Monday, August 1, 2011

Pentingnya Telur Bagi Kesehatan Manusia


Dikompilasi Oleh: Urip Santoso  
Ada persepsi negatif tentang telur sehingga banyak orang yang menghindari telur. Hal ini disebabkan oleh publikasi yang tak seimbang tentang telur. Memang benar bahwa telur banyak mengandung kolesterol. Akan tetapi perlu diketahui bahwa kolesterol hanyalah salah satu sebab yang meningkatkan kolesterol dalam darah. Padahal banyak zat gizi atau senyawa kimia lainnya yang terdapat dalam telur yang amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Nilai Gizi Telur
Tabel 1 memperlihatkan nilai gizi telur, daging ayam dan susu. Dari table 1 dapat dibaca ahwa telur memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan daging ayam dan susu.
Di antara makanan sumber protein, telur mengandung asam amino esensial terkaya yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan membentuk otot yang kuat. Standard gizi nasional menetapkan bahwa konsumsi protein asal hewani asal ternak adalah sebanyak 6 g/kapita/hari. Untuk memenuhi hal ini maka disarankan untuk mengkonsumsi telur, daging dan susu dalam jumlah tertentu setiap harinya. Sejatinya, kita membutuhkan protein sebesar 1 g/kg berat badan setiap hari. Jika kita mempunyai berat badan 50 kg maka kita membutuhkan protein sebanyak 50 g/hari. 25%-nya berasal dari protein hewani. Jika kita mempunyai berat badan 50 kg, maka kebutuhan protein asal hewan sebesar 12,5 g/hari dimana 6 g berasal dari ternak dan sisanya berasal dari ikan (6,5 g). Protein dalam putih telur adalah ovalbumin, ovotransferrin dan ovomukoid. Protein lainnya adalah ovomusin, lisozim, cystatin, ovoinhibitor dan ovomakroglobulin (ovostatin). Lisozim mempunyai sifat antimikrobia dan antivirus. Lisozim  mencegah dan mengontrol beberapa infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Protein juga mempunyai sifat antiadesif dan berperan dalam peningkatan imunitas. Lisozim juga bersifat antikanker. Ovokinin (salah satu peptide dalam putih telur) juga bersifat  antihepertensif. Protein dan peptide dalam kuning telur juga mempunyai sifat antimikrobia, anti adesif, antioksidan dan meningkatkan ketersediaan zat gizi.
Dari 71 penelitian tentang telur, para ahli menemukan meskipun rendah kalori, telur merupakan sumber yang kaya protein dan dipenuhi nutrisi penting khususnya vitamin D, vitamin B12, selenium dan kolin. Selain sinar matahari, telur merupakan sumber utama vitamin D. Makan dua butir telur sehari memenuhi hampir setengah dari kebutuhan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup mencegah penyakit tulang, kanker, jantung, gangguan kekebalan tubuh, dan kesehatan mental. Tidak banyak yang tahu kalau telur ternyata mengandung 41 IU vitamin D-64% lebih banyak dibandingkan jika Anda berjemur di matahari. Asupan vitamin D yang jumlahnya kurang bisa Anda dapat dari telur. Selain itu, bisa menurunkan resiko diabetes, jantung, dan penyakit ginjal.

Telur Meningkatkan Kesehatan Mata
Studi terbaru yang akan diterbitkan di Jurnal Nutrition & Food Science edisi Juni, itu mengungkap, telur memainkan peran penting untuk mencegah penyakit degenerasi akibat penuaan. Kandungan antioksidan dalam telur juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Telur mencegah kebutaan. Lutein yang ada di telur membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko kebutaan yang berkaitan dengan usia. Telur juga mengandung anti-oksidan
Tabel 1. Nilai gizi telur, daging ayam dan susu
Zat Gizi/100 gr
Telur
Daging ayam
Susu
Kalori (Kkal)
173
404
6,1
Protein (gr)
13
18,2
3,2
Lemak (gr)
13
25
3,5
Hidrat arang (gr)
0,1
-
4,3
Kolesterol (gr)
550
60
-
Vitamin A (mcg)
660
243
130
Vitamin D (mcg)
1,3
-
-
Vitamin E (mg)
2,1
-
-
Vitamin B (mg)
0,4
0,8
0,03
Vitamin B12 (mcg)
1,8
-
-
Riboflavin (mg)
0,3
0,16
-
Asam Nikotenat (mg)
0,1
0,12
1
Kholin (mg)
504
-
-
Asam Folat (mg)
70
-
-
Inositol (mcg)
33
-
-
Biotin (mcg)
22,8
-
-
Ca (mg)
60
14
143
P (mg)
240
200
60
Fe (mg)
2,2
1,5
1,7
Mg (mg)
12
-
-
K (mg)
149
-
-
Na (mg)
177
-
-
Zn (mg)
1,3
-
-
Sumber : Anggorodi, Ilmu makan ternak umum, 1987


serta lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau. Dua studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition menambah bukti baru pada teori yang menyatakan bahwa satu telur sehari merupakan sumber karotenoid, yaitu lutein dan zeaxanthin, yang bisa mengurangi risiko alami age-related macular degeneration (AMD). Lutein dan zeaxanthin yang terdapat pada kuning telur mudah diserap ke dalam retina.
Telur Meningkatkan Kecerdasan
Satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan choline setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 g choline per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gr per hari. Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi choline yang cukup bisa menurunkan risiko kanker payudara.
Ahli gizi Amanda Ursell mengungkap, sarapan telur rebus atau poach sebelum anak berangkat sekolah bermanfaat bagi energi dan kecerdasan. Janin juga memiliki IQ lebih tinggi bila calon ibu secara rutin mengkonsumsi 2 butir telur tiap hari. Telur kaya akan choline yang sangat penting bagi kesehatan. Choline ini merupakan komponen kunci dari struktur yang mengandung lemak di sel-sel membran, yang kelenturan dan integritasnya bergantung pada persediaan choline. Dua molekul lipida di otak, phosphatidylcholine dan sphingomyelin, tesusun dari choline. Kedua zat ini mengisi sebagian besar massa otak. Karena itu, choline sangat penting bagi fungsi otak dan kesehatan.

Selain itu, choline juga berperan sebagai molekul penting dalam proses yang dikenal dengan nama methylation. Banyak aktivitas-aktivitas kimia penting di dalam tubuh dibuat oleh proses ini. Dalam proses ini, kelompok methyl akan ditransfer dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, gen-gen di dalam tubuh bisa dihidupkan dan dimatikan dengan cara ini, dan sel-sel menggunakan methylation untuk mengirimkan pesan ke depan dan ke belakang. Choline mengandung 3 kelompok methyl yang sangat aktif dalam proses ini. Dua telur dengan kandungan 550 miligram kolin setiap hari selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin dan menghasilkan ingatan tajam pada anak. Kolin juga penting untuk memori. Sumber kolin lain termasuk kacang kedelai, ayam dan salmon.
Choline juga merupakan komponen kunci dari acetylcholine, sebuah neurotransmitter yang membawa pesan dari dan ke saraf-saraf. Acetylcholine merupakan zat kimia utama tubuh yang berperan dalam mengirimkan pesan antara saraf-saraf dan otot-otot.

Kandungan choline dalam telur juga efektif mencegah peradangan. Berdasarkan laporan para peneliti Yunani di American Journal of Clinical Nutrition, seperti yang dikutip situs whfoods.com, mereka yang rata-rata mengkonsumsi choline dalam jumlah tinggi mengalami tanda-tanda peradangan 20% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mempunyai asupan choline terendah.
Selain berperan dalam fungsi otak dan sistem saraf, choline juga baik bagi kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan vitamin B dalam coline membantu mengubah homocysteine, molekul yang bisa merusak pembuluh darah, menjadi substansi yang justru menguntungkan bagi tubuh. Telur juga merupakan sumber vitamin B12 yang sangat berperan dalam proses pengubahan homocysteine menjadi molekul-molekul yang aman bagi tubuh.


Sebutir telur saat sarapan turunkan berat badan
Dalam sebuah studi, 160 laki-laki dan perempuan obesitas dibagi menjadi 2 kelompok secara acak. Salah satu kelompok diminta makan 2 butir telur saat sarapan sedangkan kelompok yang satunya diminta mengkonsumsi roti bagel dengan jumlah kalori dan berat yang sama (dua faktor pengontrol yang digunakan studi-studi yang mengukur tingkat kekenyangan dan penurunan berat badan). Para partisipan makan menu ini 5 hari dalam seminggu selama 8 minggu, sebagai bagian dari diet rendah lemak.

Hasil penelitian menunjukkan, dibandingkan dengan mereka yang makan bagel, kelompok yang makan telur:
  • Mengalami penurunan berat badan hampir dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang makan bagel, mereka rata-rata mengalami kehilangan berat badan sebesar 3 kg sedangkan yang makan bagel 1.75 kg.
  • Mengalami pengurangan ukuran lingkar pinggang 83% lebih besar
  • Melaporkan peningkatan jumlah energi yang lebih besar.
Makan telur saat sarapan membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan dengan memotong asupan kalori harian. Makanan kaya protein membuat telur lebih lama dicerna di perut. Peneliti di Pusat Obesitas Rochester Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua telur rebus untuk sarapan pagi, makan 400 kalori lebih sedikit selama sisa hari dibandingkan sarapan roti.
Telur Mencegah Pengentalan Darah
Mengkonsumsi telur bisa menurunkan risiko serangan jantung atau stroke dengan membantu mencegah pengentalan darah. Sebuah studi yang dipublikasikan di Biological and Pharmaceutical Bulletin menemukan, protein dalam kuning telur tidak hanya potensial menghambat penyatuan darah tetapi juga memperpanjang waktu pengubahan fibrinogen, protein darah, menjadi benang-benag fibrin. Cara kerja protein anti pengentalan darah yang ditemukan pada kuning telur ini, bergantung pada jumlah konsumsi. Semakin banyak jumlah konsumsi kuning telur maka aksi pencegahan pengentalan darah semakin kuat.

Telur bantu turunkan berat badan.

Dua butir telur untuk sarapan memungkinkan Anda mengkonsumsi sedikit kalori di siang hari, jika dibandingkan sarapan dengan menu sarapan lengkap ataupun roti. International Journal of Obesity telah menemukan fakta selama 8 minggu, mereka yang mengkonsumsi telur saat sarapan kehilangan berat badan sebanyak 65% dan mengurangi lingkar pinggang sampai dengan 34% lebih banyak dari mereka yang sarapan menu legnkap.
Apabila berat badan Anda sudah kembali stabil, telur bisa membantu menjaga kestabilannya. Dengan mengkonsumsi telur dan mengurangi asupan karbo tentunya dapat membuat berat badan tidak akan kembali melambung tinggi. Seperti yang telah dicatat oleh New England Journal of Medicine tahun lalu, mereka yang melakukan diet karbo tinggi protein justru mampu menjaga berat badan lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah protein.
Telur Membantu bentuk otot
Telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino ini adalah salah nutrisi yang baik untuk memacu pertumbuhan otot. Kuning telur merupakan protein rendah lemak yang membantu mempercepat pertumbuhan otot dan memperkuatnya. Tak heran kalau atlet binaraga mengkonsumsi puluihan butir telur untuk menjaga kondisi ototnya tetap prima.
Makan Telur Meningkatkan Kadar Kolesterol?
Studi terbaru yang dilakukan British Egg Industry Council, menyimpulkan bahwa konsumsi satu sampai dua telur sehari tak akan memicu masalah kolesterol. Konsumsi telur secara wajar justru memperbaiki metabolisme yang berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. (Adi). Para ahli kini menyimpulkan bahwa telur tidak memengaruhi kadar kolesterol secara signifikan. Hal itu didukung oleh data statistik berdasarkan 224 studi mengenai diet yang dilakukan selama 25 tahun. Diketahui bahwa bukan kolesterol yang memengaruhi kadar kolesterol dalam darah, tetapi lemak jenuh. Telur diketahui hanya mengandung sedikit lemak jenuh. Mengkonsumsi 1 atau 2 butir telur sehari tanpa mengalami perubahan kadar kolesterol darah.

Informasi ini didukung oleh data statistik berdasarkan 224 studi mengenai diet yang dilakukan selama 25 tahun. Studi-studi ini mempelajari hubungan antara  diet dan kadar kolesterol pada lebih dari 8000 subjek. Para peneliti menemukan, bukan kolesterol yang mempengaruhi kadar kolesterol darah tetapi lemak jenuh merupakan faktor yang paling berpengaruh.

Sumber:
kesehatan.kompas.com

25 comments:

DIAH KASMIRAH said...

Ass... pak,ini Diah kasmirah ( E1C009003). Mahasiswa peternakan Unib..
disini saya telah membaca Blok bapak yang berjudul "pentingnya telur bagi kesehatan manusia". setelah membaca blok ini saya baru mengetahui bahwa telur memilki begitu banyak manfaat dan khasiatnya.saya juga baru mengetahui dengan kita mengkonsumsi telur, dapat mencegah kita dari berbagai macam serangan penyakit seperti kanker, diabetes dan bisa mencerdaskan! setau saya telur hanya mengandung protein yang bagus untuk tubuh dan jika terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan kolestrol tinggi dan bisulan. jujur pengetahuan saya bertambah setelah baca blok bapak tentang manfaat pentingnya telur bagi ksehatan dan saya tidak takut kena kolestrol karena mengkonsumsi telur... makasih pak!!

LIVESTOCK said...

Baca juga artikel yang lain Diah. Semoga bermanfaat dan tambah ilmu.

Hendri Afrizal E1C008012 said...

Menurut saya artikel yang bapak buat sangat baik dan bermanfaat bagi saya sebagai mahasiswa karena untuk belajar lebih giat lagi.
saya baru tahu betapa pentingnya asupan protein terhadap tubuh kita sendiri terutama kepada anak-anak.
saya mau bertanya pak,apakah dengan terlalu banyak mengkonsumsi protein telur bisa menyebabkan timbulnnya penyakit dan penyakit apa saja menyerang..??
terima kasih pak.

LIVESTOCK said...

Mengkonsumsi satu butir telur per hari tidak menimbulkan penyakit apapun kecuali bagi mereka yang alergi telur, Hendri! Bagi mereka yang kadar kolesterol darahnya tinggi dianjurkan tidak mengkonsumsi telur.

rocky said...

telur..ya memang penting untuk kesehatan saya sadari itu. sebab telur adalah salah satu protein hewani yang murah dan mudah didapat.

saya sih.. memang belum banyak tahu tentang gizi yang terdapat didalam sebuah telur..ternyata banyak sekali manfaatnya...

menurut saya...ya memang banyak orang beranggapan banyak mengkonsumsi akan menimbulkan penyakit..ya itu memang benar...saya rasa apapun yang berlebihan akan menyebabkan penyakit akhirnya..

Rinayunita said...

sesungguhnya saya kurang suka makan telur apalagi telur rebus.Saya pernah mengalami hal yang tidak enak setelah makan telur ayam.Memang gizi yang terkandung dalam telur itu tinggi namun bagaimana mengatasi rasa tidak suka terhadap telur itu ya??
Seperti penjelasan bapak saat kuliah kemaren bahwa gizi telur setengah masak itu lebih tinggi daripada digoreng atau direbus masak, tapi apakah bakteri dalam telur itu telah mati semua??
kalau memang telur bisa mencegah kita dari berbagai macam penyakit seperti kanker dan diabetes mungkin untuk kedepannya saya ingin mencoba makan telur.
Tulisan bapak ini benar-benar memberi manfaat yang besar bagi kami yang belum mengetahui secara jelas tentang telur.

Anonymous said...

Ass... pak ini supuno e1c010032 kelas B sangat bagus blok anda pak untuk kami-kami yang ingin diet dan berarti kandungan dalam telur sangat baik sekali untuk kecerdasan otak .

erina nuraini said...

ternyata nilai gizi dari sebutir telur itu baik sekali...saya baru menyadari akan pentingnya mengkonsumsi telur setiap hari untuk memenuhi asupan protein tubuh, serta dapat mencegah dari gangguan penyakit misalnya diabetes.
namun saya jika mengkonsumsi telur sering merasa eneg, jadi menghilangkan selera makan, saat ini saya mulai mencoba mengkonsumsi telur setengah butir.

LIVESTOCK said...

Bagus Rina, cobalah mengkonsumsi secara teratur. Semoga nanti akan terlihat manfaatnya.

Dian Rahayu (E1C008010) said...

pak kenapa kebanyakan orang takut makan telur karena gara-gara mempunyai kolesterol yang tinggi dan kenapa juga telur bisa bikin bisulan

karina said...

Waaaw..hanya dengan mngeluarkan uang sekitar 1000-1300 saja kita sudah mendapatkan hasil yang sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan..

Novita said...

Novita (E1C009018) PTR 09.
wahhhh.... kalau berbicara soal telur, pasti semua orang tahu. Begitu banyak manfaat dan khasiatnya baik bagi tubuh maupun dari segi kesehatan. Apalagi jika dilihat dari segi kandungan protein yang cukup tersedia di dalamnya.

deny andriansyah(E1C009036) said...

artikel ini sangat berguna untuk mngetahui pentingnya telur bagi kebutuhan akan gizi tapi sayang aku salah satu orang yang tidak bisa makan telur,karena alergi tapi artikel ini telah menambah lagi pengetahuan saya akan gizi yang di butuhkan oleh tubuh kita.

putri anggraini said...

memang begitu banyak manfaat telur bagi tubuh manusia, tapi sayang saya tidak bisa mengkonsumsi telur baik telur ayam maupun telur itik dan puyuh. setelah sya mengkonsumsi telur muka saya langsung gatal-gatal pak, kira - kira faktor apa yg menyebabkan gejala itu dan bagaimana cra mengatasinya agar sya bisa mengkonsumsi telur lagi. terima kasih

LIVESTOCK said...

Wah itu namanya alergi Putri. Kalau alergi memang saat ini satu-satunya jalan adalah tidak makan telur. Tks

Sis Tanto said...

Pak saya ingin berkomentar, orang yang alergi itu sebenarnya ada kelainan apa, apakah makanan yang dapat menyebabkan gatal gatal itu ada sesuatunya pak? Nah, terkait isu tersebut apakah kemudian telur dijadikan kambing hitam sehingga orang yang kemungkinan mempunyai penyakit gatal tidak mau mengkonsumsi telur?

Sis Tanto said...

Pak saya ingin berkomentar, orang yang alergi itu sebenarnya ada kelainan apa, apakah makanan yang dapat menyebabkan gatal gatal itu ada sesuatunya pak? Nah, terkait isu tersebut apakah kemudian telur dijadikan kambing hitam sehingga orang yang kemungkinan mempunyai penyakit gatal tidak mau mengkonsumsi telur?

Sis Tanto said...

Pak saya ingin berkomentar, orang yang alergi itu sebenarnya ada kelainan apa, apakah makanan yang dapat menyebabkan gatal gatal itu ada sesuatunya pak? Nah, terkait isu tersebut apakah kemudian telur dijadikan kambing hitam sehingga orang yang kemungkinan mempunyai penyakit gatal tidak mau mengkonsumsi telur? Pak saya ingin berkomentar, orang yang alergi itu sebenarnya ada kelainan apa, apakah makanan yang dapat menyebabkan gatal gatal itu ada sesuatunya pak? Nah, terkait isu tersebut apakah kemudian telur dijadikan kambing hitam sehingga orang yang kemungkinan mempunyai penyakit gatal tidak mau mengkonsumsi telur?

Sis Tanto said...

Pak saya ingin berkomentar, orang yang alergi itu sebenarnya ada kelainan apa, apakah makanan yang dapat menyebabkan gatal gatal itu ada sesuatunya pak? Nah, terkait isu tersebut apakah kemudian telur dijadikan kambing hitam sehingga orang yang kemungkinan mempunyai penyakit gatal tidak mau mengkonsumsi telur?

Sis Tanto said...

Pak saya ingin berkomentar, orang yang alergi itu sebenarnya ada kelainan apa, apakah makanan yang dapat menyebabkan gatal gatal itu ada sesuatunya pak? Nah, terkait isu tersebut apakah kemudian telur dijadikan kambing hitam sehingga orang yang kemungkinan mempunyai penyakit gatal tidak mau mengkonsumsi telur?

juli masdeka sari (e1c010046) said...

juli masdeka sari (e1c010046)
banyak yang menyadari banwa telur bermanfaat untuk kesehatan akan tetapi mengapa bagi sebagian orang telur dapat menyebabkan alergi dan gatal2 ??

Redo Putra said...

dari artikel di atas menerangkan bnyak sekali manfaat dari mengkonsumsi telur baik sebagai pertumbuhan gizi maupun untuk kesehtan tubuh kita yang mengkonsumsi,,tetapi bnyak orang mengatakan bahwa menkonsumsi telur dapat menimbulkan elergi bagi sebagian orang,, dan menambah jerawat,, faktor apa yang mnyebabkan hal tersebut, knapa hanya sebagian orang tidak alergi pak,, ?? apa krena faktor gineti..dll
mohon penjelasannya pak,,,? trmksh,,

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
kandungan yodium yang terdapat pada telur asin sangat bermanfat jika dipadukan dengan protein yang terdapat didalmanya. sehingga elur asin memberikan 2 in 1 manfaat dengan mengkonsumsinya,,terima kasih pak telah memposting arikelnya

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
kandungan yodium yang terdapat pada telur asin sangat bermanfat jika dipadukan dengan protein yang terdapat didalmanya. sehingga elur asin memberikan 2 in 1 manfaat dengan mengkonsumsinya,,terima kasih pak telah memposting arikelnya

Anonymous said...

Mery Handayani S (E1C010003)
telur memang sangat baik untuk dikonsumsi oleh manusia karena kandungan nilai gizinya juga yang dibutuhkan oleh manusia. tapi yang ingin saya tanyakan, mengapa pada orang tertentu setelah mengkonsumsi telur timbul gatal- gatal pada kulitnya pak?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...