Saturday, September 15, 2012

Pengaruh Gas Beracun pada Ternak

Poultryindonesia.com, Tips. Kandang yang jelek sangat mudah menghasilkan gas-gas beracun yang biasanya timbul dari kotoran ternak yang tidak terbuang. Gas beracun ini akan mengumpul disekitar kandang sehingga mampu mencekik ternak yang ada.
Tata laksana perkandangan pada suatu usaha peternakan unggas sangat  besar peranannya dalam menentukan besar kecilnya keuntungan yang bakal diraih. Sistem perkandangan yang baik akan memperhatikan betapa penting arti ventilasi, cahaya, kebersihan tempat pakan dan minum, kebersihan lantai kandang dari tumpukan kotoran dan sebagainya.
Kandang yang jelek, yang tidak memperhatikan ventilasi, cahaya, pembuangan kotoran dan lain-lain akan sangat merugikan bagi usaha peternakan. Kandang yang jelek sangat mudah menghasilkan gas-gas beracun yang biasanya timbul dari kotoran ternak yang tidak terbuang.
Gas beracun ini akan mengumpul disekitar kandang sehingga mampu mencekik ternak yang ada. Ahmad Jauhari (1985) menyatakan, gas-gas beracun yang biasa ditemukan dalam kandang yaitu : NH3, CO2, H2S dan lain-lain.
 Gas CO2
Gas ini dihasilkan dari pembakaran sempurna dengan bahan bakar (HC). Gas CO2 bisa berasal dari alat-alat pemanas dalam kandang yang memakai bahan bakar minyak/ HC (bukan listrik), atau bisa juga berasal dari polusi udara dari industri yang mungkin ada di sekitar lokasi peternakan. Gas CO2 sudah dapat menimbulkan stress pada ternak pada level 10% dari udara. Pada kandungan CO2 dalam udara sebanyak 25% akan mengakibatkan rate respirasi ternak menjadi turun dan ternak memasuki fase koma, tak sadarkan diri  hingga mati. Pada saat konsentrasi CO2 mencapai level 40-50%, dapat mengakibatkan kematian ternak.
Bila onsentrasi CO2  dalam udara tinggi, maka akan banyak tersedot masuk saluran pernafasan dan dapat menimbulkan asidosis. Asidosis ini akan menyebabkan penurunan PH yang mengakibatkan tidak berfungsinya sistem pengaturan syaraf pusat (CNS) yang akhirnya dapat membawa kematian.
 Gas CO
Gas CO berasal dari hasil pembakaran dari bahan bakar HC yang tidak sempurna karena kekurangan oksigen. CO berbahaya bagi ternak, sebab CO udara yang masuk saluran pernafasan akan berikatan dengan Hb membentuk COHb yang merupakan ikatan yang sangat kuat dan sulit dilepas.
Pada level rendah memang masih dapat ditolerir, tapi pada level 6-8% COHb dalam darah sudah dapat menimbulkan stress ternak. Pada level 12% dapat menimbulkan kesulitan dalam koordinasi gerak. Level 20-40%, ternak menjadi malas bergerak dan acuh terhadap lingkungan. Pada level 60-70% COHb dalam darah dapat mengakibatkan kematian. Gejala keracunan CO  adalah : hewan terlihat malas dan
mengantuk, tidak peka rangsangan sekelilingnya, tidak dapat mengkoordinasi gerak, kesukaran bernafas, koma dan kemudian mati.
 Gas NH3
Adalah gas yang dihasilkan dari dekomposisi kotoran ternak dan dari material sumber N yang ada. Kandang yang tidak baik ventilasinya akan menimbilkan bahaya bagi ternak. Kandungan NH3 sebanyak 10 mg/m3 dalam udara dapat dideteksi oleh manusia melalui baunya yang khas. Pada konsentrasi 14 mg/m3 produksi telur layer mulai turun.
Konsentrasi 17-24 mg/m3 menimbulkan rasa pedas pada mata dan ternak menjadi stress. Pada konsentrasi 40-50 mg/m3 akan menyebabkan iritasi mata dimana korneamata akan mengalami erosi (pelarutan).
 Gas H2S
Merupakan gas beracun hasil dekomposisi dari zat-zat organik yang mengandung S. Gas ini bisa menimbulkan ganguan pada ternak, bahkan dapat mengakibatkan kematian.
Hewan yang keracunan gas H2S biasanya mempunyai tanda-tanda : respirasi terhenti, sebelum terjadi kematian timbul kejang-kejang dan tidak sadarkan diri, sedang paru-parunya tampak pucat dan membengkak.
Bila melihat kenyataan di atas, penyebab terjadinya keracunan adalah kurang baiknya sistem ventilasi kandang sehingga udara segar dari luar yang sangat diperlukan oleh ternak tidak dapat masuk. Oleh sebab itu untuk menghindari terjadinya keracunan ini, inti pokok yang harus diperhatikan adalah adanya ventilasi kandang yang baik sehingga pertukaran udara segar dan keluarnya gas-gas beracun dari dalam kandang dapat berjalan dengan lancar.PI/dw

Silakan mengutip dan atau meng-copy tulisan ini dengan menyebut sumbernya : www.poultryindonesia.com

43 comments:

putri anggraini said...

aslkm pak,
dari artikel di atas kan dijelaskan dampak dari beberapa level konsentrasi gas NH3 di dalam kandang terhadap produksi telur layer, rasa pedas dan iritasi pada mata manusia, saya mau menanyakan bagaimana sistem kerja gas NH3 ini sehingga dapat menyebabkan 3 permasalahan tersebut?

wajuli haryadi said...

wajuli haryadi(e1c010014)
ternyata banyak sekali penyebab penyakit pada ternak hingga menyebabakan ternak tersebut mati...tapi kadang kala si peternak kurang memperhatikan hal tersebut..padahal ternyata banyak sekali pengaruh dari gas beracun tersebut..

Anonymous said...

yusuf kurniawan/E1C010010
Assalamualaikum. saya ada pertanyaan pak. kalau ketinggian kandang apakah sangat berpengaruh terhadap ternak dari gas beracun yang di hasilkan oleh kotoran ternak.

Redo Putra said...

dari penjelasan artikel diatas,,kontruksi kandang sangat mempengaruhi kesehatan ternak.. hingga hal ini sangat penting diprhatikan oleh peternak sblm mndrikn sebuah kndang..agar tidak mnyebabkn kerugian bagi peternak..

Anonymous said...

Lukman sugianto (E1C011003)
aslkm pak,
setelah saya membaca artikel diatas, banayak sekali penyebab gas beracun pada ternak, jadi sebelum menjadi seorang perternak kita perlu memperhatikan kebersihan kandang, pakan,air minum serta keadaan / kondisi kandang dan tata letaknya harus sesuai. kita sebagai mahasiswa perternakan kita perlu perhatiakan kondisi kandang ayam agar gas beracun pada ternak akan terhindar.
terima kasih

sutris said...

gas beracun memang sangat tidak baik buat ternak sehingga sebaiknya kebersihan kandang harus selalu menjadi prioritas utama dalam beternak agar terhindar dari gas beracun tersebut.selain itu kontruksi kandang menjadi hal yang penting terutama pada sirkulasai udara,apabila sirkulasi udara baik maka kandang tidak akan berbau..sehingga ternak terbebas dari gas beacun.

rahmat mardiansyah said...

gas-gas beracun yang dapat di dalam kandang harus bisi di kurangi agar tidak mempengaruhi produktifitas ternek yang kita pelihara untuk itu sirkulasi udara sangat penting pada kandang ternak agar gas-gas beracun tersebut tidak mengganggu kenyamanan kehidupan ternak selama di kandang.suatu peternak harus dapat membuat kandang dengan sirkulasi udara yang baik agar pertukaran udara selalu terjadu antra udra kotor dengan udra bersih sehingga ternak terbebas dari gas-gas beracun tersebut.

bangun dwi cahyono said...

tentu saja banyak berpengaruh sekali pengaruh gas beracun pada ternak khususnya pada ternak yang sehari-hari menghabiskan waktunya didalam kandang sehingga perlu selalu dijaga kebersihan kandang dan memperhatikan pertukaran sirkulasai udara dalam kandang.

teguh rafian said...

teguh rafian (E1C011046)
dari artikel ini saya mengetahui ternyata selain kebersihan kandang yang harus dijaga, pembuatan kandang juga harus diperhatikan.

Muhammad afris camlinoti said...

m. afris camlinoti e1c011016

artikel ini cukup bagus.. dari pargaraf pertama, telah mengisyaratkan kepada kita bahwa kesehatan gternak itu penting dalam beberapa sektor, utamanya sektor KANDANG. karena jika kandang kotor atau tak terurus maka dapat menyebabkan gas - gas berbahaya akan mempengaruhi ternak..

anton saputra said...

anton saputra
wah berarti sangat berpengaruh dengan ventilasi dan kebersihan kandang akan tetapi menurut saya pak
letak kandang yang tidak tepat seperti dekat dengan jalur transportasi yang mengeluarkan gas beracun dari kendaraan yang lalu lalang, selain itu kita dapat menahan gas beracun tersebut dengan pepohonan yg dapat menyerap gas beracun yg tentunya sudah diukur letak pohon tersebut untuk keamaanan ternak tersebut

M Andriansyah said...

M.andriansayh
pengaruh gas gas beracun dapat menyebabkan produktivitas ternak menurun bahkan bisa berdampak ke kematian,yang berasal dari kotoran ternak dan pengaru gas gas yang ada di lingkungan, disini lebih di tingkatkan tentang perancangan kandang yang baik, dan menentukan tipe kandang yang cocok,,, serta haruslah di jaga kebersihannya

agung septiyan putra said...

Agung Septiyan Putra (E1C011024)
saya telah membaca artikel ini dan artikel ini sangatlah baik. disini saya khususnya dapat mengetahui apa saja gas-gas yang berbahaya,cara dan apa saja hal yang harus diperhatikan dalm pembuatan kontruksi kandang serta bagaimana cara untuk menangani masalah ini agar dalam suatu usaha yang telah dijalani tidak menimbulkan kerugian dan penyesalan. Terima Kasih banyak.

rosmalina sidauruk said...

tentunya sangat berpengaruh sekali gas beracunn yang sangat menyengat pada kandang untuk itu kandang harus selalu bersih dan kita harus selalu memperhatikan sirkulasi udara pada kandang ternak.

delina s girsang E1C011033 said...

setelah membaca artikel ini ,saya mendapatkan pengetahuan yang sangat baik dan berharga,dimana kandang adalah salah satu hal penting dalam pengembakan dalam peternakan,dan di dalam kandang ternyata sangat banyak racun-racun atau gas gas yang sangat berbahaya.terima kasih

bangun dwi cahyono said...

nama : bangun dwi cahyono
npm :E1C011009

wah ternyata ini sangat bagus intuk pengetahuan saya dalam mendalami dunia peternakan,,, ternyata sanitasi kandang yang bersih harus diutamakan dalam kesehatan ternak, peternak dan semua orang,, ini membuat saya harus teliti dalam membuat kandang agar produktifitas ternak tidak terganggu,,

bangun dwi cahyono said...

nama : bangun dwi cahyono
npm :E1C011009

wah ternyata ini sangat bagus intuk pengetahuan saya dalam mendalami dunia peternakan,,, ternyata sanitasi kandang yang bersih harus diutamakan dalam kesehatan ternak, peternak dan semua orang,, ini membuat saya harus teliti dalam membuat kandang agar produktifitas ternak tidak terganggu,,

Binti Nurkhasanah E1C011051 said...

Binti Nurkhasanah E1C011051
Ternyata banyak sekali gas beracun yang dapat mengganggu ternak yang ada.Untuk menanggulanginya perlu perbaikan ventilasi dan penanaman pohon disekitar kandag tetapi penanaman pohon jangan terlalu dekat.Kontruksi kandang juga hrus dipertimbangkan.

rudi hartono said...

RUDI HARTONO
E1C011078

Kebersihan sangat penting untuk kesehatan dan kenyamana ternak,jadi perlu di perhatikan hal tersebut,,,,
posisi kandang sangat berpengaruh dalam kebersihan,sebaiknya membuat kandang yang mudah untuk di bersihkan

Dodi sismanto said...

Dodi Sismanto (E1C001069)
ass. . .
setelah saya membaca artikel diatas, ternyata banyak sekali penyebab gas beracun pada ternak, dan ini lah salah satu dasar yang harus para peternak ketahui

Steven maurits said...

Saya merasa bahwa dengan adanya bahan materi ini, mayoritas permasalah tenteng penyakit yang mendasar pada ternak
Karena pada umumnya penyakit2 pada ternak tersebut disebabkan oleh udara yang tidak segar di dalam kandang.
contohnya adalah gan metan yang mengganggu sistem pernapasan pada ternak, dimana bila berada diatas normal akan menyebabkan kematian pada ternak tsb.
trim's.
Steven Maurits (E1C011084)

Steven maurits said...

Gas beracun memang sangat berbahaya bagi ternak.
Kenyaman ternak didalam kandang ditunjang dari sisi kenyaman hawa udara, apakah itu segar atau bau menyengat.
Kesehatan ternak tidak akan terganggu bila tidak ada gas beracun dalam kandang dlm kosentrasi yang tinmggi.,untuk mengatasi tersebut perlu dilakukan pembersiha kotoran secara rutin.

Senopka Wiraguna said...

Senopka Wiraguna
E1C011062
saya setuju dengan artikel bpk yg bertajuk judul yaitu pengarus gas beracun pada ternak,tpi yg say heran khan kenapa peternak2 skrg tdk memperhatikan tentang bhaya dari gas beracun itu.....

Senopka Wiraguna said...

Senopka Wiraguna
E1C011062
saya setuju dengan artikel bpk yg bertajuk judul yaitu pengarus gas beracun pada ternak,tpi yg say heran khan kenapa peternak2 skrg tdk memperhatikan tentang bhaya dari gas beracun itu.....

santra jovi s(E1C011014) said...

setelah membaca artikel ini saya baru dapat mengetahui kalau kebersihan kandang itu juga perlu selalu dijaga....

santra jovi s(E1C011014) said...

para peternak harus membersihkan kandang setiap hari,karena sangat bahaya pada kesehatan ternak itu sendiri,dimana gas gas tersebut dapat mematikan ternak

muhammad nur syahid said...

E1C011088
dari artikel di atas, menurut saya sebaiknya kandang selalu di jaga kebersihannya, kemudian jarak antara kandang dengan tanah agak tinggi supaya mudah untuk di bersihkan. dan pemanfaatan feses juga lebih di tingkatkan.
terimakasih

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O E1C011096
Artikel tersebut sangat bagus bukan untuk sekedar pengetahuan saja namun juga dijadikan tuntunan bagi peternak untuk memperhatikan segala aspek yang ada di dalam kandang karena dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan untuk para peternak tidak memperhatikan dari kebersihan kandang.

Bella azhari tarigan E1C0011057 said...

Menurut saya kurang bagus udra kurang bagus dapat menyebap kan unggas gangguan pernapas kalo terlulu tinggigas NH3 dapat meyebab kan kematian

Siswanto endang said...

siswanto e1c011061

hal yang menyebabkan ternak sering sakit ternyata sebagian besar berasal dari kandandang itu sendiri, hal yang dapat kita lakukan ialah dengan melakukan secara rutin sinitasi kandang dan juga kita harus memperhatikan ventilasi udara agar tidak tejadi penumpukan zat berbahaya di dalam kandang,dan agar udara bersih dapat masuk ke dalam kandang.

eko handiko saragih(e1c011082) said...

sudah jelas banyak pengetahuan yang sangat berguna di dalam artikel ini,,,kontruksi kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ternak .thanks

riko herdiansah said...

setelah saya membaca artikel diatas, banayak sekali penyebab gas beracun pada ternak, diantaranya bersumber dari kurang terjaganya kebersihan kandang,pakan dan air minum. jadi sebagai seorang perternak kita harus memperhatikan hal tersebut,agar ternak yang kita kelola terhindar dari sumber-sumber gas beracun dan penyakit...

riko herdiansah.
e1c011065

Joko Lesmono said...

Artikel ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk para peternak yang akan membangun kandang, karena kandang yang baik itu bisa membuat ternak menjadi nyaman, dan kita sebagai para peternak, sehingga gas beracun itu bisa dikurangi

lestari juliani ( e1c011012) said...

setelah membaca artikel ini saya baru tahu kalau banyak sekali pengaruh dari gas beracun yang terdapat pada kandang. dari hal ini kita harus lebih memperhtikan sekali terhadap kebersihan kandang agar kita terhindar dari gas beracun tersebut.

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

wahh pak ternyata banyak sekali pengaruh gas beracun pada ternak, ini berarti ketika kita akan membuat kandang atau membuka usaha ternak kita harus sangat memperhatikan kebersihan kandang tersebut untuk meminimalisir gas beracun yg ada pada kandang, terimakasih

SEPTIA HERLINA,E1C011001 said...

Setelah saya membaca artikel ini menambah wawasan untuk saya ,,
ternyata dalam hal pembuatan kandang tenyata konstruksi kandang harus diperhatikan,khususnya untuk ventilisas,Kebersihan kandang juga harus diperhatikan.
ternyata juga banyak ya gas-gas yang beracun pada ternak.

wajuli haryadi said...

pengaruh dari gas-gas beracun tersebut, selain kesehatan kita terganggu juga dapat menurunkan produktifitas ternak bahkan menyebabkan kematian pada ternak. maka dari itu kebersihan kandang harus jadi perhatian khusus bagi peternak.

siki andri putra said...

SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033). Berdasarkan pengetahuan dan penjelasan dari beberapa dosen bahwa salah satu penyebab ternak stress adalah kandang.dimana menejement kandang sangat berpengaruh dan menentukan tingkat kesehatan ternak tersebut. yang menjadi pertannyaan saya pak, berapa kali pembersihan kandang dalam sebulan itu yang baiknya pak...??? Thank's.

rizki ganteng said...

artikel ini memberikan saya pengtahuan dari apa saja yang berpengaruh pada pernapasan ternak dan apa saya limbah gas yang tidak baik bagi ternak, info ini menjadi materi yang penting saat sya kuliah manajemen ternak limbah kemarin

juli masdeka sari E1C010046 said...

dengan adanya artikel ini, saya sangat mendapat pengetahuan yang berarti . saya baru tahu kalau NH3 itu bila terlampau banyak mengakibatkan racun yang sngat pekat dan bisa menyebabkkan kematian. terima kasih atas artikelnua

Ramadhan Thoriq said...

peternak khususnya peternak kecil kurang informasi terhadap hal ini sehingga banyak terjadi kematian ternak, seharusnya lebih banyak lagi penyukuh2 yang dapat memberikan informasi ini kepada peternak2 kita, terima kasih

vera aprilianti / E1C010020 said...

jdi pak sebaiknya apa yang harus dilakukan agar gas2 beracun tersebut setidaknya dapat dicegah ?

Anonymous said...

SILISTI (E1C010019)

Dengan adanya artikel ini memberi informasi buat saya bahwa banyak terdapat gas - gas yang berbahaya baik didalam kandang maupun disekitar kandang. Salah satunya gas NH3 yang dapat mempengaruhi produksi telur ayam. sehingga kebersihan merupakan hal yang penting dalam pencegahan gas - gas tersebut.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...