Saturday, April 21, 2012

Putih Telur yang Sangat Bermanfaat

Dikompilasi Oleh: Urip Santoso
1)      Putih Telur adalah Sumber Protein Alami
Putih telur mengandung protein dan nutrisi penting lainnya seperti potasium, kalsium, fosfor dan zink. Protein alami yang terdapat pada putih telur ini juga baik dalam menghasilkan asam amino untuk pembentukan otot.
2)      Putih Telur Tidak Mengandung Kolesterol
Dalam putih telur tidak terkandung lemak, kolesterol, lemak trans dan karbohidrat. Sehingga putih telur bisa di konsumsi untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam asupan kita.
3)      Protein Putih Telur Mudah diserap Tubuh
Protein alami dalam putih telur ternyata lebih mudah di serap oleh tubuh di banding makanan lain seperti daging ataupun minuman berprotein. Hal ini membuat protein dapat d serap sepenuhnya dalam tubuh tanpa harus banyak protein yang terbuang. Putih telur menghasilkan protein yang langsung bisa diserap oleh tubuh Makanan lain yang mengandung protein seperti daging-dagingan atau minuman berprotein harus dipecah dulu oleh tubuh sebelum dapat diserap. Proses yang lama ini menyebabkan tubuh hanya bisa menerima 1/3 saja dari protein asli. Sementara dengan putih telur, protein langsung diserap oleh tubuh 100%.
4)      Putih Telur Bisa Mengurangi Berat Badan
Berdasar penelitian di Pennington Biomedical Research Centre membuktikan , mereka yang mengkonsumsi 2 putih telur setiap pagi berat badannya berkurang sekitar 65% dan merasa lebih berenergi di banding yang hanya mengkonsumsi roti

5)      Putih  Telur Bisa Mencerahkan Kulit
Protein dalam putih telur mampu membantu melembabkan kulit wajah dan mampu mempercepat proses regenerasi pada kulit wajah. Caranya dengan mengoleskan putih telur ke seluruh bagian wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit basuh dengan air hangat.
6)      Obat Luka Bakar
Bila Anda menderita luka bakar, tingkat berapa saja, pertolongan pertama selalu dilakukan dengan menaruh bagian yang terluka di bawah aliran air dingin sampai rasa panas mereda. Setelah itu oleskan putih telur di atas luka.                         
Ada orang yang tangannya tersiram air mendidih. Walaupun sakit, ia mengulurkan tangannya di bawah aliran air dingin. Setelah itu, ia mengambil 2 telur, memisahkan kuning telur dari putihnya lalu putih telur itu ia kocok sedikit. Setelah itu, ia masukkan tangannya di situ.  Luka bakar di tangannya parah sehingga putih telur itu mengering dan membentuk lapisan putih. Belakangan ia mendengar bahwa putih telur itu merupakan collagen alamiah. Dalam satu jam berikutnya, ia mengoleskan putih telur itu selapis demi selapis pada luka di tangannya. Siang itu tangannya tidak terasa sakit lagi. Keesokan harinya hampir-hampir tidak ada bekas merah yang terlihat. Tadinya ia mengira pasti akan ada bekas luka yang mengerikan, tetapi alangkah herannya ia karena setelah 10 hari, warna kulitnya sudah normal lagi, sama sekali tidak ada bekas luka bakar. 
7)      Memperkuat penglihatan dalam artian menjaga dan merawat kesehatan mata.
8)      Mengkonsumsi telur sejak dini dipercaya mampu merangsang perkembangan dan fungsi otak si anak.
9)      Pengganti obat multivitamin. Dari pada kita mengkonsumsi multivitamin yang terdapat pada obat – obatan disarankan untuk lebih condong ke putih telur. Multivitamin yang terkandung dalam putih telur aman untuk di konsumsi setiap hari.
10)  Mempercepat pergantian sel kulit mati pada wajah. Caranya dengan mengoleskan putih telur secara merata pada wajah anda di malam hari selama 20 menit kemudian basuh menggunakan air hangat.
Sumber bacaan:
1) cozyeslife@blogspot

25 comments:

putri anggraini said...

waw, ternyata banyak sekali ya pak manfaat putih telur, mulai dari sebagai sumber protein, non kolestrol, mudah diserap oleh tubuh, bisa mengurangi berat badan, mencerahkan kulit serta menggati sel kulit mati hingga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka bakar.
sepertinya saya perlu mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi putih telur agar berat badan saya bisa berkurang.. hehe
terima kasih untuk informasinya pak.

wajuli haryadi said...

wajuli haryadi(E1C010014)
berita baru bagi saya,,bahwa putih telur bisa menurunkan berat badan...tapi pak,,ketika saya mengkonsumsi telur setiap hari atau secara rutin,,kok berat badan saya malah bertambah dan tubuh saya kelihatan lebih gemuk...apakah karena mengkonsumsi kuningnya juga pak...??

LIVESTOCK said...

Itu karena kuning telurnya, Wajuli. Kan kuning telur banyak mengandung lemak.

Redo Putra said...

hal ini merupakan pengetahuan baru bagi saya,,selama ini saya gx bgtu bnyak tau tentang manfaat dari putih telur,, ternyata dari yang sya tau selama ini sedikit sekali manfaatnya,,tetapi ternyata banyak sekali manfaatnya selain gizinya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita sendiri,,,dan dapat bjuga bermanfaat sebagi alat kosmetik untuk wajah,,,

vera aprilianti / E1C010020 said...

saya baru tahu pak bahwa putih telur itu banyak sekali manfaatnya.
tapi pak saya ingin tahu
bagaimana cara pengolahan telur itu yang baik ?
direbus atau digoreng pak ?

Muhammad afris camlinoti said...

M. Afris Camlinoti

Artikel yang bagus, Karena jujur saya baru tahu bahwa putih telur sangat bermanfaat bagi kita.. Karena yang saya tahu selama ini, bahwa kuning telur saja yang bermanfaat, namun dengan artikel ini saya mengerti bahwa putih telur juga bermanfaat..

prof ada yang mau saya tanya, bagaimana cara pengolahan putih telur agar mmendapatkan manfaatnya full ? dan apakah ada perbedaan hasil kualitas ketika telur itu digoreng dan di rebus??

Essy Agnesta Asdami said...

Ass..
Essy Agnesta Asdami (E1C011017), setelah membaca ini saya baru mengetahui bahwa putih telur ini banyak manfaatnya padahal selama ini saya hanya mengetahui bahwa kuning telur yang banyak manfaatnya. namun sekarang masyarakat banyak yang mengetahui bahwa kuning telur saja yang bermanfaat jadi kita sebagai mahasiswa peternakan harus memberi tahu masyarakat bahwa putih telur juga banyak manfaatnya dan nutrisinya juga lebih banyak dari yang lain...

Fabianus Riccot Jarwindo M (E1C011068) said...

saya baru tahu pak bahwa manfaat putih telur itu sangat penting bagi kesehatan kita apalagi untuk mengurangi berat badan tubuh kita,
sepertinya saya akan coba pak untuk memakan putih telur itu
thanks pak

rahmat mardiansyah said...

wah ternyata banyak juga ya manfaat putih telur,setahu saya tidak ada manfaatnya soalnya kebannyakan orang-orang pada saat minum jamu menggunakan telur hanya kuning telurnya saja yang digunaka.baru tahu jika putih telur mempunyai kadar kolestrol yang rendah serta dapat menurunkan berat badan.memang didalam putih telur terdapat zat apa ya pak.

Dewi C said...

wah ternbyata putih telor memiliki banyak manfaat ya,terimah kasih pak saya baru tau kalo putih telur dapat mengurangi kolsertol dalam tubuh

M Andriansyah said...

M.ANDRIANSYAH
setelah membaca artikel ini wawasan saya menjadi bertambah. Bahwasannya putih telur mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, dimana yang saya tahu juga bahwa putih telur bisa sebagai lem perekat kaca.

joko lesmono said...

Joko Lesmono
Artikel yang sangat menarik, saya baru tau kalau putih telur sangat bermanfaat, selama ini yang saya paling suka adalah bagian kuningnya saja.....mungkin mulai saat ini saya juga suka putih telur nya juga...terimakasih atas info nya

maharani said...

maharani.. waahh, ternyata banyak sekali manfaat putih telur.. sebagai sumber protein sampai untuk kecantikan. pak, saya mau tanya, beda gak pak kandungan putih telur ayam, bebek, ieik dan puyuh?? apakah putih telur unggas tersebut, selain ayam dapat dijadikan untuk kecantikan juga??

Anonymous said...

Nazarudin(E1C011039)A

Lagi-lagi artikel ini memberi saya pengeahuan yang sangat bermanfaat bagi saya, jujur saya baru tahu putih telur itu, banyak manfaanya bagi yang mengkonsumsi, saya kira putih telur selama ini hanyalah tambahan dari sebuah telur iu sendiri.
trims informasi barunya pak.

Dian Septiyani said...

wah,,,
ternyata putih telur mengandung protein yang mudah diserap oleh tubuh. dan jika kta mngkonsumsinya tidak akan prcuma, lagi juga dapat menurunkan berat badan, bagus donk pak,,, untuk diet.....
pengetahuan saya semakain bertambah setelah membaca artikel ini....

eka saputri said...

eka saputri ( E1C011063 )
waw ternyata putih telur memiliki banyak manfaat yang luar biasa. setahu saya hanya kuning telur yang memiliki manfaat. ternyata putih telur juga memiliki manfaat yang luar biasa.

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Dari artikel tersebut, banyak sekali manfaat dari telur putih. Tapi kenapa kebanyakan orang kalau minum jamu+telur putih telurnya dibuang terlebih dahulu? Padahal banyak sekali manfaatnya.

ilham sholihin said...

M ILHAM SHOLIHIN ( E1C011035 )
Putih putih bermanfaat itulah si putih telur , tidak hanya yolknya saja yang bermanfaat tapi putih teur jaug lebih bermanfaat .
artikelnya 2 jempol pak . .

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Waw luar biasa ternyata banyak juga ya manfaat dari putih telur mulai dari sebagai sumber protein, non kolestrol, mudah diserap oleh tubuh, bisa mengurangi berat badan, mencerahkan kulit serta menggati sel kulit mati hingga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka bakar.
ini baik digunakan untuk kesehatan juga pak, terimakasih

Redo Putra E1C010018 said...

saya baru tahu pak bahwa putih telur itu banyak sekali manfaatnya.
tapi pak saya ingin tahu
bagaimana cara pengolahan telur itu DENGAN baik sehingga kndungan putih telurnya tidak berkurang dan memeiiki kndungan yang sama seperti yang di jelas di artikel di atas,, krena bnyak selama ini orang wawam bnyak mengkonsumsi putih telur yang umurnya sudah lama,, ?
kmudian apa dampaknya bgi ksehatan pak? ?

siki andri putra said...

SIKI ANDRI PUTRA (E1C010033). Setelah saya membaca artikel ini yang menyebutkan salah satu kelebihan dari putih telur adalah mencerhkan kulit..yang menjadi pertanyaan saya pak,bagaimana proses dari putih telur tersebut menetralisirkan / menyamarkan kulit kusam tersebut pak..?? terus kandungan apanya pak yang membuat putih telur tersebut bisa membuat kulit menjadi cerah dan bersih. Thank's.

Anonymous said...

achmad purba E1C010004

ilmu yang bagus bagi saya,,
ternyata putih telur banyak manfaat.
saya setuju dengan ini

Anonymous said...

lisnawati anggraini
e1c010039
pada luka bakar kok bisa menghilangkan bekas lukanya pak,, apakah ada zat tertentu dalam putih telur yg bisa menghilangkan bekas luka?? tks

Ramadhan Sumanto said...

Ramadhan Sumanto
E1C013125


ternyata manfaat dari putih telur banyak juga

mungkin ini sebaik nya bisa anjurkan untuk anak anak yang masih dalam pertumbuhan tidak hanya telur susu juga bagus untuk pertumbuhan, jadi dengan mengkomsumsi susu dan telur dapat membuat anak" cerdas di masa yang akan datang ...

Anonymous said...

Renus H. Panjaitan E1C011048
Mk. Nutrisi ternak monogastrik

Avidin merupakan bagian putih telur yang bersifat racun. Avidin dapat mengikat biotin sehingga biotin tidak lagi tersedia.
Yang jadi pertanyaannya pak, Apa yang akan terjadi kalau kita mengkonsumsi putih telur mentah atau setengah matang dalam jangka waktu lama? Bagi tubuh gejala apa yg sering terjadi?

Adakah senyawa zat yg menyebabkan alergi ketika mengkonsumsi telur?

Thanks pak.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...