Wednesday, February 1, 2012

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG UNTUK PAKAN UNGGAS


Oleh : SITI QOTIMAH E1C009013
Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

ABSTRAK

Kandungan nutrisi kulit pisang sangat berpotensi sekali sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk semua fase kehidupan ternak. Kandungan karbohidrat terutama bahan ekstrak tanpa nitrogen sebesar 66,20 % (Heruwatno, dkk. 1993) dan masih mengandung selulosa dan hemiselulosa sebesar 40 % dari total serat kasar yang dikandungnya (Parakkasi, 1990) dengan kandungan serat kasar kulit pisang sebesar 13 % (Gohl, 1981).
Hasil analisis kulit pisang yang dilakukan di Laboratorium nutrisi dan makanan Ternak Universitas Brawijaya (Susilowati, 1997) diperoleh komposisi nutrient sebagai berikut : BK = 12,6 %; BO = 80,36%; PK = 8,36 %; gula reduksi = 42,34 % dan gula terlarut = 5,41 %. Kandungan karbohidrat yang besar terutama gula reduksi pada kulit pisang ambon termasuk dalam Readily Available Carbohidrates (RAC) dengan energy bruto sebesar 3724,32 Kcal/kg.
Beberapa penelitian menunjukkan pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dapat meningkatkan produksi ayam kampung dilihat dari pertambahan berat badan, konsumsi pakan, konversi pakan, kadar kolesterol dalam serum darah, daging, hati, feses, dan berat organ pencernaan. Pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang juga dapat menghasilkan daging ayam broiler dengan kadar kolesterol rendah

PENDAHULUAN

Kulit pisang merupakan limbah dari industri pengolahan pisang. Pengolahan pisang akan menghasilkan limbah kulit pisang yang cukup banyak jumlahnya yaitu kira-kira sepertiga dari buah pisang yang belum dikupas (Munadjim, 1983 disitasi oleh Siti Qotimah). Selain menjadi limbah industri pengolahan pisang, kulit pisang juga merupakan limbah rumah tangga yang jika dibuang sembarangan akan mengakibatkan orang lain terpeleset dan mengotori lingkungan sekitar. Oleh karena itu, perlu adanya pengolahan kulit pisang menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Limbah kulit pisang ini dapat dimanfaatkan untuk cuka kulit pisang, nata de banana, wine (anggur), dan pakan ternak. Dilihat dari komposisinya, kulit pisang memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu beta-karoten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering. Beta-karoten berperan sebagai antioksidan (Elvien, 2010 disitasi oleh Siti Qotimah). Selain itu, kulit pisang juga mengandung karbohidrat terutama bahan ekstrak tanpa nitrogen sebesar 66,20 % (Heruwatno, 1993 disitasi oleh Siti Qotimah), sehingga dapat digunakan untuk mengganti sebagian jagung atau dedak dalam ransum.
Kandungan nutrisi kulit pisang sangat berpotensi sekali sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk semua fase kehidupan ternak. Kandungan karbohidrat terutama bahan ekstrak tanpa nitrogen sebesar 66,20 % (Heruwatno, dkk. 1993) dan masih mengandung selulosa dan hemiselulosa sebesar 40 % dari total serat kasar yang dikandungnya (Parakkasi, 1990) dengan kandungan serat kasar kulit pisang sebesar 13 % (Gohl, 1981). Van Soest (1994) bahwa selulosa dan hemiselulosa merupakan komponen dinding sel tanaman yang masih dapat dimanfaatkan oleh ternak ruminansia. Hasil analisis kulit pisang yang dilakukan di Laboratorium nutrisi dan makanan Ternak Universitas Brawijaya (Susilowati, 1997) diperoleh komposisi nutrient sebagai berikut : BK = 12,6 %; BO = 80,36%; PK = 8,36 %; gula reduksi = 42,34 % dan gula terlarut = 5,41 %. Kandungan karbohidrat yang besar terutama gula reduksi pada kulit pisang ambon termasuk dalam Readily Available Carbohidrates (RAC) dengan energy bruto sebesar 3724,32 Kcal/kg.
Adanya ancaman kenaikan harga bahan baku pakan, seperti jagung, maka dibutuhkan bahan yang dapat disubtitusi untuk menurunkan biaya pakan. Adanya substitusi sebagian jagung dengan limbah kulit pisang akan dapat mengurangi biaya pakan dan juga berpengaruh dengan biaya produksi yang dikeluarkan peternak.
Pada beberapa penelitian menunjukkan pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dapat meningkatkan produksi ayam kampung dilihat dari pertambahan berat badan, konsumsi pakan, konversi pakan, kadar kolesterol dalam serum darah, daging, hati, feses, dan berat organ pencernaan.
Pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang juga dapat menghasilkan daging ayam broiler dengan kadar kolesterol rendah. Hal ini menunjukkan kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai pakan unggas yang dapat menghasilkan produk yang rendah kolesterol. Kandungan kolesterol yang tinggi akan menyebabkan banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi produk tersebut demi kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan produk ternak unggas yang sehat dan rendah kolesterol. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan kulit pisang sebagai pakan unggas.

Analisis Proksimat Kulit Pisang

Hasil analisis proksimat untuk pengukuran kadar: protein, lemak, BETN, serat kasar, abu, kalsium dan phosphor, ternyata tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (P>0.05) antara pengeringan oven dan jemur, kecuali untuk kadar air dan energi. Hasil analisis kulit pisang di Indonesia menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki kandungan – kandungan makanan yang cukup tinggi.
Dari hasil analisis proksimat diperoleh komposisi nutrient kulit pisang sebagai berikut : BK = 12,6 %; BO = 80,36%; PK = 8,36 %; gula reduksi = 42,34 % dan gula terlarut = 5,41 %. Kandungan karbohidrat yang besar terutama gula reduksi pada kulit pisang ambon termasuk dalam Readily Available Carbohidrates (RAC) dengan energy bruto sebesar 3724,32 Kcal/kg.

Sifat Fisik Dan Kimia Kulit Pisang

Pengolahan kulit pisang menjadi produk tepung adalah salah satu upaya menanggulangi limbah kulit pisang, sehingga mempunyai manfaat dan bernilai ekonomi. Menurut penelitian beberapa ahli, kulit pisang dijadikan tepung dengan cara diblender menghasilkan sifat seperti dibawah ini :
• Sifat Fisika
- Tekstur tepungnya halus
- Panjang : 12 – 18 cm
- Warna : Coklat Tua
• Sifat Kimia
- Mudah teroksidasi, dengan ditandai oleh perubahan warna pada kulit pisang.
- Memiliki nilai gizi yang cukup tinggi

Analisis Kecernaan Kulit Pisang

Tingkat kecernaan, konsumsi dan efisiensi penggunaan nutrisi bahan pakan asal limbah atau hasil sisa tanaman dipengaruhi oleh tingkat kandungan berbagai senyawa kimiawi yang bersifat penghambat (inhibitor). Pada bahan pakan asal tanaman pangan faktor penghambat didominasi oleh kelompok senyawa fenolik polimer seprti lignin yang terdapat di dalam dinding sel. Pada batang dan daun pisang kandungan lignin mencapai 12% (ROXAS et al., 1996; QUIROS et al., 1996 disitasi oleh Siti Qotimah). Rendahnya kecernaan bahan kering tanaman pisang (42%) kemungkinan terkait dengan kadar lignin dan tannin.

Fakta Manfaat Kulit Pisang Untuk Pakan Unggas

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui potensi tepung kulit pisang sebagai pakan ayam broiler untuk menghasilkan daging yang mengandung kolesterol rendah oleh Hernawati dkk. Sebanyak 20 ekor ayam broiler digunakan dalam desain penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Ayam broiler diberikan pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dengan kadar yaitu 30%, 50% dan 70% dalam 100 gram pakan, sedangkan kontrol diberikan pakan buatan tanpa tepung kulit pisang. Setiap perlakuan diulang sebanyak lima kali. Pakan buatan diberikan setiap pagi dan sore sebanyak 100 g/ekor, serta air minum diberikan secara ad libitum. Pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dengan kadar 30%, 50%, dan 70% menurunkan konsumsi ransum, bobot badan, berat karkas, namun meningkatkan konversi ransum. Pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dengan kadar 30%, 50%, dan 70% tidak mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah, menurunkan kadar kolesterol daging, meningkatkan kadar kolesterol hati dan feses. Pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dengan kadar serat 30%, 50% dan 70% dapat diterima sebagai alternatif pakan ayam broiler untuk menghasilkan daging dengan kadar kolesterol rendah. Penggunaan tepung kulit pisang sebagai bahan pakan ayam broiler sebaiknya pada kadar 30% atau 50%. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, berat karkas, kolesterol daging menghasilkan nilai yang cukup baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dapat menghasilkan daging ayam broiler dengan kadar kolesterol rendah.
Penelitian penggunaan kulit pisang sudah dilakukan di Indonesia. Kulit pisang sebagai pakan basal ternak punya kendala kandungan serat kasar rendah sehingga pemberiannya harus ditambahkan hijauan berserat kasar tinggi. Tetapi karena kulit pisang kaya energy sehingga pemberiaanya bisa dicampurkan dengan nitrogen bukan protein (NPN) seperti urea sebagai sumber nitrogen untuk sintesis protein mikroba (single cell protein). Penggunaan urea dalam pakan sumber protein dianjurkan maksimum sebanyak 1 % dari total bahan kering konsentrat atau sebanyak 5 % dari protein konsentrat. Mengingat urea merupakan bahan kimia menjadi tidak tepat mempunyai banyak kelemahan yaitu terjadinya polusi tanah dan lingkungan serta residu yang berbahaya dalam saluran pencernaan ternak, sehingga penggunaan bahan kimia ini tidak begitu dianjurkan.

Cara dan Dampak Pemberian Kulit Pisang bagi Ternak

Dari berbagai macam penelitian yang telah dilakukan dijelaskan bahwa tepung kulit pisang tidak hanya dijadikan sebagai bahan pakan pengganti untuk ternak, tetapi sebagai bahan pakan pelengkap yang dapat melengkapi nutrisi yang belum ada pada pakan utama. Pemberian kulit pisang dapat dicampur dengan pakan utama, tetapi batas pemberiannya hanya 30%-50% dari total ransum yang diberikan.

Dijelaskan pula dampak dari pemberian ransum dengan bahan campuran tepung kulit pisang pada ternak unggas, khususnya ayam broiler, dapat menurunkan konsumsi ransum, bobot badan, berat karkas, namun meningkatkan konversi ransum. Pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang tidak mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah, dapat menurunkan kadar kolesterol daging, meningkatkan kadar kolesterol hati dan feses.

KESIMPULAN

       Kulit pisang merupakan limbah buah pisang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak, baik diberikan langsung pada ternak maupun melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Kandungan nutrisi pada kulit pisang dapat dimanfaatkan pada setiap fase pertumbuhan ternak.   Proses pengolahan kulit pisang dapat dilakukan dengan merubah bentuk kulit pisang menjadi tepung. Hal ini dapat bermanfaat bagi ternak maupun peternakannya.     Pemberian tepung kulit pisang dibatasai hanya 30%-50% dari jumlah ransum yang diberikan, dapat meningkatkan konversi pakan dan menurunkan kadar kolesterol dalam daging ayam broiler.

PUSTAKA


Zahera, Rika. 2011.Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang untuk Pakan Unggas. http://www.livestockreview.com/2011/05/memanfaatkan-limbah-kulit-pisang-untuk-pakan-unggas/. 28 November 2011.
Nurfa.2010.Pisang Sebagai Bahan Pakan Alternatif. http://ridanurfa.blogspot.com/2010/11/pisang-sebagai-bahan-pakan-alternatif.html. 28 November 2011. 28 November 2011
Anonimous. ? . Makalah IPTEK Pengolahan Bahan Pakan. http://blognyaanneke.blogspot.com/2011/04/my-first-entri-makalah-iptek-pengolahan.html. 28 Novembere 2011
Hernawati, dkk. ?. Potensi Tepung Kulit Pisang sebagai Pakan Ayam Broiler untuk Menghasilkan Daging yang Mengandung Kolesterol Rendah. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/197003311997022-HERNAWATI/FILE_19.pdf.   29 November 2011
Go organik. ?. Pisang dan Potensi Limbahnya Untuk Pakan Ternak. http://agriculture-go.blogspot.com/2011/12/pisang-dan-potensi-limbahnya-untuk.html. 29 November 2011
Nurkholis, Moch. 2005. Evaluasi Kandungan Nutrisi Energi Metabolisme Semu (Ame) Dan Energi Metabolisme Sejati (Tme) Berbagai Jenis Tepung Kulit Buah Pisang Pada Ayam Pedaging. http://student-research.umm.ac.id/index.php/dept_of_animal_husbandry/article/view/2535. 1 Desember 2011





74 comments:

Ita said...

Wah....suatu pemanfaatan limbah yang baik nih, bisa memberikan dampak positif antara peternak dan penjual goreng pisang, hehehee

LIVESTOCK said...

Tentu saja Ita. Mau jadi peternak?

Ria Puspita Sari E1C009008 said...

limbah kulit pisang memang merupakan salah satu limbah yang berpotensi sebagai pakan alternatif tetapi untuk dapat dijadikan sebagai pakan unggas menurut saya kurang baik jika dibandingkan diberikan kepada ruminansia. hal ini dikarenakan tingginya serat kasar pada kulit pisang, kemudian rendahnya PK(8,36 %)yang hampir sama dengan dedak 8-10% sehingga kemungkinan besar unggas akan defisien protein. memang PK dapat ditingkatkan dengan penambahan sumber protein yang lain tetapi dari segi biaya produksi akan lebih meningkat sehingga tidak menjadi ekonomis apabila limbah kulit pisang diberikan kepada unggas namun apabila limbah tersebut diberikan kepada sapi,dll mungkin akan lebih baik. hehehe

Rina Simanjuntak95@yahoo.com said...

Rina simanjuntak
Artikel ini cukup menarik karna, limbah dari pisang ternyata dapat juga digunakan untuk pakan ternak unggas sehingga dapat juga membantu kurangnya volusi. Di dalam artilkel ini dinyatakan sebaiknya pemberianya dibatasi hanya dapat digunakan 30-50%. Yang saya tanyakan jika lebih dari 50% apakah memberikan dampak negative pada ayam tersebut?? Dan apakah tepung pisang ini dapat digunakan untuk pakan ruminansia?

Anonymous said...

Ini merupakan suatu pengetahuan baru lagi bagi saya pribadi,mengenai pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai pakan ternak unggas!Sepengetahuan saya, biasanya limbah kulit pisang lebih sering diberikan pada ternak Ruminan, seperti Kambing.Sekarang telah banyak ditemukan berbagai macam pakan alternatif yang ditemukan atau dimanfaatkan dari berbagai macam bentuk limbah,saat ini yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan peternak dalam memilih pakan ternak yang tepat dan sesuai untuk ternaknya yaitu dari segi kandungan nutrisi dan nilai ekonomis dari pakan tersebut! Yang ingin saya tanyakan, apakah limbah kulit pisang ini memiliki nilai yang ekonomis bila dibandingkan dengan pakan alternatif lain seperti bungkil kedelai??

agoeng golden wayz said...

Agung kurnia E1C009029

super sekali artikel diatas merupakan ide super dimana limbah pisang dapat juga digunakan sebagai bahan pakan alternatif,

DIAH KASMIRAH said...

dunia peternakan memang tak pernah berhenti untuk menggalih potensi dari berbagai aspek seperti pakan yang diperoleh dari berbagai macam jenis limbah. seperti contohnya pada artikel ini, teryata kulit pisang bisa di manfaatkan sebagai pakan unggas. Dimana kita ketahui selama ini biasanya kulit pisang haanya diberikan pada ternak ruminan tanpa harus diolah erlebih dahulu, disini banyak pengetahuan dan ilmu yang baru mengenai pengolahan kulit pisag sebagai pakan unggas. Tapi apakah limbah ini cukup ekonomis jika diberikan pada ternak unggas????

Erina Nuraini said...

setuju apabila kulit pisang bisa dijadikan sebagai bahan pakan pengganti untuk ternak, namaun pemberiannya dibatasi hanya 30%-50% dari total ransum yang diberikan. jika diberikan dengan dosis yang lebih tinggi, apa ada dampak yang serius pada ternaknya? dan dijelaskan pula dampak dari pemberian ransum dengan bahan campuran tepung kulit pisang pada unggas, khususnya ayam broiler, dapat menurunkan konsumsi ransum, bobot badan, berat karkas. bagaimana menekan dampak tersebut jika kita menggunakan kulit pisang sebagai campuran ransum?

teguh yogaswara E1C009014 said...

hehe bagus juga saya setuju sebab dibengkulu banyak sekali limbah kulit pisang hal ini dapt kita tinjau dari banyaknya penjual gorengan jadi untuk itu saya sangat setuju daripada mubajir kan,,hehehe

Siti Qotimah (E1C009013) said...

terima kasih teman-teman atas komentarnya terhadap artikel saya.... semoga nanti bisa ditemukan lagi limbah yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak..

karina said...

Pemanfaatan limbah kulit pisang sangat ekonomis untuk diberikan sebagai pakan unggas.mengingat dibengkulu sudah sangt banyak pedagang gorengan yg menyia2kn kulit pisang.hal ini berdmpak positif pda unggas yg diberikan,bgitu jga trhadap kebersihan lingkungan skitar.setujuuu buat pemanfaatan limbah ini,..

Sari murti PTR 09 said...

Sari Murti PTR 09
hmmm...suatu ide yang kreatif,memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai paka ternak unggas.Dampak positif nya juga dapat mengurangi sampah,hehehe.kulit pisang ini bisa juga ga ya jika diberikan ke ternak lainnya pak??

hermy puspita sari ( E1C009004) said...

hermypuspitasari
E1C009004
dengan pemanfatan limbah dari pisang, yang mana kulit nya juga bagus untuk pakan alternatif untuk ternak... namun harus di lihat juga kandungan nutrisinya, yang ternyata setelah saya baca artikel nya bagus untuk pakan ternak unggas dan kurang baik untuk pakan ruminansia karena tingginya serat kasar pada kulit pisang PK(8,36%)

Novita said...

Novita (E1C009018) PTR 09.
Wahhhh... menarik juga ya, kalau peternak-peternak bisa memanfaatkan limbah kulit pisang, jadi bisa mengurangi limbah-limbah yang ada di Indonesia khususnya di Bengkulu, apa lagi bisa dibuat tepung, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama....hehehe.
Nah yang saya mau tanyakan dari artikel ini adalah kira-kira daya simpan tepung kulit pisang ini berapa lama dan bagaimana jika kita memberikan pakan tersebut keternak ruminansia tanpa diolah terlebih dahulu, pak....????

Blog zohdin Aras said...

ZOHDIN E1C009085

memanfaakan limbah kulit pisang menurut saya ini adalah hal yang bagus sekali,di mana sekarang ini adanya kenaikan harga bahan baku pakan seperti jagung,kosentrat dan lain-lain.dengan memanfaatka limbah kulit pisang maka dapat mengurangi biaya pakan dan biaya produksi yang di keluarkan oleh peternak.

Sutriatha (E1C009019) said...

sutriatha (E1C009019)
berdasarkan artikel yang saya baca, saya setuju karena kulit pisang dapat meningkatkan prduksi dilihat dari berat badan dan produk unggas yang sehat dan rendah kolestrol.

leo suseno said...

sebenernya bukan hanya untuk penjual gorengan pisang saja, akan tetapi bisa juga bekerja sama dengan pengusaha yang bergerak dibidang pengelolaan buah pisang sebagai cemilan, seperti keripik....
jadi bisa mengurangi sampah kulit pisang.

Anonymous said...

Eko saputra (e1c009043)

hehe, super sekali pemanfaatan limbah kulit pisang untuk unggas sekali untuk ruminansia juga

oktaviahairunisa(e1c009073) said...

oktavia hairunisa E1C009073
dari artikel yang saya,baca saya baru tau bahwa limbah kulit pisang bisa di jadi kan bahan pakan ternak.

Mastuti E1C009068 said...

MASTUTI E1C009068

Setelah membaca artikel ini ternyata kulit pisang juga bisa di berikan sebagai pakan ternak unggas,setahu saya kulit pisang di berikan untuk ternak ruminan.dengan pemanfaatan kulit pisang sebagai pakan ternak dapat mengurangi polusi udara akibat dari sampah.

dodi afrianto said...

menurut saya artikel diatas lumayan menarik,karena limbah kulit pisang merupakan salah satu limbah yang berpotensi sebagai pakan unggas,karena kulit pisang berkemungkinan besar memiliki protein yang tinggi.

neksen jaya said...

ini yang mantap,suatu motipasi yang bagus dimana kandungan nutrisi kulit pisang sangat berpotensi sebagai karbohidrat,pemberian tepung kulit pisang dapat meningkatkan kualitas unggas...

angga putra sinaga (E1C009002) said...

komen sodari ita jangan sampai tau tukang goreng pisang tar harga limbah kulit pisang di tekan....

tar demo para peternak yang memenfaatkan kulit pisang..

tetapi saya menenyakan ke pak prof urip santoso.
berapa persen gandungan lignin pada kulit pisang tersebut?

andi febianto said...

ini artikel yang sangat bagus untuk diterapkan dan memberi pengetahuan yang lebih untuk kita sebagai calon sarjana peternakan.

nama ;dadang m faris npm : e1c009035 said...

nama :dadang m faris
npm : e1c009035

bagus sekali arikel ini dari kulit pisang aja bisa di jadikan pakan ternak,,
kulit apa lgi ya pak yang bisa di jadikan pakan ternak????

Febi ashari (e1c009046) said...

febi ashari/e1c009046

mantap banget tu, selama ini saya hanya tahu limbah kulit pisang hanya digunakan untuk pakan ruminansia seperti sapi dll. tapi setelah saya membaca artikel ini saya baru tahu bahwa limbah kulit pisang juga dapat digunakan untuk pakan unggas. kalau di pikir2 bisa irit untuk beli pakan dong.hehehe.e

Agus Sutrisno (E1C009030) said...

السلام عليكم
Ups..! keren banget artikelnya...
Pisang selain buahnya yang enak dan tingginya kandungan nutrisi yang disukai oleh konsumen baik melalui pengolahan/ non pengolahan, buah dan kulit pisang mempunyai komoditas tinggi sebagai makanan manusia dan pakan ternak unggas,ruminan, sampai pelepahnya pun bisa sebagai media pakan belut.
Limbah kulit pisang dari pengolahan
gorengan yang ada dikota bengkulu Khususnya (Wil Unib), terlihat tampak banyak. Dari hasil survai Saya, beberapa penjual gorengan mengatakan "Biasanya kulit pisang yang menumpuk nantinya diambil orang sebagai pakan ternak kambing > trimkasih

rinayuni84@yahoo.co.id said...

menurut saya artikel ini bagus karena sebelumnya saya belum tahu tentang penggunaan limbah buah pisang ini. kulit pisang dijadikan sebagai bahan pakan ternak saya rasa masih jarang penggunaannya karena masih belum semua orang yang tahu tentang pemberian pakan ini pada ternak.

Anonymous said...

Maaf nih, minta tolong. Btw, analisis proksimat kulit pisang diatas apakah berlaku untuk semua kulit dari berbagai varietas pisang atau hanya untuk kulit dari satu varietas saja? Atau rata2 semua varietas mungkin.?

muhammad yusuf said...

muhammad yusuf ( e1c010008)
menurut saya artikel ini menarik dan perlu dikaji lebih jauh... kalau menurut tulisan di artikel ini limbah kulit pisang baik untuk diberikan ke ternak unggas,.. tapi bukankah kandungan seratnya tinggi. jadi langsung di kasihkan ternak ruminan saja... tidak perlu repot -repot di ubah jadi tepung.... malah kurang ekonomis...

putri anggraini said...

benar apa yang dikatakan oleh saudara m. yusuf, selama ini saya sudah sering melihat pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai bahan pakan ternak tapi bukan pada unggas melainkan pada ternak ruminansia separti sapi, dan pemberiannyapun tidak mesti diubah menjadi tepung terlebih dahulu tapi langsung diberikan kepada ternak dalam keadaan masih segar.

vera aprilianti / E1C010020 said...

limbah kulit pisang selama ini hanya dibuang begitu saja oleh masayrakat...
ternyata dapat diolah menjadi pakan ternak. seandainya banyak masyarakat yang mengerti, maka limbah kulit pisang akan mnjadi limbah dengan memiliki harga jual

SIKI ANDRI PUTRA said...

Assalamu'alaikum. SIKI ANDRI PUTRA ( E1C010033). Ternyata kulit pisang merupakan salah satu alternatif lain untuk pakan unggas dengan dijadikan tepung terlebih dahulu,tapi saya mempunyai pertanyaan pak, didalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa kulit pisang yang digunakan adalah kulit pisang yang mentah atau yang mateng dan kandungan antara keduanya pun tidak dijelasakan. tolong dijelaskan ya pak...?? dan yang baik itu yang mana,apakah kulit pisang yang mentah apa yang mateng..?? Thank's.

juli masdeka sari (e1c010046) said...

juli masdeka sari (e1c010046)
bagus jga klu bsa dimanfaatkan untuk ternak akan tetapi ternyata limbah kulit pisang ini dapat dimanfaatkan lagi untuk makanan ringan yang dapat dikonsumsi manusai karena waktu itu mahasiswa jurusan TIP memanfaatkan limbah kulit pisang dalam bentuk stick. rasanya cukup enak...karena ada efek penyedap rasa juga tentunya hehe

Redo Putra said...

ternyata limbah kulit pisang tidak hanya di jadikan sebagai pakan ternak ruminansia saja seperti kambing dan ternak rumina lainnya, melainkan limbah kulit pisang jika kita mengetahui cara pengolahannya maka akan dapat juga di manfaatkan sebagai pakan ternak unggas yang memiliki kandungan PK yang rendah,

Anonymous said...

AGUS SUTRISNO (E1C009030)

PEMANFAATAN YANG POSITIF

MANUSIA DAPAT BUAH PISANGNYA SEDANGKAN SITERNAK MENDAPATKAN KULIT PISANGYA.

Namun Di kota bengkulu sayang Sekali ditempat penjual gorengan , sebagaian limbah dari buah pisang (kulit pisang)belum semua termanfaatkan..( hal /.ide baru peternak kambing untuk memanfaatkan)

Eka Saputri said...

eka (E1C011063) PTR 11
saya setuju dengan artikel ini selain pisang dapat diolah menjadi berbagai produk makanan yang enak dan lezat. sekarang kulit pisang nya juga dapat diolah sebagai pakan ternak.sehingga kita dapat memiliki dua profesi sebagai peternak dan penghasil produk pisang...
terimakasih

Indra Mustika said...

ass.Indra Mustika (E1C011020) saya baru mengetahui bahwa limbah kulit pisang dapat dijadikan pakan ternak menurut saya ini penemuan yang bagus sekali karena saya lihat di masyarakat luas kulit pisang hanya di buang begitu saja tidak dimanfaatkan lagi tetapi dengan adanya artikel diatas mudah-mudahan masyarakat mengerti dan dapat memanfaatkan kulit pisang tersebut sehingga bisa menambah nilai ekonomis.terima ksih

maharani said...

MAHARANI (E1C011010)
limbah kulit pisang yang selama ini hanya dibuang begitu saja, ternyata dpt digunakan untuk pakan pisang. ini sangat membantu peternak dari segi ekonomis, selain mudah didapat, kemungkinan juga peternak tidak mengeluarkan dana untuk mendapatkan kulit pisang tersebut dari penjual produk pisang. ini juga dapat menguntungkan peternak, agar meminimalkan pembelian pakan ternak.

Adi Susanto said...

adi susanto (E1C011070)
saya sangat setuju dengan artikel ini karena pemanfaatan kulit pisang ini sangat bagus, selain itu limbah kulit pisang juga sangat mudah untuk mendapatkanya. semoga masyarakat dapat memanfaatkan kulit pisang sebagai pakan ternak.

rahmat mardiansyah said...

saya baru tau kalu limbh kulit pisang mampung mengurangi kolestrol ayam broiler

M Andriansyah said...

M.andriansyah
dalam pisangnya enak, kulit juga bermanfaat bagi pakan ternak, sungguh luar biasa ini pisang, jadi limbah kulit pisang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pakan ternak, adanya artikel ini bisa menjadi senjata untuk membersihkan lingkungan dari kulit pisang, dan dimanfaatkan dengan baik bagi peternak.kulit pisang juga
berpotensi sekali sebagai sumber
karbohidrat yang baik untuk semua fase kehidupan ternak.

anton saputra said...

wah kabar baik nih
karena dalam artikel ini dijelaskan bahwa unggas yang diberikan tepung kulit pisang dalam jumlah 30% - 35% unggas menjadi rendah kolesterol
apalagi konsumen saat ini banyak mencari daging yang rendah kolesterol ini akan menjadi nilai tambah para penjual daging unggas yg rendah kolesterol

Dian Septiyani said...

Dian septiyani
E1C011079
limbah kulit pisang memang dapat digunakan sebagai pengganti pakan ternak, tapi jika untuk unggas biaya produksinya akan menjadi tidak ekonomis. karena harus menmbahkan sumber protein lagi.
tetapi jika untuk ruminansia bisa jadi ekonomis, tetapi pisang di bengkulu ini banyak yang pisang karbitan, maka tidak baik juga untuk ternak.

Dewi Puspitasari said...

Dewi Puspitasari said

Dewi Puspitasari ( E1C011090)
setelah membaca artikel ini menurut saya ini adalah sebuah penemuan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dengan memberdayakan tepung kulit pisang untuk menurunkan kadar kolestrol pada ayam broiler, orang - orang yang takut untuk mengkonsumsi ayam broiler jadi tidak khawatir lagi.

audina irawati (E1C011029) said...

AUDINA IRAWATi (E1C011029)

wah artikel ini sangat menarik sekali, karena limbah kulit piasang teryata bisa juga di manfatkan sebagai pakan ternak yang berpotensi tinggi.

namun jika limbah kulit pisang di abil dari dari penjual gorean misalya, nak biasanya kan pisang2 ini di karbit, nak adakah pengaruhnya jika kulit pisang ini di komsumsi oleh ternak, terus bagai mana cara kita untuk membedakan kulit piasang yang murni/asli denan kulit pisang yang di karbit,,,?

makasih,

bangun dwi cahyono said...

ternyata limbah dari kulis pisang juga bermanfaat bagi ternak,, ini merupakan penemuan yang sangat bermanfaat,, kebanyakan orang membuang kulit pisang tanpa tau ada kegunaan lain sebagai limbah yang tidak digunakan menjadi limbah yang berguna. pertanyaanya apakah limbah kulit sawit dapat diberikan kepada ternak pada semua umur pak...?

rosmalina sidauruk said...

bayak dalam kehidupan sehari-hari kulit simpang tidak ada nilai gunanya lagi bahkan kebanyakan langsung dibuang sehingga menjadi sampah yang bertumpukan dan menimbulkan bau,dengan adanya artikel ini maka kulit bpisang bagi sejumlah kalangan tidak akan dibuang lagi karena dapat dijadikan pakan ternak ...

yoko sosilo said...

Yoko sosilo
E1C011074
Untuk artikel satu ini saya tidak telalu terkejut terhadap inovasi yang di temukan. karena penelitian dan inovasi-inovasi yang di kembangkan terhadap kulit pisang ini sangat banyak. seperti penemuan-penemuan manfaat kulit pisang dalam bidang obat-obatan, bahan makanan, dan bahkan baru-baru ini ada inovasi es krim kulit pisang dari malang. akan tetapi limbah kulit pisang ini bisa menggantikan dedak seperti yang dikatakan oleh mbak ria, lebih ekonomis dan murah meria, karena kulit pisang hanya dijadikan sampah.

audina irawati said...

audina irawati (E1C011029)

wahh,, ternyata limbah kulit pisang sanggat bepotensi besar sebagai bahan pakan yang relatif mudah didapat di mana saja. selain itu berdasarkan uraian dia atas kulit pisang juga memiliki kandunggan gizi yang cukup tinggi. apa lagi pada kandungan karbohidrat yang sanggat besar terutama pada reduksi kulit pisang ambon dalam RAC, dengan energi bruto sebesar 3724,3 Kcal/kg. nah yang saya ingin saya tanyakan adalah bagai mana cara kita untuk membedakan pisang yang murni matang sehingga kulit pisang mengalami perubahan pigmen warna dengan kulit pisang yang matang secara karbitan, terus apa dampak dari kulit pisang yang matang di karbit di berikan sebagi pakan terna,

audina irawati said...

audina irawati (E1C011029)

wahh,, ternyata limbah kulit pisang sanggat bepotensi besar sebagai bahan pakan yang relatif mudah didapat di mana saja. selain itu berdasarkan uraian dia atas kulit pisang juga memiliki kandunggan gizi yang cukup tinggi. apa lagi pada kandungan karbohidrat yang sanggat besar terutama pada reduksi kulit pisang ambon dalam RAC, dengan energi bruto sebesar 3724,3 Kcal/kg. nah yang saya ingin saya tanyakan adalah bagai mana cara kita untuk membedakan pisang yang murni matang sehingga kulit pisang mengalami perubahan pigmen warna dengan kulit pisang yang matang secara karbitan, terus apa dampak dari kulit pisang yang matang di karbit di berikan sebagi pakan terna,

Eko handiko saragih(e1c011082) said...

waw ,ternyata limbah kulit pisang bermanfaat juga ,ini sangat baik jika disosialisasikan kepada peternak ayam broiler ,karena kadar kolestrol dari kulit pisang sangt rendah.Pak apakah bisa jika limbah kulit pisang yang sudah diolah bisa diberikan ke ternak kambing perah untuk meningkatkan produksi susunya?terima kasih

Arif Rusman said...

ide yang bagus pak bila kulit pisang bisa di jadikan sebagai pakan ternak. dengan demikian perlu di bicarakan lagi pak tentang pembukaan lahan penanaman pisang.karana dengan hal tersebut kita bisa membuka suatu usaha kecil seperti membuat selai pisang dan kulitnya dapat di jadikan pakan ternak. denan demikian menambah efisiensi pengeluaran biaya untuk pembelian pakan seperti konsentrat dan lain.
terima kasih

Anonymous said...

Lukman sugianto
E1C011003
saya sangat tertarik dengan artikel ini ternyata kulit pisang dapat juga dimanfaatkan untuk pakan ternak.

AMEZA LESTARI (E1C011066) said...

Artikel ini sangat menarik,,,ternyata limbah kulit pisang juga bermanfaat untuk pakan unggas.menurut saya, tidak ada salahnya kalau peternak juga menanam pohon pisang disekitar wilayah peternakan.

SEPTIA HERLINA,E1C011001 said...

Menurut pendapat saya artikel ini sangat menarik apa lagi tentang limbah yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak yaitu limbah pisang,terkadang kita tak mengetahui komposisi apa saja yang terkandung didalamnya, apa lagi limbah ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi,,Dan mudah juga diperoleh...
jadi artikel ini sangat bermanfaat bagi pembaca khususnya para peternak.

Delina S Girsang(E1C011033) said...

wahh,,,, ini penemuan yang sangat bagus...dimana daun pisang menyimpan nilai-nilai gizi yang tinngi dan sangat baik untuk pakan ternak.selain itu daun pisang mudah di dapat di indonesia.

okky tarmanda said...

kulit pisang ternyata bermanfaat juga untuk pakan,aneh tapi nyata pak.yang saya tahu selama ini kulit pisang hanya dibuang2 saja dijalanan atau disembarang tempat tapi ternyata berguna untuk pakan unggas.

okky tarmanda said...

kulit pisang ternyata bermanfaat juga untuk pakan,aneh tapi nyata pak.yang saya tahu selama ini kulit pisang hanya dibuang2 saja dijalanan atau disembarang tempat tapi ternyata berguna untuk pakan unggas.

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Pemanfaatan limbah yang sederhana namun besar manfaatnya, khususnya digunakan sebagai pakan ternak. Karena, dilihat dari komposisinya, kulit pisang memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu beta-karoten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering. Beta-karoten berperan sebagai antioksidan

lestari juliani (E1C011012) said...

artikel ini menarik sekali, ternyata di kulit pisang banyak zat yang terkandung yang berguna dan bagus di jadikan pakan ternak,, saya kira kulit pisang hanya bisa dibuang dan jadi sampahhhh..

darmawan (EC011027) said...

setelah saya membaca artikel ini sangat menarik pak ternyata kulit pisang banyak manfaat nya bagi ternak , terimakasih atas artikel nya pak dengan membaca artikel ini pengetahuan saya semakin bertambah.

Teguh Rafian said...

Teguh Rafian (E1C011046)
artikel ini sangat bagus, pisang yang biasa dikonsumsi manusia kini kulitnya bisa dijadikan pakan, semoga di kedepan hari, air rendaman beras juga bisa dijadikan pakan sehingga harga pakan menjadi murah dan mudah didapat.

liza tri astini said...

pemanfaatan limbah kulit pisang adalah sangatus selain mengurangi limbah industri juga dimanfaatkan untuk pakan unggas

Siswanto endang said...

siswanto E1C011061
menurut saya artikel diatas cukup menarik,karena limbah kulit pisang merupakan salah satu limbah yang berpotensi sebagai pakan unggas,karena kulit pisang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi

Anonymous said...

achmad setia purba
E1C010004
saya angat setuju dengan artikel ini . ini sangt baik untuk dikembangkan dan dapat dibuat rencana penyuluhan supaya masyarkat yang betrnak lbih terbantu dlam hal pnanggulangan bahan pakan yang mahal.

Anonymous said...

Silisti (E1C010019)
menurut saya,, dengan adanya pemanfaatan limbah kulit pisang ini dapat mengurangi biaya pakan pada ternak, karena limbah kulit pisang ini mudah didapat walaupun protein didalam limbah pisang ini sedikit.

WELCOME TO HENDRA'S HOME said...

artikel nya sangat menarik, tapi saya msih bingung, apakah semua jenis pisang yg bisa d manfaatkan kulit ny sebagai pakan ternak,khusus pada ternak unggas.

Anonymous said...

artikel yg bagus,, pemanfaatan limbh kult pisang untk pakan unggas,,
apa semua ternak unggas bisa dksh limbh kulit pisang pak ??
klw mwmng bisa ne sangat menguntngkan,,

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
artikel yg bagus,, stlh saya membaca artikel ini saya jadi tau bahwa kult pisng bukan hanya dksh untk pakan ternak rumninansia saja melainkan bisa dksh utuk pkan unggas,,trmksh atas artikelnya

DADANG HIRAWAN ( E1C010012) said...

pemanfaatan kulit pisang sebagai pakan ternak unggas merupakan hal yang baru buat saya, biasanya kulit pisang digunakan sebagai pakan ternak ruminansia. menurut saya, kulit pisang ini akan lebih efektif jika diberikan sebagai pakan ternak ruminansia karena dapat diberikan secara langsung tanbpa proses pengolahan.

Anonymous said...

pemanfaatan limbah kulit pisang untuk pakan unggas,artikel ini sangat menarik pak ,dan saya baru tahu kalau kulit pisang bisa dijadikan sebagai sumber karbonhidrat bagi ternak.pemberian berapa persen tepung kulit pisang pada ayam broiler sehinnga menghasilkan kolesterol darah rendah.

Anonymous said...

DENK PUSNAWATI
ARTIKEL INI SANGAT MENARIK.DAN SAYA BARU TAHU KALAU LIMBAH KULIT PISANG BANYAK MENGANDUNG KARBOHIDRAT BAGI TERNAK.
YANG SAYA TANYAKAN BERAPA PERSEN PEMBERIAN YANG EFISIEN BAGI TERNAK UNGGAS SEHINGGA MENGHASILKAN KOLESTEROL DARAH RENDAH.

sikiandri putra said...

Aslmkm. menurut saya pemanfaatan limbah kulit pisang untuk pakan unggas itu bagus, akan tetapi apakah kulit pisang ini tidak sebaiknya di manfa'atkan untuk ternak ruminansia saja. seperti kita ketahui bahwa kulit pisang ini tinggi akan serat kasarnya sedangkan unggas itu sendiri kebutuhan serat kasarnya cukup rendah jika dibandingkan dengan ternak ruminansia,jadi yang menjadi pertanyaan saya disini, apakah ekonomis itu dilakukan.....???

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...