Monday, March 28, 2011

PENTINGNYA KOLESETEROL BAGI KESEHATAN KITA


Dikompilasi Oleh: Urip Santoso
Pengantar
            Allah memerintahkan kepada kita untuk makan makanan yang halal dan baik. Rasulullah memberi contoh agar kita makan dengan seimbang, atau tidak berlebih-lebihan. Allah juga menegaskan bahwa apa yang diciptakan itu pasti berguna dan tidak sia-sia. Kolesterol yang banyak ditakuti oleh manusia itu sesungguhnya sangat berguna bagi kesehatan manusia. Kolesterol akan mengganggu kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih-lebihan.
I.                   Apa Itu Kolesterol
Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat diperlukan oleh tubuh.Tetapi kolesterol berlebih akan menimbulkan masalah, terutama pada
pembuluh darah jantung dan otak.Setiap orang memiliki kolesterol di dalam darahnya, di mana 50% diproduksi oleh tubuh sendiri dan 50% berasal dari makanan. Kolesterol yang diproduksi terdiri atas 2 jenis yaitu kolesterol HDL dan kolesterol LDL.
Dari hati, kolesterol diangkut oleh lipoprotein yang bernama LDL (Low Density Lipoprotein) untuk dibawa ke sel-sel tubuh yang memerlukan, termasuk ke sel otot jantung, otak dan lain-lain agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kolesterol LDL diperlukan dalam pemeliharaan membran plasma. Ketika LDL melalui pembuluh arteri sebagian kolesterol ditimbun di dinding arteri. Kelebihan kolesterol yang tertimbun di dinding artikel diangkut kembali oleh lipoprotein yang disebut HDL (High Density Lipoprotein) untuk dibawa kembali ke hati yang selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam empedu.
II.                Pentingnya Kolesterol Bagi Tubuh
Tubuh kita menggunakan kolesterol untuk menghasilkan:
1. Hormon seks, yang sangat penting bagiperkembangan dan fungsi organ seksual
2. Hormon korteks adrenal, yang penting bagi metabolisme dan keseimbangan garam di dalam tubuh
3. Vitamin D, yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh
4. Garam empedu, yang membantu usus menyerap lemak.
Dalam hati, kolesterol diubah menjadi empedu , yang kemudian disimpan dalam kantong empedu . Empedu mengandung garam empedu, yang melarutkan lemak dalam saluran pencernaan dan membantu dalam penyerapan lemak dalam usus serta vitamin yang larut dalam lemak, Vitamin A , Vitamin D , Vitamin E , dan Vitamin K. Kolesterol merupakan molekul prekursor penting bagi sintesis Vitamin D dan hormon steroid , termasuk hormon kelenjar adrenal  kortisol dan aldosteron serta hormon seks progesteron , estrogen , dan testosteron , dan turunannya.
5. Di dalam tubuh, kolesterol terdapat terdapat di bagian luar sel-sel saraf. Fungsinya untuk membantu menghantarkan konduksi dan transmisi signal-signal elektrik. Tanpa kolesterol, sel-sel saraf tak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga koordinasi gerak tubuh terganggu. Kolesterol juga berperan dalam memproduksi empedu, hormon steroid, dan vitamin D.  Hal ini menjelaskan mengapa dalam otak, kadar kolesterol paling tinggi.
6. Kolesterol  adalah komponen struktural utama dari setiap sel di dalam tubuh. Jika kita menghilangkan 30 % atau kurang dari kolesterol di dalam sel darah merah maka selaputnya akan hancur.
7. Kolesterol juga merupakan bahan bangunan bagi setiap hormon steroid yang dikenal manusia: Kortisol, adrenalin, testosteron, estrogen,dehydroepiandron (DHEA), dan sebagainya, semuanya terbuat dari kolesterol. Tanpa kolesterol, banyak sekali sistem kontrol hormon Anda akan berhenti berfungsi.
8. Kolesterol melimpah di Membran Sel
Kolesterol ditemukan dalam setiap sel tubuh Anda. Hal ini terutama melimpah di membran sel-sel ini, di mana ia membantu menjaga integritas membran ini, dan memainkan peran dalam memfasilitasi sel sinyal - yang berarti kemampuan sel Anda untuk berkomunikasi dengan satu sama lain sehingga Anda berfungsi sebagai manusia, bukan dari tumpukan sel. Kolesterol juga hadir dalam membran organel di dalam sel, meskipun biasanya membuat sebuah proporsi yang lebih kecil dari membran. Sebagai contoh, mitokondria, yang disebut "kekuatan-rumah" dari sel, hanya berisi tiga kolesterol persen oleh massa, dan retikulum endoplasma, yang terlibat dalam membuat dan memodifikasi protein, adalah enam persen kolesterol oleh massa.
9. Kolesterol Menjaga Integritas Membran Sel
Setiap sel dkelilingi oleh membran yang disebut membran plasma. Membran plasma adalah suatu lapisan ganda fosfolipid yang berkesinambungan dan  dengan kolesterol dan protein. Fosfolipid terdiri dari dua asam lemak yang melekat pada suatu senyawa fosfat sebagai kepala. Kepala fosfat larut dalam air  disebut juga "hidrofilik", dan asam lemak yang tak larut dalam air a atau "hidrofobik" (takut air). Karena di luar sel adalah mengandung air, atau lingkungan air, dan di dalam sel juga berair, kepala fosfat dari fosfolipid dhadapkan kepada baik di dalam sel dan lingkungan di luar sel, sementara asam lemak dihadapkan pada bagian dalam membran. Membran adalah cairan, dan selalu bergerak. Ia memiliki  konsistensi yang sama sebagai minyak zaitun.
Kolesterol adalah molekul amphipathic, artinya seperti fosfolipid, yang berisi bagian hidrofilik dan bagian hidrofobik. Kolesterol's hidroksil (OH) kelompok sejalan dengan kepala fosfat dari fosfolipid. Bagian yang tersisa itu melipat ke bagian asam lemak membran.  Karena cara kolesterol dbentuk, bagian dari cincin steroid (empat cincin hidrokarbo di antara kelompok hidroksil dan ekor hidrokarbon) adalah erat tertarik ke bagian dari rantai asam lemak pada fosfolipid terdekat. Ini membuat permukaan luar membran tidak bergerak dan membuatnya kurang larut dalam molekul yang sangat kecil yang larut dalam air yang membuat membrane bisa dilewati lebih mudah. Tanpa kolesterol, membran sel akan terlalu cair, tidak cukup kuat, dan terlalu permeabel terhadap beberapa molekul.
10. Kolesterol Membantu Menjaga fluiditas Membran sel
Sementara kolesterol menambah ketegasan dan integritas pada membran plasma dan mencegah dari menjadi terlalu cair, juga membantu mempertahankan fluiditas nya. Pada konsentrasi tinggi ditemukan pada plasma membran sel kita (hampir 50 persen, molekul untuk molekul). Kolesterol membantu memisahkan fosfolipid sehingga rantai asam lemak tidak bisa datang bersama-sama dan mengkristal. Oleh karena itu, kolesterol membantu mencegah ekstrim - apakah terlalu cair, atau terlalu kaku - dalam konsistensi dari membran sel.
11.Kolesterol Membantu Protein Penting Aman di Membran
Membran plasma mengandung banyak protein yang melakukan fungsi penting seperti penyaluran atau memompa zat masuk dan keluar dari sel, melekat sel lain, membentuk perbatasan untuk menjaga protein lain di salah satu bagian spesifik dari sel, berkomunikasi dengan sel di dekatnya, atau menanggapi hormon endokrin dari jauh sel. Karena ukuran dan bentuk protein tertentu  membutuhkan sebuah tempat tidur fosfolipid lebih tebal untuk duduk dan karena protein tertentu harus tetap bersama-sama berfungsi dengan baik, fluiditas membran sel, di mana molekul selalu bergerak secara acak, dapat menimbulkan masalah.
Untungnya, membran plasma mengandung banyak rakit lipid dimana protein dijamin. Sebuah rakit lipid mengandung konsentrasi kolesterol yang tinggi dan sphingolipids  - jenis fosfolipid - mengandung ekor asam lemak dengan rantai lebih panjang dan lebih jenuh. Karena asam lemak lebih panjang dan lebih jenuh (tegak), mereka mengagregat lebih, yang mana kolesterol juga membantu. Bagian dari membran juga lebih tebal, sehingga ideal untuk menampung protein tertentu. Karena asam lemak dalam rakit lipid lebih panjang, fosfolipid juga bergerak sinkron dengan fosfolipid di sisi lain membran. Dalam sisa membran, fosfolipid di satu sisi membran bergerak secara independen dari mereka yang berada di sisi lain. Dengan stabilisasi protein tertentu bersama dalam rakit lipid, kolesterol adalah penting untuk membantu protein ini menjaga fungsi mereka. Ini adalah protein, setelah semua, di mana sel-sel berkomunikasi dengan satu sama lain. Jika sel tidak berkomunikasi satu dengan sama lain, Anda dan saya akan menjadi tumpukan sejumlah besar sel yang tidak berhubungan dan bukan individu sebagaimana kita ini.
Jadi, kolesterol diperlukan untuk membangun dan memelihara membran, memodulasi fluiditas membran selama rentang suhu fisiologis. Grup hidroksil dalam kolesterol berinteraksi dengan kutub kelompok kepala membran fosfolipid dan sphingolipids , sedangkan  steroid dan rantai hidrokarbon  tertanam dalam membran, di samping rantai nonpolar  asam lemak dari lemak lain. Dalam peran struktural, kolesterol mengurangi permeabilitas membran plasma untuk proton (positif hidrogen ion) dan ion natrium .
Dalam membran sel, kolesterol juga berfungsi dalam transportasi intraseluler, sinyal sel dan konduksi saraf. Peran kolesterol dalam endositosis tersebut dapat diselidiki dengan menggunakan beta siklodekstrin metil (MβCD) untuk menghilangkan kolesterol dari membran plasma. Baru-baru ini, kolesterol juga  terlibat dalam proses signaling sel, membantu dalam pembentukan rakit lipid dalam membran plasma . Dalam banyak neuron, sarung mielin, kaya kolesterol, karena berasal dari lapisan dipadatkan dari membran sel Schwann, menyediakan isolasi untuk lebih efisiennya konduksi impuls. 
12. Dalam sel, kolesterol adalah molekul prekursor di beberapa jalur  biokimia. Beberapa penelitian menunjukkan kolesterol yang dapat bertindak sebagai antioksidan .

13. Kolesterol memungkinkan sel saraf untuk melakukan kontak

Kolesterol merupakan salah satu faktor yang terlibat agar sel-sel saraf (neuron) dapat berkomunikasi satu sama lain dan pertukaran sinyal listrik. Penemuan ini sangat penting untuk fungsi sistem saraf. Kolesterol dibentuk oleh sel glial yang menyusun sebagian besar dari jaringan otak dan mendukung pengembangan dan fungsinya dalam berbagai cara. These results that the researchers have obtained shine a completely new light on the role of cholesterol. Hasil ini bahwa para peneliti telah memperoleh informasi barutentang peran  kolesterol. Mereka berpendapat bahwa metabolisme kolesterol dalam sistem saraf pusat (SSP) mempengaruhi perkembangan otak serta kemampuan belajar dan memori.  Mereka juga menandai area baru dalam penelitian neurobiologis  dan strategi pengembangan  misalnya untuk pengobatan cidera tulang belakang atau perubahan patologis yang menyebabkan disfungsi otak seperti terjadi pada penyakit Alzheimer.
Sistem saraf bekerja dengan pertukaran sinyal listrik antara sel-sel saraf yang ditularkan melalui situs kontak yang sangat khusus, yang disebut sinapsis. The formation of synaptic connections is, therefore, a critical step during the development of the nervous system in the immature organism. Oleh karena itu, pembentukan koneksi sinaptik merupakan langkah kritis selama pengembangan sistem saraf pada organsme yang belum dewasa. Hal ini memainkan peran penting dalam pembelajaran dan dalam pengembangan memori. Sampai saat ini, mekanisme yang mengatur kejadian bologik yang mendasar belum diketahui.
III.             Makanan Sumber Kolesterol
Meskipun tinggi protein, telur juga mengandung kadar kolesterol tinggi. Satu butir telur besar memiliki sekitar 186 mg kolesterol. Untuk orang dengan penyakit jantung koroner, terapi perubahan gaya hidup pola makan yang direkomendasikan oleh Amerika Serikat Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan menyarankan asupan harian tidak lebih dari 200 mg kolesterol, karena itu, satu telur mengandung hampir nilai sehari penuh. Mereka yang tidak memiliki faktor risiko kardiovaskular harus mengkonsumsi kurang dari 300 mg kolesterol per hari. Telur tidak harus sepenuhnya dihapuskan dari makanan, bagian kuning telur hampir semua kadar kolesterol, dengan 184 mg.
Daging mengandung kolesterol yang bervariasi bergantung pada jenis daging dan bagian daging. Pada daging unggas, bagian dada mengandung lemak yang rendah, yang berarti bahwa kadar kolesterolnya juga rendah.  . Banyak lemak yang ditambahkan pada makanan yang tinggi kolesterol. Sebagai contoh 1 sendok makan mentega sin mengandung 36 mg kolesterol.
Produk susu tersedia dalam beberapa konsentrasi lemak. Susu tinggi lemak juga umumnya tinggi kolesterol. Sebagai contoh, delapan ons susu dengan lemak 3,25 persen,mengandung  24 mg kolesterol. Susu rendah lemak hanya 10 mg.  Demikian pula satu ons keju mengandung  30 mg kolesterol, sementara keju rendah lemak hanya mengandung 6 mg.
IV.             Dampak Negatif Kolesterol Rendah
               Orang dengan kadar kolesterol rendah lebih rentan terhadap bunuh diri dan depresi menurut penelitian di Finlandia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kolesterol dapat digunakan diagnosis depresi. Mereka percaya depresi dapat menurunkan kadar kolesterol darah, yang menyebabkan reaksi kimia yang memungkinkan naluri kendali agresif menjadi tidak terkontrol. Sebuah studi baru-baru ini perempuan AS  menunjukkan hubungan yang sama antara rendah kadar kolesterol dan depresi. Penelitian yang telah dilakukan pada rendah kolesterol telah menunjukkan mungkin ada beberapa masalah kesehatan ketika kadar kolesterol  terlalu rendah.
               Baik pria maupun wanita dengan kolesterol rendah (kolesterol total di bawah telah terbukti meningkatkan risiko untuk kegelisahan dan depresi. Orang dengan kolesterol rendah juga memiliki tingkat kematian lebih tinggi secara keseluruhan  dibandingkan mereka dengan kadar kolesterol normal (antara 180 dan 200). Mereka yang memiliki kolesterol rendah tidak mengalami peningkatan risiko untuk penyakit jantung, tetapi risiko secara keseluruhan untuk depresi, kanker, stroke hemoragik, penyakit pernapasan, dan bunuh diri meningkat.  Ada beberapa bukti bahwa memiliki kolesterol rendah mengubah fungsi sel-sel otak, mempengaruhi suasana hati menstabilkan kimia otak. Itu dapat menjelaskan peningkatan kegelisahan dan depresi. Kadar rendah kolesterol dapat menunjukkan: hyperthyroidism, atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif, penyakit hati, malabsorpsi, rendahnya penyerapan nutrisi dari usus. Kekurangan mangan juga dkatkan dengan kadar kolesterol yang rendah. Rendah kolesterol juga terkait dengan Resiko Stroke.

V.                Dampak Negatif Kolesterol Tinggi
o Karena kolesterol darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan 1) Penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung; 2) penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan serangan stroke.
o Kadar trigliserida yang tinggi akan memperburuk risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan otak, jika bersamaan dengan didapatkan kadar kolesterol LDL yang tinggi dan kadar kolesterol HDL yang rendah. Satu-satunya cara memantau kadar kolesterol dan lemak darah adalah dengan melakukan pemeriksaan contoh darah yang diambil setelah anda melakukan puasa selama satu malam atau 10-12 jam. Kadar Kolesterol normal: Kolesterol total < 200 mg/dl; Kolesterol HDL 35 – 65 mg/dl; Kolesterol LDL < 150 mg/dl; Trigliserida < 200 mg/dl; Ratio kolesterol total : kolesterol HDL < 5.
VI.             Faktor penyebab meningkatnya kolesterol
1. Faktor genetik
Tubuh terlalu banyak memproduksi kolesterol. Seperti kita ketahui 50 % dari kolesterol di dalam darah diproduksi oleh tubuh sendiri. Ada sebagian orang yang memproduksi kolesterol lebih banyak dibandingkan yang lain. Ini disebabkan karena faktor keturunan. Pada orang ini meskipun hanya sedikit saja mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol atau lemak jenuh, tetapi tubuh tetap saja memproduksi kolesterol lebih banyak.
2. Faktor makanan
Dari beberapa faktor makanan, asupan lemak merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Lemak merupakan bahan makanan yang sangat penting, bila kita tidak makan lemak yang cukup maka tenaga kita akan berkurang, tetapi bila kita makan lemak yang
berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah. Seperti diketahui lemak dalam makanan dapat berasal dari daging-dagingan, tetapi di Indonesia sumber asupan jenis lemak dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1) Lemak jenuh berasal dari daging, minyak kelapa; 2) Lemak tidak jenuh terdiri dari : asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan asam lemak omega 9.
Penelitian terakhir menunjukkan bahwa :
o Lemak yang berasal dari ikan disebut omega 3 dapat mencegah terjadinya kematian mendadak yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner.
o Asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol serta menurunkan risiko terjadinya bekuan dalam pembuluh darah.
o Asam lemak omega 6 yang berasal dari sayuran diduga juga dapat mencegah penyakit jantung koroner.
o Asam lemak omega 9 dikenal sebagai minyak zaitun, juga ditemukan dalam minyak goreng kelapa sawit yang telah mengalami proses khusus. Asam lemak omega 9 ini dapat menyebabkan peningkatan kadar HDL kolesterol.
o Pada sebagian besar kasus, kolesterol berasal dari makanan yang dimakan yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging hewan dan minyak kelapa.
o Lemak tidak jenuh yang terdapat pada minyak goreng apabila digunakan untuk menggoreng dengan pemanasan yang tinggi akan dapat merubah struktur kimianya sehingga dapat berakibat negatif.

VII. Bagaimana menjaga agar kadar kolesterol darah tetap normal ?
1.Mengkonsumsi makanan seimbang sesuai dengan kebutuhan :
o Makanan seimbang adalah makanan yang terdiri dari :
- 60 % kalori berasal dari karbohidrat
- 15 % kalori berasal dari protein
- 25 % kalori berasal dari lemak
- kalori dari lemak jenuh tidak boleh lebih dari 10 %
o Kelebihan kalori dapat diakibatkan dari asupan yang berlebih (makan banyak) atau penggunaan energi yang sedikit (kurang  aktivitas).
o Kelebihan kalori terutama yang berasal dari karbohidrat dapat  menyebabkan peningkatan kadar trigliserida.
- Contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yaitu nasi, kue, snack, mie, roti dsb.
- Contoh makanan yang mengandung protein hewani tinggi yaitu daging, ikan, udang, putih telur.
- Contoh makanan yang mengandung protein nabati tinggi yaitu tahu, tempe, kacang-kacangan.
2. Menurunkan asupan lemak jenuh.
- Lemak jenuh terutama berasal dari minyak kelapa, santan dan  semua minyak lain seperti minyak jagung, minyak kedele dll yang mendapat pemanasan tinggi atau dipanaskan berulang-ulang.
- Kelebihan lemak jenuh akan menyebabkan peningkatan kadar LDL kolesterol.
3. Menjaga agar asupan lemak jenuh tetap baik secara kuantitas maupun kualitas.
- Minyak tidak jenuh terutama didapatkan pada ikan laut serta minyak sayur dan minyak zaitun yang tidak dipanaskan dengan pemanasan tinggi atau tidak dipanaskan secara berulang-ulang.
- Asupan lemak tidak jenuh ini akan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan mencegah terbentuknya endapan pada pembuluh darah.
4. Menurunkan asupan kolesterol
- Kolesterol terutama banyak ditemukan pada lemak dari hewan,  jeroan, kuning telur, serta “seafood” (kecuali ikan).
5. Mengkonsumsi lebih banyak serat dalam menu makanan sehari-hari.
- Serat banyak ditemukan pada buah- buahan (misalnya apel, pir yang dimakan dengan kulitnya) dan sayur-sayuran.
- Serat yang dianjurkan adalah sebesar 25 – 40 gr/hari, setara dengan 6 buah apel merah dengan kulit atau 6 mangkuk sayuran.
- Serat berfungsi untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan dalam proses pencernaan, sehingga mencegah peningkatan kadar LDL kolesterol.
6. Merubah cara memasak
- Sebaiknya memasak makanan bukan dengan menggoreng tetapi dengan merebus, mengukus atau membakar tanpa minyak atau mentega.
- Minyak goreng dari asam lemak tidak jenuh sebaiknya bukan digunakan untuk menggoreng tetapi digunakan untuk minyak salad, sehingga mempunyai efek positif terhadap peningkatan kadar HDL kolesterol maupun pencegahan terjadinya endapan pada pembuluh darah.
7. Melakukan aktifitas fisik dengan teratur.
- Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang bersifat aerobik (jalan cepat, lari-lari kecil, sepeda, renang dll.) secara teratur 3 – 5 kali setiap minggu, selama 30 – 60 menit/hari.
- Olah raga yang teratur akan membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.
- Bila melakukan olah raga jalan, lari-lari kecil sebaiknya menggunakan sepatu olah raga yang sesuai untuk mencegah cidera sendi.

11 comments:

Hendri Afrizal E1C008012 said...

emang pak kolesterol itu penting bagi asupan tubuh manusia,tetapi kalau terlalu banyak mengkonsumsi kolesterol akan mengakibatkan timbulnya penyakit.
saya mau bertanya pak bagaimana cara untuk mencegah kolesterol,sedangkan asupan kolesterol sangat penting bagi tubuh kita...??
terimakasih.

Septi Susanti (E1C008003) said...

saya baru mengetahui trnyta peran kolesterol dalam tubuh kita sangat penting,,,teteapi pada fakta yang terjdi d kalangan masyarakat luas umum nya menjauhi semua mkanan yang akan meningkatkan kolesterol dalam tbuh,,,,seprti orang tua saya sendiri,,,sangat lah tkut dengan kenaikan kolesterol dalm tbuh nya sehngga orang tua saya mnjauhi smua mkanan yg nanti nya akn meningkatkan kolesterol...setelah saya membaca artikel ini saya dapat menjelas kn kepada orang tua saya betapa penting nya kolesterol didalam tbuh kita ini,,,,

Mastuti E1C009068 said...

MASTUTI E1C009068

Kolesterol sangat penting bagi kesehataan kita.tetapi ababila kolesterol berlebihan akan mengakibatkan penyakit bagi tubuh.yang ingin saya tanyakan bagaimana cara agar kolesterol yang yang di butuhkan oleh tubuh tetap stabil pak?? sehingga tidak berlebihan dan tidak juga kekuurangan???

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
terima kasih pak, artikelnya lengkap dan sangat bermanfaat dalam pengetahuan tentang kolestrol. selama ini, saya mengira kolestrol itu berbahaya bagi tubuh, ternyata, manfaat kolesterol begitu vital dan menyokong berbagai kinerja organ2 penting dalam tubuh

Adi Susanto said...

adi susanto
terimakasih pak , artikel nya sangat bagus, lengkap,dam sangat bermanfaat. dengan membaca artikel ini saya jadi tau pentingnya kolestrol bagi tubuh.

Noviandi Erlangga (E1C011019) said...

Artikel yg menrik,,menambah pengetahuan saya mengenai kesehatan,dmpak negtif dn positif bagi tbuh kita dll.., yg ingin sya tnykan mngenai lemk jenuh dn tidk jenuh,tentunya ke dua ny berhubungan dg kolestrol..nah, apkh perbdaan antra ke2 lemk tsb, dn adakah batasan normal dlam pengkonsumsian lemak tidk jenuh utk menghindri kolesterol?
terimkasih..

dori nuringgani pratama E1C011093 said...

artikel ini membuat saya tau ,,bahwa kolestrol bukan dalam sisi negatif nya saja ternyata kolestrol ada dlam sisi positif juga yaitu lemak jenuh dan tidak jenuh ,,tentunya keduanya berhubungan dengan kolestrol

Anonymous said...

LISNAWATI ANGGRAINI
(E1C010039)
Memang betul tubuh kita membdutuhkan kolestrol, tetapi dalam batas tertentu, jika berlebihan maka salah satu dampaknya yaitu over weight...

Anonymous said...

TRIYO INDIKA PUTRA (E1C010041)
Artikel ini sangat baik di baca,,kolestrol itu sangat penting dalam tubuh kita,, dan apabila kolestrol berlebihan bisa mengakibatkan penyakit,,,

Ramadhan Sumanto said...

Ramadhan Sumanto
E1C013125

mungkin selama ini ketahui bahwa kolestrol itu tidak baik untuk tubuh karena, dapat menyebabkan berbagai macam penyakit ....

tetapi di artikel ini menceritakan bahwa kolestrol di butuh kan oleh tubuh ...
tapi kalau kolestrol nya melebihi kebutuhan dari tubuh dapat menimbulkan penyakit di masa depan nya ...
jadi yang berlebihan itu baik

Anonymous said...

leo darno nababan
E1C010057
Setau saya kolesteol sangat berbahaya pada manusia,dimana kolesterol dapat terjadi pada manusia, dengan adanya artikel ini saya mengetahui kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...