Saturday, February 13, 2010

Konsentrat Nabati Berbahan Lokal untuk Meningkatkan Produktivitas Kambing Rakyat

Endang Sulistyowati, Urip Santoso dan Sigit Mujiharjo
Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu

Abstrat: Program vucer ini bertujuan memperkenalkan konsentrat nabati dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lokasi. Sumber pakan inkonvensional seperti daun ubi kayu dan daun pepaya dapat diformulasikan dalam ransum disamping bahan lainnya. Kegiatan ini terdiri atas sosialisasi, demonstrasi pembuatan dan aplikasi konsentrat nabati pada ternak. Komposisi konsentrat nabati adalah jagung giling (13%), tepung gaplek (48%), tepung daun ubi kayu (10%), dedak (25%), urea (2%), minyak manis (0,5%), garam (0,5%) dan daun pepaya (1%). Dengan pemberian konsentrat nabati dihasilkan produksi susu sebanyak 0,2 l/ekor/hari dan pertambahan bobot badan anak kambing sebesar 0,2 kg/minggu (Dharma Raflesia, 1 (1):14-18.
Kata kunci: kambing laktasi, konsentrat nabati, produksi susu.

3 comments:

DIAH KASMIRAH said...

Artikel yang masih asing didengar namun saya baru mengetahui tentang konsentrat nabati, selama ini yang saya ketahui hanya konsenrat. artikel yang cukup baik dan bisa memberi wawasan baru bagi inovasi teknologi pakan ternak. apakah konsentrat nabati ini cukup efisien dan bagaimana kandungan nilai gizinya jika dibandingkan dengan konsentrat yang biasa digunakan oleh para peternak??

bangun dwi cahyono said...

bengun dwi cahyono (E1C011009)
Menurut saya artikel ini sangat menarik. karena informasi yang sangat bagus, karena kondisi dilapangan sangat memprihatinkan karena kambing likl yang sangat sedikit,,, seharusnya ternak lokal harus diberikan perhatian kusus untuk pengingkatan produktifitas kambing rakyat melalui konsentrat nabati yang berbahan lokal.

visista pratama ashadi said...

konsentrat semacam ini perlu untuk dikembangkan karena selain menunjang pergerakan di sektor pertanian rakyat juga membuat petani untuk bersemangat dan cinta pada ternaknya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...