said...

DARI ARTIKEL DI ATAS banyak manfaatnya, diantaranya kita bisa menetahui bahwa akar alang-alang kita bisa menambah ransum pada ayam broiler...

bangun dwi cahyono said...

setelah saya membaca artikel ini , saya baru mengetahui bahwa akar alang-alang dapat digunakan sebagai makanan ternak,, selain sebagai pakan ternak alang - alang sangat banyak manfaatnya yaitu obat luka,panas dalam, dll.

Anonymous said...

Lukman sugianto
E1C011003
wah, setelah saya baca artikel ini banyak sekali manfaatny akar alang-alang, saya baru tahu, tapi bagiman dengan akar tebu apakah ada manfaatnya untuk rasum pada ayam broler.
terima kasih

Dodi sismanto said...

Dodi Sismanto
setelah saya membaca artikel ini , saya baru mengetahui bahwa akar alang-alang juga dapat digunakan sebagai makanan ternak, walaupun hanya akar ternyata bermanfaat untuk pakan ternak

Siswanto endang said...

di kalangan masyarakat alang-alang merupakan gulama yang mengganggu, tpi bagi kalangan peternak alang-alang dpat di gunakan sebagai suplemen yang berguna untuk mengingkatkan efisiensi metabolisme energi dalam tubuh ternak .

Noviandi Erlangga (E1C011019) said...

Wahh,,sungguh artikel yg menrik,,
ternyta akar alang2 dpt juga digunkn sbg pakan utk ternak..dimna msyrkt sndri menggapny sbg tnman gulma,,
Dengan adnya artikel ini lebih memotifasi saya utk mengolah sumber dya alam yg ada yg belum di mnfaatkn utk pakn ternak sndri..
terimaksih,,

okky tarmanda said...

waauhh seelah saya membaca artikel ini ternyata alang-alang bukan hanya untuk pengobatan panas dalam bagi manusia ternyata suplementasi akar alang-alang dapat juga memperbaiki nilai konsumsi ransum pada ayam broiler

okky tarmanda said...

waauhh seelah saya membaca artikel ini ternyata alang-alang bukan hanya untuk pengobatan panas dalam bagi manusia ternyata suplementasi akar alang-alang dapat juga memperbaiki nilai konsumsi ransum pada ayam broiler

Agung Septiyan Putra said...

Agung Septiyan Putra E1C01024
saya telah membaca artikel ini dan saya baru mengetahui bahwan akar alang-alang dapat menjadi pakan ternak yang dapat meningkatkan efisiensi metabolisme energi dalam tubuh ternak. artikel ini sangatlah baik. terima kasih.

DESRI DINA(E1C011067) said...

dengan membaca artikel ini saya dapat mengetahui bahwa alang-alang bisa di gunakan sebagai pakan ternak,dan bagi petani alang-alang itu sebagai gulma yang mengganggu tanaman pokok,jadi kita ada peluang besar untuk memanfaatkannya karena alang-alang tidak di manfaatkan oleh petani.

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Muantappp tuh pak, ternyata alang-alang selain bisa meredakan panas dalam pada manusia juga sangat bermanfaat bagi ternak terutama ayam broiler,
Penggunaan akar alang-alang ternyata dapat meningkatkan kualitas karkas dan berpengaruh pada performans ayam broiler.
ini sepertinya perlu dikembangkan mengingat sangat banyaknya tanaman alang-alang di indonesia.terimakasih :)

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Akar alang-alang (Imperata cylindrica) dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak, memiliki kandungan seperti asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh. Apakah fungsinya sama seperti pada manusia, yaitu sebagai obat panas dalam?

riko herdiansah ( E1C011065 ) said...

akar alang2 juga banyak manfaatny ya, di daerah saya malah gak dbth kn. dari artikel ini saya bisa mengetahui bahwa akar alang2 dapa diolah menjadi ransum bagi ayam broiler,...
terima kasih .

darmawan (EC011027) said...

artikel ini sangat bermanfaat bagi saya , ternyata akar alang - alang banyak juga manfaatnya bagi ternak, dan akar alang2 bisa juga di buat ransum makanan bagi ayam broiler.sangat menarik

Eka Saputri said...

eka saputri
stelah membaca artikel ini bertambah lagi wawasan ilmu saya,dan denan artikel ini terbuka lagi cakrawala kita mengenai berbagai macam manfaat tang ada di daerah kita,

Indra Mustika said...

ass.
Indra Mustika (E1C011020)
setelah membaca artikel ini saya baru mengetahui bahwa akar alang-alang dapt digunakan sebagai pakan ternak. ini merupakan hal yang sangat bagus untuk dikembangkan .terima kasih
wss.

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O ( E1C011096 ), Sangat bagus artikelnya selain untuk obat akar alang-alang juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak yang jadi pertanyaan saya adakah dampak buruk atas pemberian akar alang tersebut?

eka saputri said...

eka saputri
setelah membaca artikel ini bertambah lagi wawasan saya. setahu saya alang - alng digunakan untuk meredakan panas, tapi malah diberikan sebagai ransum

muhammad nur syahid said...

muhammad nur syahid
artikel ini menarik, menggunakan alam untuk ransum ayam. menarik

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
saya sangat setuju sekali dengan artikel di atas karena dengan suplementasi dari akar alang-alang dapat mempebaiki ransum untuk ternak dan memperbaiki karkas untuk ayam serta dan kandungan dari akar alang-alang juga sangat beragam seperti asam asetat.

Anonymous said...

Nama :Nazarudin
NPM :E1C011O39
Sangat menarik sekali artikel diatas, saya baru tahu ternyata akar alang-alang juga bermanfaat untuk memperbaiki pada ransum dan juga da[at mengobati ternak. trimakasih atas informasinya pak!!

wajuli haryadi said...

suatu terobosan yang baru..ternyata selain tumbuhan pengganggu alalang-alang juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. selain pembuatanya tidak begitu sulit, tanaman ini sangat mudah untuk didapatkan..

irone wahyulu said...

IRONE WAHYULU ( E1C010009 )
Semakin meningkatnya jumlah penduduk khususnya di Bengkulu tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi elemen yang berkecimpung dibidang peternakan. Meningkatkan produksi daging terutama pada unggas ( ayam broiler ) guna mencukupi kebutuhan protein hewani masyarakat bengkulu yang semakin sadar akan kebutuhan protein untuk kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu dengan peningkatan bobot ayam broiler dengan alternatif akar alang-alang yang dapat menekan biaya produksi ransom maka menjadi sebuah penemuan ilmiah yang baru. dan tentunya mampu membantu peternak dibidang peternakan khusunya. mudah-mudahan ilmu yang baru ini dapat dimanfaatkan oleh para peternak ayam broiler.

Anonymous said...

IRONE WAHYULU ( E1C010009 )

Penemuan ilmiah yang baru ini tentunya menjadi sanat bermanfaat bagi seluruh elemen yang berkecimpung dibidang peternakan. dengan kondisi saat ini pakan yang melonjak tajam, tentunya dengan bahan tambahan ini mampu mengurangi kebutuhan ransum dengan memberikan pkan alternatif berupa akar alang-alang ini.

Anonymous said...

IRONE WAHYULU ( E1C010009 )

Penemuan ilmiah yang baru ini tentunya menjadi sangat bermanfaat bagi seluruh elemen yang berkecimpung dibidang peternakan. dengan kondisi saat ini pakan yang melonjak tajam, tentunya dengan bahan tambahan ini mampu mengurangi kebutuhan ransum dengan memberikan pkan alternatif berupa akar alang-alang ini.

Anonymous said...

Suryadi (E1C010048)
Teryata akar alang-alang(imperata cylindrica) memiliki kandungan seperti asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh dan dapat meningkatkan pertambahan berat badan (PBB) serta efisiensi pakan...baik untuk pakan ternak unggas atau ruminansia,serta dapat meningkatkan kualitas karkas dan berpengaruh pada performans ayam broiler.ternyata selain mnjadi obat akar alang-alang juga berguna untuk pakan ternak...,terimaksai atas infonya pak...

Anonymous said...

Silisti (E1C010019)

wawww,, akar alang-alang ternyata dapat juga bermanfaat bagi pakan ternak.. karena yang saya tahu akar alang-alang hanya digunakan sebagai obat.

Anonymous said...

Desi Rustiani (E1C010027)

wahh artikel ini sangat menarik alang alang yang kita anggap tumbuhan liar ternyata dapat mengurangi kegunaan rasum dan dapat digunakan selain pada unggas juga pada ruminansia ,

Anonymous said...

Frenki Sembiring/E1C010063

Setelah membaca artikel ini saya cukup terkejut, karena selama ini saya tidak tau bahwa akar alang-alang ini bisa juga untuk pakan ternak. Selain itu akar alang-alang ini juga bisa meningkatkan kualitas karkas dan performans ayam broiler. Skarang saya jadi tau manfaat akar alang-alang. trimakasi

vera aprilianti / E1C010020 said...

ternyata dlingkunag ini banyak sekali tanaman yang dilihat biasa tetapi mampunyai harga jual. dalam masyarakat luas alang-alang tidak dimanfaatkan dengan baik. dengan adanya artikel ini saya lebih memahami pemanfaatan nya dengan baik.

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
setelah saya membaca artikel ini , saya baru mengetahui bahwa akar alang-alang juga dapat digunakan sebagai makanan ternak, walaupun hanya akar ternyata bermanfaat untuk pakan ternak,dan bermanfat bagi kami masiswa tentang artikel yang bapak buat

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
setelah saya membaca artikel ini , saya baru mengetahui bahwa akar alang-alang juga dapat digunakan sebagai makanan ternak, walaupun hanya akar ternyata bermanfaat untuk pakan ternak,dan bermanfat bagi kami masiswa tentang artikel yang bapak buat

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
artikel yang bagus,,akar Alang-alang ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan unggas melalui proses penepungan ataupun ekstrak..

Anonymous said...

marisyatenti (E1C010045 )
WAH menarik sekali thu,,akar alang alang yang selama ini di biarkan saja di lahan2 kosong ternyata memiliki berbagai manfaat yang sangat menguntungkan,,,selain pada unggas juga bermanfaat untuk manusia..

Anonymous said...

Hendri Afrizal (E1C008012)
dengan membaca artikel ini saya dapat mengetahui bahwa alang-alang bisa di gunakan sebagai pakan ternak,dan bagi petani alang-alang itu sebagai gulma yang mengganggu tanaman pokok,jadi kita ada peluang besar untuk memanfaatkannya karena alang-alang tidak di manfaatkan oleh petani.

supono pono said...

saya suka artikel ini karena dapat memanfaatkan bahan-bahan yang kurng berguna namun setelah membaca ini akar alang-alang banyak sekali manfaatnya

supono pono said...

saya suka artikel ini karena memanfaatkan akar alang-alang yang banyak sekali kita jumpai disekitar kita

Anonymous said...

nama : kardinal alsepto gandi, E1C010058.
begitu banyak manfaat alang2 ini ya. trima kasih atas infonya dari artikel ini.

Anonymous said...

frenki sembiring e1c010063
begitu banyak tanman2 yang selama ini dibilang liar memiliki nilai ekonomis dalam dunia peternakan,tapi sayangnya belum banyak pengetahuan peternak tentang halini

Anonymous said...

denik pusnawati e1c010026
saya suka sekali dengan artikel ini karena menambah pengetahuan saya kalau akar alang-alang bisa di jadikan sebagai pakan ternak..dan cara mendapatkan pun sangat mudah..
bagaimana jika di berikan pada ruminansia pak..
apakah ada pengaruhnya..

Riska Kurnia said...

riska kurnia(e1c010024)
selain sebagai obat untuk meredakan panas dalam bagi manusia, ternyata akar alang-alang bisa diberikan pada ternak unggas,dengan nilai gizi yang dapat meningkatkan kualitas tenak..

SIKI ANDRI PUTRA said...

SIKI ANDRI PUTRA. Saya merasa bangga menjadi anak peternakan,ternyata ilmu dipeternakan banyak sekali...ternyata alan-alang pun bisa dimanfaatkan dalam ransum pada ayam broiler...thank's pak..

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)

woow,, ternyata manfaat akar alang - alang banyak sekali ya,selain untuk manusia. akar alang - alang juga berfungsi untuk meningkatkan produksi daging terutama pada unggas itu sendiri. padahal selama ini alang - alang hanya sebagai rumput liar yang mengganggu tanaman petani.

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr.Wb.
Essy Agnesta Asdami (E1C011017) Penyajian Ilmiah

pemberian akar alang-alang bisa dijadikan pakan ternak. padahal selama ini saya hanya tahu kalau akar alang-alang ini hanya dapat untuk meredakan panas.

Anonymous said...

eka saputri (E1C011063)
sungguh menarik artikel ini, menjelaskan bahwa alang- alang yang dianggap sebagai gulma ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, khususnya boiler, semoga artikel ini dapat di gunakan,

Dewi Puspitasari said...

E1C011090

menurut saya artikel ini bagus ,, mungkin akan ebih bagus lagi apabila ditambahkan bagaimana cara mengolah akar alang- alang tersebut kedalam ransum ,,,terimaksih

liza tri astini said...

LIZA TRI ASTINI ( E1C011052 )
peningkatan bobot ayam broiler dengan alternatif akar alang-alang yang dapat menekan biaya produksi ransum maka menjadi sebuah penemuan ilmiah yang baru. NAMUN BAGAIMANA PENERAPAN NYA DI LAPANGAN PAK? SUDAH banyak kah yang memanfaatkan akar alang alang ini untuk meningkatkan produktivitas ternak ayam broiler dan kendala yang dihadapi apa ya pak?

herbadream said...

HERBADREAM SOLO : 085702118190
Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontiyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

Deni Arifto said...

Deni Arifto
E1C013116
Menurut saya penggunaan akar alang-alang ini baik diterapkan dalam dalam peternakan yang berskala tradisional atau peternakan rumahan dimana alang-alang mudah dijumpai hampir setiap desa. dan sebaiknya dalam jurnal ini disertakan bagaimana cara pembuatan tepung akar alang-alng maupun ektrak akar alang-alang agar dapat diterapkan di berbagai peternakan.

muhyidin said...

Muhyidin
E1C013009

Wah ternyata tumbuhan liar yang dianggap gulma pada tanaman budidaya ini memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Semoga saja dapat disosialisasikan ke masyarakat luat tentang proses pengolahan sampai aplilasi ke ternaknya sehingga tidak sebatas tulisan dan riset mahasiswa yang berhenti dan tidak dimanfaatkan ke dunia nyata.👍👍👍👍👍👍

muhyidin said...

Muhyidin
E1C013009

Wah ternyata tumbuhan liar yang dianggap gulma pada tanaman budidaya ini memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Semoga saja dapat disosialisasikan ke masyarakat luat tentang proses pengolahan sampai aplilasi ke ternaknya sehingga tidak sebatas tulisan dan riset mahasiswa yang berhenti dan tidak dimanfaatkan ke dunia nyata.👍👍👍👍👍👍

utami widyastuti said...

Utami Widyastuti
E1C03011

tulisan yang bagus pak, tanpa disadari alang-alang yang dianggap gulma ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa. sebaiknya ide ini dikembangkan dan diaplikasikan ke masyarakat agar populasi tumbuhan alang-alang tersebut dapat berkurang dan dengan berkurangnya populasi tersebut ternak mendapat manfaatnya dan kita sebagai manusia tidak perlu bersusah payah memberikan pestisida untuk membasmi alang-alang tersebut.
trima kasih

Anonymous said...

Renus H. Panjaitan / E1C011048
MK. Nutrisi Ternak Monogastik

Tulisan ini sangat bermanfaat. Saya menjadi mengetahui kandungan dari Akar alang-alang seperti asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh dan sebagai pakan ternak.

Terima kasik pak... :D

Anonymous said...

leo Darno Nababan
E1C010057
Tulisan ini sangat bermanfaat bagi pembaca,dengan membaca artikel ini alang ini sangat bermanfaat yang dapat digunakan untuk menjadi konsumsi pakan ternak,yang saya ketehui selama ini alang alang sangat menggagu pada tanaman.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...