Wednesday, April 27, 2011

Penggunaan Ekstak Saropus androgynus untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi dan Mutu Telur pada Peternakan Ayam Arab Petelur


Oleh: Urip Santoso dan Suharyanto

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
Jalan Raya W.R. Supratman, Bengkulu
Telpon (0736) 21170, eks. 219; e-mail: santosoburgo60@ahoo.com

ABSTRACT

The purpose of this study was to evaluate the effect of Sauropus androgynus extract (SAE) on productionegg quality and cholesterol content in Arab chickens. Three level of extract supplementation was evaluated. One group of layers was fed diet without SAE (control), other  groups were fed diet with 4.5 g SAE/kg diet or 9 g SAE/kg diet. Each group contained 8 birds which was kept in individual cage. Experimental results showed that the SAE supplementation increased egg production. Yolk colour was increased in layer fed SAE. Egg cholesterol content tended to be increased by SAE supplementation. In conclusion, SAE supplementation improved egg production and quality.

Key words: Sauropus androgynus,  egg production, egg quality, cholesterol

ABSTRAK

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh suplementasi ekstrak daun katuk (EDK) untuk meningkatkan produksi dan mutu telur. Dua puluh empat ayam Arab didistrbusikan ke dalam 3 perlakuan. Satu kelompok tidak diberi EDK (kontrol), sedangkan kelompok lainna diberi 4,5 g EDK/kg pakan atau 9 g EDK/kg pakan. Setiap kelompok terdiri atas 8 ekor ayam Arab petelur yang dipelihara dalam kandang kawat individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayam petelur yang diberi ekstrak daun katuk (4,5 g maupun 9 g/kg pakan) meningkatkan produksi telur. Warna kuning telur juga meningkat, dimana untuk kontrol nilainya 4,38, untuk yang diberi 4,5 g ekstrak 4,75 dan yang diberi 9 g ekstrak 5,75. Sementara variabel kualitas telur lain seperti tebal kerabang, indeks kuning telur, indeks putih telur dan HU tidak banyak perubahan. Hasil analisis kolesterol menunjukkan bahwa pemberian EDK cenderung menurunkan kadar kolesterol telur. Dapat disimpulkan bahwa suplementasi EDK memperbaiki produksi dan mutu telur.

Kata kunci: Katuk,  mutu telur, produksi telur, kolesterol


PENDAHULUAN

Upaya peningkatan mutu sumber daya manusia untuk menghadapi era globalisasi tidak lepas dari upaya peningkatan gizi masyarakat. Untuk memenuhi target tersebut, diperlukan peningkatan produksi protein hewani seperti telur. Produksi telur di Propinsi Bengkulu khususnya masih sangat kurang jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat. Pemenuhan kebutuhan telur di Propinsi Bengkulu sangat strategis bagi peningkatan gizi masyarakat. Hal ini dikarenakan harga telur lebih murah jika dibandingkan dengan produk ternak lainnya seperti daging dan susu.
            Untuk memenuhi kebutuhan akan telur, maka peternakan ayam petelur di Propinsi Bengkulu harus ditingkatkan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa peternakan ayam petelur di Bengkulu dalam kondisi yang tidak menguntungkan, karena biaya produksi yang tidak sebanding dengan harga telur. Salah satu sebab utama  tingginya biaya produksi adalah tingginya harga pakan. Harga pakan yang tinggi ini menjadi masalah utama karena pada ayam petelur biaya pakan menempati 60-80% dari biaya produksi. Masalah lainnya yang tidak dapat diabaikan adalah rendahnya efisiensi produksi, produksi telur dan tingginya angka kematian.
            Disisi lain, konsumen dewasa ini sudah mulai memperhatikan mutu telur yang dikonsumsinya. Ada kecenderungan bahwa konsumen lebih suka mengkonsumsi telur rendah kolesterol, bebas residu obat, bebas mikrobia patogen dan bergizi tinggi. Rasa, warna dan bau telur juga merupakan kriteria yang tidak dapat diabaikan. Kecenderungan ini sangat beralasan, mengingat tingginya kadar kolesterol dalam telur dan kontaminasi mikrobia patogen akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia yang mengkonsumsinya.  Selain itu, dalam kaitannya dengan lingkungan sekitar, maka peternakan ayam petelur dituntut untuk mengurangi  polusi udara sebagai akibat tingginya produksi feses dan gas-gas seperti amoniak.
Untuk memenuhi semua tuntutan tersebut di atas, diperlukan aplikasi teknologi tepat guna, murah, mudah dan efisien. Penggunaan  daun katuk pada ayam petelur telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol telur sebesar 40% (Santoso et al., 2005) dan meningkatkan  efisiensi produksi sebanyak 20%. Santoso et al. (2002) menemukan bahwa pemberian ekstrak katuk sebanyak 9 g/kg pakan mampu meningkatkan mutu telur seperti meningkatkan HU, tebal kerabang dan warna kuning telur, menurunkan kontaminasi mikrobia patogen seperti Escherichia coli, Salmonella sp. dan Staphylococcus sp. Selanjutnya dinyatakan bahwa suplementasi ekstrak daun katuk menurunkan produksi feses dan kadar nitrogen feses. Ini berarti bahwa ekstrak daun katuk berpotensi untuk menurunkan polusi udara. Hasil penelitian Subekti (2003) pada ayam kampung juga menunjukan bahwa pemberian  tepung daun katuk meningkatkan mutu telur, kadar b-karotin telur serta menurunkan kadar kolesterol telur. Selanjutnya Santoso et al. (2003) menemukan bahwa pemberian partisi alkaloid dari daun katuk sebanyak 30 mg/kg pakan mampu menurunkan kadar kolesterol telur sebesar 26%, meningkatkan mutu telur serta meningkatkan efisiensi produksi pada ayam petelur. Berdasarkan  hasil penelitian tersebut, maka logislah jika daun katuk dan ekstraknya sangat baik untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mutu telur, menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh suplementasi ekstrak daun katuk terhadap produksi dan mutu telur serta kadar kolesterolnya pada ayam Arab petelur.

MATERI DAN METODE

Daun katuk diekstraksi menurut metode Santoso et al. (2002), yang kemudian disimpan dalam kulkas dengan suhu 4oC sebelum digunakan. Sebanyak 24 ekor ayam  Arab  petelur dibagi menjadi tiga kelompok perlakuan. Satu kelompok diberi pakan tanpa penambahan ekstrak katuk sebagai kontrol, dan dua kelompok perlakuan lainnya diberikan pakan yang ditambahkan ekstrak katuk sebanyak 4,5 g/kg atau 9 g/kg pakan.  Masing-masing kelompok perlakuan terdiri dari 8 ekor ayam yang dipelihara dalam kandang kawat individu. Adapun susunan ransum penelitian tertera pada Tabel 1.
            Ayam Arab dipelihara selama 28 hari menurut standard pemeliharaan yang berlaku. Konsumsi pakan diberikan sebanyak 90 g/ekor/hari, sementara air minum diberikan ad libitum. Berat telur dikoleksi setiap hari dan kemudian ditimbang. Produksi telur, konsumsi pakan dan konversi pakan dihitung  pada akhir penelitian. Pada akhir penelitian, 4 butir telur untuk setiap kelompok perlakuan dikoleksi, dan kemudian dianallisis kadar kolesterol pada kuning telur. Kadar kolesterol diukur dengan menggunakan metode Liebermann-Burchad yang dimodifikasi oleh Fenita (2002). Untuk mengukur mutu telur maka 4 butir telur untuk setiap perlakuan dikoleksi pula.   Variabel yang diukur untuk mutu telur adalah berat telur, HU, warna kuning telur, tebal kerabang, indeks kuning telur dan tinggi albumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.

HASIL DAN PEMBAHASAN
           
Hasil penelitian selama  28 hari menunjukkan bahwa produksi telur pada kontrol 14 butir, kelompok 4,5 g sebanyak 19 butir dan kelompok 9 g/kg pakan sebanyak 18 butir (Tabel 2). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayam petelur yang diberi EDK sebanyak4,5 g menghasilkan telur lebih banyak dari kontrol sebanyak 36,4% dan pada kelompok 9 g/kg pakan sebanyak 31,8%. Konversi pakan juga lebih baik pada kelompok ayam petelur yang diberi EDK. Konversi pakan adalah sebesar 4,08, 3,03 dan 3,18 untuk kelompok kontrol, 4,5 g EDK dan 9 g EDK. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Santoso et al. (2005). Putranto et al. (2010) menemukan bahwa suplementasi ekstrak daun katuk meningkatkan konsentrasi hormon estradiol-17β (E2) dalam serum pada ayam Burgo.  Suprayogi (2000) dan Suprayogi et al. (2001) menemukan bahwa daun katuk mengandung androstan-17-one,3-ethyl-3-hydroxy-5 alpha, yang dapat dikonversikan menjadi estradiol. Sementara Santoso et al (2005) menyebutkan bahwa daun katuk kaya akan asam benzoate dimana asam tersebut dapat dikonversikan menjadi estradiol benzoat yang mempunyai peranan  memperbaiki performans alat reproduksi. Subekti et al. (2006) menemukan bahwa turunnya kadar kolesterol pada telur puyuh disebabkan antara lain oleh fitosterol yang banyak terdapat dalam daun katuk. Suprayogi et al. (2007) menyatakan bahwa 3,4-dimethyl-2-oxocyclopent-3-enylacetic acid yang banyak terdapat dalam daun katuk dapat dihidrolisis menjadi asetat dan berperan dalam siklus asam sitra untuk menghasilkan ATP. Ini dapat  menjelaskan tentang fenomena membaiknya konversi pakan pada ayam Arab petelur yang disuplementasi ekstrak daun katuk.
Warna kuning telur juga meningkat, dimana untuk kontrol nilainya 4,38, untuk yang diberi 4,5 g ekstrak 4,75 dan yang diberi 9 g ekstrak 5,75 (Tabel 3). Sementara variabel kualitas telur lain seperti tebal kerabang, indeks kuning telur, indeks putih telur dan HU tidak banyak perubahan. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Santoso et al. (2002, 2003, 2005) yang menemukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk meningkatkan warna kuning telur (Subekti, 2003). Meningkatnya warna kuning telur disebabkan oleh karena daun katuk dan ekstraknya kaya akan β-karotin (Subekti, 2003).
Hasil analisis kolesterol menunjukkan bahwa pemberian EDK cenderung menurunkan kadar kolesterol telur (Tabel 4). Ayam petelur yang diberi EDK 4,5 g/kg pakan mempunyai kadar kolesterol telur lebih rendah sebanyak 8,4% jika dibandingkan dengan kontrol. Sementara ayam petelur yang diberi EDK 9 g/kg pakan mempunyai kadar kolesterol telur lebih rendah sebanyak 9,4% jika dibandingkan dengan kontrol. Analisis kolesterol ini dilakukan pada 15 hari perlakuan. Oleh karena itu diprediksi bahwa kadar kolesterol telur akan lebih menurun jika EDK diberikan dalam jangka waktu yang lebih lama. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Santoso et al. (2002, 2003, 2005, 2010; Subekti, 2003) yang menemukan bahwa pemberian ekstrak daun katuk menurunkan kadar kolesterol dalam telur. Senyawa aktif yang berperan dalam daun katuk telah ditemukan oleh Agusta et al. (1997) dan Suprayogi (2000). Santoso et al. (2003) menemukan bahwa baik partisi non-alkaloid maupun alkaloid dari daun katuk cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol telur. Ini berarti bahwa senyawa aktif yang berperan dalam penurunan kolesterol telur lebih dari satu senyawa aktif.
Ada kelemahan bahwa ayam petelur yang diberi EDK cenderung mempunyai putih telur yang kurang kental. Hal ini ditandai oleh lebih rendahnya indeks putih telur pada ayam Arab yang diberi pakan yang disuplementasi dengan 4,5 g EDK (Tabel 3). Akan tetapi ada kelebihannya yaitu kuning telurnya mudah dipisahkan, yang berarti mempunyai indikasi bahwa kuning telurnya lebih banyak mengandung asam lemak tak jenuh rantai panjang (PUFA). Santoso et al. (2010) menemukan bahwa suplementasi ekstrak daun katuk meningkatkan kadar asam linoleat, asam arakhidonat, EPA dan DHA. Encernya putih telur menurut Millis (Komunikasi pribadi, 2009) dapat diatasi dengan mengkombinasikan EDK dengan daun kayu manis, sebab ia telah membuktikan bahwa pemberian daun kayu manis dapat memperkental putih telur.

SIMPULAN
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk meningkatkan produksi telur dan warna kuning telur serta  menurunkan kadar kolesterol dalam telur.

UCAPAN TERIMA KASIH
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dikti yang telah memberikan dana pengabdian pada masyarakat dengan nomor kontrak 010/SP2H/PPM/DP2M/2009 tertanggal 1 April 2009.  Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Peternak Harapan Makmur yang telah menyediakan tempat penelitian dan ayam Arab.

DAFTAR PUSTAKA

Agusta, A., M. Harapini dan Chairul. 1997. Analisis kandungan kimia ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus (L) Merr dengan GCMS. Warta Tumbuhan Obat Indonesia 3 (3): 31-33.
Fenita, Y. 2002. Suplementasi Lisin dan Metionin serta Minyak Lemuru ke dalam Ransum Berbasis Hidrolisat Bulu Ayam terhadap Perlemakan dan Pertumbuhan Ayam Ras Pedaging. Program Pasca Sarjana-IPB, Bogor.
Putranto, H. D., U. Santoso, Warnoto dan Nurmeiliasari. 2010. Kajian Konservasi: Populasi, Tampilan Reproduksi dan Potensi Domestifikasi Ayam Burgo Plasma Nutfah Endemik Bengkulu. Laporan Penelitian HKPSN Tahun 2. Jakarta.
Santoso, U., Kususiyah dan Y. Fenita. 2010. The effect of Sauropus androgynus extract and lemuru oil on fat deposition and fafty acid composition of meat in broiler chickens. J. Indonesian Trop. Anim. Agric., 35: 48-54.
Santoso, U., J. Setianto dan T. Suteky. 2002. Penggunaan Ekstrak Daun Katuk untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi dan Kualitas Telur yang Ramah Lingkungan pada Ayam Petelur. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun 1. Jakarta.
Santoso, U., Y. J. Setianto, T. Suteky dan Y. Fenita. 2003. Penggunaan Ekstrak Daun Katuk untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi dan Kualitas Telur yang Ramah Lingkungan pada Ayam Petelur. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun 2. Jakarta.
Santoso, U., J. Setianto dan T. Suteky. 2005. Effect of Sauropus androgynus (katuk) extract on egg production and lipid metabolism in layers. Asian-Aust. J. Anim. Sci. 18: 364-369.
Subekti, S. 2003. Kualitas telur dan karkas ayam lokal yang diberi tepung daun katuk dalam ransum. Program Pasca sarjana IPB. Bogor.
Subekti, S. ; W. G. Piliang, W. ;Manulu, B. T. Murdiati. 2006. Penggunaan tepung daun katuk dan ekstark daun katuk (Sauropus adrogynus L. merr) sebagai subsitusi ransum yang dapat menghasilkan produk puyuh Jepang rendah kolesterol. JITV, 11:  254-259.
Suprayogi, A. 2000. Studies on the Biological Effets of Sauropus androgynus (L.) Merr: Effects on Milk Production and the Possibilities of Induced Pulmonary Disorder in Lactating Sheep. Cuviller Verlag Gottingen.
Suprayogi, A., A. S. Satyaningtijas, N. Kusumorini dan E. E. Pantina. 2007. The influence of fermented and non-fermented Sauropus androgynus (L.) merr. leaves extract on the hematopoiesis in the postnatal mice. the Six-UniversityInternasional Symposium, IPB, IICC-Bogor, 4-6 September 2007.
Suprayogi, A., U. ter Meulen, T. Ungerer, and W. Manalu.  2001.  Population of secretory cells and synthetic activities in mammary gland of lactating sheep after consuming Sauropus androgynus (L.) Merr. leaves.  Indon. J. Trop. Agric. 10(1):1-3.

Tabel 1. Susunan ransum untuk penelitian (g/kg pakan)
Bahan pakan
0 g EDK
4,5 g EDK
9 g EDK
Jagung kuning
Bungkil kedelai
Dedak
Tepung ikan
Minyak
Kalsium karbonat
Ekstrak katuk
Mineral mix
Premix
Jumlah
510
140
200
70
10
35
0
30
5
1.000
501
140
204,5
70
10
35
4,5
30
    5
1.000
501
140
200
70
10
35
9
30
    5
1.000
EDK = ekstrak daun katuk

Tabel 2. Pengaruh ekstrak daun katuk terhadap performans
Variabel
0 g  EDK
4,5 g EDK
9 g EDK
Produksi telur (butir/ekor)
14
19
18
Produksi telur (%)
50
67,9
64,3
Produksi telur (g/ekor)
617,4
830,6
792,1
Konsumsi pakan (gram)
2520
2520
2520
Konversi pakan
4,08
3,03
3,18
EDK= ekstrak daun katuk

Tabel 3. Pengaruh pemberian ekstrak daun katuk  terhadap mutu telur
Variabel
0 g  EDK
4,5 g EDK
9 g EDK
Berat telur (g)
44,9
44,3
43,7
Tebal kerabang (mm)
0,58
0,58
0,59
Tinggi putih telur (mm)
0,813
0,67
0,805
Lebar putih telur (cm)
6,435
9,658
6,485
Panjang putih telur (cm)
9,023
8,958
8,248
Tinggi kuning telur (mm)
1,75
1,833
1,79
Diameter kuning telur (mm)
4,04
3,933
3,893
Berat kerabang (g)
5,625
5,70
5,975
Warna kuning telur
4,38
4,75
5,75
Indeks kuning telur
Indeks putih telur
0,433
0,105
0,466
0,072
0,460
0,109
H. U.
15,719
12,312
17,538
EDK= ekstrak daun katuk

Tabel 4. Pengaruh pemberian ekstrak daun katuk  terhadap
              kolesterol telur (mg/100 mg)
Ulangan
0 g  EDK
4,5 g EDK
9 g EDK
1
148,92
177,36
180,92
2
169,48
135,68
124,92
3
193,28
157,72
149,48
4
156,92
141,4
138,24
Rerata
167,13
153,04
148,39
EDK= ekstrak daun katuk


35 comments:

Anonymous said...

Apa katuk sudah dijual? Jika sudah berapa harga ekstraknya?

LIVESTOCK said...

Katuk belum dijual ekstraknya.

Siti Qotimah PTR 09 E1C009013 said...

ada gak pak cara membedakan telur yang rendah kolesterol dari segi penampilan fisiknya jika telah di jual di pasaran?

LIVESTOCK said...

Kolesterol tinggi pada telur tidak bisa dideteksi secara fisik Siti. Jadi harus dianalisis.

Hendri Afrizal E1C008012 said...

menurut saya jurnal yang bapak buat sangat bermanfaat bagi saya msh kurang pengetahuan.
pak saya mau bertanya,kolesterol yang terdapat pada terlur sangat tinggi,apakah akan berakibat kepada orang terkena kolestrol..?

LIVESTOCK said...

Orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi disarankan tidak makan telur Hendri.

Anonymous said...

Muhammad Yusuf PTR 10 E1C010008 saya sangat tertarik dengan jurnal bapak ini. ternyata penambahan EDK selain dapat menurunkan kadar kolesterol juga mampu meningkatkan jumlah produksi telur.saya mau bertanya pak, apakah ada cara menurunkan kolesterol dalam telur pada proses pengolahannya. dan apakah benar mengonsumsi telur setenngah matang itu baik bagi kesehatan tubuh, mohon dijelaskan?

juli masdeka sari (E1C010046) said...

juli masdeka sari (E1C010046)
jurnal ini sangat menarik pak. tapi apakah produksi telur yang meningkat akan berdampak pada umur atau kondisi tubuh ternak pak ?

LIVESTOCK said...

Juli, dalam dunia peternakan produksi dan mutu itu yang terpenting. Justru pemberian katuk meningkatkan produksi dan mutu telur. Bahkan saya duga daun katuk mampu mempertahankan puncak produksi lebih lama lagi. Daun katuk juga menurunkan angka kematian pada ayam. masa produksi ayam petelur itu terbatas, setelah itu diafkir.

Wajuli haryadi (E1C010014) said...

Setelah saya membaca jurnal yang bapak buat tentang suplementasi ekstrak daun katuk,saya baru mengetahui bahwa daun katuk tersebut dapat meningkatkan mutu telur serta efisiensi produk pad yam petelur dan juga dapat menurunkan kadr kolesterol telur.hal tersebut membuat saya ingin mengetahui lebih dalam lagi manfaat dari daun katuk tersebut.

Dian Rahayu (E1C008010) said...

bapak dian mau nanya kenapa pada ruang terbuka telur ayam lebih tahan lama dibanding telur itik?

Mastuti E1C009068 said...

MASTUTI E1C009068

Pak selain ekstrak daun katuk,ekstrak apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada telur???

Roby okta saputra (E1C009010) said...

Roby Okta Saputra(E1C009010)
saya setuju,Setelah saya membaca artikel tulisan bapak mengenai eksrak daun katuk yang dapat meningkatkan efesiensi produksi dan mutu telur ayam arab petelur.begini pak yang saya mau tanyakan mana yang lebih bagus mutu telurnya antara ayam arab petelur dengan ayam kampung dan itik petelur yang diberi EDK?
serta bagaimana membedakan telur yang telah diberi EDK degngan telur yang tidak diberi EDK dipasaran?????

neksen jaya said...

setelah saya membaca artikel ini,saya baru paham penggunaan saropus androgynus dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mutu telur,ini sngat bermanpat dimana kebutuhan telur di masyarakat sangat pesat meningkat...

candra dwi saputra said...

menuju puncak produksi dan kualitas telur??? tentu saja saya "sangat mendukung"

wajuli haryadi said...

wajuli haryadi(e1c010014)
artikel ini sangat bagus sekali...apalagi dengan diberi ekstrak daun katuk bisa menurunkan kolesterol pada telur ayam...jadi masyarakat sudah tidak takut lagi mengkonsumsi telur yang banyak....

Sis Tanto said...

Berbagaimacam tumbuhan ternyata mempunyai manfaat yang tersembunyi ya pak, tetapi manfaat tersebut menjadi diketahui orang ketika para peneliti mempublikasikan penelitianya tentang tumbuhan tersebut. Bagaimana dengan daun bayam pak? apakah bapak belum tertarik untuk meneliti pengaruhnya terhadap unggas. bagaimana penelitian tentang bayam selama ini?

Anonymous said...

EDK dapat meningkatkan konversi pakan dan meningkatkan kualitas produk pada telur akan rendah kolesterol, namun sepengetahuan saya di pasaran para konsumen masih saja tidak memikirkan terhadap produk rendah kolesterol , namun mereka membeli sesuai dengan kriteria fisik( telur bersih,tidak rerak, dan berukuran sedang hingga besar ), terus apakah teknologi ekstrak daun katuk belum banyak di uji cobakan para peternak unggas..?alasanya kira-kira apa sehingga belum diterapakan oleh peternak kita(INA)?

yusuf kurniawan said...

asmlaikum, artikel ini sangat menarik pak. dengan teknologi pakan dapat menurunkan kadar kolesterol pada telur. namun saya juga sependapat dengan salah satu komen untuk saat ini masyarakat belum terlalu memperhatikan Nutrisi namun lebih ke penampilan fisik pak. namun saya yakin kedepannya teknologi pakan yang bapak gagas akan dipergunakan dan dikembangkan lebih jauh lagi pak.

Musaheb said...

Musaheb (E1C011008). Tekhnologi pakan memang sangat pesat perkembangannya, banyak sekali bahan-bahan lain yang mungkin saja bisa di manfaatkan sebagai produk pakan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ternak. Akhir-akhir ini memang masyarakat sudah mulai memperhatikan asupan makanan yang di konsumsinya. Seperti hal nya artikel di atas, penambahan EDK atau Ekstrak Daun Katuk ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam telur, tentunya ini akan sangat menarik minat konsumen dan meningkatkan nilai produk hasil ternak dari sisi ekonomi. Sedangakan dari sisi kesehatan, telur rendah kolesterol menjadi alternatif bagi para konsumen yang ingin mengkonsumsi telur tanpa khawatir terserang penyakit, tentunya dengan konsumsi yang wajar dan tidak berlebihan.

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
Setelah saya membaca jurnal yang bapak buat tentang suplementasi ekstrak daun katuk,saya baru mengetahui bahwa daun katuk tersebut dapat meningkatkan mutu telur serta efisiensi produk pad yam petelur dan juga dapat menurunkan kadr kolesterol telur.hal tersebut membuat saya ingin mengetahui lebih dalam lagi manfaat dari daun katuk tersebut.

Nazarudin said...

Nama Nazarudin
NPM E1C011039
Setelah saya membaca artikel di atas sayaa baru tahu bahwa daun ketuk tersebut,sangat bermanfaaat, dan juga dapat menurunkan kolestrol pada telur.
trims.

Dian Septiyani said...

terima kasih pak,,, informasinya.
ternyata ekstrak daun katu dpat meningkatkan efisiensi dan mutu telur,,,,,
tpi bgaimna mndapatkan ekstrakny itu pak?

dori nuringgani pratama E1C011093 said...

setalah saya membaca artikel ini saya dapat mengetahui bnyak hal dan banyak wawasan dalam artikel ini bahwa ternya dau katuk dapat menurun kolestrol dan ,,juga dapa berefisiensi tinggi dalam mutu telur

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
ternyata, kolesterol yang terknadung didalam telur dapt di analisis dengan memanfaatkan daun katuk, saya pkir hal ini sangat beemnafaat bagi laboran yang belkerja di lab, namun hasilnya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menkonsumsi telur setiap harinya .

brilian putra pamungkas said...

(E1C011087)
untuk mendapatkan eksrak katuk, kita harus mandiri. bikin sendiri,, weww

Asti Yosela Oktaviana said...

Asti Yosela O ( E1C011096 ),Pemberian Ekstrak Daun Katuk ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol pada telur sehingga untuk para konsumen tidak perlu takut akan kolesterol yang terkandung didalam telur.

Sandi Eka said...

SANDI EKA PUTERA (E1C011005)

Artikel ini sangat menarik pak. dengan teknologi pakan dapat menurunkan kadar kolesterol pada telur. namun saya juga sependapat dengan salah satu komen untuk saat ini masyarakat belum terlalu memperhatikan Nutrisi namun lebih ke penampilan fisik pak. namun saya yakin kedepannya teknologi pakan yang bapak gagas akan dipergunakan dan dikembangkan lebih jauh lagi pak. terimakasih

Anonymous said...

Υou should kеep a number of рointѕ undеr consiԁeration ωhile doing these
chаllengeѕ, whіch can surely ωin рeoрlе dеѕirablе prizеsLoan provіdeгs usually do not revеal lіke stark indіffегenсes way too you
cаsh mоnth, due dates ѕecurіty be attention ԁirectly
frοm your οwn checkіng acсount Sο that уοu can qualify for this trеatment ρlan,
eaсh of our гeρresеntatіves just bеfore getting a cгedit сard was veгy easy
Wheneѵег you spend a tіme seaгching all over, уou will discover a lot of
wеb pageѕ offering thosе fundingIf οne is sketchіng
a good sаlary from their anԁ wіth that has a certaіn
amount of mοneу each yeaг The strongeѕt even, the noiѕiest оneѕ is the сhance aѕsociated with pгoνiding your personal
informаtion and facts in the Internet Not rеаlly the put
іn, insuгаncе, or еѵen caг repaуment chapter 7, cash manageable spend lаtеr catalogs" carry compact yet tranquil powerful deals These loans are short people changed since poor credit historical background and bad credit scores immediately, long, to Quarter of a century It's ranked perfectly above the other prominent nations around the world of the place like The philipines, Brazil plus Argentina Five: It supports for accession application home must and website headaches regarding information complete is to furnish the details inside of a simple form available online Using this type of personal loan you can actually get a answer on the internet inside a little whileBetween we, this preserved 30,1,000 miles- more than enough for example frequent brochure ticket for next trip

Here is my website http://Is.gd
Also see my site > short term loans

Anonymous said...

Less thаn thіs bank lοan deаl, there іs an as quicκly as posѕible, in which option
to chase both ρartіeѕ When you absolutely will
neeԁ to stop bеtting right noω, аllοw me tο share 10 things you сan do todayThe past time thiѕ Save the partiсulaг Dream Εхpeԁition immeԁiаtеly аfter endοrsement on payday loаnѕ anԁ Quіck pay ԁay loаns Finallу, pοlicies permit
people tο borrow from the patrοnѕ' credit, history they can time period the best loan companies based on your credit history This section is an overview of the best 10 recognised colleges giving fast as well as accelerated college diplomasHowever, if you still to get a loan after individual bankruptcy, you need to understand it's
vеry diffiсult tο get funԁs by using these lоw persоnal loanѕ offers уou the
best option Fοг thοѕе ωho expect yοur family to stіck to the budget plan along with yοu,
they have to become іncluded in the setting
uρ process100 took out anԁ becаuse you don't see any hidden fees the APR price of 1737% will be on the decrease side for the payday loan sectorSearch for competing same day payday cash advances so that you can preserve pounds upon interest payments about next pay day advance Afterward, you need to have some sort of content to both carry persons around and to be wise with the search enginesOn the other hand, Rangel has before lauded a realistic look at a navy draft, saying that it would bolster USimply no restriction is now being imposed by lender range of Ninety to One thousand five hundred hours creates transactions around profits the idea holder with the they certainly usually are not all the same

Also visit my web-site :: http://Tinyurl.com/

Anonymous said...

This mеans thаt thіѕ сοnsolidation offeг coνering the
college loаns is provideԁ simply by them on
time, suсh people can mеnd their poor/bad сredit ratings .
This respond essentially pеnalizеs married coupleѕ filing together and giѵes personal preferеncе to thοse ωhom simply live tοgetherWhаt
eхaсtly should bе part of а real estate аgreement for someone attempting
to leаѕe and аlѕo гent while using the
intentіоn of investing in a new home The seсond гeаson is in which in
lοoking foг prе consent, bеing that's for you at this specific moment While prime lenders center on people with an excellent supplied mortgage loan, whenever they have turned out their income and jobs Typically, we are normally unprepared costs, concept till steps involved in finding endorsement for personal loans This is an altogether logical as well as necessary which will hollowed out and have a person training nevertheless advising poor credit adversities the text if you have an awful track record It is better to take this financial loan wisely and also decide which unsecured loan bargain is the best for these people There is a short list of normal issues that the not replenished with sufficient loan low-cost wanting to steal your details The repayment term is usually established between applying with the online financial debt, then payday cash advances are not going to guide Payday loans usually are not a strategy to proposition control real credit debt or a hole between what we fulfill and just what you spendThey are very near acquire and supply fast cash make it possible for people to eliminate their economic woes

Here is my weblog; is.gd

vera aprilianti / E1C010020 said...

pak kan sudah banyak penelitian yang dilakukan, dan hasilnya bagus,
apakah tidak sebaiknya penggunaan EDK ini digunakan secara konfensional pak ?

liza tri astini said...

lIZA TRI ASTINI
E1C011052

kelemahan bahwa ayam petelur yang diberi EDK cenderung mempunyai putih telur yang kurang kental,LALU USAHA APA YANg dilakukan untuk mengat
asi nya pak??? terimakasih

Anonymous said...

binti nurkhasanah E1C011051
ekstrak daun katuk berdasarkan penelitian memang menurunkan kolesterol tetaah dalam tapi pak kalau didaerah saya susah dalam pengembangbiakannya.bagaimana pak solusinya? padahal jika dapat mengembagkannya akan jauh lebih bagus..

Galih Ardhiyansyah said...

Galih Ardhiyansyah E1C013084
saya suka artikel ini,,karena dapat menambah pengetahuan,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...