Friday, August 3, 2012

PENCEGAHAN PRODUKSI TELUR ASIN PALSU


Oleh: ANGGA PUTRA SINAGA
Abstrak
                     Tujuan pencegahan produksi telur asin palsu adalah :  Mendeskripsikan proses pembuatan telur asin palsu, Mendeskripsikan akibat dari mengkonsumsi telur asin palsu. dan Mendeskripsikan membedakan telur asin asli dengan yang palsu. Telur asin  merupakan makanan yang mendapat prioritas untuk dikembangkan. Telur asin menjadi konsumsi masyarakat luas, mulai dari kalangan atas, menengah, maupun menengah ke bawah dan juga oleh berbagai usia mulai balita, remaja, dewasa, hingga manula. Bahan utama telur asin yang kebanyakan beredar di pasaran adalah telur bebek. Kita juga menemui telur asin yang berbahan baku telur ayam, maupun yang lainnya. Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah.  Telur asin bermanfaat bagi tubuh. Tetapi, telur asin yang biasa kita beli sudah banyak dipalsukan.Telur asin yg semestinya dibuat dari telur bebek dipalsukan dengan menggunakan telur ayam. Cara pemalsuannya beragam. Mulai dari 3 hari bahkan ada yang satu hari, padahal sebetulnya telur asin yang asli baru bisa dijual dua minggu kemudian.
            Dalam kehidupan sehari – hari, telur asin baik untuk tubuh. Tetapi, telur asin yang palsu ini bukan berguna bagi tubuh melainkan dapat merusak sel saraf dalam tubuh. Pemalsuan telur asin palsu itu apabila dikonsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit Alzheimer. Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel – sel  otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.
         

Pendahuluan
Sadar atau tidak, konsumsi makanan yang berasal dari hewani menjadi pilihan masyarakat, khususnya Telur asin. Telur asin  merupakan makanan yang mendapat prioritas untuk dikembangkan. Telur asin menjadi konsumsi masyarakat luas, mulai dari kalangan atas, menengah, maupun menengah ke bawah dan juga oleh berbagai usia mulai balita, remaja, dewasa, hingga manula. Bahan utama telur asin yang kebanyakan beredar di pasaran adalah telur bebek. Kita juga menemui telur asin yang berbahan baku telur ayam, maupun yang lainnya. 
Karena proses pembuatannya cukup lama dan membutuhkan biaya yang lumayan besar maka para pedagang mencoba membuat terobosan baru dengan memproduksi telur asin palsu dengan jangka waktu singkat dan hanya membutuhkan biaya yang murah. Tetapi, para pedagang tidak mengetahui akibat dari konsumsi telur asin palsu tersebut. Maka dari itu.

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, dan lain sebagainya. Telur terdiri dari protein 13 %, lemak 12 %, serta vitamin, dan mineral. Nilai tertinggi telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein (50%) dan semua lemak terdapat pada kuning telur. Adapun putih telur yang jumlahnya sekitar 60 % dari seluruh bulatan telur mengandung 5 jenis protein dan sedikit karbohidrat.
Kelemahan telur yaitu memiliki sifat mudah rusak, baik kerusakan alami, kimiawi maupun kerusakan akibat serangan mikroorganisme melalui pori-pori telur. Oleh sebab itu usaha pengawetan sangat penting untuk mempertahankan kualitas telur. Telur akan lebih bermanfaat bila direbus setengah matang dari pada direbus matang atau dimakan mentah. Telur yang digoreng kering juga kurang baik, karena protein telur mengalami denaturasi/rusak, berarti mutu protein akan menurun. Macam – macam telur adalah: telur ayam (kampung dan ras), telur bebek, puyuh dan lain – lain.

Proses Pembuatan Telur Asin Palsu
Telur asin bermanfaat bagi tubuh. Tetapi, telur asin yang biasa kita beli sudah banyak dipalsukan.Telur asin yg semestinya dibuat dari telur bebek dipalsukan dengan menggunakan telur ayam. Cara pemalsuannya beragam. Mulai dari 3 hari bahkan ada yang satu hari, padahal sebetulnya telur asin yang asli baru bisa dijual dua minggu kemudian. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi mereka yang berhasil menipu masyarakat. Harga telur asin dipasaran sekarang ini sekitar Rp. 2000 sedangkan telur ayam hanya Rp.1000 per butir. Berikut ini bagaimana cara pedagang memalsukan telur asin :
1.      Mereka memilih telur ayam yg ukurannya mirip dengan ukuran telur bebek
2.      Lalu membeli cat tembok warna telur asin yaitu hiaju tosca
3.      Cuci telur hingga bersih supaya cat menempel di telur
4.      Campurkan cat,garam dapur, dan garam kasa
5.      Rendam telur selama 3-5 hari
6.      Cuci dan lap telur hingga bersih
7.      Lalu mereka memberikan tepung kanji untuk mengelabuhi pembeli
Ada lagi cara lain membuat telur ayam menjadi telur asin:
1.      Cuci telur
2.      Rendam telur dengan air cuka cukup ujungnya sekitar 30 menit
3.      Ketika ujungnya sudah melunak lalu disuntik air garam (Takaran Tidak Tentu)
4.      Rebus
5.      Dinginkan
6.      Beri warna dengan cat sablon
7.      Olesi tepung kanji

    Akibat Dari Pemalsuan Telur Asin
Dalam kehidupan sehari – hari, telur asin baik untuk tubuh. Tetapi, telur asin yang palsu ini bukan berguna bagi tubuh melainkan dapat merusak sel saraf dalam tubuh. Pemalsuan telur asin palsu itu apabila dikonsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit Alzheimer. Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel – sel  otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer merupakan penyakit yang mirip dengan dengan tingkah laku orang Lansia ( Lanjut Usia ). Dimana anggota tubuh seperti tangan seseorang bergetar tanpa digerakan oleh saraf.

Cara Membedakan Telur Asin Yang Palsu Dengan Yang Asli
Ini sangat tidak layak untuk dibeli, karena tidak bersih dan tidak terjamin kesehatannya. Tapi tetap ada cara agar kita tidak tertipu dengan pemalsuan telur asin ini:
1)   Cek apakah ada bercak, periksa tepung pembalutnya
2)   Isi yang asli kuning telurnya kemerahan sedangkan yg palsu kuning keputihan karena dari telur ayam.
Sekarang kita sudah mengetahui dan mengerti tentang pemalsuan telur. Jadi mulai sekarang berhati-hatilah dalam memilih telur. Jangan sampai tertipu .



Tabel. Komposisi zat gizi telur
No.
Zat gizi
Telur
Ayam
Telur
Puyuh
Telur
Penyu
Telur
Bebek
Telur
Bebek Asin
1
Kalori (kal)
162
149,8
144
189
395
2
Protein (g)
12,8
10,3
12
13,1
13,6
3
Lemak (g)
11,5
10,6
10,2
14,3
13,6
4
Karbohidrat (g)
0,7
3,3
0
0,8
1,4
5
Kalsium (mg)
54
49
84
56
120
6
Fosfor (mg)
180
198
193
175
157
7
Besi (mg)
2,7
1,4
1,30
2,8
1,8
8
Vit.A. (IU)
900
2.714
600
1.230
841
9
Vit.B. (mg)
0,1
-
0,11
0,18
0,23
10
Air (g)
74
-
76,6
70,8
66,5
Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI

Kualitas telur dapat ditentukan oleh:
1)      Isi kuning telur, dan ada tidaknya noda atau bintik darah pada kualitas bagian dalam (kekentalan putih dan kuning telur, posada putih atau kuning telur) dan
2)      Kualitas bagian luar (bentuk dan warna kulit, permukaan telur, keutuhan, dan kebersihan kulit telur).
Umumnya telur akan mengalami kerusakan setelah disimpan lebih dari 2 minggu di ruang terbuka. Kerusakkan tersebut meliputi kerusakan yang nampak dari luar dan kerusakan yang baru dapat diketahui setelah telur pecah. Kerusakan pertama berupa kerusakan alami (pecah, retak). Kerusakan lain adalah akibat udara dalam isi telur keluar sehingga derajat keasaman naik. Sebab lain adalah karena keluarnya uap air dari dalam telur yang membuat berat telur turun serta putih telur encer sehingga kesegaran telur merosot. Kerusakan telur dapat pula disebabkan oleh masuknya mikroba ke dalam telur, yang terjadi ketika telur masih berada dalam tubuh induknya. Kerusakan telur terutama disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit telur. Cara mengatasi dengan pencucian telur sebenarnya hanya akan mempercepat Kerusakan. Jadi, pada umumnya telur yang kotor akan lebih awet daripada yang telah dicuci .

Prinsip Pengawetan Telur
1)      Mencegah masuknya bakteri pembusuk ke dalam telur.
2)      Mencegah keluarnya air dari dalam telur. [1]
Beberapa proses pengawetan telur utuh yang diawetkan bersama kulitnya antara lain :
1)      Proses pendinginan
2)      Proses pembungkusan kering
3)      Proses pelapisan dengan minyak
4)      Proses pencelupan dalam berbagai cairan.
Untuk menjaga kesegaran dan mutu isi telur, diperlukan teknik penanganan yang tepat, agar nilai gizi telur tetap baik serta tidak berubah rasa, bau, warna, dan isinya. Telur asin adalah telur utuh yang diawetkan dengan adonan yang dibubuhi garam.
Ada 3 cara pembuatan telur asin yaitu:
1)      Telur asin dengan adonan garam berbentuk padat atau kering;
2)      Telur asin dengan adonan garam ditambah ekstrak daun teh
3)      Telur asin dengan adonan garam, dan kemudian direndam dalam ekstrak atau cairan teh.

Penilaian Mutu Telur Asin
Penilaian terhadap mutu telur asin dapat dilakukan dengan menggunakan parameter berikut:
         Telur asin stabil sifatnya, artinya dapat disimpan lama tanpa mengalami kerusakan. Semakin banyak garam yang digunakan dan semakin lama waktu pengasinan, telur akan semakin awet dan asin. Setiap orang mempunyai selera yang berbeda mengenai rasa asin ini. Karena itu, penggunaan garam dan waktu pengasinan sebaiknya dibatasi, sampai taraf yang enak dinikmati oleh lidah konsumen.
         Aroma dan rasanya enak. Telur asin yang baik akan bebas dari rasa amis, pahit, bau amoniak, bau busuk, serta rasa dan bau lainnya yang tidak diharapkan.
         Telur asin yang baik hanya mengandung minyak di bagian pinggirnya saja.
         Apabila campuran adonan garam yang digunakan tidak sempurna, yang dihasilkan adalah putih telur yang berwarna kebiruan. Bila ke dalam adonan ditambahkan sedikit kapur, putih telur akan berwarna kekuningan.
         Letak kuning telur yang dikehendaki adalah di tengah – tengah. Apabila bergeser, kemungkinan penyebabnya adalah telur segar yang digunakan sudah rusak atau peletakan telur dalam tempayan tidak tepat. Sebaiknya telur diletakkan dengan bagian tumpulnya menghadap keatas.
Hal lain yang perlu diperhatikan:
         Asin tidaknya telur asin dan keawetannya, sangat tergantung pada kadar garam yang diberikan. Semakin tinggi kadar garam, akan semakin awet telur yang diasinkan, tetapi rasanya akan semakin asin.
         Telur asin matang tahan selama 2-3 minggu, sedangkan pembubuhan larutan teh dalam adonan pengasin dapat meningkatkan ketahanan telur asin sampai 6 minggu. Penggunaan ekstrak daun teh bertujuan agar zat tanin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori kulit telur sertamemberikan warna coklat muda yang menarik dan bau telur asin yang dihasilkan lebih disukai.
         Komposisi kimia telur segar dan telur asin.

Kesimpulan
Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.      Produksi telur asin palsu sangatlah berbahaya karena bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Alzheimer dapat membuat tubuh seseorang bergetar sendiri  tanpa digerakkan.
2.      Agar konsumen tidak mengkonsumsi telur asin palsu tersebut maka konsumen harus memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut.
1)      Cek apakah ada bercak, periksa tepung pembalutnya
2)      Isi yang asli kuning telurnya kemerahan sedangkan yg palsu kuning keputihan karena dari telur ayam.

Ucapan Terima Kasih
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada stap pengelolaan sumberdaya lingkungan atas meminjamkan alat bantu untuk menulisan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada yonky telah merelakan waktunya untuk menemani dan membantu mencari materi.
Daftar Pustaka
Anonim,Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara Karya Aksara, Jakarta, 1979.
Detty Suryati, 2003 . buku panduan teknologi pangan dan swiss devolepment compratian.
Hartinah Sri, 2003 . buku panduan teknologi pangan dan swiss devolepment compratian.
_____, Usaha Berwisata I. Yayasan Pendidikan Dinamika, Temanggung, Jawa Tengah.
Margono, 2003 . buku panduan teknologi pangan dan swiss devolepment compratian.
Sarwono, Pengawetan dan Pemanfaatan Telur. PT Penebar Swadaya, Jakarta, 1994.
Umar Santosa, “ Menengok Nilai Gizi Telur.” Dalam: Majalah Tarik Th. III No. 31,     Yogyakarta 1981.


31 comments:

juli masdeka sari (e1c010046) said...

wehwehweh,,ternyata bahaya juga ya telur asin palsu itu...so kita harus cermat dalam membedakan telur asin palsu dg yang asli serta harus cerdas dalam memilih telur asin untuk konsumsi terutama anak2.. apalagi anak2kan msh masa pertumbuhan....

vera aprilianti / E1C010020 said...

wah ternyata telur asin yang palsu sangat berbahaya. tapi apakah di kota bengkulu ini sudah mulai ada pak ?

Anonymous said...

Agus Sutrisno ( E1c009030)

Waduh penduduk dunia yang tidak bermoral ini bahaya sekali bagi konsumen telur Asin. karena dengan dibuatnya telur asin palsu .Telur asin palsu itu apabila dikonsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit Alzheir .HAL INI DAPAT MERUSAK CITRA PETERNAKAN, HACCP PERLU JUGA DI PERTEGAS UNTUK MENANGANI HAL TERSEBUT..>

sutris said...

wah jika banyak terjadi pemalsuan telur asin sangat berbahaya sekali,pemalsuan telur asin terjadi karena dalam proses pembuatan telur asin yang asli membutuhkan waktu yang lama sehingga orang yang membuat telur asin ingin membuat telur asin dengan waktu yang relatif singkat dan meraih keuntungan yang besar.

Muhammad afris camlinoti said...

m. afris camlinoti e1c011016

hal yang snagat bagus dalam artikel ini...

karena artikel ini memberi info yang sangat bagus kepada kita..

telur asin palsu dan telur asin asli memang sangat sulit dibedakan, namun jika kita sangat teliti kita pasti akan snagat mudah mengetahui perbedaan yang ada.. jangan sampai kita mengkonsumsi telur asin palsu, karena zat gizi dalam telur ini sangat berbeda jauh dibawah telur asin asli..

thx bencoolen livestocks dan ka angga,,

dori nuringgani pratama E1C011093 said...

waiii ternyata telur asin yang palsu sangat berbahaya ,buat kesehatan dan kehidupan manusia donks

eka saputri said...

eka saputri
setelah membaca ini saya kecewa dengan kecurangan yang dilakukan penjual dengan mebuat telur asin palsu. hal ini sungguh membahayakan konsumen khususnya anak2. kita ini mengkonsumsi telur asin untuk memperoleh nutrisi bagi tubuh bukan memberikan dampak yang buruk untuk tubuh.sehingga kita sebagai konsumen harus cermat dalam memilih telur asin yang asli dan jangan tertipu

anton saputra said...

wah kalau begitu kesian ya para penikmat telur asin karena harus mengecek telur asin yang dikonsumsi
karena terjadinya pemalsuan telur tetapi dengan adanya artikel ini konsumen telur asin dapat dengan mudah dalam memilah telur asin antara yang palsu dan yang asli. .

rosmalina sidauruk said...

telur asin memiliki nutrisi yang tinggi dan baik untuk tubuh kita,tetapi masih ada orng yang berbuat curang yang mengakibatkan telur yg tadi ny bermanfat menjadi tidak bermanfaat dan tidak sehat

liza tri astini said...

liza tri astini
E1C011052
sAYAG SEKALI YA TELUR YANG BANYAK SEKaLI KANDUNGAN GIZI NYA TERNYATA Bisa menimbulkan penyakit akibat pemlsuan telur asin ini,penyakit yang di timbulkan yaitu penyakit Alzheimer. Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel – sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer merupakan penyakit yang mirip dengan dengan tingkah laku orang Lansia ( Lanjut Usia.ayo teman temn selalu waspada dan hati hati memilih telur asin,,dan ikuti tips yang ada di artikel ini....
be careful,kesehatan adalah segala gala nya...

delina s girsang E1C011033 said...

wahh,,,,
efek sampingnya sangat parah ,sampai sampai merusak sel saraf segala lagi,,,
zaman sekarang harus waspada terhadap telur asin dong,,,,

maharani said...

maharani..
waah,, ternyata banyak juga tangan-tangan kotor pedangang telur asin. telur asin dibuat dengan menggunakan cat pewarna tebok atau sablon. sngat miris sekali, dimana masyarakat indonesia banyak yang suka makan telur asin. pak, sekarah kan dikota besar sudah ada telur asin yang ada rasa, seperti coklat dan srawberry. pak, apakah itu bisa termasuk telur asin palsu juga?? bagaimna cara membedakannya pak??

Dian Septiyani said...

dian septiyani ( e1c011079)
wah,,,, ternyata telur asin pun dapat di palsukan.
mana dibuat menggunakan bahan2 yang bkan untuk dikonsumsi lagi..
lalu bgaimna cara kita membdakan nya pak, apakah itu asli atau palsu,,,,?

deni febriadi said...

(E1C011011)
bukan hanya telur ayam biasa yang di palsukan ternyata telurasin pun bisa di palsukan,,kita harus-harus jeli dan cermat dalam peilihan telur asin,,

deni febriadi said...

E1c011011
dengan artikel ini kita dapat membedakan mana telur asin yang bagus dan telur asin yang palsu,,artikel yang telah dibuat uleh pak uri sanagt membantu kita dapat membedakan telur asain yang palsu denga telur asin yang asli

deni febriadi said...

E1c011011
SAYA orng yang suka sekali mengkosumsi telur..dengan adanya telur palsu saya merasah risau dan kecewa dengan para orng -orang yang tidak bertangung jawab membuat telur asin palsu,,hanya mementigkan diri sendiri dan tidak memikirkan orang laik,,serta dampak bagi yang telah mengkosumsi telur tersebut

deni febriadi said...

E1c011011
SAYA orng yang suka sekali mengkosumsi telur..dengan adanya telur palsu saya merasah risau dan kecewa dengan para orng -orang yang tidak bertangung jawab membuat telur asin palsu,,hanya mementigkan diri sendiri dan tidak memikirkan orang laik,,serta dampak bagi yang telah mengkosumsi telur tersebut

muhammad nur syahid said...

E1C011088
wah padahal telur kan kaya akan protein yang sangat di butuhkan oleh tubuh, jadi kecurangan ini sangat tidak bermoral, bagaimana jika dirinya sendiri yang mengkonsumsinya terus sakit pasti dia akan merasakan kecurangannya itu sangat berdampak ngatif buat yang mengkonsumsinya dan tidak hanya ingin untung saja.

DESRI DINA(E1C011067) said...

dengan membaca artikel ini kita bisa waspada dalam membeli telur asin, karena dalam persaingan ekonomi pedagang yang curang hanya memikirkan dirinya sendiri , tanpa memikirkan keselamatan konsumennya.

Radiyostri said...

Radiyostri (E1C011071)
.
Produksi Telur Asin Palsu harus bisa di basmi seminimal mungkin. Karena, Pemalsuan telur asin palsu itu apabila dikonsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.
Oleh karena itu, harus hati-hati dalam pemilihan telur asin yang akan dikonsumsi. Artikel yang sangat membantu.

Essy Agnesta Asdami said...

Ass..
Essy Agnesta Asdami (E1C011017), menurut saya kecurangan penjual telur asin ini harus ditindak keras karena apabila kita membiarkan oknum tersebut maka akan menimbulkan dampak negativ bagi kita. walaupun penyakit itu tidak menular tetapi penyakit itu akan merusak sel saraf kita.
terima kasih..

Senopka Wiraguna said...

Senopka Wiraguna
Bagi saya artikel ini sangat menarik,karena benar2 harus diwaspadai tentang pencegahan produksi telur asin yang palsu...............

Anonymous said...

dian sanata (e1c010029)
artikel yang informatif dan berguna bagi masyarkat luas..

Anonymous said...

MILA ENJELIKA S (E1C010059)
telur asin yang biasa dijumpai menggunakan telur bebek.
apakah mungkin telur asin itu dibuat dari telur ayam broiler, telur ayam kampung, telur puyu atau telur angsa yang proteinnya lebih tinggi dibandingkan telur unggas lainnya???
jika bisa, bagaimana dengan nilai gizinya nanti setelah diasinkan ??

Anonymous said...

Irone Wahyulu (E1c010009)
saya mau menjadi pelopor telur asin asli. karena saya cinta peternakan.

Ramadhan Thoriq said...

waaah, kalau seperti ini apa kerja badan POM negara kita? kalau masalah makanan seperti ini saja sudah dipalsukan, apakah kita masih bisa percaya dengan makanan diNegara ini? apakah masyarakat kelas menengah kebawah selalu disajikan oleh makanan-makanan yang palsu dan makanan-makanan yang tidak layak seperti ini, karena sebagian besar pecinta telur asin adalah masyarakat kelas menengah dan menengah kebawah

DADANG HIRAWAN ( E1C010012) said...

artikel yang sangat bermanfaat, setidaknya membuat saya harus berhati - hati dan harus lebih teliti jika ingin mengkonsumsi telur asin..

Bayu Adinugraha (E1C010028) said...

Bayu Adinugraha (E1C010028)
bisnis telur asin yang sedang menanjak ini memang sering menjadi lahan maksiat bagi para pencari jalan pintas. artikel ini bisa menjadi referensi kita untuk lebih waspada dalam memilih bahan makanan.

muhyidin said...

Muhyidin
E1C013009

Wel ternyata bukan hanya orang China saja yang punya keahlian menduplikasi berbagai barang dan bahkan makanan atau apapun itu. Orang indonesia pun memiliki jiwa kreatif yang sama. Tetapi kreatifnya salaj tempat dan salah jalan. Bukanya menguntungkan malah merugikan, hahahaha.
Kalo ini bukan masalah kreatif nya orang indonesia tetapi mental yang ingin memanfaatkan seauatu dengan instan tanpa memperhitungkan side efect nya. Oke lah kita bisa membedakan telur asin asli dan palsu tapi diluaran sana lebih bayak yang akan terkecoh. Sebaiknya dilakukan pembinaan kepada seluruh produsen telur asin agar tidak bermain curang hanya karena keuntungan sepihak.

Riki Susanto said...

Riki Susanto, e1c014030

Kita sebagai konsumen telur asin apa bila mau membeli harus seteliti mungkin, karena apa bila sampai mengkonsumsi telur asin palsu dapat menyebabkan pentakit, sedangkan kita mengkonsumsi telur asin untuk memenuhi protein.

kharisma kandida purba said...

Kharisma Kandida (E1C013097)
Dari artikel ini saya baru tahu ternyata telur asin pun ada palsunya. Membutuhkan ketelitian untuk membeli gelur asin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...