Wednesday, October 3, 2012



PENGGUNAAN EKSTRAK  DAUN PEPAYA (Carica papaya L.)  DALAM RANSUM PADA AYAM BROILER 

Oleh : Suttriatha
Jurusan peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas bengkulu

Abstrak
Tanaman pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang mudah tumbuh di dataran. Rendah maupun dataran tinggi, banyak dijumpai di Indonesia sebagai tanaman yang kaya manfaat. Kandungan kimia daun papaya adalah  enzim papain, alkaloid carpain, pseudocarparina, glikosid, saponin, sukrosa, dektrosa. Sebagai tanaman obat, daun pepaya ini dipercaya mempunyai kasiat meningkatkan nafsu makan. Daun papaya mengandung 79 kkal, protein 8%, lemak 2%, karbohidrat 11,9%, kalsium 353mg, fosfor 63 mg, besi 0,8 mg, vitamin A 18.250 SI, vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg dan air 75,4%.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun pepaya  tidak memperbaiki  pertambahan berat badan, konsumsi ransum dan  konversi ransum.
Kata kunci :  Daun papaya, bobot badan, ayam broiler.
















































62 comments:

Anonymous said...

Asslm,,ya artikelnya menarik sekali pak,tpi sejauh ini daun pepaya lum da yg membudidayakan secara khusus pak,, jadi mungkin itu menjadi pikiran kita untuk meningkatkan minat masyarakat khususnya petani untuk penyedian daun pepaya,,

Anonymous said...

Yusuf Kurniawan/E1C010010
Asmlaikum, artikel ini cukup menarik, tetapi jika melihat kandungan nutrisi terutama protein daun papaya yang berkisar 8% mungkin memang belum dapat memperbaiki berat badan karena jumlah bahan yang disubtitusikan terbatas. Lain halnya dengan dedak yang proteinnya sedikit di atas daun papaya namun dedak padi dapat disubtitusikan dalam ransum hingga 35%. Selain itu tentunya daun papaya pengolahan terlebih dahulu sebelum dapat di subtitusikan ke dalam ransum.

Anonymous said...

Yusuf Kurniawan/E1C010010
Asmlaikum, artikel ini cukup menarik, tetapi jika melihat kandungan nutrisi terutama protein daun papaya yang berkisar 8% mungkin memang belum dapat memperbaiki berat badan karena jumlah bahan yang disubtitusikan terbatas. Lain halnya dengan dedak yang proteinnya sedikit di atas daun papaya namun dedak padi dapat disubtitusikan dalam ransum hingga 35%. Selain itu tentunya daun papaya pengolahan terlebih dahulu sebelum dapat di subtitusikan ke dalam ransum.

wajuli haryadi said...

wajuli haryadi(E1C010014)
artikel ini sangat menarik sekali...
karena masih sangat jarang sekali penggunaan ekstrak daun pepaya sebagai campuran air minum ternak..
sedangkan daun pepaya tersebut sangat mudah untuk mendapatkanya..dan juga tanaman ini banyak sekali di jumpai,khususnya di kota bengkulu ..

putri anggraini said...

di artikel dituliskan, "Sebagai tanaman obat, daun pepaya ini dipercaya mempunyai kasiat meningkatkan nafsu makan".
saya ingin menanyakan, zat apa yang terkandung didalam daun pepaya yang bisa meningkatkan nafsu makan pada ternak broiler.
terim kasih

juli masdeka sari (e1c010046) said...

juli masdeka sari (e1c010046)
artikelnya menarik...namun sayang sekali kandungan gizi pada daun tersebut belum dapat menunjukan hasil pada broiler...

Sis Tanto said...

selain katuk ternyata pepaya juga sangat bermanfaat pak, berdasarkan beberapa jurnal yang saya baca daun pepaya dalam ransum dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan telur,kemudian juga dapat meningkatkan indeks warna kuning telur. sedangkan untuk manusia daun pepaya dapat mengobati penyakit malaria, obat mulas, sariawan, beri-beri, asma, jerawat, obat cacing kremi, memperbaiki pencernaan serta menambah nafsu makan.

vera aprilianti / E1C010020 said...

pak arikel ini menarik
tetapi adakah sumber yangmenyatakan nilai nutrisi yangterkandung di dalamnya dan bagaimana pengaruhnya jika diberikan kepada broiler ?

Anonymous said...

Agus Sutrisno (e1c009030)

Manfaat Ekstrak pepaya untuk ayam broiler memang bagus , Yang saya belum Faham pak apakah penggunaan ekstrak daun pepaya karena ada enzim papain yang terkandung didalamnya tidak berpengaruh/ meluruhkan sel telur pada ayam petelur, dan brp % penggunaanya ..?

Essy Agnesta Asdami said...

Ass..
Essy Agnesta Asdami (E1C011017) setelah saya membaca artikel ini sebenarnya saya baru mengetahui bahwa didalam daun pepaya terdapat protein walaupun protein tersebut persentasenya sedikit. namun sepertinya untuk menjadikan ekstrak daun pepaya menjadi ransum perlu menambahkan bahan yang terdapat protein tinggi karena sudah dijelaskan bahwa apabila hanya ekstrak pepaya saja maka tidak berpengaruh pada pertambahan berat badan broiler jadi apabila peternak ingin menggunakan ekstrak daun pepaya untuk bahan pakan maka peternak harus menyiapkan tambahan bahan pakan yang lain.
terima kasih

pinda rahayu said...

Artikel ini menarik untuk dibaca.jika benar daun pepaya tidak mempengaruhi bobot badan ternak.jadi apa saja keuntungan daun pepaya itu di berikan pada ternak pak...

eka saputri said...

Eka Saputri (E1C011063)
artikel ini menarik,dan dapat menambah ilmu kita dengan memanfaatkan alam sekitar kita dapat menjadikan limbah daun pepaya menjadi ransum untuk ayam boiler, hanya saja jumlah nutrisi didalam nya yang sedikit sekali yang menyebabkan tidak nampaknya pertambahan bobot tubuh boiler. sehingga kita juga memerlukan nutrisi tambahan untuk dapat meningkatkan bobot tubuh boiler

Fabianus Riccot Jarwindo M (E1C011068) said...

artikel ini menurut saya lebih menarik,karena sangat penting dan bermanfaat daun pepaya bagi ternak ,apakah nutrisi dan bobot badan ternak tidak turun...

Dian Septiyani said...

dian septiyani
e1c011079

ass.
artikel ini menarik sekali, ternyata daun pepaya juga dapat dimanfaatkan tuk pakan ternak.
selama ini, daun pepaya hanya digunakan untuk mengobati penyakit ngorok pada ayam bangkok,,,,
itupun hanya digunakan oleh masyarakat awam.

Anonymous said...

Lukman sugianto
E1C011003
ass. saya setuju dengan ekstra daun pepaya sebagai konsumsi rasum, daun pepaya memang mudah dijumpai tapi ingin saya tanyakan kepada bapak, bagimana cara pengolahanya agar nutrisinya bisa disubstitusikan dalam ransum.
terima kasih

sutris said...

wah bener- bener artikel yang bagus menambah penegetahuan baru tentang dunia peternakan terutama pada pakan ternak,banyak artikel yang lain limbah pertanian yang digunakan sebagai pakan ruminansia tapi artikel diatas membahas tentang daun pepaya yang digunakan sebagai pakan ternak unggas khusunya ayam boiler.benar-benar menambah pengetahuan baru.

M Andriansyah said...

M.andriansyah
bertambah ilmu , lagi lagi sumber daya alam yang bnyak disekitar kita dapat di jadikan salah satu ransum pakan ayam, berdasarkan pengetahuan yang saya tahu tentang daun papaya di masyarakat hanya di jadikan sebagai alat pengobatan bagi ayam kampung. dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan mahasiswa dan masyarakat

dori nuringgani pratama E1C011093 said...

setelah saya membaca artikel ini sangat menarik bahwa daun pepaya sangat penting dalam ternak unggas maupun dunia ternak unggas ,,agar dapat di manfaatin dengan baik lagi

Darmawan 2011 said...

Deni febriadi
E1C011011
Asalamualaikum,,artikel yang telah saya baca sangat baik dan menarik..daun pepaya banyak mengandung nutrisi,dan berkasiat untuk meningkatkan napsumakan pada ayam boiler,pepaya tanaman yang bermanpa'at untuk ayam boiler,,pepaya tidak sulit di tanam baik di manapun baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah..pe paya sangat banyak di jumpai di berbagai tempat kehususnya di bengkulu,

deni febriadi said...

Deni febriadi
E1C011011
Artikel yang telah saya baca dan pahami manpaat pepaya untuk ayam boiler,pepaya sangat sangat byak mengandung zat gizi yang baik untuk ternak ayam boiler,pepaya bayak dapat tumbuh dimana saja di dataran tinggi maupun di dataran rendah contoh saja yang sering saya lihat di bengkulu ini sangat lah bayak pohon pepeya,jadi tidak sulit untuk mencari dau pepaya untuk di gunakan pada ayam boiler,,pepaya dapat meningkatkan napsu makan pada ayam boiler,,

oky tarmanda said...

oky tarmanda
setelah membaca artikel ini menarik untuk dibaca.tetapi nutrisi yang terdapat di daun pepaya yang berkisar 8% belom dapat memberikan dampak yang nyata dengan bobot tubuh ternak tersebut sehingga perlu di tambah dengan pakan dan ransum tertentu

agung septiyan putra said...

Agung Septiyan Putra (E1C011024)
saya telah membaca artikel ini dan artikel ini cukup menarik. walaupun daun pepaya belum bisa menambah berat badan ternak dalam formulasi ransum namun daun pepaya ini dapat menjadi obat bagi ternak yang sakit dan juga dapat meningkatkan nafsu makan ternak yang mungkin juga dapat membantu pertumbuhan berat badan ternak secara lebih cepat dari pada biasanya. Terima Kasih banyak.

okky Tarmanda said...

okky Tarmanda E1C011097
artikel ini dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan mahasiswa. bahwa daun pepaya dapat diransum untuk ayam boiler. setahu saya daun pepaya digunakan untuk pengobatan tradisional. sungguh menarik

Anonymous said...

Binti Nurkhasanah E1C011051
Menarik dan perlu penelitian yang lebih lanjut untuk mengembangkan pakan ternak untuk kemudian hari.Tapi apakah mudah dalam pembuatan ekstrak daun pepaya tersebut pak????karena kalau didesa saya daun pepaya melimpah dan belum dimanfaatkan jadi kalau pengolahannya mudah dan sederhana,bisa dikembangkan potensi tersebut.

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
Menurut saya artikel yang di atas sangat lah menarik dan bagus karena pada daun pepaya sangat lah sedikit kandungan nutrisi terutama protein pada daun pepaya dari itulah pertambahan bobot badan pada ayam broiler sangat kurang tetapi daun pepaya kita dapat membudidayakan daun pepaya sebagai meningkatkan nafsu makan ternak pada ayam broiler. terima kasih pak.

delina s girsang E1C011033 said...

artikel ini adalah pengetahuan baru untuk saya.saya baru mengetahui bahwa daun pepaya mempunyai karbohidrat dan vitamin yang sangat tinggi.sehingga dapat meningkatkan bobot badan ternak ayam boiler.
terima kasih

bella azhari tarigan E1C011057 said...

wah saya baru tau dau pepaya bisa jdi pakan ayam boiler teryata yang masih dekat sama kita dan sering kita lihat dan kita makan bisa menjadi pakan ayam boiler dan artikel bpak sangat bgus di kembang kan di masyarakat dan di kembang ka

rudi hartono said...

rudi hartono E1C011078
"DAUN PEPAYA"....tanaman ini semua bagianya dapat di manfaatkan dari akar sampai daun.
sehingga cukup baik untuk campuran ransum ternak

bangun dwi cahyono said...

nama : bangun dwi cahyono
npm : E1C011009
artikel ini sangat menarik untuk dibaca dan diterapkan,,, karena informasi ini sangat bagus bagi peternak. selain tanaman buah pepaya dapat ditanam sendiri dan juga mudah didapat ternyata kandunganaya sangat baik bagi ternak,,, ini merupakan informasi yang sangat bagus pak,,,,

anton saputra said...

ini dia daun pepaya yang dikatakan bisa menambah nafsu makan tetapi dalam artikel ini dijelas dalam penelitian tidak menambah berat badan ya
sebenarny mengapa ya pak. .? padahal dapat menambah nafsu makan

desi ratna said...

benar sekali apa yang dikatakan oleh saudara anton daun pepaya dapat dijadikan pakan ternak sebagai penambah nafsu makan ternak tetapi tidak disertai dengan pertambahan berat badan sebaik pakan yang digunakan dicampur dengan pakan lain sehingga dapat menambah berat badan ternak....

Widio Eko Wardoyo said...

assalam,,
Widio Eko Wardoyo : E1C011006

pemberian ekstak katuk pada ransum , wah sngat menarik untuk bahan penelitian nanti nya untuk keberhasilan penelitian .tetapi saya ingin bertanya berapa persen jumlah ekstrak katuk untuk ransum pak ? terima kasih

Radiyostri Eugenia said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Sebarapa besar manfaat dari penggunaan ekstrak daun pepaya dalam ransum pada ayam broiler ? dan apakah ada segi negatifnya dari ransum ini ?

Eko handiko(e1c011082) said...

artikel ini sangat bagus,,,selain mengandung vitamin c ,juga bisa untuk memperlancar BaB(buang air besar).yang mau saya tanyakan kenapa ea daun pepaya bisa mengobati diare pada ternak ,apakah ada antibiotik yang terkandung dalam daun pepaya itu?soalnya pak saya pernah memberikan daun pepaya ke ternak saya yang diare ternyata bisa sembuh....
thankss

santra jovi s(E1C011014) said...

artikel i9ni sangat menarik dan inovatif
dimana daun pepaya bisa dibuat sebagaicampuran iar minum ternak.dan daun pepaya juga sanngat mudah untuk didapatkan

muhammad nur syahid said...

dari artikel di atas,,,
yang saya mau tanya apakah tidak ber pengaruh buruk terhadap ternak ruminansia pak,,?
teimakasih pak

Anonymous said...

Nazarudin(E1C011039)A
Ternyaa ekstra daun pepaya sangat bermanfaat bagi peternak broiler khususnya, tapi di daerah kita ini sangat jarang yang menggunakan daun pepaya sebagai ransum makanan pada ternak broiler.
trims

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O
E1C01196
Sangat menarik dan menambah pengetahuan apalagi didaerah saya tidak sedikit daun pepaya yang d manfaatkan.Hanya saja dalam prosesnya apakah mudah dan jika daun pepaya dapat meningkatkan nafsu makan kenapa berat badan ternak tidak bertambah?.

Erik angga saputra said...

sangat menarik,

tetapi jika melihat kandungan nutrisi terutama protein daun papaya yang berkisar 8% mungkin memang belum dapat memperbaiki berat badan karena jumlah bahan yang disubtitusikan terbatas. Lain halnya dengan dedak yang proteinnya sedikit di atas daun papaya namun dedak padi dapat disubtitusikan dalam ransum hingga 35%.

Siswanto endang said...

siswanto e1c011061

ekstrak daun pepaya memang bagus digunakan sbagai pakan ternak, yang berguna untuk menambah nafsu makan, tpi kendalanya ialah daun pepaya cukup sulit untuk di dpatkan, dan pembudidayaan pepaya masih sedikit hanya terdapat di beberapa daerah saja.

vebby valentine said...

vebby valentine E1C011095
ass
saya sangat menarik dengan artikel diatas karena daun pepaya bisa mengandung nutrisi terutama protein ,dan daun pepaya untuk menjadikan ransum menambahkan protein yang tinggi.

AMEZA LESTARI(E1C011066) said...

Setelah membaca artikel ini saya baru mengetahui manfaat dari ekstrak daun pepaya....ini motivasi yang bagus bagi kita orang peternakan,jika kita beternak maka sekitar kandang bisa dimanfaatkan untuk menanam pepaya,selain buahnya yang bisa dimakan, daunnya pun juga bermanfaat.

Refti Lastari(E1C011028) said...

artikel ini sangat menarik sekali,tidak ada salah nya kalau peternak sendiri menanam pohon pepeya d sekitar lokasi peternakan. karna pohon pepaya ini dari akar sampai daun nya bisa semua di gunakan sebagai ransum ternak, daun pepaya ni bisa meningkatkan nafsu makan walaupun didalam daun pepaya terdapat sedikit protein,,tapi protein apa yang bisa meningkatkan nafsu makan pada ayam broiler,,?

Arif Rusman said...

E1C011055, wah artikel yang bagus pak. selai itu daun pepaya menurut nenek sayaselain menambah nafsumakan jga bisa digunakan sebagai obat magh dan cuci darah dengan cara menumbuk daun, ditambah kencur, dan sedikit garam dan di beri air hangat secukupny. setelah itu di ambil airnya. terima kasih

jessi desmiarti E1C011023 said...

saya baru mengetahui tentang daun pepaya ini pak

berarti kalw daun pepaya bisa dijadoikan pakan ternak maka daun pepaya ini tidak lagi menjadi limbah sampah pak
asalakan kita bisa mengelola daun pepaya ini akan sangat bermanfaat untuk pakan ternak

jessi desmiarti E1C011023 said...

saya baru mengetahui tentang daun pepaya ini pak

berarti kalw daun pepaya bisa dijadoikan pakan ternak maka daun pepaya ini tidak lagi menjadi limbah sampah pak
asalakan kita bisa mengelola daun pepaya ini akan sangat bermanfaat untuk pakan ternak

jessi desmiarti E1C011023 said...

saya baru mengetahui tentang daun pepaya ini pak

berarti kalw daun pepaya bisa dijadoikan pakan ternak maka daun pepaya ini tidak lagi menjadi limbah sampah pak
asalakan kita bisa mengelola daun pepaya ini akan sangat bermanfaat untuk pakan ternak

Noviandi Erlangga (E1C011019) said...

Artikel yang menarik,,menurut saya daun pepaya cukup efesien untk pakan ternak,,daun pepya memang memiliki banyak manfaat, untuk pakan ternak yang digunkan untuk menmbah nafsu makan ternak,,dn msih bnyk manfaat lainya..
nah,,, untk buah,batang nya sendri,..bisa juga gax pak digunakan untuk pakan ternak?

okky tarmanda said...

pak saya ingin bertanya pa benar daun pepaya berguna untuk mengobati\mencegah penyakit malaria ???
makasih pak .

Omamet almas(E1c011058) said...

peman faatan daun pepaya sebagai pakan ternak blm banyak di gunakan oleh para perternak karna masi blm banyak di ketahui oleh para pertarnak

Nurul Janah (E1C011059) said...

Pemanfaatan daun pepaya sebagai nafsu makan bagi ternak itu sebaiknya daun yang seperti apa,yang sudah tua atau yang masih muda?? dan pemberianya pada ternak dalam bentuk seperti apa??

Nurul Janah (E1C011059) said...

Pemanfaatan daun pepaya sebagai nafsu makan bagi ternak itu sebaiknya daun yang seperti apa,yang sudah tua atau yang masih muda?? dan pemberianya pada ternak dalam bentuk seperti apa??

lestari juliani ( e1c011012) said...

weh....wehhh,,,,, bertambah lagi pengetahuan saya,, ternyata daun pepaya tidak hanya untuk obat tapi juga bisa untuk ternak unggas ayam broiler... sip dah artikel ini menarik buanget.

lestari juliani ( e1c011012) said...

weh....wehhh,,,,, bertambah lagi pengetahuan saya,, ternyata daun pepaya tidak hanya untuk obat tapi juga bisa untuk ternak unggas ayam broiler... sip dah artikel ini menarik buanget.

darmawan (EC011027) said...

Ternyata daun pepaya sangat bermanfaat bagi peternak broiler khususnya, tapi di daerah kita belum pernah saya melihat peternak yang menggunakan daun pepaya sebagai bahan pakan pada ternak broiler, dengan membaca artikel ini jika nanti saya beternak ayam broiler saya ingin mencoba , terimakasih.

wiki utomo (E1C011026) said...

bagus sekali artikelnya.. yang dulu saya hanya tau daun pepay itu di hanya di konsumsi manusia... ternyata juga bisa untuk ternak ya

Refti Lastari(E1C011028) said...

artikelnya sangat bagus,saya baru tahu kalau daun pepaya sangat bersangat bagi ternak ayam broiler,selama ini daun pepaya di bung-buang saja oleh masyarakat.tanpa mengetahui kalu daun pepaya banyak manfaatnya dari akar sampai ujung daun.

Anonymous said...

Irone Wahyulu (E1C010009)
apakah semua bagian daun pepaya baik muda dan tua memiliki kandungan yang sama, jika berbeda pada kondisi daun yang seperti apa yang baik digunakan.

Ramadhan Thoriq said...

daun pepaya sepertinya kalah populer dengan daun katuk, apa bisa dijelaskan secara ilmiah pak? terima kasih

riska kurnia(E1C010024) said...

riska kurnia(E1C010024)

pada manusia,daun pepaya selain untuk sayur tetapi juga berfungsi sebagai obat,,pemberian daun pepaya pada unggas mungkin belum memberikn peningkatan,,untuk itu perlu adanya penambahan pakan lain yang memiliki protein lebih tinggi dibandingkan daun pepaya,,,

Anonymous said...

denik pusnawati E1c010026
artikel ini sangat menarik,karena masyarakat belum mengetahui bahwa daun pepaya bisa di jdikan pakan ternak terutama pada unggas...

Anonymous said...

Wisnu Abd Sulaiman (E1C014111)

daun pepaya juga banyak khasiatnya apalagi jika direbus lalu airnya dikonsumsi sebagai obat tradisional yang sering dimanfaatkan didesa-desa dan terkhusus pada keluarga tercinta PSHT ku, dapat juga mengurangi pegal-pegal saat olahraga yang berlebihan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...