Sunday, August 7, 2011

Daging Sapi


Setiap bagian daging dari sapi mempunyai komposisi gizi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu ada baiknya kita mengenalnya.
Daging sapi paha depan atau dikenal juga sebagai chuck adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian atas paha depan. Ciri daging ini adalah berbentuk potongan segiempat dengan ketebalan sekitar 2-3 cm, dengan bagian dari tulang pundak masih menempel ke bagian paha sampai ke bagian terluar dari punuk. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat bakso.
Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga berjumlah sekitar 6 sampai dengan 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Biasanya bagian ini digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Makassar, sup konro.
Has Dalam atau tenderloin adalah daging sapi dari bagian tengah badan. Sesuai dengan karakteristik daging has, daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang, dan kurang lebih di antara bahu dan tulang panggul. Daerah ini adalah bagian yang paling lunak, karena otot-otot di bagian ini jarang dipakai untuk beraktivitas. Biasanya bagian daging ini digunakan untuk membuat steak.
Has Luar atau lebih dikenal dengan nama sirloin adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Daging ini adalah daging yang paling murah dari semua jenis has, karena otot sapi pada bagian ini masih lumayan keras dibanding bagian has yang lain karena otot-otot di sekitar daging ini paling banyak digunakan untuk bekerja. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat steak.
Penutup Daging Sapi atau lebih dikenal dengan nama Topside atau Round adalah bagian daging sapi yang terletak di bagian paha belakang sapi dan sudah mendekati area pantat sapi. Potongan daging sapi di bagian ini sangat tipis dan kurang lebih sangat liat. Selain itu bagian ini sangat kurang lemak sehingga jika dibakar atau dipanggang akan sangat lama melunakkannya. Biasanya daging ini digunakan untuk campuran daging pizza.
T-bone adalah bagian daging sapi yang biasa dibuat sebagai steak. Potongan daging ini terbentuk dari tulang yang berbentuk seperti huruf T dengan daging disekitarnya. Bagian daging yang paling besar biasanya berasal dari bagian has luar, sedangkan bagian kecilnya berasal dari has dalam.
Lamosir atau lamusir atau dikenal juga dengan nama cube roll adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian belakang sapi di sekitar has dalam, has luar dan tanjung. Biasanya daging ini digunakan untuk makanan khas Batam, Sup Lamosir.

Tanjung atau lebih dikenal dengan nama rump adalah salah satu bagian daging sapi yang berasal dari bagian punggung belakang. Biasanya daging ini disajikan dengan dipanggang.
Punuk atau lebih dikenal dengan nama blade adalah daging sapi bagian atas yang menyambung dari bagian daging paha depan terus sampai ke bagian punuk sapi. Pada bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah, yang cocok jika digunakan dengan cara memasak dengan teknik mengukus. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat makanan khas Nusa Tenggara Timur yaitu Se’i (sejenis daging asap).
Cingur adalah tulang rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi. Biasanya ditemui dalam rujak cingur.
Lidah Sapi adalah bagian daging sapi yang berasal dari lidah sapi. Biasanya daging ini digunakan sebagai bahan dasar makanan untuk Sate Padang dan semur lidah. Lidah sapi juga diasap.
Buntut Sapi atau lebih dikenal dengan nama Oxtail adalah bagian dari tubuh sapi bagian ekor. Biasanya bagian ini disajikan sebagai hidangan sup buntut.
Leher sapi atau biasa disebut chuck steak adalah bagian dagian daging sapi pada daerah leher atau bahu. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat steak atau rending.
Kepala sapi adalah bagian daging sapi sebelah kepala. Kepala sapi ini tidak banyak dagingnya namun mengandung beberapa bagian yang dianggap delicacy oleh sebagian orang. Otak sapi biasa dimasak sebagai gulai dalam Masakan Padang. Sementara itu hidung dan bibirnya dipakai sebagai pelengkap rujak cingur, makanan Surabaya. Kemudian lidahnya sering diasap.
Sandung lamur atau brisket adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak. Pada kenyataannya hampir semua hewan yang memiliki bagian dada bawah akan mempunyai bagian daging ini, akan tetapi terminologi yang digunakan untuk bagian daging ini lebih umum digunakan untuk menyebut bagian daging sapi atau bagian daging anak sapi. Bagian daging ini termasuk delapan bagian daging sapi yang utama. Biasanya bagian daging sapi ini agak berlemak dan digunakan untuk masakan khas Padang seperti Asam Padeh.
Sancan atau lebih dikenal dengan nama Flank atau Plate adalah bagian daging sapi yang berasal dari otot perut. Bentuknya panjang dan datar. Pada dasarnya bagian daging sapi ini lebih keras dibandingkan dengan daging has dan daging iga. Biasanya daging ini digunakan untuk campuran taco, makanan khas Meksiko, dan bisa juga digunakan untuk membuat steak.
Sengkel dari bahasa Belanda schenkel. Biasa dikenal juga dengan sebutan shank, berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Biasanya digunakan sebagai bahan dasar sup, soto, dan bakso urat.
Gandik atau lebih dikenal dengan nama silver side adalah bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Banyak yang sering tertukar dengan menyamakannya dengan Daging Paha Depan atau Shank. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat dendeng balado atau abon sapi.
Kelapa atau lebih dikenal dengan nama inside adalah bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik. Biasanya hidangan yang menggunakan daging ini adalah panggangan dan casserole.
Hati Sapi adalah bagian tubuh sapi yang berasal dari hati. Biasanya hidangan yang dapat dibuat oleh bagian tubuh ini adalah sambal goreng.
Jeroan Sapi adalah bagian dalam tubuh sapi yang terdiri dari usus, limpa dan babat. Biasanya hidangan yang dapat disajikan dengan bahan bagian tubuh ini adalah Coto Makassar.
Kaki sapi/kikil adalah bagian daging sapi pada bagian kaki yang biasa digunakan sebagai bahan dasar makanan. Biasanya daging ini digunakna untuk membuat sup kikil dan mi kocok bandung.
Kulit sapi ialah bagian paling luar daging sapi. Kulit sapi biasanya dikeringkan dan digoreng menjadi rambak.
Tetelan adalah bagian daging sapi yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya. Tetelan telah dikelupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasa daging ini digunakan untuk sup atau rawon.
Sumber: Wikipedia

34 comments:

Diahkasmirah.blogspot.com said...

Ass...pak ini Diah Kasmirah (E1C009003)Mahasiswa peternakan UNIB.
setelah membaca blok bapak mengenai "daging sapi" saya benar-benar mendapatkan pengetahuan baru, tentang bagian tubuh dan daging pada ternak sapi. Jujur selama mengikuti perkuliahan baru sedikit pengetahuan yang saya ketahui tentang istilah dari bagian daging sapi!! Blok bapak sangat menarik untuk dibaca, membuat saya penasaran ingin mendalami semua pengetahuan tentang dunia peternakan...
itu saja pak yang ingin saya sampaikan terima kasih.....

DIAH KASMIRAH said...

ass...pak ini Diah Kasmirah (E1C009003)Mahasiswa Peternakan UNIB.
setelah membaca blok bapak,mengenai "daging sapi" saya benar-benar mendapatkan pengetahuan baru tentang bagian daging sapi. jujur selama diperkuliahan pengetahuan saya tentang istilah bagian dari daging sapi baru sedikit. Blok bapak sangat menarik untuk dibaca, membuat saya penasaran ingin mendalami dan mempelajari lebih banyak lagi pengetahuan baru didunia peternakan...
itu saja yang ingin saya komentari mengenai blok bapak! Terima Kasih

LIVESTOCK said...

Masih banyak pengetahuan tentang peternakan di blog ini Diah. Banyak ebook peternakan yang saya sajikan, aturan peternakan, jurnal, majalah dll. Semangat!

Hendri Afrizal E1C008012 said...

menurut saya jurnal yang bpk buat sangat baik dan bermanfaat bagi saya yang masih kurang pengetahuan dan pengalaman tentang urusan daging.
pak saya mau bertanya ciri-ciri daging yang baik itu bagaimana...?
dan daging yang tidak layak konsumsi itu bagaimana warnanya..?
terimakasih.

Dian rahayu (E1C008010) said...

menurut saya bahkan pemanfaatan daging sapi juga banyak sekali meskipun tahun-tahun sebelumnya banyak masyarakat yang takut akan makan daging sapi tetapi dengan adanya blok ini maka cukup bermanfaat sekali untuk dibaca n di pahami serta dapat mengetahui bagian-basgiuan dari daging sapi itu sendiri

Blog Aa' said...

Waduh....
ternyata rujak cingur itu benar berasal dari mulut, hidung dan bibir sapi. Kata orang-orang enak, tapi sayang saya belum mencicipinya, hehehe....

duseko said...

setelah saya membaca blog bapak saya dapat pengetahuan yang baru. dan blog ini sangat bagus untuk di baca dan sangat menambah pengetahuan bagi pembaca.

karina said...

Setelah membaca artikel ini,saya jadi tau bagian2 dari tubuh sapi yang baik dikonsumsi..!!dan semuanya pun rasanya enak dan memiliki fungsi serta kandungn2 gizi yang berbeda..!!saluuut..

suyanti (E1C009020) said...

SUYANTI (E1C009020)
Setelah saya membaca blok ini,saya mendapat informasi yang selama ini belum saya ketahui. Dan ternyata, pembuatan makanan yang berasal dari campuran daging sapi tidak sembarang daging.. Terimakasih Pak, atas infonya...

hendri afrizal said...

menurut saya jurnal yang bpk buat sangat baik dan bermanfaat bagi saya yang masih kurang pengetahuan dan pengalaman tentang urusan daging.
pak saya mau bertanya ciri-ciri daging yang baik itu bagaimana...?
dan daging yang tidak layak konsumsi itu bagaimana warnanya..?
terimakasih.

dadang said...

nama : dadang m faris
npm : e1c009035

bagian tubuh sapi yang banyak lemak bagian mana ya pak??

Siti Qotimah (C-QOTH) said...

hemmm... kalo mau jadi master chef atau penjual daging, harus hafal bagian2 daging ini nih..... sudah di spesifikkan dan jelas deskripsinya...

iwan Hidayat ( E1C009059) said...

sudah di lakukan beberbagai pengawasan yang berwewenang masih juga ada bakteri yang mencemari daging.... sepertinya di negara ini tidak ada daging yang berkwalitas baik

leo suseno said...

menurut saya jurnal yang bpk buat sangat baik dan bermanfaat bagi saya yang masih kurang pengetahuan dan pengalaman tentang urusan daging.

SIKI ANDRI PUTRA said...

Assalamu'alaikum. SIKI ANDRI PUTRA( E1C010033). Jurnal yang bapak muat di blok ini sangat bermanfaat bagi saya dan pembaca lainnya,karena dengan membaca jurnal ini saya dapat mengetahui bagian-bagian dari daging sapi,tapi yang ingin saya tanyakan kepada bapak tentang manfaat daging sapi bagian khas dalam dan bagian khas luar,Biasanya bagian daging ini digunakan untuk membuat steak. apakah kedua bagian tersebut hanya sering dimanfaatkan untuk membuat steak saja ya pak..??. thank's.

sutris said...

artikel mengenai daging sapi diatas sangan bermanfaat sekali bagi seseorang yang ingin memngelola daging sapi menjadi olahan berbagia masakan. karena artikel diatas menun jukkan bagian-bagian dari daging sapi beserta kegunaannya....jadi seseorang bisa membeli daging sapi sesuai dengan keperluannya.

Adi Susanto said...

adi susanto (E1C011070)
artikel ini sngat bagus dan banyak bermanfaat bagi para pengelola daging sapi,terutama para pengusaha yang menjual olahan masakan daging sapi.

Binti nurkhasanah E1C011051 said...

Aslm,ternyata banyak sekali bagian-bagian dari daging itu sendiri.Termasuk istilah-istilahnya .ternyata banyak sekali ilmu yang didapat dari membaca artikel ini.Terimakasih pak..

Binti nurkhasanah E1C011051 said...

Aslm,ternyata banyak sekali bagian-bagian dari daging itu sendiri.Termasuk istilah-istilahnya .ternyata banyak sekali ilmu yang didapat dari membaca artikel ini.Terimakasih pak..

Binti nurkhasanah E1C011051 said...

Aslm,ternyata banyak sekali bagian-bagian dari daging itu sendiri.Termasuk istilah-istilahnya .ternyata banyak sekali ilmu yang didapat dari membaca artikel ini.Terimakasih pak..

lestari juliani ( E1C011012 ) said...

bagian mana ya yang tidak ada lemak nya yang hanya ada daging nya saja biar mantap di masak rendang hehehe

Dewi Puspitasari said...

artikel ini sangat bermanfaat, apalagi buat yang hoby masak. karena indonesia juga terkenal dengan kuliner - kuliner nya yang lezat terutama dalam pengolahan daging sapi wow good deh pokoknya,

SEPTIA HERLINA,E1C011001 said...

Setelah saya baca artikel ini,,
Banyak banget informasi tentang daging,,dan Istilah-istilah yang mungkin ada sebagian belum saya tau,, saya bisa tau sekarang,,
wah artikelnya sangat bagus pak dan bermanfaat bagi pembaca artikel..
terima kasih.

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Asikk pak artikelnya saya bisa mengetahui bagian-bagian daging sapi,
saya mau bertanya pada bagian mana kah daging yang sangat enak untuk di olah pak ?

Anonymous said...

LISNAWATI ANGGRAINI
E1C010039
bagaimana dengan bagian tanduknya Pak, apakah manfaatnya

Anonymous said...

MILA ENJELIKA S (E1C010059)
selama ini saya tidak pernah mempermasalahkan atau bertanya daging sapi bagian manakah yang sedang saya konsumsi. setelah membaca artikel ini rasanya saya ingin mengetahui daging sapi bagian manakah yang sedang saya konsumsi.
apakah ada perbedaan komposisi gizi dari setiap bagian daging sapi ?
kalau ada, bagian manakah yang kandungan gizinya paling bagus ???

vera aprilianti / E1C010020 said...

heee
selama ini yang saya pikirkan, daging ya daging pak, dari bagian tubuh manapun itu daging, tetapi ternyata ada bagian-bagian tertentu yang baik digunakan ya pak,

Anonymous said...

Desi rustiani (E1C010027)

wahhh ternyata setelah membaca artikel bapak megenai daging sapi ini saya mengetahui bahwa bagian bagian dari daging sapi sangat banyak.banyak sekali pengetahuan yang didapat.
terima kasih

Anonymous said...

ISMARUDIN
E1co1OO11
di dalam artikel banyak sekali ilmu yang didapat d cerna,..bisa mengetahui bagian-bagian daging sapi!

muhammad yusuf said...

muhammad yusuf (e1c010008)
pak ada baiknya selain nama-nama bagian daging, artikel di atas juga di lengkapi dengan komposisi dominan setiap bagian. mana bagian yang kaya protein dan mana yang banyak mengandung lemak, sehingga banyak orang akan memahaminya. terimakasih ...

Anonymous said...

nama : kardinal alsepto gandi, E1C010058.
wah artikelnya sangat bagus untuk menambh wawasan, tapi pak saya mau bertnya dagiung sapi yang bagus itu sperti apa pak , apakah yang banyak lemak atau hanya serat dagingnya biar saya bisa membeli daging yang berkualitas baik. ? trims>>

Anonymous said...

MILA ENJELIKA S ( E1C010059 )

hheemm,,,,
selama ini yang saya tau hanya makan daging sapi saja. ternyata setiap olahan daging sapi itu berasal dari bagian yang berbeda. dan ternayata setiap bagian daging dari sapi mempunyai komposisi gizi yang berbeda-beda,,,,,

liza tri astini said...

LIZA TRI ASTINI ( E1C011052 )
GOOD INFORMATION pak, wah ternyata lidah sapi juga dapat dimanfaatkan ya pak, indonesia memang kreatif ya pak, dari ujung kaki dan ujung kepala ternak dapat dimanfaatkan, terimakasih pk, info nya..... semakin semangat membaca di blog bpk..

Ramadhan Sumanto said...

Ramadhan Sumanto (E1C013125)

cukup kita ketahui di Indonesia kebanyakan orang nya memakan semua organ yang ada padi sapi, tidak hanya pada sapi pada ayam juga, telah kita ketahui bahwa negara luar sana atau asing, mereka mengkomsumsi daging hanya yang ada pada karkas, bedah dengan di indonesia semua bagian di makan semua ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...