Tuesday, August 16, 2011

PENINGKATAN PERFORMANS TERNAK RUMINANSIA DENGAN MENGGUNAKAN JERAMI PADI YANG DIFERMENTASI

 
Jemi sang sang

ABSTRAK

Mengevaluasi  jerami padi yang difermentasi oleh probiotik starbio sebagai pakan ternak. Sekelompok ternak sapi yang diberi pakan jerami padi yang difermentasi oleh probiotik dan sekelompok ternak sapi yang diberikan jerami padi tanpa fermentasi. Adapun yang diamati yaitu dapat mempengaruhi konsumsi bahan kering, pertambahan bobot badan(pbb), dan konversi pakan pada ternak sapi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa penambahan bobot badan, konsumsi dan konversi pakan yang diberikan pakan jerami padi produk fermentasi lebih baik dibandingkan dengan jerami padi tanpa fermentasi.
Kata kunci: jerami padi, fermentasi, probiotik, ternak sapi.

PENDAHULUAN
Latar Belakang
            Hasil ternak ruminansia merupakan salah satu komponen penting untuk memenuhi kebutuhan gizi akan daging bagi masyarakat Indonesia. Ternak ruminansia khususnya sapi bali merupakan salah satu plasma nutfah di Indonesia yang memiliki keunggulan dengan potensi genetik yang tinggi dan dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan tropis(Suranjaya, 1999). Pemeliharaan ternak ruminansia masih banyak dilakukan secara tradisional khususnya di daerah pedesaan, masih banayk ternak yang berkeliaran di pinggir-pinggir jalan untuk mencari pakan.
Pakan merupakan salah satu unsur yang sangat vital dalam suatu usaha peternakan, oleh karena itu penyediaan pakan harus diupayakan secara terus menerus (continue) sesuai dengan standar nutrisi menurut tingkatan umur ternak. Salah satu kendala yang dialami oleh banyak peternak di dalam suatu peternakan yaitu ketersediaan pakan hijauan segar sulit terpenuhi karena dapat dipengaruhi oleh musim. Dimana pada saat musim kemarau ternak sulit untuk mendapatkan hijauan segar (Syamsu, 2002).
            Usaha untuk menangani kesulitan ketersediaannya pakan hijauan pada saat musim kemarau, dapat dilakukan dengan pemanfaatan sisa hasil pertanian khususnya limbah jerami padi (Novita, 2006). Dimana limbah jerami padi merupakan limbah yang jumlahnya banyak dan mudah didapat. Penggunaan jerami padi sebagai pakan ternak ruminansia mempunyai banyak kendala yaitu tidak dapat mencukupi kebutuhan protein untuk mencukupi kebutuhan hidup pokok ternak, hanya dengan kandungan serat kasar yang tinggi dan protein kasar yang rendah di dalam jerami padi trsebut (Akmal, 2004). Selain itu jerami padi juga mengandung lignin, silika dan khitin yang dapat menyebabkan rendahnya daya cerna(Gunawan dkk, 2000), sehingga jerami padi tersebut dapat diolah agar didapatkan kandungan-kandungan nutrisi maupun protein yang dibutuhkan oleh ternak untuk mencukupi kebutuhan hidup pokoknya.

            Pengolahan jerami padi dapat berupa amoniasi maupun fermentasi yang dapat meningkatkann nutrsi juga dapat mengawetkan bahan pakan jerami tersebut (Agus dkk., 2005). Pengolahan yang digunakan yaitu fermentasi jerami padi dengan menggunakan probiotik. Probiotik merupakan suatu bahan natural additive yang dapat meningkatkan kecernaan berupa mikroba. Mikroba selulotik pada probiotik akan menghasilkan enzim selulosa yang dapat memecahkan ikatan lignoselulose, sehingga kecernaan dapat meningkat. Fermentasi jerami padi dengan probiotik dapat meningkatkan kecernaan in vitro bahan kering dan bahan organic(Syamsu, 2001) serta meningkatkan kandungan protein kasar serta peningkatan degradasi bahan organik(Agus dkk., 1999).
Tujuan
            Tujuan memanfaatkan limbah pertanian yaitu untuk meningkatkan nilai guna jerami padi tersebut sehingga dapat meningkatkan produktivitas ternak maupun pendapatan petani di lahan pertanian
Produktivitas kambing peranakan Etawah yang diberi ransum berbasis jerami padi fermentasi
Kambing peranakan etawah yang diberi pakan dengan penggunaan jerami padi yang difermentasi dengan perlakuan digiling, dapat menurunkan kecernaan protein kasar yang terkandung di dalam jerami padi tersebut. Dengan dilakukannya penggilingan tersebut dapat memperkecil partikel-partikel jerami padi, sehingga mikroorganisme rumen sulit untuk mendegradasi partikel jerami padi yang di konsumsi oleh ternak dan dapat menurunkan daya cerna. Dalam penggunaan untuk jangka panjang perlu diperhatikan karena dengan ukuran partikel-partikel yang kecil  dari pakan yang diberikan dapat menurunkan kondisi tubuh induk(Novita,dkk., 2006).
Penggunaan complete feed berbasis jerami padi fermentasi pada sapi Australian Commercial Croos terhadap konsumsi nutrient dan pertambahan bobot badan harian
Jerami padi fermentasi digunakan dalam jumlah banyak, ketika ternak belum memenuhi  kebutuhannya hanya denagan mengkonsumsi konsentrat. Dengan menggunakan complete feed berbasis jerami padi, dapat meningkatkan pertambahan bobot badan harian. Dimana pertambahan bobot badan ternak harian dikontrol dari nutrient yang dikonsumsi terutama energi (McDonald et al. 2002). Meningkat atau menurunya konsumsi pakan, juga dapat mempengaruhi pertambahan bobot badan ternak harian. Sapi ACC menunjukkan penampilan yang lebih baik dengan pemberian complete feed berbasis jerami padi(Agus dkk., 2005).
Pengkajian penggemukan sapi potong dengan jerami padi fermentasi
Fermentasi dapat meningkatkan mikroba dalam jerami padi, sehingga dapat meningkatkan protein yang terkandung dalam jerami tersebut. Dengan mengkonsumsi jerami padi yang difermentasi, dapat meningkatkan bobot badan harian sapi yang berfariasi. Fermentasi jerami padi selain mudah di lakukan juga dapat menghemat biaya. Selain itu jerami padi yang telah difermentasi dapat disimpan dalam jangka waktu beberapa bulan kedepan(A, Gunawan dkk,. 2004)
Kandungan bahan kering, serat kasar dan protein kasar jerami padi yang diamoniasi dan difermentasi dengan bakteri selulolitik dari feses jerapah
Kandungan bahan kering pada jerami padi tidak berpengaruh terhadap bakteri selulolitik karena bakteri selulolitik memiliki pemecah serat kasar. Aktivitas enzim selulose dapat menurunkan kandungan serat kasar yang terdapat  pada jerami padi fermentasi. Bahan kering yang terkandung dalm jerami padi fermentasi dapat menurun karena kandungan bahan organik. Untuk memperbanyak didi, bakteri selulolitik menggunakan energi dari hasil pemecahan serat kasar(Soepranianondo, K dkk. 2007)
Kajian terhadap jerami padi hasil fermentasi oleh probiotik sebagai pakan sapi Bali di Sulawesi Selatan
Pemberian pakan dengan fermentasi dapat meningkatkan bobot badan, konsumsi bahan kering. Dimana jerami padi dengan menggunakan probiotik dapat meningkatkan nafsu makan ternak dan konsumsi bahan kering. Pertambahan bobot badan juga dipengaruhi oleh kemampuan ternak untuk mengkonsumsi dan kualitas pakan itu sendiri(Syamsu, J. A. dkk. 2007)
Pemanfaatan protein pada sapi peranakan Ongole dan sapi peranakan Ongole x Limousin jantan yang mendapatkan pakan jerami padi fermentasi dan konsentrat
Pemberian jerami padi fermentasi dapat meningkatan kandungan  PK  yang dikeluarkan melalui urine. Dimana kandungan pada jerami padi banyak nitrogen dibanding protein, sehingga nitrogen yang tidak bermanfaat bagi rumen dikeluarkan melalui urine. Pertambahan bobot badan  harian yang bagus ditunjukkan oleh sapi peranakan Ongole karena sapi ini dapat mendeposisikan protein dalam satuan ternak.
            Dengan demikian dari semua pemanfaatan jerami padi yang difermentasi diambil satu pokok penting yaitu pemanfaatan jerami padi dengan probiotik, dimana kandungan jerami yang telah difermentasi dengan probiotik dapat mengningkatkat bobot badan harian ternak dan peningkatan nafsu makan ternak itu sendiri. Jerami yang telah difermentasi dapat meningkatkkan kecernaan ternak, dimana kandungan lignin, siliki dan khitin dapat menyebabkan rendahnya daya cerna seekor ternak.
KESIMPULAN
Fermentasi jerami padi dengan probiotik dapat meningkatkan kualitas jerami padi sebagai pakan ternak dan dapat menurunkan serat kasar yang dikenal sebagai penghambat nilai guna jerami padi.
UCAPAN TERIMA KASIH
Dalam penyusunan makalah ini, Penulis telah banyak mendapatkan bimbingan, petunjuk, dan dukungan baik berupa dukungan moril maupun materil dari semua pihak. Pada kesempatan ini rasa hormat dan terima kasih penulis ucapkan kepada :
1.                  Bapak Prof. Ir. Urip Santoso, M. Sc dan bapak Heri Dwi Putranto, S. Pt. Phd selaku dosen pengauh mata kuliah penyajian ilmiah yang telah banyak memberikan arahan dan masukan dalam penyusunan artikel ini,
2.                  Yudha Prawira yang telah membentu dalam pengetikan artikel ini.

DAFTAR PUSTAKA
A, Gunawan., Surdiyanto, Y & Nirhati, I. 2004. Pengkajian Penggemukan Sapi Potong dengan Jerami Padi Fermentasi. Jurnal Met. Pet. Vol.24(3). Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Lembang. Hal 18-21.

Agus, A., Suwignyo, B & Utomo, R. 2005. Penggunaan Complete Feed Berbasis Jerami Padi Fermentasi pada Sapi Australian Commercial Croos Terhadap Konsumsi Nutrien dan Pertambahan Bobot Badan Harian. Jurnal Buletin Peternakan Vol.29(1). Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Hal 1-9.

Syamsu, J. A., Yusf, M & Abustam, E. 2002. Kajian terhadap Jerami Padi Hasil Fermentasi oleh Probiotik sebagai Pakan Sapi Bali di Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Ternak Vol. 2(2). Fakultas Peternakan UNHAS, Makasar. Hal 46-49.

Novita, C.I., Sudono, I. Sutama, I.K & T. Toharmat 2006. Produktivitas  Kambing Peranakan Etawah yang Diberi Ransum Berbasis Jerami Padi. Jurnal Media Peternakan Vol.29(2). Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor. Hlm 96-106.

Soepranianondo, K & Tandra, V. 2007. Kandungan Bahan Kering, Serat Kasar dan Protein Kasar Jerami Padi yang Diamoniasi dan Difermentasi dengan Bakteri Selulolitik dari Feses Jerapah. Jurnal Media Kedokteran Hewan Vol. 23(2). Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya. Hal 120-125.

Rianto, E., Nurhidayat & Purnomoadi, A. 2005. Pemanfaatan Protein pada Sapi Peranakan Ongole dan Sapi Peranakan Ongole x Limousin Jantan yang Mendapatkan Pakan Jerami Padi Fermentasi dan Konsentrat. Jurnal J.Indon.Trop.Anima.Agric  Vol 30(3). Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang. Hal 186-191.

Nuswantara, L, M., Soejono, M. Utomo, R & Widyobroto, B. P. 2005. Kecernaan Nutrien Ransum Prekursor Nitrogen dan Energi Tinggi pada Sapi Perah yang Diberi Pakan Basal Jerami Padi. Jurnal J.Indon.Trop.Anima.Agric  Vol 30(3). Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Hal 172-178.





66 comments:

Gustina (E1C008001) said...

Saya tertarik dengan artikel ini tapi saya masih bingung apa beda pemberian pakan jerami padi yang difermentasi dengan jerami padi yang tidak difermentasi.?? Apakah itu akan menggangu performans ternak tersebut.??

LIVESTOCK said...

Tentu saja berbeda Gustina. Jerami yang sudah difermentasi akan mempunyai mutu yang lebih baik.

erina nuraini said...

saya menyukai artikel ini yang memanfaatkan limbah, terutama limbah dari jerami padi. selain untuk tambahan pakan ternak juga tidak mencemari lingkungan sekitar sawah.
ternyata jerami padi ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak ya pak...

Anonymous said...

SURYADI E1C010048

Saya tertarik dengan artikel ini yang memafaatkan limbah jerami,karena setelah saya membaca artikel ini,saya bisa tau tentang pemafaatan limbah padi,dan teryata jerami padi banyak mengandung nutrisi yang di butuhkan ternak.sebab di desa saya banyak sekali jerami padi yang terbuang sia2 dan mencemari persawahan pak....

Anonymous said...

SURYADI E1C010048 PETERNAKAN

Kira-kira berapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam jerami,,,???,dan apa saja manfaatny nutrisi di dalam jerami padi pak...???

kardinal alsepto gandi ( E1C010058 ) said...

KARDINAL ALSEPTO GANDI (E1CO1OO58),

Asmlkm, pak.
setelah saya membaca artikel bapak di atas saya mengetahui guna jerami padi yang sudah di fermentasikan yang baik untuk ternak, tetapi dari pernyataan di atas apakah hanya jerami padi pak yang baik di fermentasikan sedangkan limbah petanian sangat banyak seperti pelepa sawit dll?dan penggilingan jerami padi tersebut halus apa kasar pak saya masih belum jelas betul, tolong di jelaskan lagi pak?

LIVESTOCK said...

Kardinal semua limbah organik bisa difermentasi untuk dijadikan pakan ternak.

Anonymous said...

RYONA PEFTI P(E1C010044)

Setelah saya membaca artikel ini,,,saya dapat mengetahui bahwa pemberian pakan jerami padi yang sudah di permentasi sangat baik untuk ternak,
dan juga muncul pikiran saya menurut bapak hasil limbah pertanian yang baik untuk diberikan kepada ternak itu seperti apa dan contohnya pak,,,tolong dijelaskan.

Ria Puspita Sari E1C009008 said...

saya setuju dengan artikel ini bahwa dengan melakukan fermentasi dapat meningkatkan kualitas jerami sehingga diharapkan dapat meningkatkan performans ternak ruminansia. namun di dalam pengembangan pakan berupa silase jerami untuk diberikan kpada sapi bali apakah tingkat palatabilitas tidak menjadi masalah pak? dan menurut bapak, dengan kondisi indonesia yang beriklim tropis (pakan tersedia sepanjang waktu)apakah sistem fermentasi hijauan terutama jerami dapat menjadikan pakan yang berpotensi untuk dikembangkan?

Ita said...

Jerami padi cukup efisien apabila difermentasikan terlebih dahulu. akan tetapi pada prakteknya cukup sulit dilakukan, sebab cuaca di Indonesia tidak menentu dan juga peternak/petani tidak mau repot-repot memfermentasikan jerami padi tersebut

agoeng golden wayz said...

Agung kurnia E1C009029

ASS Pak

pak bagaimana sifat organoleptisnya terhadap ternak jika jerami padi telah melalui proses bioteknologi fermentasi..?? terimahkasih pak

DIAH KASMIRAH said...

menurt saya pemanfaatan limbah pertanian seperti jerami padi yang digunakan sebagai pakan ternak sangat baik.dimana jerami padi yang sudah difermentasikan,akan memiliki nilai kandungan nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan jerami tanpa fermentasi.saya ingin bertanya, apakah ada dampak negatif yang timbul akibat pemberian pakan tersebut pada ternak yang mengkonsumsinya,?

Anonymous said...

saya tertarik mengenai pemanfaatan jerami pada yang telah difermentasikan.yang saya tanyakan, berapa lama jerami padi fermentasi tersebut dapat disimpan, pak?

karina said...

Ini salah satu pemanfaatan limbah yang sangat efisien..dimana limbah jerami padi ini dapat difermentasi tanpa mengurangi kandungannya,malah limbah ini setelah difermentasi dapat menambah nilai proteinnya..!!

duseko putra said...

artikel ini sangat menarik sekali untuk kita baca, karena di dalam jerami padi terdapat beberapa nutrisi sangat baik untuk ternak.

hermypupitasari said...

atikel ini sangat menarik di baca, sebagai pedoman dalam pemberian pakan sapi...ternyata dengan pemberian jerami padi dapat memberikkan peningkatan performance sapi, namun apakah ada perbedaan nyata peningkatan performance nya pak yang di fermentasi dengan yang tidak di fermentasi...

hermypupitasari said...

atikel ini sangat menarik di baca, sebagai pedoman dalam pemberian pakan sapi...ternyata dengan pemberian jerami padi dapat memberikkan peningkatan performance sapi, namun apakah ada perbedaan nyata peningkatan performance nya pak yang di fermentasi dengan yang tidak di fermentasi...

angga putra sinaga (E1C009002) said...

menurut saya masalah fermentasi masyarakat provinsi bengkulu jarang melakukan hal ini...
mungkin ini sering di lakukan di kota2 besar...

Mastuti E1C009068 said...

MASTUTI E1C009068

Setelah membaca artikel ini saya setuju kalau pemberian jerami padi yang di fermentasi sebagai pakan ternak,karena jerami padi banyak di sekitar kita untuk pakan ternak terutama ternak ruminan.

dodi afrianto said...

artikel diatas membuat saya tertarik karena limbah dari jerami padi bisa dijadikan pakan ternak,dan juga tidak mencemari lingkungan sekitar persawahan.Dan mengandung banyak nutrisi.

fiby kurniawan said...

dalam pewngetahui jerami padi mempunyai protien yang rendah, jerami hanya digunakan sebagai pakan tambahan saja atau penyumpal( untuk memenuhilambunang) runimansia saja.

rocky said...

artikel yang cukup bermanfaat untuk masyarakat yang punya sawah luas untuk memelihara sapi juga dengan memanfaatkan jeraminya sebagai pakan ternak sapi.kayaknya bagus juga integrasi ternak sapi dengan padi.

andi febianto said...

saya sangat setuju dengan artikel yang dibuat ini, disini saya dapat pengetahuan yang lebih tentang jerami untuk pakan ternak.

Roby okta saputra (E1C009010) said...

Roby Okta Saputra (E1C009010)
Saya tertari dengan artikel ini,karena jerami padi banyak terdapat disekitar kita.maka akan mudah untuk mendapatkannya untuk digunakan sebagai pakan ternak dalam hal ini yang difermentasi.kalu saya tidak salah untuk fermentasi kita menggunkan sejenis mikroba pembusuk,apakah hal itu tidak berpengaruh terhadap produktivitas ternak ruminansia jika kita berikan terus menerus pak???

maherano bagas .p 09 said...

kalo boleh tau kandungan nutrisi apa aja yg terkandung dalam jerami padi yg di fermentasikan ????

maherano bagas .p 09 said...

kalo boleh tau kandungan nutrisi apa aja yg terkandung dalam jerami padi yg di fermentasikan ????

Hendri suhendri (E1C009054) said...

arikel ini bagus, jika peternakan dikembangkan dikawasan persawahan,banyak yang dapat diperoleh manfaat nya bagi petani maupun peternak, yaitu hasil limbah pertanian dapat dimanfaatkan oleh peternak yaitu jerami padi dapat diberikan pada ternak ruminansia, dari peternak dapat dimanfaatkan petani yaitu feses dari ternak itu sendiri

effrendi E1C009042 said...

saya sangat tertarik ternyata ada timbal balik yang sangat sempurna antara ternak dan limbah pertanian. selama ini jerami hanya dibakar oleh petani, ternyata ada manfaat yang besar didalamnya. kira-kira jerami padi yang telah difermentasi dapat disimpan dalam jangka waktu berapa lama pak spesifikasinya?

Agus Sutrisno (E1C009030) said...

ASslm, Menarik dan sangat menarik limbah pertanian dari tanaman padi yaitu pada jerami yang difermentasi probiotik dapat meningkatkan PBB, KonSumsi Bk, Feed Intake . Wah kita baru sadar akan manfaat fermentasi...>. Selain padi untuk diolah menjadi beras dan ikutanya membuka petani untuk termotivasi untuk memiliki sapi sebagai pemakan jerami maupun hasil fermentasinya , seperti di Kab Mura -Sumsel sangat potensial karena disana terkenal sekali dengan daerah pertanian padi, tapi di bengkulu juga sangat berpotensi karena banyak juga Pertanian padi ..>

dadang said...

nama :dadang m faris
npm : e1c009035

saya tertarik dengan artikel ini apalagi kami sekarang sedang belajar teknologi pakan.

iwan Hidayat (E1C009059) PTR 09 said...

pemanfaatan limbah pertanian memang sudah banyak di gunakan ,,,, tetapi dari yang saya lihat perbedaan ruminansia di daerah jawa ini sangat tamapak,, di jawa jerami yang sudah kering masih bisa di berikan sedangkan di daerah sumatera kurang di minati

Hendro Fadly said...

Jerami padi ternyata efesien apabila difermentasikan, selain nilai nutrisinya bertambah juga efesien dalam penyimpanannya sebagai cadangan pakan ternak di musim kemarau

putri anggraini said...

jerami padi hasil fermentasi, salah satu bahan pakan yang cukup baik bgi ternak ruminasia karena dapat membantu peningkatan berat badan ternak. tapi proses fermentasi bahan pakan dari limbah pertanian belum begitu populer atau bahakn sebagian besar masyarakat bengkulu belum mengetahui adanya teknologi fermentasi untuk bahan pakan ternak yang bersumber dari limbah hasil pertanian. selama ini limbah hasil pertanian seperti jerami padi masih sangat jarang dimanfaatkan sbagai bahan pakan ternak oleh masyarakat. mereka cuma membakar jerami padi yang merupakan limbah dari hasil panen padi untuk pupuk di areal persawahan. sepertinya kita sebagai sarjana peternakan perlu menggalakkan atau mensosialoisasikan teknologi fermentasi pakan hasil limbah pertanian ii kepada masyarakat luas agar perternakan dan pertanian di provinsi bengkulu bisa berkembang secara seimbang.

wajuli haryadi said...

wajuli haryadi(e1c010014)
setelah membaca artikel ini,saya bisa mengetahui kandungan nilai gizi yang terdapat pada jerami padi..tapi pak,,adakah dampak negatif dari pemberian pakan jenis ini......?

Redo Putra said...

pada artikel di atas di jelkaskan jerami padi sangat baik di manfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia,, tetapi secara teori di jelaskan pada mata kulia BMT bahwa kandungan serat kasar jerami padi sangat tnggi sekali,, tetapi dalam artikel ini bahwa jerami padi dapat meningkatkan peformens pada ternak,,mungkin ini perlu kita sosialisasikan kedepannya,, agar kita sebagai orang peternakan dapat mencoba memanfaatkan metode ini,,,

andi febianto Tulisan said...

pemanfaatan jerami ini dengan ada yg di tambahi probiotik sangat bagus..probiotik seperi apa yg bagus? dan berapa dosis yg baik untuk diberikan pada ransum...

sutris said...

lagi-lagi limbah pertanian dapat dijadikan sebgai pakan ternak dengan metode fermentasi secara probiotik dapat menurunkan serat kasar yang terdapat pada jerami padi sehingga yang awalnya limbah pertanian yang tidak mempunyai nilai guna menjadi berguna bagi pakan ternak dan berkualitas tinggi dalam menaikan bobot badan ternak.

Adi Susanto said...

Adi susanto (E1C011070)
menurut saya pemanfaataan jerami sebagi pakan ternak ini sangat bagus, tetapi masyarakt belum banyak tau tentang fermentasi jerami padi .
pertanyaanya pak ,bagaimana proses fermentasi jerami ? agar dapat menmbah mutu dari jerami padi.

Indra Mustika said...

ass.Indra Mustika,E1C011020
setelah membaca artikel diatas saya baru mengetahui bahwa didalam jerami padi banyak terdapat nutrisi yang bisa digunakan untuk pakan ternak ,karena yang saya tahu bahwa selama ini masyarakat khususnya masyarakat pedesean memberi pakan jerami padi karena kurangnya hijauan tetapi mereka tidak tahu atau tidak mengerti kandungan nutrisi yang ada dalam jerami padi tersebut.

rahmat mardiansyah said...

saya tertarik artikel ini jerami yang kita tahu sebagai pakan ternak m,dengan di lakukan fermentasi pada jerami mampu meningkatkan mutu pakan ini

anton saputra said...

Wah kalau begitu jerami menjadi lebih banyak manfaatnya
karena yang saya tahu jerami yang diberikan pada ternak hanya sebatas pakan hijauan tanpa ada olahan fermentasi yang ternyata dapat meningkatkan nilai gizi bagi ternak tetapi dibengkulu.
apakah selalu ada jerami yang siap jadi pakan atau siap untuk difermentasi karena setau saya umur padi yang siap panen biasanya 3 bulan setelah tanam.?
Bagaimana cara penanggulanganya pak jika pakan ini sangat direkomendasi pakan fermentasi. . . ?
Terimakasih

audina irawati said...

audina irawati (E1C011029) saya tertarik dengan artikel ini , karna artikel ini menjelaskan pemanffatan pakan denggan menggunakan jerami sebagai bahan pokok saja serta para perternak mudah mendapatkanya di waktu musiman. selai itu jerami juga mengaandung serat kasar yang cukup tinggi. dan apa manffat kandungan serat kasar yang cukup tinggi bagi ternak,,?

M Andriansyah said...

M.andriansayh
setelah saya baca artikel ini sangant menarik, karena limbah jerami dapat dimanfaatkan sebagai tambahan pakan ternak yang mana di daerah kita ini bnyak limbah jerami yang kurang dimanfaatkan, dengan adanya artikel ini kita dapat berbagi informasi tentang pemanfaatan limbah jerami ini,yang saya ingin tanyakan apakah ternak yang diberi konsumsi limbah jerami yang terlampau banyak akan ada sisi negativnya? yang saya tahu dan dengar tentang jerami ini ternak hanya bisa menghasilkan feses yang bnyak?

Dewi Puspitasari said...

menurut saya ini adalah artikel yang menarik , dengan pemberian jerami yang telah difermentasi bisa menambah nafsu makan pada ternak dan menambah bobot badan nya,tetapi yang saya masih bingung pak bagaimana dengan nilai cerna nya bila di bandingkan dengan jerami yang tidak di fermentasi

deni febriadi said...

setela saya membaca artikel ini teryata jerami padi dapat meningkatkan napsumakan untuk ternak..

Anonymous said...

Nama Nazarudin
NPM E1C011039
Setelah saya membaca artikel ternyata jerami dapat bermanfaat bagi peternak ruminansia.
trimakasih atas informasinya pak..

darmawan (EC011027) said...

artikel ini sangat bagus untuk kalangan petani sebab di daerah saya jerami tidak di olah kembali bahkan di bakar , dengan membaca artikel ini kita lebih tahu ternyata jerami bisa juga di buat bahan tambahan pakan ternak , terimakasih

darmawan (EC011027) said...

artikel ini sangat bagus untuk kalangan petani sebab di daerah saya jerami tidak di olah kembali bahkan di bakar , dengan membaca artikel ini kita lebih tahu ternyata jerami bisa juga di buat bahan tambahan pakan ternak , terimakasih

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O ( E1C011096 ), Ternyata menjadi peternak itu tidak perlu berpusing-pusing ria mencari pakan ternaknya karena banyak sekali limbah-limbah pertanian yang dapat kita manfaatkan sebagai pakan ternak...
hanya saja perlu diketahui terlebih dahulu kandungan nutrisinya...
untuk pakan ternak menggunakan jerami padi yang difermentasi ini apakah membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya dan bagaimana cara fermentasinya..???

Siswanto endang said...

siswanto
E1C011061
limbah jerami ternyata sangat berguna untuk ternak apalagi kalau memasuki musim kemarau dimana rumbut mulai berkurng, jerami padi memberikan stok makannan yang dapat menutupi kebutuhan pokoknya
trimakasih.

brilian putra pamungkas said...

(E1C01187)
ternyata,,,Pemberian pakan dengan fermentasi dapat meningkatkan bobot badan, konsumsi bahan kering. Dimana jerami padi dengan menggunakan probiotik dapat meningkatkan nafsu makan ternak dan konsumsi bahan kering. Pertambahan bobot badan juga dipengaruhi oleh kemampuan ternak untuk mengkonsumsi dan kualitas pakan itu sendiri,, terimakasih pak artikelnya memberi manfaat bagi kami dalam mempelajari fermentasi dan nutrisi bahan makanan ternak

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Saya setuju dengan artikel ini bahwa dengan melakukan fermentasi dapat meningkatkan kualitas jerami sehingga diharapkan dapat meningkatkan performans ternak ruminansia.
hal ini perlu dikembangkan pak karena selama ini limbah hasil pertanian seperti jerami padi masih sangat jarang dimanfaatkan sbagai bahan pakan ternak oleh masyarakat. mereka cuma membakar jerami padi yang merupakan limbah dari hasil panen padi untuk pupuk di areal persawahan.
terimakasih ....

wajuli haryadi said...

setelah saya baca,,artikel ini cukup menarik,namun bagaimana kandungan gizinya,,sama tidak kandungannya antara jerami padi fermentasi dengan tanpa fermentasi....?

supono said...

supono e1c010032
jerami padi ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan berat badan yang optimal, namun setelah saya baca artikel ini justru pertanyaan yang timbul yaitu di artikel ini di jelaskan bahwa penggunaan jerami harus dilakukan fermentasi namun di sini tidak dijelaskan dengan menggunakan apa dalam menfermentsikan jerami ini dan bagaimana caranya???trima kasih...

Anonymous said...

MILA ENJELIKA s (E1C010059)
Adanya pemanfaatan jerami padi sebagai pakan ternak sangat bermanfaat bagi peternak terutama pada saat musim panen padi. pemanfaatan jerami padi sangat membantu meminimaliskan pengeluaran pembelian pakan ternak.
bagaimana dampak pemberian jerami padi yang banyak terhadap pertumbuhan ternak maupun produksi susuternak itu sendiri, sementara kita tau jerami padi itu memiliki serat kasar yang cukup tinggi dan kadar proteinnya lumayan rendah ???

juli masdeka sari E1C010046 said...

ini Artikel yang sangat saya cari karena artikel ini menambah wawasan saya yang ingin mnjdikan jerami sebagai pakan fermentasi bagi ternak lain seperti cacing tanah

rizki ganteng said...

artikel ini memnambah referensi saya tentang, pemanfaatan jerami, smoga artikel ini bisa menjadi bnayak menfaat bagi mahasiswa lain yang ingin mengambil penelitian tentang pemanfaatan jerami terutama jerami fermentasi

rizki ganteng said...

artikel ini memnambah referensi saya tentang, pemanfaatan jerami, smoga artikel ini bisa menjadi bnayak menfaat bagi mahasiswa lain yang ingin mengambil penelitian tentang pemanfaatan jerami terutama jerami fermentasi

Anonymous said...

marisya tenti
jerami padi..!!!!
cukup menarik,limbah pertanian yang terkenal dengan serat kasarnya yang tinggi mampu memberikan kandungan nutrisi yang baik untuk ruminansia khususnya dengan dilakukan fermentasi....

Anonymous said...

frenki sembiring ( E1C010045 )
pemanfaatan limbah pertanian jerami padi ternyata memberikan kandungan nutrisi yang baik bagi ternak ruminansiadengan di lakukan fermentasi. karena ruminansia mampu memanfaatkn serat menjadi karbohidrat yang dapat di cerna...

riska kurnia(E1C010024) said...

riska kurnia(E1C010024)
kita ketahui bahwa jerami padi memiliki serat kasar yang tinggi, namun setelah membaca artikel ini saya tertarik karena ternyata jerami padi yang dimanfaatkan menjadi jerami padi fermentasi karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan sebagai pakan tambahan bagi ternak,,,dosis pemberian jerami padi fermentasi pada ternak pada pakan yang baik jumlahnya berapa pak?

riska kurnia(E1C010024) said...

riska kurnia(E1C010024)
kita ketahui bahwa jerami padi memiliki serat kasar yang tinggi, namun setelah membaca artikel ini saya tertarik karena ternyata jerami padi yang dimanfaatkan menjadi jerami padi fermentasi karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan sebagai pakan tambahan bagi ternak,,,dosis pemberian jerami padi fermentasi pada ternak pada pakan yang baik jumlahnya berapa pak?

DADANG HIRAWAN (E1C010012) said...

artikel yang sangat menarik, jerami padi khususnya di daerah kita provinsi bengkulu selama ini belum dimanfaatkan secara optimal dikarenakan nilai nutrisinya terutama protein yang relatif rendah, fermentasi merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan nilai nutrisi jerami padi, namun selain nilai nutrisinya yang harus diperbaiki mungkin pengolahan lebih lanjut agar pakan tersebut lebih disukai ternak perlu mendapat perhatian.

Anonymous said...

LISNAWATI ANGGRAINI
E1C010039
jerami padi ternyata memiliki manfaat sebagai limbah pertanian masih bisadigunakan sebagai pakan ternak,
tetapi kendalinya di Indonesia ternak masih kurang tertarik dengan pakan hijauan kering, untuk itu butuh waktu bgi ternak untuk beradatasi.

liza tri astini said...

LIZA TRI ASTINI
E1C011052

Pemanfaatan jerami padi dengan cara fermentasi untuk pakan ternak ini bagus sekali, harus kita sosialisasikan ke masyarakat agar lebih bermanfaat....

riaa turnip said...

Ria Resnia Ancelda.T
E1C014091
jerami padi banyak dimaanfaatkan masyarakat sebagai pakan ternak terutama ternak sapi tetapi masyarakat masih belum melakukan fermentasi,harus dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang cara memfermentasikan jerami padi agar banyak peternak yang memanfaatkan jerami padi untuk pakan ternak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...